Health Health Tips Pregnancy Pregnancy Tips Tips & Opinion

Cara Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil

Morning Sickness atau kondisi mual dan muntah, merupakan hal yaang sering terjadi kepada ibu hamil. Ada ibu hamil yang mengalami kondisi semacam itu hanya pada trimester awal kehamilannya, ada pula yang mengalaminya sepanjang masa kehamilan.

Zaman hamil Maxy dulu, alhamdulillah saya enggak mengalami morning sickness sama sekali. Hanya saja, selama sebulan lebih saya mengalami batuk yang tak kunjung sembuh. Nah, saat zaman hamil Dema, saat trimester awal, saya sangat benci aroma nasi baru matang dari rice cooker.

Setiap nasi matang saya pasti mual. Kadang muntah, tapi tak berlebihan sebagaimana morning sickness yang mungkin dialami para ibu hamil lainnya di luaran sana sih. Namun, kondisi tersebut cukup membuat saya enggak nyaman.

Penyebab morning sickness, kalau saya membaca di beberapa artikel kesehatan adalah perubahan hormon kehamilan. Namun, ada yang mengatakan morning sickness bisa terjadi juga karena stress.

Ada ibu hamil yang mengalami morning sickness sangat parah. Semua makanan yang masuk ke perut pasti dimuntahkannya lagi. Nah, morning sickness seperti inilah yang berbahaya dan harus segera diatasi. Sebab, jika tidak maka ibu hamil dan bayinya terancam kekurangan nutrisi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi morning sickness pada ibu hamil? Berikut adalah beberapa hal yang saya lakukan ketika saya mengalami morning sickness:

Hindari penyebab mual dan muntah

Seperti yang saya katakan, saya pernah sangat benci banget dengan aroma nasi yang baru matang dari rice cooker. Sehingga, setiap nasi matang, saya selalu minta tolong suami untuk mendinginkan nasi untuk saya makan.

Iya, jadi biarpun saya mual dengan aroma nasi baru matang, namun saya baik-baik aja makan nasi putih. Asalkan saya enggak mencium aroma nasi yang baru matang tersebut, maka saya akan baik-baik aja. Aneh bukan? Hehehe.

Maka, saran saya, buat teman-teman yang mual karena makanan atau aroma tertentu, hindari saja makanan atau aroma tersebut.

Memperbanyak minum air putih

Teman-teman yang sering muntah sebaiknya memperbanyak asupan cairan. Terutama minum air putih. Usahakan minum 2-3 liter perhari. Minum air putih juga bagus buat air ketuban.

Makan dalam porsi sedikit namun sering

Sebaiknya, makan dalam porsi sedikit namun sering untuk menghindari muntah. Kalau bisa pilihlah makanan yang tinggi karbohidrat, namun rendah lemak. Jika tidak bisa makan nasi maka teman-teman bisa menggantinya dengan makan karbohidrat yang lain. Pilih juga cemilan berat, seperti biskuit atau sereal, misalnya.

Beristirahat yang cukup

Usahakan untuk beristirahat dengan cukup. Jangan sampai kelelahan dan stress, sebab hal tersebut juga bisa memperparah morning sickness.

Konsultasi dengan dokter kandungan

Apabila kondisi morning sickness semakin parah, maka segeralah berkonsultasi ke dokter kandungan. Biasanya dokter akan merekomendasikan obat untuk meredakan mual dan muntah.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi morning sickness. Semoga bermanfaat ya buat teman-teman yang sedang hamil, terutama hamil trimester pertama.

April Hamsa

#ODOP #Day26 #BloggerMuslimahIndonesia

6 Comments

  1. shona vitrilia 27 Agustus, 2017
    • April Hamsa 27 Agustus, 2017
  2. Nurulrahma 27 Agustus, 2017
  3. NgeFood 27 Agustus, 2017
  4. Dewi Rieka 28 Agustus, 2017
  5. Okti 30 Agustus, 2017

Leave a Reply

Instagram