Health Product Review Review & Contest Tips & Opinion

5 Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Pernah enggak teman-teman mengalami saat kebelet pipis, eh, ternyata saat sudah di kamar mandi enggak keluar sama sekali? Sekali waktu, pernah buang air kecil (BAK), tapi volume urine yang keluar sedikit-sedikit? Udah gitu, saat BAK terasa nyeri di area perut bawah atau panggul?

Sakit saat BAK bisa jadi karena anyang-anyangan.

Kalau teman-teman pernah mengalami gejala seperti itu, bisa jadi teman-teman sedang menderita Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau yang umum dikenal dengan istilah anyang-anyangan. Apakah penyebab anyang-anyangan itu?

Anyang-anyangan terjadi apabila ada bakteri seperti E-coli yang memasuki kantung kemih melalui ureter (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh). Biasanya, hal tersebut terjadi karena kondisi daerah kemaluan yang kurang bersih. Selain bakteri, meskipun jarang, anyang-anyangan juga bisa disebabkan oleh virus dan jamur.

Sebenarnya, sistem saluran kemih sudah didesain agar bisa mencegah serangan mikroskopik semacam itu sendiri. Namun, ada kalanya pertahanan tersebut gagal. Akibatnya, bakteri tersebut kemudian berkembang biak, lalu menginfeksi saluran kemih.

Anyang-anyangan bisa menyerang siapa saja, baik anak kecil maupun orang tua, baik laki-laki maupun perempuan. Namun, perempuan lebih rentan terserang anyang-anyangan, sebab saluran kemihnya lebih pendek. Sehingga, bakteri lebih mudah masuk.

Baca juga: Cara Mengatasi Anyang-anyangan pada Ibu Hamil.

Apalagi, kalau perempuan tersebut jarang ganti celana saat lembab dan keliru dalam membersihkan daerah kemaluannya alias cebok-nya enggak bener. Selain itu, anyang-anyangan bisa juga menyerang perempuan yang sering menggunakan toilet yang kurang bersih.

Meskipun terlihat sepele, namun jika enggak segera diatasi akan berpotensi menginfeksi ginjal juga. Bahaya bukan? Nah, kalau teman-teman sudah terlanjur terkena anyang-anyangan, saran saya sebaiknya lakukan lima cara mengatasi anyang-anyangan berikut:

Minum air putih yang banyak

Minum air putih yang banyak untuk mengatasi anyang-anyangan.

Sebaiknya teman-teman minum air putih yang banyak. Minum air putih dapat memperlancar pembuangan urine, sekaligus membilas bakteri yang menginfeksi saluran kemih. Jika kita bisa BAK dengan lancar maka bakteri tersebut juga akan ikut keluar bersama urine.

Hindari kebiasaan menahan BAK

Jangan menunda BAK, sebab itu artinya teman-teman juga menunda pembuangan kotoran dari dalam tubuh teman-teman. Padahal kotoran tersebut mengandung zat-zat yang bebahaya bagi tubuh. Juga, mengandung bakteri yang bisa menginfeksi saluran kemih.

Lalu, kalau sedang berada di luar rumah dan enggak menemukan toilet bersih bagaimana? Solusinya, mau enggak mau, setiap hendak bepergian teman-teman harus membawa tissue atau handuk kecil bersih, botol berisi air, juga toilet seat sanitizer. Lebih baik repot sedikit, daripada menahan pipis karena enggak nemu toilet bersih.

Jaga kebersihan daerah kemaluan

Hendaknya teman-teman senantisa menjaga daerah kemaluan, dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Langsung cebok setelah BAK dan buang air besar (BAB).
  • Cebok dengan cara yang benar, yakni dengan membasuh kemaluan dari depan ke belakang. Tujuannya agar bakteri dari anus tidak masuk ke saluran kemih.
  • Langsung membilas/ membersihkan daerah kemaluan setelah berhubungan seksual (bagi yang sudah menikah).
  • Jangan membersihkan daerah kemaluan dengan sabun atau produk pembersih yang mengandung bahan kimia dan pengharum yang berbahaya. Sebab, produk semacam itu justru bisa membunuh kuman-kuman yang sebenarnya bagus untuk keseimbangan PH daerah kemaluan.

Pakai celana dalam yang nyaman

Pakai celana dalam dari bahan yang menyerap keringat, misalnya katun. Selain itu jangan memakai celana dalam yang terlalu ketat, sebab bis membuat daerah kemaluan panas dan mudah terserang kuman/ bakteri. Selain itu, usahakan sering-sering mengganti celana dalam. Terutama jika aktivitas kita sangat tinggi dan celana dalam sering lembab.

Konsumsi ramuan tradisional dari buah Cranberry

Menurut ilmuwan dari dunia kedokteran Amerika, buah Cranberry sangat berkhasiat mengatasi ISK atau anyang-anyangan. Buah Cranberry sangat kaya kandungan Proantocyanidin (PAC) yang bisa mencegahbakteri E-Coli menempel pada dinding saluran kemih.

Buah Cranberry.

Sayangnya, buah Cranberry termasuk buah yang susah ditemukan di pasaran. Selain itu, harganya pun cukup mahal dan jika salah mengolahnya maka rasanya jadi pahit. Untungnya, sekarang sudah ada produk ekstrak buah Cranberry yang lebih mudah ditemukan di pasaran. Nama produknya adalah Uri-cran. Ada dua macam varian Uri-cran:

Kapsul

  • Komposisi: 250 mg ekstrak Cranberry.
  • Dosis: 1-2 kapsul/ hari.
  • Isi per box: 30 kapsul/ box.

Powder sachet

  • Komposisi: 375 mg ekstrak Cranberry, 60 mg vitamin C, 0,1 mg Lactobacillus achidopillus, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum.
  • Dosis: 1-2 sachet/ hari.
  • Isi per box: 15 sachet/ box.

Produk Uri-cran.

Khasiatnya sama saja, kok. Sama-sama bisa mengatasi masalah anyang-anyangan yang membuat kita enggak nyaman dan tersiksa.

Begitulah teman-teman lima cara mengatasi anyang-anyangan. Semoga tips ini bermanfaat, ya! Jangan lupa, setelah sembuh dari anyang-anyangan tetap minum air putih yang cukup dan jaga selalu kebersihan daerah kemaluan ya. Semoga sehat terus dan enggak terkena anyang-anyangan lagi.

April Hamsa

22 Comments

  1. Tati Suherman 14 Juli, 2017
    • April Hamsa 15 Juli, 2017
  2. Noni Rosliyani 14 Juli, 2017
    • April Hamsa 15 Juli, 2017
  3. retno 14 Juli, 2017
    • April Hamsa 15 Juli, 2017
  4. Timo 15 Juli, 2017
    • April Hamsa 15 Juli, 2017
  5. Kang Alee 15 Juli, 2017
  6. Dikki cantona putra 15 Juli, 2017
    • April Hamsa 15 Juli, 2017
  7. Jiah 15 Juli, 2017
  8. Pu 15 Juli, 2017
  9. Ony christy 15 Juli, 2017
  10. Yesi Intasari 15 Juli, 2017
  11. Perempuan November 15 Juli, 2017
  12. Ilham 15 Juli, 2017
  13. Mahadewi 15 Juli, 2017
  14. Siti mudrikah 15 Juli, 2017
  15. erina 15 Juli, 2017
  16. Maria Soraya 17 Juli, 2017

Leave a Reply

Instagram