Berapa Sih Biaya Nikah?

Biaya administrasi yang kami keluarkan demi mendapatkan dua buah buku nikah adalah:

1. Rp. 35.000,- di Kelurahan (entah untuk siapa dan buat apa, soalnya nggak pakai kwitansi ).

2. Rp. 400.000,- di KUA (Kota Surabaya).

Nah, dua orang tetanggaku sebelumnya ada yang menikahkan keluarganya. Satunya menikahkan anaknya, satunya lagi menikahkan ponakannya. Mereka sama-sama bilang kalau biaya yang mereka keluarkan di Kelurahan tuh sebesar Rp. 50.000,- dan yang di KUA Rp. 600.000,-

“Ya rejekimu, Mbak,” kata tetanggaku.

Hmmm, benarkah rejeki? Apa karena kami ngurusnya di bulan Ramadhan ya, makanya dapat diskon?

Huuuffftt, biaya nikah di Indonesia ini emang nggak jelas kok. Jadi, menurutku yang bertanggungjawab atas perbuatan orang kumpul kebo dll adalah PEMERINTAH!

27 Comments

  1. Ilham Sari Perdana

    walimahan itu yang resepsi ya?
    soalnya kalau di tempatku ada malam walimah itu kayak pengajian gtu di malam sebelum akad

    kalau resepsi diurusin sama WO
    tapi juga nggak mahal untuk ukuran Surabaya sih
    biasa-biasa aja yang penting sakral 😀

  2. Ilham Perdana

    Kumpul sama kebo? Hihihi…

    Kalau masalah biaya walimah, lucu juga kalau ingat beda adatnya di Jawa dan Kalimantan. Khususnya rembugan buat berbagi biaya pernikahan 😀

  3. APRILLIA EKASARI

    emang kalau adat Jawa, biaya ditanggung pihak cewek
    aku udah sering tahu ada pihak cowok yang “cuma” ngasih sejuta dua juta aja ke pihak cewek hehe :p

  4. APRILLIA EKASARI

    aku pakai WO Ki
    WO itu nyediain beberapa paket
    ini websitenya:

    kalau untuk malam sebelum akad, aku nggak pake acara apa-apa, cuma pengajian aja
    biasa, ngaji gtu baca surat2, doa bersama aamiin2, trus makan, tamunya dibawain kue kotakan, gtu aja… 😀

  5. APRILLIA EKASARI

    kalau adat Jawa nggak pake standar
    soalnya emang yang punya gawe kan pihak cewek

    seikhlas dan semampunya pihak laki-laki…

  6. Ilham Perdana

    Di tempatku biasanya dibagi 2, tapi tergantung kesepakatan juga sih.

    Beruntungnya sih aku gak dapat orang sekampung hehehe 😛

  7. Lanisa Lin

    eh aq maren cuman 40 ribu untk administrasi.
    15 ribu untk infaq stlh BP4 (kursus nikah)
    terus karena kami minta turun,maksudnya penghulu dtg ke rumah tambh 200 ribu. Kalo ijabnya di KUA lbh murah. . .

  8. Lanisa Lin

    eh aq maren cuman 40 ribu untk administrasi.
    15 ribu untk infaq stlh BP4 (kursus nikah)
    terus karena kami minta turun,maksudnya penghulu dtg ke rumah tambh 200 ribu. Kalo ijabnya di KUA lbh murah. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *