Arirang, Mie Instan Asal Korea yang Dijamin Halal dan Enak Rasanya

    “Hmmm, masitta!”

Penggemar tayangan Korea pasti tidak asing dengan kata “masitta”. Yup, “masitta” adalah kata dalam bahasa Korea yang artinya “enak”. Biasanya aktor-aktor Korea yang maen di drama Korea mengucapkannya saat adegan di meja makan. Katanya sih, kata itu memang biasa digunakan untuk memuji rasa masakan yang dimakan oleh orang Korea. Hihihi, itu pengamatan saya aja, sih. Soalnya selama ini, saya tahu tentang Korea cuma sebatas dari televisi aja.

By the way, ngobrolin yang enak-enak dan kaitannya dengan makanan Korea, saya mau memberi kabar gembira nih buat teman-teman semua. Hari ini, tepatnya per-tanggal 10 April 2017, telah beredar produk mie instan merk baru asal Korea di Indonesia, lho. Nama produknya Arirang. Wah, penggemar Korean Food di Indonesia pastinya menyambut gembira kabar ini. Saya salah satu yang antusias dengan kehadiran mie instan Arirang ini.

6

Abis namanya khas Korea banget, sih. Teman-teman yang menggemari tayangan Korea pasti juga enggak asing kan dengan kata “arirang” ini? Kalau saya sih tahunya “arirang” itu judul lagu tradisional Korea. Konon katanya, “arirang” ini tidak memiliki arti yang pasti, sebab bentuknya tidak sesuai dengan EYD-nya bahasa Korea. Namun, kata dasarnya, yakni “ari” punya arti indah atau cantik. Sedangkan “rang” artinya kekasih. Mungkin artinya “kekasih tercantik” kali, ya?

Saya penasaran kenapa mie instan asal Korea yang baru itu diberi nama “Arirang”? Tapi, satu hal yang pasti, makanan mie instan itu memang biasanya merupakan “kekasih” para pekerja lepas yang suka lembur malam-malam mengejar dead line, seperti saya. Hayoooo, siapa yang begitu, juga?

Selama ini, mie instan memang pilihan praktis untuk memuaskan perut pada saat saya merasa kelaparan malam-malam. Tinggal robek kemasan, rebus mie, campur dengan bumbu, siap deh untuk dinikmati. Lumayan lha buat amunisi berkonsentrasi selama menunda jam tidur. Sehingga, setiap belanja bulanan, saya tidak lupa selalu menyiapkan stock mie instan.

Cara membuat mie instan Arirang.

Arirang merupakan makanan asal Korea yang halal

Makanya, saat ada kesempatan untuk mencicipi mie instan Arirang saya sangat antusias. Apakah mie instan Arirang ini akan sesuai dengan selera saya? Apakah akan menjadi “kekasih tercantik” yang saya sayang? Hehehe. Saya pun mencoba membuktikannya sendiri.

Tapi, sebelumnya, saya mau menjelaskan tentang satu isu yang biasanya mengusik teman-teman muslim tentang Korean Food di Indonesia. Mungkin sebagian teman-teman berpendapat, “Mie instan asal Korea? Enggak ah, tidak halal!” Yup, makanan asal Korea yang beredar di pasaran memang kebanyakan masih meragukan kehalalannya.

Suami saya pun ketika saya beri tahu ada produk baru asal Korea dengan merk Arirang ini enggak terlalu antusias. Malah, suami skeptis dan nanya-nanya soal kehalalannya. “Males ah, enggak jelas halal apa enggaknya gitu, pasti kayak mie X itu,” kata suami saya sambil menyebut merk mie instan X yang sudah lebih dahulu beredar di pasaran, namun hingga saat ini memang belum jelas halal atau tidaknya.

Suami baru yakin kalau mie instan Arirang halal, ketika saya menyodorkan kemasan produk mie instan Arirang kepadanya. Kemasan mie instan Arirang memang sudah mampu menjawab keraguan suami saya dan kita semua, tentu saja. Sebab, di kemasan mie instan Arirang tergambar jelas logo halal dari MUI.

