Events Food Health Kids Health

Dancow Excelnutri+ Explore The World, Dukung dan Bebaskan Anak Melakukan Eksplorasi Supaya Pintar

Ketika mendengar Dancow Parenting Center akan mengadakan acara talkshow yang mengusung tema tumbuh kembang anak, saya langsung mencari tahu mengenai informasinya. Ternyata, acara tersebut merupakan bagian dari event Dancow Excelnutri+ Explore The World di Royal Plaza Surabaya yang diselenggarakan selama dua hari, tanggal 6-7 Agustus 2016. Kebetulan, saat acara berlangsung saya masih berada di Surabaya. Kebetulan pula, Royal Plaza dekat sekali dengan rumah Mbah-nya anak-anak, tempat kami stay selama kami berada di Surabaya, jadi saya tertarik hadir.

Talkshow dari Dancow Parenting Center diadakan pada hari pertama event Dancow Excelnutri+ Explore The World berlangsung. Psikolog Ratih Ibrahim dan Ahli Gizi Sari Sunda Bulan memberikan materi dalam talkshow yang dipandu oleh artis Shahnaz Haque ini. Ada pula Artis Carissa Putri yang membagikan tips parenting untuk para peserta talkshow.

View stage untuk talkshow dan wahana di event Dancow Excelnutri+ Explore The World.

Begitu talkshow dimulai, Ratih Ibrahim yang merupakan pembicara pertama dalam acara ini, langsung melontarkan pertanyaan kepada peserta yang rata-rata adalah orang tua dari anak-anak yang masih berusia balita. Pertanyaannya, meski nggak sama persis karena saya lupa-lupa ingat, seperti ini: “Apa harapan bapak dan ibu kepada anak-anak?” Kemudian beberapa peserta yang ditunjuk pun memberi jawaban. Ada yang ingin anaknya nurut sama orang tua, enggak bandel, jadi anak sholeh/ sholehah, dan beragam jawaban lainnya. Intinya, semua orang tua menginginkan anaknya menjadi anak baik dan pintar.

Ratih Ibrahim menjelaskan pentingnya anak bereksplorasi.

Ratih Ibrahim kemudian menanggapi berbagai jawaban tersebut dengan senyum, sambil berkata begini: “Sayangnya orang tua sering lupa bahwa anak-anak itu masih kecil dan suka ingin tahu. Namun, orang tua lebih sering berkata ‘Jangan!’ kepada anak-anaknya.” Huwaaaa, saya sebagai ibu dari dua orang anak balita yang memang sedang aktif-aktif-nya merasa tertohok. Sering saya melarang anak melakukan ini itu, pokoknya yang aneh-aneh menurut kacamata saya sebagai orang dewasa. Alasannya lebih karena khawatir. Khawatir kalau anak manjat-manjat kursi nanti jatuh, khawatir kalau anak main tanah nanti tangannya kotor trus langsung dimasukkan mulut, khawatir anak main air lalu tumpah lalu bikin saya capek ngepel. Hehehe kalau contoh yang terakhir, emang dasar saya nggak mau capek ngepel, hehehe 😛 .

Padahal, menurut Ratih Ibrahim anak-anak usia balita, terutama usia satu tahun ke atas, memang biasanya:

  • Banyak gerak. Balita baru bisa merangkak, berjalan, berguling, berlari, menendang, dan melakukan gerakan-gerakan lain. Balita ingin mengeksplorasi kemampuan barunya tersebut.
  • Ingin tahu. Balita selalu melihat orang dewasa, terutama ayah ibu-nya melakukan suatu kegiatan. Mereka yang ada dalam usia ini suka memperhatikan dan tertarik untuk menirukan.
  • Balita mulai aktif secara sosial. Mereka mulai suka bermain dengan anak-anak seusianya, tersenyum kepada rang yang bartu ditemuinya, dan lain sebagainya.

Sehingga wajar kalau mereka bereksplorasi.

Ratih Ibrahim kemudian mengingatkan beberapa kesalahan cara mendidik anak oleh orang tua, salah satunya sering mengatakan “Jangan!” seperti yang sebelumnya telah dibahas di awal tadi. Padahal, jika orang tua melarang anak-anaknya melakukan eksplorasi, maka dampaknya akan mematikan kreativitas anak. Bahkan, lebik buruk lagi, anak bisa menjadi penakut.

Maka, Ratih Ibrahim menyarankan sebaiknya saat anak mulai melakukan eksplorasi, maka orang tua harus memperhatikan tiga hal berikut:

  • Rasa cinta dari orang tua kepada anak. Rasa cinta ini bisa ditunjukkan dengan memberikan trust kepada anak, saat dia mulai bereksplorasi.
  • Kecukupan gizi anak. Orang tua wajib memperhatikan kecukupan nutrisi yang diperoleh oleh anak, supaya pertumbuhan fisiknya bagus. Pertumbuhan fisik yang bagus biasanya diiringi dengan perkembangan emosi yang baik pula.
  • Stimulasi. Stimulasi yang tepat akan membuat anak cepat belajar banyak hal dengan lebih cepat.

