Food Product Review Restaurant Restaurant Review Travelling

8 Kuliner Lezat yang Wajib Dicicipi Saat Berada di Depok

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kota Depok? Kota tempat saya tinggal, tuh. Hehehe. Ya, meski bukan merupakan daerah metropolitan, kota yang terletak dekat dengan Jakarta dan Bogor ini tak kalah terkenal, lho, dibandingkan daerah lain di sekitarnya. Salah satu alasannya adalah karena di Depok berdiri sebuah universitas negeri terbaik di negeri ini, Universitas Indonesia (UI).

Sebelum menjadi daerah administratif sendiri, dahulu Depok merupakan salah satu kecamatan yang masuk Kabupaten Bogor. Hingga pada tahun 1999 lalu, Depok mengukuhkan diri menjadi kota administratif yang membawahi 11 kecamatan dan 63 kelurahan. Depok pun makin berkembang pesat. Salah satunya makin banyak tempat wisata kuliner yang membuat Depok menjadi terkenal.

Mau tahu apa saja kuliner yang ada di Depok? Berikut beberapa kuliner yang wajib dicoba jika teman-teman datang ke Depok!

Es Pocong

1Source – konsultasiusaha

Kalau teman-teman berkesempatan mengunjungi Depok, cobalah mencicipi aneka kuliner lezat di Es Pocong. Es Pocong ini salah satu tujuan wisata kuliner yang sangat terkenal se-Depok Raya, lho.

Es Pocong menyediakan aneka menu makanan dan minuman yang namanya unik, sekaligus agak menyeramkan, seperti Kolor Ijo, Jenglot, Mendoan Iblis, Voodoo, dan nama-nama seram lainnya. Namun, jangan khawatir. Sebab, semua itu cuma nama-nama menu makanan/ minuman saja. Rasanya enak semua, kok.

Selain itu, tempatnya sangat asyik untuk berkumpul bersama teman-teman. Nah, jika penasaran dan ingin menjajal seperti apa sensasi makan Kolor Ijo dan teman-temannya itu, teman-teman bisa datang langsung ke Jalan Margonda Raya nomor 519, Beji, Depok, Jawa Barat.

Soerabi Enhaii

1Source – parisvanjava

Serabi atau surabi merupakan makanan yang sangat lekat dengan masyarakat Jawa Barat. Di Depok pun ada sebuah tempat makan yang menyajikan menu khusus serabi, yakni Soerabi Enhaii.

Lokasinya terletak di Jalan Margonda Raya nomor 427. Uniknya adalah serabi di sini masih dimasak dengan menggunakan cara tradisional, sehingga cita rasanya masih sangat terjaga. Serabi cokelat, serabi es krim, serabi pisang, serabi manis kinca, serta orisinal adalah aneka varian serabi yang bisa teman-teman pilih.

Sop Durian Margonda

2Source – money

Jangan pernah ngaku pernah ke Depok jika belum mencoba kuliner yang satu ini ini, Sop Durian Margonda. Sesuai namanya, tempat ini menyajikan olahan sup dari buah durian yang rasanya sangat lezat.

Pengunjung yang datang ke kedai yang berada di Jalan Margonda Raya Blok I nomor 20 ini tak hanya warga lokal, namun juga mereka yang datang dari luar kota. Umumnya, mereka penasaran dengan cerita tentang kelezatan hidangan sup buah durian yang sudah menyebar dari mulut ke mulut.

Mie Ayam Berkat

3Source – depokterkini

Tidak jauh dari gapura utama Kota Depok, ada sebuah tempat makan yang sangat terkenal, yaitu Mie Ayam Berkat. Tidak hanya mie ayam, kedai ini juga menyajikan aneka menu lain, seperti kwetiau, nasi goreng, dan sebagainya.

Karena terkenal punya menu yang lezat dan tak biasa, Mie Ayam Berkat tidak pernah sepi pembeli. Terlebih pada saat ada gelaran wisuda mahasiswa UI. Biasanya, orang tua mampir ke sini setelah menghadiri wisuda putra-putrinya. Belum lengkap rasanya mengunjungi Depok, kalau belum mencicipi mi ayam dari kedai ini.