Konsep dan teknologi mie instan Arirang memang berasal dari Korea, namun produksinya dilakukan di Indonesia. Jadi bahan bakunya pun tidak diragukan lagi kehalalannya. Sebagai seorang muslim, dengan fakta seperti itu, saya pun tidak ragu mengkonsumsi mie instan Arirang ini. Sebab, insyaAllah sudah jelas kehalalannya.

Tiga varian mie instan Arirang

Mie instan Arirang terdiri atas tiga varian rasa, yakni:

  • Tasty Chicken Fried Noodle (Mie Instan Goreng Rasa Ayam)
  • Noodle Soup Bone Marrow (Mie Instan Kuah Sup Sum Sum)
  • Extra Hot Fried Noodle (Mie Instan Goreng Pedas).

Saya sudah mencoba ketiga varian rasa mie instan Arirang tersebut. Berikut review saya untuk masing-masing varian:

Tasty Chicken Fried Noodle (Mie Instan Goreng Rasa Ayam)

Rasa ayam dari mie instan Arirang yang Tasty Chicken Fried Noodle sangat terasa. Citra rasanya gurih, namun tidak membuat tenggorokan terasa enggak enak. Paling enak dinikmati saat masih panas dengan taburan suwir-suwiran ayam goreng.

3

Noodle Soup Bone Marrow (Mie Instan Kuah Sup Sum Sum)

Saat makan mie instan Arirang yang satu ini, saya jadi teringat hidangan mie yang dihidangkan di kafe-kafe kekinian. Karena kuah Noodle Soup Bone Marrow mengandung creamer. Rasanya milky gitu,  bercampur dengan cita rasa daging sapi. Bagi teman-teman yang tidak suka atau alergi susu, jangan khawatir, creamer-nya dari bahan non-dairy, kok.

5

Extra Hot Fried Noodle (Mie Instan Goreng Pedas)

Bagi yang ngaku penyuka makanan pedas, wajib mencoba mie instan Arirang versi Extra Hot Fried Noodle ini. Rasa ayamnya terasa, mirip seperti rasa ayam di varian Tasty Chicken. Bedanya, ada rasa pedas dari bumbu mericanya yang rasanya nendang banget. Dijamin berkeringat saat nyobain mie instan Arirang yang Extra Hot ini.

4

Pada saat masuk ke mulut pertama kali sih enggak terasa pedas berlebihan gitu, sih. Sebab, memang katanya pedasnya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Cuma, sensasi rasa pedasnya agak lama menghilang dari mulut, hehehe. Meski begitu, pedasnya bikin nagih, lho.

Kalau ditanya mana di antara ketiga varian mie instan Arirang yang menjadi favorit saya? Hmmm, kalau saya sih suka semua, ya? Soalnya bagi saya, makanan itu rasanya cuma dua. Enak dan enak banget. Hahaha, bercanda, ding.

Pada dasarnya saya suka banget cita rasa mie instan Arirang. Tapi, kalau disuruh menunjuk salah satu yang menjadi favorit saya di antara ketiganya, maka jawaban saya adalah Noodle Soup Bone Marrow. Saya penggemar mie instan dengan kuah, apalagi kalau kuahnya ada creamer-nya. Cocok banget buat saya yang suka menikmati mie instan malam-malam, apalagi saat suhu udara sedang rendah.

Mau mencoba mie instan Arirang juga?

Apakah teman-teman mau mencoba menikmati mie instan asal Korea yang halal ini juga? Untuk saat ini mie instan Arirang telah tersedia di supermarket-supermarket kelas A di area Jabodetabek, seperti Hero, Foodhall, Kemchik, Foodmart, dan beberapa toko-toko buah modern seperti Total, All Fresh, dan lain-lain. Harganya cukup terjangkau kok, cuma Rp.10.000,- saja per bungkus. Satu bungkus mie instan Arirang berdimensi panjang x tinggi x lebar: 205 x 30 x 125 mm dan beratnya 130 gram. Porsinya lumayan, kan?

