Blogger Reporter Events Tips & Opinion

Cara Menjadi Smart Momtizen

Zaman sekarang semua informasi bisa dengan cepat kita dapat di internet. Saya juga kalau mencari info tentang kesehatan anak dari internet. Beli mainan anak juga dari internet.”

Begitu penggalan cerita dari Suci Utami, seorang blogger dan influencer, saat sharing session bersama beberapa komunitas perempuan di kantor Shopback Indonesia di Wisma 77 Jakarta Pusat, pada tanggal 29 Juli kemarin. Sharing session yang mengangkat tema “The Smarter Way to be a Modern, Dynamic, and Millenials Mom” merupakan bagian dari kegiatan Shopback Community Meet Up.

Saya sendiri datang ke acara tersebut mewakili komunitas Blogger Perempuan. Saya tertarik mengikuti acara tersebut, sebab sebagai seorang ibu sekaligus seseorang yang cukup aktif memanfaatkan internet untuk bekerja, saya juga kepengen tahu bagaimana cara menjadi smart momtizen.

Suci Utami saat sharing mengenai smart momtizen.

Apakah yang dimaksud dengan momtizen? Momtizen berasal dari kata mom dan netizen. Mom berarti ibu, sedangkan netizen adalah orang-orang yang aktif di komunitas online atau internet pada umumnya. Jadi ada setidaknya dua peran yang dijalani oleh seorang momtizen. Tantangannya adalah bagaimana sebagai pengguna internet, seorang ibu juga bisa menyeimbangkan waktu antara pribadi/ pekerjaan, keluarganya, dan society (masyarakat).

Suci Utami kemudian bercerita mengenai pekerjaannya sebagai influencer, bagaimana Suci Utami memanfaatkan internet untuk pekerjaannya. Misalkan menulis blog atau menerima endorse. Selain itu, sebagai seorang personal, kalau misalnya belanja Suci Utami juga sering memanfaatkan internet. Belanja online, salah satunya.

Suci Utami yang juga ibu dari dua anak itu kemudian juga sharing mengenai manfaat internet pada saat dia sedang butuh informasi tentang kesehatan buah hatinya. Sebagaimana penggalam cerita Suci Utami yang saya tulis saat pertama kali menulis artikel ini. Suci Utami sering sharing dengan ibu-ibu lain di grup-grup parenting, kemudian mendapatkan banyak informasi dari sana.

Soal “remeh” seperti mainan juga begitu. Suci Utami bercerita suatu hari dia dan keluarga pergi ke mall. Saat itu anak-anak minta mainan spinner yang sedang ngetrend saat ini. Harga satu buah spinner di mall sekitar Rp. 250.000,-. Karena merasa kemahalan, Suci Utami pun browsing lalu menemukan kalau di salah satu online shop, mainan yang persis seperti itu cuma dijual enggak sampai Rp. 50.000,-.

Jadi, memang semua bisa kita dapat di internet, mulai dari hal-hal kecil seperti mencari mainan anak, sampai untuk hal serius seperti keuangan, kesehatan, pendidikan. Kita juga bisa mencari segala hal yang bermanfaat buat “kesehatan jiwa” seperti cara memanfaatkan waktu senggang, liburan, dan berbelanja secara online.

Selain sharing mengenai kehidupannya sebagai influencer dan juga anak-anaknya, Suci Utami juga mengajak para momtizen untuk “memberi sesuatu” lewat internet. “Jangan hanya take, tapi kita juga mesti give,” kata Suci Utami. Maksudnya, kita juga bisa sharing hal-hal yang bermanfaat yang dibutuhkan para pengguna internet lainnya di luar sana. Kalau sebagai blogger sih kita bisa menulis hal-hal yang bermanfaat, bisa informasi atau tips.

Dari paparan Suci Utami, setidaknya ada tiga hal yang saya simpulkan tentang bagaimana cara menjadi smart momtizen:

  • Smart: seorang ibu harus pinter memanfaatkan internet, jangan cuma buat mantengin akun gosip, tapi juga bisa memanfaatkan internet buat menggali informasi atau bahkan mendapatkan penghasilan.
  • Balance: seorang ibu harus mampu menyeimbangkan kapan dirinya ngadep handphone mulu, kapan waktunya menjalankan kewajibannya sebagai seorang ibu dan sebagai seorang makhluk sosial.
  • Give and Take: seperti yang saya jelaskan sebelumnya, jangan cuma mengambil manfaat internet, tapi kita juga jadi bagian yang memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada pengguna internet/ masyarakat lainnya.

Apabila ketiganya sudah kita miliki, berarti kita sudah menjadi smart momtizen. Hmmm, bagaimana teman-teman sudah bisa melakukan ketiganya belum? 😀

Menutup sharing-nya, Suci Utami mengutip quote dari Regina King:

A modern mom to me is not always someone that juggles a career and family. A modern mom is a woman who takes care of herself on the inside and the outside.”

Smart momtizen dari komunitas Blogger Perempuan.

Para peserta sharing session tentang bagaimana menjadi smart momtizen.

Memang seorang ibu itu mampu melakukan banyak peran ya? Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang ini. Berperan dalam karir, juga sebagai ibu dari anak-anak. Belum lagi sebagai istri, sebagai bagian dari komunitas, banyak pokoknya 😀 .

Saya yakin, teman-teman yang sedang membaca tulisan saya ini, terutama para ibu, pasti salah satu bagian dari ibu-ibu modern tersebut. Semoga kita semua bisa menjadi ibu modern sekaligus smart momtizen ya 🙂 .

April Hamsa

26 Comments

  1. elva susanti 4 Agustus, 2017
    • April Hamsa 4 Agustus, 2017
  2. Maria Soraya 4 Agustus, 2017
    • April Hamsa 4 Agustus, 2017
  3. noriko 4 Agustus, 2017
    • April Hamsa 4 Agustus, 2017
  4. lianny hendrawati 4 Agustus, 2017
  5. DoniNurdians 4 Agustus, 2017
  6. Ardiba 4 Agustus, 2017
    • April Hamsa 4 Agustus, 2017
  7. Papa Ihwan 4 Agustus, 2017
  8. Leyla 4 Agustus, 2017
  9. Dian Safitri 4 Agustus, 2017
  10. Arni 4 Agustus, 2017
  11. gita siwi 4 Agustus, 2017
  12. Eni Rahayu 5 Agustus, 2017
  13. Rahmi 5 Agustus, 2017
  14. Rusydina Tamimi 5 Agustus, 2017
  15. Noe 5 Agustus, 2017
  16. retno (ladubkandotcom) 5 Agustus, 2017
  17. Dita Indrihapsari 5 Agustus, 2017
  18. Dewi Nuryanti 6 Agustus, 2017
  19. Diah indri 11 Agustus, 2017
  20. Nurul dwi larasati 12 Agustus, 2017

Leave a Reply

Instagram