Blog Contest Book Others Review & Contest

Baca Buku Ini Dijamin Jadi Blogger Profesional!

Beberapa hari lalu seorang teman di salah satu grup WhatsApp (WA) yang saya ikuti, menjapri saya. Dia ingin tahu apakah benar cuma dari ngeblog bisa menghasilkan uang? Rupanya dia penasaran, karena beberapa minggu terakhir saya memasang foto-foto di media sosial saya dengan hastag #berkahnulis atau #berkahngeblog. Saya katakan kepadanya, kalau menghasilkan uang, terus terang saya baru saja mulai me-monetize blog saya. Setelah sebelumnya saya konsisten menjadi Blogger Curhat. Apaan tuh Blogger Curhat? Itu, biasa, emak-emak galau yang suka mengisi online diary. Itulah saya, dulu, sebelum tercerahkan untuk ngeblog yang menghasilkan. Menghasilkan apa? Menghasilkan manfaat buat orang donk, syukur-syukur pendapatan. Aamiin.

Eh, kok ngelanturnya kemana-mana ya? Lalu, kelanjutan dari pertanyaan teman saya tadi bagaimana? Masa, udah capek-capek nanya ke saya, nggak dapat jawaban memuaskan. Tenang saja, saya sudah merekomendasikan ke dia sebuah buku yang menarik untuk dimiliki seseorang yang ingin jadi Blogger Profesional.

Buku yang saya rekomendasikan berjudul β€œBlogging: Have Fun and Get The Money” karya Carolina Ratri. Bagi yang belum kenal nama Carolina Ratri, sekedar info, dia salah satu sosok yang sudah malang melintang di dunia perbloggeran. Selain itu, Carolina Ratri juga Marketing Communicator untuk Penerbit Stiletto Book.

Saya rasa, nggak salah merekomendasikan buku ini ke teman saya tersebut, sebab saya sendiri juga merasakan manfaatnya. Oh ya, ketertarikan saya terhadap buku karya Blogger asli Yogyakarta ini muncul, setelah saya mengikuti workshop salah satu Komunitas Blogger tentang bagaimana supaya blog kita naik level, bulan April lalu. Setelah workshop itu, ketika main ke toko buku, saya sengaja mencari buku Carolina Ratri. Sebelumnya, salah seorang teman di grup WA Blogger juga pernah mengiklankan buku ini. Kebetulan temanya masih nyambung dengan workshop dan saya lagi semangat-semangatnya belajar menaikkan level blog saya. Akhirnya, saya angkut lah ke rumah, buku ini.

Apa yang membuat buku ini menarik dibandingkan buku-buku tutorial tentang cara ngeblog yang lain? Menurut saya, yang membuat buku ini menarik adalah:

  • Bahasanya mudah dipahami.

    Saya sudah kelamaan kuliah, sudah kenyang sama buku diktat, masa ngeblog juga belajarnya dari buku yang isinya disampaikan dengan kaku? Untuk buku satu ini, bahasanya mudah dipahami, sebab Carolina Ratri menyampaikannya dengan gaya bertutur.

  • Chapter-chapter dalam buku disampaikan secara runut.

    Menurut saya, ini penting. Siapa tahu ada orang, yang awam tentang Blog dan Blogger, ingin membaca. Jadi, secara runut, Carolina Ratri memulainya dengan menjelaskan blogging itu apa, lalu melanjutkan ke tahapan-tahapan berikutnya.

  • Buku ini super lengkap.

    Menurut saya, Carolina Ratri blak-blak’an ketika menulis ini. Ibu dua orang putri ini tidak pelit menyampaikan apa saja yang diketahuinya tentang dunia Blogger.

  • Buku ini harganya murah.

    Dengan isi yang sarat pengetahuan tentang dunia perbloggeran, harga buku ini tergolong murah.

Penasaran sama isi buku ini? Saya beri beberapa bocoran ya? Tapi, jangan banyak-banyak. Kalau banyak-banyak artinya saya bukan mereview bukunya, tapi menuliskannya ulang. Bisa-bisa saya digetok sama penulisnya, nanti. Lagian, kalau mau jadi Blogger Profesional mestinya ada usaha donk, minimal beli buku ini, lha πŸ˜€ .

Nah, berikut bocoran chapter per chapter Buku β€œBlogging: Have Fun and Get The Money”:

Chapter 1

Pada bab pertama ini, Carolina Ratri membukanya dengan mengajak pembaca memahami tentang dunia blog. Pertama, apa alasan ngeblog. Ternyata beragam sekali alasan orang menjadi Blogger, saya ketahui dari buku ini. Lalu, kedua, Carolina Ratri menjelaskan apa saja yang bisa didapatkan dari kegiatan ngeblog. Terakhir, poin ketiga, Carolina Ratri memprovokasi pembaca buku ini, supaya ngeblog yang menghasilkan. Nah, buat mereka yang niat awalnya membeli buku ini untuk menghasilkan sesuatu dari ngeblog, seperti saya, pasti langsung tak sabar ingin membaca halaman-halaman selanjutnya.

