Blog Contest Product Review Review & Contest Technology

Sukses Menjadi Blogger Profesional Bersama ASUSPRO B8230

Blogger, julukan untuk orang yang suka ngeblog alias menulis di blog ini sekarang sedang naik daun. Kalau jaman dahulu, orang menulis di blog kebanyakan karena memang suka menuangkan pemikirannya lewat tulisan, yang kemudian disebarkannya ke dunia maya. Ada pula yang menulis blog karena ingin sharing, dengan harapan supaya orang lain bisa mendapatkan informasi dari tulisannya tersebut. Hingga, beberapa tahun terakhir, alasan orang ngeblog sebab ingin mendapat penghasilan dari tulisan-tulisannya.

Menjadi blogger pun membutuhkan “senjata” berupa gadget. Semakin canggih gadget yang digunakan, maka akan sangat membantu blogger bekerja. Akan lebih baik lagi apabila blogger memiliki gadget notebook atau laptop atau personal computer (PC) yang memiliki prosesor sekelas Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Sebab prosesor tersebut memiliki keunggulan:

  • Memiliki kecepatan hingga 3,1GHz.
  • Meski gesit, procesor ini menghemat daya. Sebab punya Therma Desain Power (TDP) cuma 15 Watt saja.
  • Panas yang dihasilkan oleh notebook sangat rendah.

Dengan gadget yang mumpuni seperti itu maka seorang blogger pun bisa bekerja secara profesional untuk mendapatkan penghasilan.

blogging-428955_960_720

Perkenalkan sebuah profesi bernama blogger

Ah, beneran masa “cuma” ngeblog dengan gadget canggih kita bisa mendapatkan penghasilan? Ya, bisa donk. Malah blogger sudah dianggap sebagai profesi, lho. Blogger Profesional, tepatnya. Blog milik Blogger Profesional tak lagi hanya sebuah media untuk menyalurkan pemikiran atau sharing informasi, namun memang sengaja dibuat supaya tulisannya dibayar. Siapa yang membayar? Biasanya sih melalui agensi periklanan atau brand langsung. Mereka akan membayar apabila blogger menulis review mengenai produk brand tersebut. Bagi brand tulisan blogger akan membawa manfaat berupa produk mereka akan dikenal oleh masyarakat. Selain itu, review dari blogger juga dapat membuat seseorang memutuskan untuk membeli produk brand tersebut (brand bertemu end user).freelance-1989333_960_720Lalu, bagaimana caranya supaya agensi atau brand mengenal kita? Tentu saja kita harus menunjukkan eksistensi kita sebagai blogger, dengan cara:

  • Pertama, of course membuat blog.
  • Kedua, konsisten update blog dengan tulisan-tulisan kita. Tapi, jangan copy paste artikel orang, ya! Haram hukumnya!
  • Ketiga, promosikan blog kita. Bisa lewat sharing ke media sosial, mengikuti berbagai komunitas blogger, berusaha supaya blog kita terindeks oleh search engine, meminta blog orang lain memberikan backlink ke blog kita, dan cara-cara lainnya. Intinya, bagaimana supaya orang bisa mengenal blog kita dan mengetahui bahwa kita lah author blog tersebut.

Selain mendapatkan penghasilan melalui tulisan-tulisan berbayar, saat ini blogger juga bisa mendapatkan “privilage” dari lomba-lomba blog. Banyak lho di dunia perbloggeran, lomba-lomba menulis artikel yang bertabur hadiah menarik. Mulai dari uang tunai, gadget, hingga jalan-jalan gratis. Namun, untuk mendapatkan semua itu dibutuhkan kerja keras dari seorang blogger. Seorang blogger harus mengerahkan segala kekuatannya supaya bisa memenangkan hadiah lomba. Hal yang saya maksud dengan kekuatan di sini adalah kreativitas blogger tersebut dalam membuat konten semenarik mungkin.

Blogger harus mampu menghasilkan konten menarik

Itulah sebabnya, blogger jaman sekarang, selain harus jago meramu tulisan, diharapkan juga pintar memenuhi konten artikelnya dengan foto, gambar infografis, bahkan video. Blog membutuhkan foto/ infografis yang bagus karena foto/ infografis tersebut bisa menceritakan sesuatu. Begitulah pula dengan video, bisa membuat pembaca memahami dengan cepat maksud tulisan blogger. Bagaimanapun, tidak bisa dipungkiri kadang ada pengunjung yang tidak punya banyak waktu membaca artikel secara utuh, bukan?

Kalau di blogpost ada foto atau infografis atau video maka pengunjung blog bisa memilih mau meneruskan membaca artikel, melihat gambar, atau menonton video. Di samping itu foto, infografis, maupun video sebenarnya membuat konten artikel menjadi lebih menarik. Kalau konten artikelnya menarik, maka pengunjung blog akan makin betah berlama-lama membaca blog tersebut. Mengapa blogger membutuhkan pengunjung berlama-lama membaca blognya? Tujuannya supaya bounce rate (rasio jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman blog kita) tidak terlalu tinggi.

girl-791177_960_720Makin tinggi bounce rate maka artinya performa blog milik kita buruk. Nanti, blog akan susah ditemukan oleh search engine. Kalau susah ditemukan oleh search engine, maka pageviews (halaman blog yang dibaca pengunjung) juga makin minim jumlahnya. Padahal, pageviews juga merupakan salah satu pertimbangan brand beriklan di blog. Bahkan, ada pula lomba-lomba blog yang sekarang menilai dari jumlah pageviews juga, lho.

Nah, makanya bounce rate di blog harus dikurangi. Cara mengurangi bounce rate adalah tentu saja dengan cara rajin mengasah keterampilan menulis kita supaya tulisan kita enggak membosankan. Kalau kata beberapa trainer blogger di beberapa workshop yang pernah saya ikuti sih, story telling-nya yang diperkuat. Sembari belajar menulis dengan teknik semacam itu, ada baiknya sebagai blogger juga belajar cara mengedit foto dan video, serta mendesain infografis.

Blogger butuh modal gadget untuk berkreativitas

Mengedit foto dan video, serta mendesain infografis tentu saja membutuhkan modal alat bantu. Alat bantunya tentu saja berupa gadget canggih yang sudah sekilas saya singgung di awal tulisan saya di atas. Kalau saya pribadi, terus terang masih lebih banyak menggunakan smartphone saya untuk editing gambar/ foto maupun video. Andalan saya mengedit foto adalah aplikasi Snapseed dan VCSO. Sesekali saya menggunakan PhotoGrid juga.

Namun, mengedit foto dengan smartphone hasilnya masih kurang memuaskan, entah itu kurang cerah atau saturasinya belum tepat. Untuk membuat infografis juga kurang leluasa. Sedangkan untuk membuat video, saya mengandalkan aplikasi VideoShow. Kalau mengedit video dengan smartphone biasanya terbatas pada daya penyimpanannya. Sering error saat akan disimpan, di-share, ataupun diunggah ke akun YouTube milik saya. Malah, yang lebih menjengkelkan, kadang saat tengah asyik mengedit foto atau video, eh smartphone-nya tiba-tiba ngelag.

Kondisi itu membuat saya ingin memiliki gadget yang lebih canggih namun tetap simple. Saya kepikiran sih ingin membeli notebook untuk mendukung kegiatan ngeblog saya. Mengapa notebook, bukan laptop, ataupun PC? Menurut hemat saya, sebab notebook dengan ukurannya yang minimalis biasanya lebih ringan dan fleksibel untuk dibawa bepergian. Cocok untuk blogger dengan mobilitas tinggi. Oh iya, saya lupa bercerita di awal, bahwa ada kalanya selain mendapat tawaran pekerjaan menulis yang bisa dikerjakan di rumah, blogger juga biasanya diundang oleh brand ke sebuah acara. Jadi, ngeblog bukan pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan dari rumah semata. Namun, juga di semua tempat, khususunya tempat dimana kehadiran blogger dibutuhkan oleh brand yang mengundangnya. Supaya bisa cepat menulis tentang momen yang dihadirinya, notebook penting untuk dibawa ke acara.

Selain ringan dan fleksibel, baterai notebook biasanya lebih tahan lama ketimbang baterai laptop. Sebab, layar notebook lebih kecil dibandingan laptop. Penyebab lain mengapa baterai notebook lebih hemat karena notebook tidak memiliki perangkat pemutar CD/ DVD. Dengan kata lain karena isi daleman-nya atau hardware-nya lebih sedikit dari laptop, maka baterai notebook lebih hemat. Cocok dibawa oleh blogger jika menghadiri acara yang enggak menyediakan colokan listrik.

Mungkin ada pertanyaan dari teman-teman, “Lho, notebook kan performanya enggak sebagus laptop atau PC?” Eiiitttsss, jangan salah, seiring kemajuan teknologi, notebook masa sekarang sudah memiliki performa sebaik laptop, lho. Salah satu contohnya adalah notebook yang diproduksi dan dipasarkan oleh ASUS yang bernama ASUSPRO B8230.

Tentang notebook ASUSPRO B8230

ASUSPRO B8230 merupakan salah satu varian dari sekian produk ASUSPRO (produk ASUS untuk para pekerja profesional). ASUSPRO B8230 telah mengantongi sertifikasi MIL-SPEC 810G. For your information sertifikasi MIL-SPEC 810G merupakan suatu tes yang digunakan untuk mengukur ketangguhan dan kehandalan suatu alat dengan standar militer Amerika Serikat yang banyak digunakan di dunia internasional.

3

Penampilan ASUSPRO B8230 yang mungil tapi elegan.

Apabila ASUSPRO B8230 lulus sertifikasi MIL-SPEC 810G, itu artinya gadget ini:

  • Mampu bekerja di suhu yang tinggi.
  • Masih bekerja baik pula di suhu rendah.
  • Tahan terhadap perubahan suhu.
  • Bisa bekerja meski terkena air.
  • Kuat terhadap goncangan.

ASUSPRO B8230 merupakan notebook untuk para profesional yang memiliki dimensi layar 12,5 inchi dan memiliki bobot hanya 1,3 kg. Hal tersebut membuat ASUSPRO B8230 terlihat simple, cantik, dan elegan. Cocok dipakai oleh Blogger Profesional terutama blogger perempuan yang biasanya sangat menyukai notebook yang simple.

Selain karena penampilannya, ASUSPRO B8230 juga memiliki beberapa macam keunggulan, antara lain:

-Memiliki desain casing dari bahan karbon fiber sehingga bobotnya ringan, namun solid dan sangat kuat.

-Layarnya dapat dibuka hingga 180 derajat.

1

-Notebook ini tidak rusak terkena tekanan atau jatuh dari ketinggian 1,3 meter sekalipun.

4

Uji kekuatan rangka ASUSPRO B8230.

-Keyboard-nya bersifat spill resistant artinya tahan terkena tumpahan air. Tinggal mengeringkannya saja.

-Keyboard-nya memiiki backlit sehingga tetap nyaman digunakan mengetik di ruangan yang cahayanya kurang.

-Terdapat SensePoint dan tombol touch pad. Jarak antara touchpad dengan fingertip cuma 50 mm sehingga memudahkan kita untuk “select” dan “scroll” dengan satu tangan saja.

7Keyboard ASUSPRO B8230 yang memiliki SensePoint dan spill resistant.

-Layar notebook menggunakan anti glare sehingga kalau pun digunakan di outdoor maupun ruangan dengan cahaya terang tidak akan silau. Mata pun tidak mudah lelah menerima cahaya monitor. Selain itu anti glare membuat layarnya tidak gampang kotor kalau terkena jari/ tangan, terlindungi dari goresan, enggak gampang berdebu.

-Memiliki resolusi full HD artinya mode gambar bisa sampai resolusi 1080 pixel sehingga gambar atau video yang tampil tidak akan mengalami interlaced.

-Memiliki fitur ASUS Business Manager sehingga kita dapat melakukan berbagai macam setting seperti mengontrol penggunaan daya notebook, update ke driver baru supaya performa notebook lebih baik, mengelola “security” seperti USB lock dan ASUS FingerPrint, backup dan recovery data, mengelola hotspot untuk layanan wireless network, mengelola perlindungan untuk HDD (Hard disk).

5ASUS Business Manager pada ASUSPRO B8230.

-Media penyimpanan berbasis Solid State Drive (SSD). SSD adalah semacam tempat penyimpanan namun kerjanya lebih cepat dibandingkan hard disk sehingga media yang menggunakan SSD dijamin proses komputasi berupa read dan write pada sistemnya berjalan lebih cepat.

-Memiliki hassle-free service door di bagian bawah body, sehingga dapat memudahkan kita untuk mengganti beberapa komponen notebook seperti RAM/ SSD/ baterai/ LTE SIM Card dengan alat sederhana seperti obeng. Sehingga orang awam yang enggak mengerti tentang komponen notebook pun bisa melakukannya sendiri.

2Hassle-free service door di bagian bawah body  ASUSPRO B8230.

Sedangkan detail spesifikasi ASUSPRO B8230 adalah sebagai berikut:

  • Dilengkapi sistem operasi Microsoft Windows 10.
  • Kapasitas memori DDR4 SODIMM 8GB dengan sistem penyimpanan berkapasitas 256GB.
  • Menggunakan kartu grafis dan dua prosesor Intel Core i7 dan i5 generasi keenam yang memiliki daya rendah (Intel Skylake).
  • Memiliki tiga buah port USB 3.0.
  • Memiliki mini display port (alat untuk menghubungkan antar perangkat).
  • Memiliki ethernet LAN (untuk menghubungkan kabel teknologi jaringan LAN)
  • Dilengkapi smart card reader dan card reader (fitur keamanan yang bisa mengidentifikasi pengguna dan bisa juga untuk mengautentifikasi penyimpanan data dan pengolahan aplikasi. Fitur ini juga bisa untuk log in dan untuk otorisasi saat kita melakukan transaksi online)
  • Dilengkapi fingerprint (akses berupa teknologi biometrik sidik jari).
  • Dilengkapi WiFi AC
  • Dilengkapi bluetooth V4.0.
  • Terdapat The Trusted Platform Module (TPM) yakni sebuah chip yang terintegrasi dengan motherboard untuk mengenkripsi data sehingga mengurangi risiko password bocor (an auauthorised capturing of password) dan bisa mengenkripsi data yang sensitif.
  • Memiliki docking yang terpisah dengan pilihan konektivitas yang fleksibel dan nyaman, sehingga memungkinkan kita menyambungkan perangkat-perangkat tambahan seperti mouse, proyektor, dan perangkat lainnya.

6USB port, akses finger print, dan smart card.

logo_asus_isoi_intel-300x99

index

Prosesor dan docking ASUSPRO B8230.

Untuk penampilan dan performa lebih jelas dari ASUSPRO B8230 dapat disaksikan dalam video berikut ini:

Luar biasa bukan keunggulan dan kelengkapan spesifikasi produk ASUSPRO B8230. Saya berharap bisa memilikinya suatu saat nanti! Aamiin!

Menjadi Blogger Profesional yang sukses

Jika ASUSPRO B8230 di atas meja kerja saya di rumah saya bisa membayangkan akan bisa melakukan banyak hal berkaitan dengan aktivitas ngeblog, antara lain:

  • Tidak khawatir menyimpan banyak file foto dan tulisan untuk mendukung kegiatan blog di notebook.
  • Lebih cepat mentransfer data dari flashdisk atau hard disk eksternal ke notebook, mengingat performa ASUSPRO B8230 yang gesit.
  • Dengan sistem keamanan notebook yang mumpuni saya enggak takut file-file saya dicuri orang.
  • Mendownload dan menginstall aplikasi desain grafis. Supaya saya bisa lebih mudah mengedit foto/ gambar, serta membuat infografis yang menarik.
  • Mendownload dan menginstall aplikasi editing video. Supaya saya bisa menghasilkan video dengan kualitas editing yang lebih baik.
  • Jika ada workshop seputar blogging, notebook ini bisa menjadi andalan saya untuk langsung mencatat materi workshop. Jika workshop yang saya ikuti berupa workshop fotografi dan membuat/ editing video, jelas notebook ini menjadi senjata andalan untuk langsung mempratekkan materi workshop.
  • Lebih nyaman membawa notebook untuk ngeblog di luar rumah maupun dibawa ke acara-acara seperti blogger gathering maupun acara undangan brand tertentu. Sehingga saya bisa menulis momen secara real time ataupun lebih cepat.

Dengan ASUSPRO B8230 di atas meja kerja saya, maka langkah menjadi Blogger Profesional yang sukses pun tak lagi menjadi sekedar mimpi.  Semoga! Buat teman-teman yang sedang semangat-semangatnya ngeblog, semoga juga demikian, ya! 🙂

April Hamsa

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

Sumber referensi tulisan dan foto:

  • Akun Youtube ASUS Rumania
  • www.bloggerperempuan.com
  • www.asus.com
  • Pixabay

43 Comments

  1. Andiyani Achmad 31 Januari, 2017
  2. Nova Violita 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 1 Februari, 2017
  3. Lisna 31 Januari, 2017
  4. Ilhampst 31 Januari, 2017
  5. pritahw 31 Januari, 2017
  6. cloud computing indonesia 1 Februari, 2017
  7. Nathalia DP 1 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  8. Ivonie 1 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  9. Shona Vitrilia 1 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  10. Rusydina Tamimi 1 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  11. tutyqueen 1 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  12. Syarifani 1 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  13. Dian Ravi 1 Februari, 2017
  14. Ayaa 2 Februari, 2017
  15. nitalanaf 3 Februari, 2017
  16. Nurul Fitri Fatkhani 4 Februari, 2017
  17. Tukang Jalan Jajan 4 Februari, 2017
  18. Cindraprasasti 5 Februari, 2017
  19. Rindang 5 Februari, 2017
  20. bena 5 Februari, 2017
  21. Liza 5 Februari, 2017
  22. Pertiwi Yuliana 6 Februari, 2017
  23. ajenangelina 6 Februari, 2017
  24. perusahaan konsultan it 6 Februari, 2017
  25. Murni Rosa 6 Februari, 2017
  26. Adi Setiadi 7 Februari, 2017
  27. INTERNET MARKETING SEMARANG 9 Februari, 2017
  28. Vidy 13 Februari, 2017
  29. Hani 14 Februari, 2017
  30. elina 28 April, 2017

Leave a Reply

Instagram