Enggan mampir karena sudah kemalaman dan takut tidak dapat penginapan? Itu soal gampang. Banyak kok hotel di Depok yang bisa dipesan lewat Traveloka.com. Situs reservasi hotel ini menawarkan beragam tipe kamar yang bisa dipilih sesuai dengan budget.

Biasanya, tamu undangan atau orang tua yang datang dari luar kota untuk menghadiri acara wisuda juga bermalam di penginapan atau hotel dekat kampus. Tidak perlu khawatir harganya mahal, sebab di situs booking hotel seperti Traveloka, teman-teman bisa mendapat kamar dengan harga jujur, tanpa dikenai biaya tambahan.

Sifud

4Source – Depoklik

Bagi para penggemar sajian khas laut, ada juga lho tempat makan yang khusus menyajikan aneka menu laut alias seafood di Depok. Salah satunya Sifud. Kedai kuliner yang berlokasi di Jalan Abdul Gani, Cilodong, Depok ini sukses menarik minat banyak pengunjung. Salah satu alasannya adalah menu khusus yang tidak akan ditemukan di tempat makan lain.

Ya, di Sifud, pengunjung bisa menikmati olahan kuliner seperti ikan jargi, lape, lencam, serta rarangan yang merupakan ikan-ikan khas Kepulauan Seribu. Namun, jika ingin menikmati semua hidangan itu, teman-teman perlu memesannya dari jauh-jauh hari. Karena restoran ini hanya mengolah hasil laut yang benar-benar fresh dan baru ditangkap nelayan.

Jadi, jika teman-teman ke Depok, jangan lupa mampir ke sini, ya! Kapan lagi bisa mencicipi kuliner langka seperti ini?

Bebek Tik-Tok van Depok

5Source – Depoknews

Masih di sekitar Jalan Margonda, tepatnya nomor 494 C, terdapat sebuah tempat makan yang sangat legendaris dan selalu ramai dikunjungi para pencinta kuliner. Apa lagi kalau bukan Bebek Tik-Tok van Depok?

Sesuai namanya, tempat makan ini mempunyai menu olahan khas yang berasal dari bahan dasar bebek. Jika ingin membawa buah tangan untuk saudara di rumah, teman-teman juga bisa membeli telur panggang vulkanik yang sudah dikemas rapi. Wah, unik sekali ya namanya, kira-kira bagaimana ya rasanya?

Martabak Bangka Ko Hery

7Source – jadagram

Martabak Bangka mungkin bisa dijumpai di mana-mana, tapi cobalah bertanya kepada warga Depok, mereka pasti akan menjawab bahwa martabak Ko Hery-lah yang paling nikmat. Terletak di Jalan Arif Rahman Hakim, Depok Satu, martabak Bangka buatan Ko Hery memang dikenal mempunyai cita rasa yang berbeda dari martabak lain. Entah berlebihan atau tidak, para pelanggan bahkan sampai berujar kalau martabak lain rasanya hambar dan tak seenak martabak Ko Hery.

Bakso Hitam Pak Bewok

8Source – Tribunnews

Kalau teman-teman ingin mencoba sensasi baru makan bakso, cobalah berkunjung ke Bakso Hitam Pak Bewok yang berada di Jalan Mohamad Ridwan Rais, Beji, Depok. Sesuai namanya, bakso ini memang disajikan dengan kuah hitam.

Eits, meskipun kuahnya hitam, teman-teman enggak perlu ragu soal rasanya. Mantap! Banyak pengunjung yang rela kembali ke sini lagi demi bisa mencicipi bakso hitam dengan porsi super yang disajikan dengan campuran tulang ayam.

Nah, itu dia delapan kuliner lezat yang wajib teman-teman coba ketika berkunjung ke Depok. Selamat berwisata kuliner! 😀

April Hamsa

12 Comments

  1. Deddy Huang 20 Mei, 2017
  2. Ana 20 Mei, 2017
  3. monda 20 Mei, 2017
  4. Miranti 20 Mei, 2017
  5. RikaWa 20 Mei, 2017
  6. Eksapedia 20 Mei, 2017
  7. Pritahw 21 Mei, 2017
  8. Dewi Rieka 23 Mei, 2017
  9. Syarifani 23 Mei, 2017
  10. Dita Indrihapsari 28 Mei, 2017
  11. Vicky Laurentina 30 Mei, 2017
  12. Inka Paramita 31 Mei, 2017

Leave a Reply

Instagram