Chapter 2

Supaya bisa menghasilkan sesuatu dari ngeblog, tentu saja harus membuat blog dulu donk ya? Di bab 2 ini, Carolina Ratri menjelaskan bagaimana langkah-langkah ngeblog plus tak lupa, persiapan ngeblog. Pada bab ini dijelaskan tuntas mengenai kategori blog dan gambaran mengenai apa saja topik-topik blog yang menarik untuk di-monetize. Carolina Ratri juga mengingatkan kita mengenai nama dan judul blog, yang sebaiknya dibuat semenarik mungkin. Tak lupa, hal β€œsederhana” seperti platform blog pun dijelaskan dalam buku ini. Dan, tentu saja, hal β€œnjlimet” seperti tips SEO juga diberikan.

Chapter 3

Pada bab 3, Carolina Ratri mengajak pembacanya mendalami arti aktivitas blogging. Bagaimanapun juga blogging adalah soal menulis. Sehingga melalui buku ini, Carolina Ratri memberikan beberapa teknik dasar menulis yang cocok untuk seorang Blogger Profesional. Bab 3 ini juga dilengkapi dengan tips sederhana untuk menjaga mood Blogger supaya selalu semangat ngeblog.

Chapter 4

Mungkin, bagi yang suka membaca lompat-lompat, akan langsung menuju bab keempat dari buku ini. Judul bab yang satu ini cukup menarik, yakni β€œBlogging for job Review”. Sepertinya, memang pembahasan itu bukan, yang diharapkan saat pertama kali memutuskan membaca buku semacam ini? Nah, dalam bab 4 ini, Carolina Ratri menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana caranya supaya blog mendapatkan tawaran job review. Di bab 4 ini, pembaca juga diberi pengetahuan tentang nama-nama agensi yang sering menawarkan job review, serta komunitas-komunitas Blogger yang suka membagikan informasi ketika ada job review.

Chapter 5

Apabila bab-bab sebelumnya berisi hal-hal teknis tentang ngeblog, maka di bab 5 ini, Carolina Ratri membagikan hasil interview-nya dengan Advertiser dan Blogger penerima job review. Dua sudut pandang yang berbeda dari pekerja dunia digital ini disampaikan secara menarik oleh Carolina Ratri dalam bentuk Q & A (Question and Answer).

Chapter 6

Bab 6 tak kalah menarik, Carolina Ratri menunjukkan bagaimana caranya mendapatkan pundi-pundi uang dari blogging, selain dari job review.

Chapter 7

Bab 7 adalah bab terakhir alias bab penutup. Pada bab ini, Carolina Ratri memberikan tips, sekaligus mengingatkan, supaya Blogger tetap menjaga performa blognya agar tetap maksimal.

Dari ketujuh chapter, yang menjadi favorit saya, selain chapter 4 (of course!), adalah chapter 3. Bab ini menyadarkan bahwa khittah Blogger itu, ya β€œmenulis”. Oh ya, ada salah satu bagian dari chapter ini yang mengingatkan Blogger untuk memelihara semangat ngeblog. Terus terang, bagi saya pribadi kalau udah disibukkan dengan urusan rumah tangga dan balita, suka mandeg deh ngeblog-nya. Mulai lagi, suka bingung dari mana. Suka bagian ini karena ada tips seperti penjadwalan menulis, memperbarui komitmen, piknik/ cari tempat baru untuk menulis dll. Semoga bisa menjalankan semua tips yang ada dan syukur-syukur bisa get the money. Aamiin.

Terakhir, saya cuma mau berkomentar, buku Carolina Ratri ini sangat bagus dan bermanfaat buat Blogger (terutama yang pemula, seperti saya :p ). Mungil ukurannya, tapi isinya padat. Bisa nih, kalau dijadikan kamus wajib untuk Blogger. Sukaaaa! Makanya saya rekomendasikan ke teman yang tertarik ingin jadi Blogger Profesional. Untuk, pembaca blog ini, juga yaaaa… πŸ™‚

Informasi Buku:

  • Judul Buku: Blogging: Have Fun And Get The Money
  • Penulis: Carolina Ratri
  • Penyunting: Herlina P Dewi
  • Penerbit: Stiletto Book
  • Tebal: 246 halaman
  • ISBN: 978-602-7572-44-7
  • Cetakan I, Desember 2015

Depok, 11 Mei 2016

April Hamsa

NB: Postingan ini diikutsertakan dalam Bookreview Contest “Blogging: Have Fun and Get The Money”.

39 Comments

  1. Ipeh Alena 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  2. Ina Tanaya 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  3. Hairi Yanti 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  4. Witri prasetyo aji 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  5. uchy sudhanto 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  6. Irawati Hamid 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  7. Indah Juli 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  8. Sri Lestari 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  9. Inna Riana 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  10. Tian Lustiana 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  11. Retno kusuma wardani 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  12. prananingrum 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  13. Vety Fakhrudin 12 Mei, 2016
    • April Hamsa 12 Mei, 2016
  14. Uniek Kaswarganti 13 Mei, 2016
    • April Hamsa 13 Mei, 2016
  15. Wian 13 Mei, 2016
    • April Hamsa 13 Mei, 2016
  16. Carolina Ratri 16 Mei, 2016
    • April Hamsa 17 Mei, 2016
  17. Ghina Izzati 20 Mei, 2016
    • April Hamsa 21 Mei, 2016
      • Ghina Izzati 22 Mei, 2016
        • April Hamsa 3 Juni, 2016
  18. Bloggerpedia 3 Juni, 2016
    • April Hamsa 3 Juni, 2016
  19. Wenny Pangestuti 19 Juni, 2016

Leave a Reply

Instagram