Buat teman-teman yang berada di kota-kota lain, jangan khawatir, sebab sebentar lagi mie instan Arirang akan segera tersedia di kota-kota besar lainnya, seperti Surabaya, Bandung, Medan, dan Makassar. Tapi, kalau mau membeli secara online, produk mie instan Arirang ini juga telah tersedia, lho. Teman-teman bisa mendapatkannya di media sosial mie instan Arirang:

Selain dari media sosialnya, mie instan Arirang juga sudah bisa kita beli di beberapa marketplace seperti: Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli.com.

Selamat mencoba sendiri menikmati cita rasa ayam gurihnya Tasty Chicken Fried Noodle, kuah creamy-nya Noodle Soup Bone Marrow, dan betapa ektsra hot-nya Extra Hot Fried Noodle mie instan Arirang, ya? Nanti, beri tahu ya, teman-teman paling suka varian yang mana? Siksa hasipsiyo! (Selamat makan!)

2

April Hamsa

92 Comments

  1. Tempo hari sempet beli mi korea di supermarket, tapi gak jadi dimakan. Soalnya kata suami belum ada label halal. Jadinya dikasih ke tetangga yang nonmuslim. Kalau yang ini udah ada label halal ya.

  2. Jadi gak sabar mau nyobain yang pedes nih Mba. Karena baru sempet masak yang soup bone marrow. Enaaak rasanya. Paling seneng sih karena halal. Jadi tenang makannya!

  3. Nah ini dia yg bikin penasaran. Udah ada sertifikat halalnya ya mba. Duh jadi pengen nyoba. Lemarin2 takut mau nyoba mie korea karna soal labelnya ini.. makasih infonya mba

  4. Mbak April, kayaknya favorit kita bakalan sama deh. Soalnya aku suka yg kuah2 juga hehe apalagi makannya sambil ditemenin oppa, pasti makin syahdu.

    andiani.net

  5. Aku penasaran sih karena mie korea yg favoritku belum ada label halalnya tapi karena enak ya dimakan aja hahaha. Kalau ini udah ada label halalnya kan makannya lebih nikmat ya :3

  6. Tadi kayaknya udah komen tapi entah kenapa hilang huaaaa

    Semenjak ada Arirang aku jadi nyaman makan mie korea yg spicy. Karena udah ada label halalnya, sih 🙂

  7. Salah satu alasan aku kenapa sampai sekarang belum ‘kekinian’ nyobain mie korea adalah karena masalah halalnya. Kalau emang si Arirang ini udah ada halal-nya, fix aku besok borong deh!

  8. Doni

    Wah… Mantap nih rasanya.. Sekali nyobain pengen nyoba lagi dan semakin mantap dengan halalnya.. Lidah terasa bergoyang dengan pedasnya.. Wow banget deh…

  9. Mbak Apriil,
    aku udah keliling supermarket belum masuk looh ini produknya hikzzz.
    Kan kepengen juga beli arirang buat makan bareng keluarga di Palembang. Kebetulan mau pulang bentar lagi hiikz.

  10. Wah harganya marem juga ya mbak untuk per bungkusnya tapi denger-denger porsinya cukup besar juga ya..? Bau bumbunya apa sama menyengat kayak bumbu mie instan asli Indonesia mbak?

  11. Saya rasa produsen mi yang satu ini benar-benar serius untuk membuat produk yang sesuai dengan segmen konsumen muslim yang memang memperhatikan kehalalan setiap makanan yang hendak di konsumsi.

    Applause untuk Arirang Owner,

    hehe…

  12. aduhh mbak april jadi pengen mie koreanyaaa xD..aku soalnya lg pgn coba mie instant korea..tp ada juga pernah beli rasanya kurang cocok di lidah. tapi ini variannya menarik bgt deh kayaknyaa mbakk..jd pengeennn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *