Ramadhan Challenge Tips & Opinion

5 Cara Bijak Memanfaatkan THR

THR alias Tunjangan Hari Raya yang kemarin sudah diterima apa kabar, teman-teman? Ada yang masih menyimpannya di rekening dan belum memanfaatkannya? Eh, atau malah bahkan sudah abis enggak ada sisanya? Waduh, sorry to hear that, kalau begitu. Semoga 11 bulan ke depan rejekinya makin berlipat, yaaaa… aamiin.

Buat teman-teman yang THRnya masih belum digunakan, berikut adalah beberapa cara memanfaatkan THR supaya enggak terasa “menguap” begitu saja:

  • Melunasi utang

Mungkin teman-teman ada yang memiliki utang cicilan atau utang kepada saudara/ teman, sebaiknya gunakan THR teman-teman untuk melunasinya. Ingat lho utang (terutama buat yang muslim) bahwa utang itu wajib dibayar. Kalau kita meninggal sebelum membayar utang, sampai akhirat kelak juga akan ditagih. Serem kan? Jadi, sebaiknya jika ada dana berlebih segera lunasi kewajiban yang satu ini, teman-teman.

Toh, dana THR ini kan sebenarnya merupakan dana di luar pendapatan yang biasanya masuk ke pos anggaran. Jadi, kalau dipakai untuk membayar utang, insyaAllah kebutuhan teman-teman masih bisa tercukupi dari pendapatan lain yang sudah rutin masuk bukan? Positifnya lagi, beban utang berkurang. Sehingga, nanti teman-teman enggak harus membayarnya dari anggaran yang sebenarnya untuk kebutuhan lain.

  • Belanja barang yang dibutuhkan

Apabila teman-teman enggak punya utang dan memiliki keinginan untuk membeli suatu barang yang harganya lumayan, enggak ada salahnya kok membelanjakan THR. Apalagi kalau barang itu benar-benar sangat kita butuhkan ya? Bukan sekadar “barang yang diinginkan” saja lho ya. Membeli cash dengan THR lebih baik, daripada kita membelinya kredit lalu mewajibkan kita melunasinya dengan cara mencicilnya tiap bulan? Mumpung ada dananya, beli saja sekarang.

  • Investasi

Buat teman-teman yang tidak punya kewajiban membayar utang dan kebutuhan membeli barang tertentu, THR bisa teman-teman manfaatkan dengan maksimal. Salah satunya adalah melakukan investasi. Teman-teman bisa menginvestasikan THR dalam bentuk emas, membuka deposito atau reksadana, atau investasiinvestasi lainnya yang berjangka panjang.

  • Gunakan sebagai modal usaha

Mungkin, teman-teman ada yang ingin memulai berwirausaha atau ingin mempunyai usaha sampingan.Teman-teman juga bisa lho memanfaatkan THR sebagai modal usaha. Kapan lagi kan ya mewujudkan impian berwirausaha. Mumpung pas ada dananya sebagai modal.

Contoh usaha yang tidak terlalu membutuhkan modal besar misalnya berjualan online. Bisa juga teman-teman patungan dengan sahabat atau saudara untuk membuka usaha tertentu. Kalau misalnya modalnya belum cukup, ya enggak perlu memaksakan diri harus membuka usaha saat ini juga. Teman-teman bisa menyimpan dulu dana yang ada, khusus untuk modal usaha. Kelak jika sudah cukup baru dana tersebut bisa teman-teman manfaatkan untuk membuka usaha sesuai keinginan.

  • Berbagi kebahagiaan

Sebulan penuh kemarin kita dilatih untuk berbuat kebaikan. Salah satunya membagikan rejeki kepada orang lain. Selagi momennya masih ada, tidak ada salahnya kalau memang THR kita berlebih, kita berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Entah itu membuka rekening tabungan untuk kedua orang tua, memberikan angpao buat saudara atau keponakan, atau bersedekah kepada orang lain yang membutuhkan. InsyaAllah rejeki kita makin berkah dan berlipat dengan cara demikian. Aamiin.

Nah, begitulah teman-teman, cara bijak untuk memanfaatkan THR yang kemarin teman-teman terima. Tentu saja, tiap orang memiliki prioritas berbeda. Tapi, apapun itu, semoga THR teman-teman bisa termanfaatkan dengan baik ya!

Selamat Hari Raya Idulfitri teman-teman pembaca keluargahamsa.com, mohon maaf lahir dan batin yaaa…

April Hamsa

2 Comments

  1. Sandi Iswahyudi 1 Juli, 2017
    • April Hamsa 4 Juli, 2017

Leave a Reply

Instagram