Ratih Ibrahim menutup sesinya dengan menegaskan bahwa jika orang tua memperhatikan betul ketiga hal tersebut, maka anak-anak akan tumbuh dan berkembang menjadi anak sehat dan pintar sesuai dengan harapan semua orang tua.

Sesi berikutnya adalah materi mengenai nutrisi untuk anak oleh Ahli Gizi Sari Sunda Bulan. Menurut Sari Sunda Bulan, usia balita adalah masa pertumbuhan yang paling pesat. Namun, masalahnya, anak balita biasanya sering sakit. Memang sih usia-usia balita itu sering sakit, biasanya batuk, pilek, diare, dan beberapa penyakit lain. Akibatnya, ketika anak sakit, anak jadi tidak bisa bereksplorasi. Hehehe, iya sih. Kadang saya sendiri juga kalau anak sakit, terlihat lemas, saya justru kangen anak-anak berteriak-teriak gaduh sambil manjat-manjat. Intinya, lebih baik anak sehat dan aktif meskipun “nyebelin” deh, daripada sakit.

Sari Sunda Bulan menjelaskan nutrisi yang penting untuk balita.

Sari Sunda Bulan kemudian menjelaskan bahwa supaya anak tidak sering sakit maka orang tua harus memberikan makanan bergizi kepada anak. Makanan yang dimaksud adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti protein, omega, kalsium, dan kandungan nutrisi lainnya. Mengapa memenuhi nutrisi pada balita sangat penting? Alasannya:

  • Nutrisi adalah penentu pertumbuhan yang sehat dan baik pada anak.
  • Nutrisi dapat membantu tumbuh kembang otak untuk proses belajar anak.

Selain kedua alasan tersebut, nutrisi juga dapat menjadi perlindungan bagi anak.

Bagaimana nutrisi dapat membantu melindungi anak? Sebab ada beberapa nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh anak, sehingga anak menjadi tidak mudah sakit, antara lain:

  • Untuk kesehatan saluran cerna ada serat pangan seperti inulin. Ada pula bakteri baik, strain spesifik, seperti Lactobacillus rhamnosus. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bakteri itu baik. Kalau Lactobacillus rhamnosus memang sudah terbukti menurunkan risiko infeksi pada anak.
  • Vitamin A, C, dan E.
  • Mineral seperti Selenium dan Zink.

Menurut Sari Sunda Bulan semua nutrisi itu dapat dijumpai di lauk pauk, terutama protein hewani. Maka tugas orang tua adalah memberikan anak-anak makanan kaya nutrisi seperti yang telah disebutkan Sari Sunda Bulan dan memvariasikan menunya supaya anak tidak bosan dan mau makan dengan lahap.

Setelah materi nutrisi untuk tumbuh kembang anak dari Sari Sunda Bulan, berikutnya adalah sharing session dari Carissa Putri. Artis cantik yang juga serang ibu ini menceritakan tentang pola asuhnya sebagai orang tua dalam mendidik anaknya, Quenzino. Menurut Carissa Putri, Quenzino adalah anak yang sangat aktif. Pernah suatu kali, Quenzino mengeluarkan semua mainannya dan menghamburkannya ke lantai. Carissa Putri pun membiarkannya dan tidak melarang anaknya bermain. Namun, setelah Quenzino selesai bermain, Carissa Putri mengajarkan disiplin kepada anaknya itu untuk membereskan mainan-mainannya.

Carissa Putri menceritakan polah putranya yang aktif.

Selain itu Carissa Putri juga membebaskan Quenzino bermain di outdoor, misalnya di taman. Menurut Carissa Putri, anak laki-lakinya itu memang sangat menyukai taman. Hampir tiap hari Quenzino mengajak pergi ke taman, sekedar jalan-jalan. Saat di taman, jika Quenzino main, meski kadang jatuh atau bajunya kotor, Carissa Putri biasanya akan tetap membebaskannya bereksplorasi.

Carissa Putri memang sangat mendukung jika anak bebas bereksplorasi sesuai keinginannya. Dalam kesempatan tersebut Carissa Putri juga menyatakan dukungannya terhadap event Dancow Excelnutri+ Explore The World. Menurut Carissa Putri, acara yang digelar oleh Dancow ini merupakan kesempatan bagus bagi anak belajar tentang lingkungan outdoor. Meskipun harus kotor-kotoran ataupun becek-becekan, namun anak bisa mempelajari sesuatu dan punya pengalaman menarik.

Riza Nopalas dari Nestle memperkenalkan varian Dancow Excelnutri+.

Berikutnya, saat Carissa Putri selesai sharing, representatif dari Nestle Dancow Riza Nopalas memperkenalkan produk Dancow Excelnutri+ kepada peserta talkshow. Dancow Excelnutri+ terdiri atas tiga varian sesuai usia balita, yakni  Dancow Excelnutri 1+ untuk balita usia 1-3 tahun, Dancow Excelnutri 3+ untuk usia 3-5 tahun, dan  Dancow Excelnutri 5+ untuk anak usia lima tahun ke atas.

Berbagai varian Dancow Excelnutri+. Sumber: www.damcow.co.id.

Riza Nopalas juga menjelaskan beberapa keunggulan Dancow Excelnutri+. Keunggulannya meliputi kekayaan  akan nutrisi dengan berbagai manfaat untuk:

  • Protection.
  • Brain Development.
  • Body Growth.

Penjelasannya ada di gambar berikut:

Manfaat Dancow Excelnutri+. Sumber: www.dancow.co.id.

Riza Nopalas juga menyampaikan tentang maksud diselenggarakannya event Dancow Excelnutri+ Explore The World. Menurut Riza Nopalas, event ini mendukung peran orang tua dalam memenuhi nutrisi, cinta, dan stimulasi untuk anak-anak. Riza Nopalas lalu mengajak peserta menonton bersama iklan terbaru Dancow Excelnutri+.

Sumber: Youtube Iklan TV Populer.

Dalam iklan tersebut terlihat seorang ibu yang menahan sabar saat anaknya mengacak-acak makanan di meja makan, ada pula yang anaknya bermain selang air di halaman sehingga bajunya basah, juga saat anaknya mengganggu si ibu yang sedang membuat kue. Namun ibu itu membiarkannya anaknya melakukan semua eksplorasi itu. Terlihat pula dalam tayangan ibu tersebut memberikan susu bernutrisi, yakni susu Dancow Excelnutri+ kepada anaknya, setelah anaknya selesai bermain. Di akhir tayangan iklan, terlihat si anak memberikan cookies yang berhasil dibuatnya kepada si ibu, kemudian si ibu memeluk bangga anaknya.

Riza Nopalas menjelaskan adegan so sweet itulah maksud diselenggarakannya event Dancow Excelnutri+ Explore The World. Supaya anak-anak bermain bersama orang tua yang selalu mengawasi. Lalu, bersenang-senang bersama.

Event Dancow Excelnutri+ Explore The World mengajak orang tua untuk memperkenalkan kepada anak-anaknya tentang negara-negara di dunia. Ada wahana empat negara yang dapat dieksplorasi oleh anak-anak di event yang pada hari keduanya menghadirkan Penyanyi Raisa ini. Empat negara tersebut antara lain: Indonesia, Belanda, Brasil, dan Jepang. Di tiap-tiap miniatur/ zona negara, anak-anak akan mendapatkan kesempatan melakukan eksplorasi, antara lain:

  • Memancing ikan.
  • Bermain perosotan.
  • Bermain pasir pantai di Bali, Indonesia.
  • Memerah susu sapi di Belanda.
  • Berkebun di Belanda.
  • Bermain flora dan fauna di Brasil.
  • Bermain kuda poni di Jepang.

Para orang tua dan anak-anak juga bisa melakukan foto session di tiap zona negara. Selain itu ada booth penjualan Susu Dancow. Ada diskon khusus jika pengunjung membeli di sana. Ada pula booth minum Susu Dancow dan konsultasi tumbuh kembang anak free di dalam area wahana.

Beragam wahana dan permainan untuk eksplorasi anak di Dancow Excelnutri+ Explore The World.

Beberapa booth yang tersedia untuk pengunjung.

Sebelum talkshow berakhir, setelah sesi tanya jawab dengan para orang tua, Shahnaz Haque ditemani oleh Riza Nopalas mengajak Ratih Ibrahim, Carissa Putri, dan Sari Sunda Bulan berkeliling ke zona-zona atau wahana yang ada. Para pemateri sekaligus bintang tamu event ini juga menyapa dan berfoto bersama anak-anak dan para orang tua yang sedang menikmati kegiatan eksplorasinya.

Para bintang tamu saat berinteraksi dengan pengunjung.

Memang acara talkshow sangat meriah kala itu, selain dapat materi berharga soal parenting, peserta pun bisa ikutan “bermain-main”, bereksplorasi dengan wahana yang telah disediakan oleh Dancow.

Surabaya, 20 Agustus 2016

April Hamsa

 

70 Comments

  1. Li Partic 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  2. Syunamom 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  3. Jiah 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  4. Dewi Sulistiawaty 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  5. Dian farida 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  6. Anisa AE - Baby AE 21 Agustus, 2016
  7. Hidayah Sulistyowati 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  8. Pritahw 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  9. Eni martini 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  10. nova 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  11. inda chakim 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  12. Wulan Dalu (@bulansujud) 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  13. Levina Mandalagiri 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  14. antung apriana 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  15. Noe 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  16. Rusydina Tamimi 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  17. cutdekayi 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  18. ernawati lilys 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  19. Nining 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  20. Aira Kimberly 22 Agustus, 2016
  21. Ira DuniaBiza 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  22. Rotun DF 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  23. ophi ziadah 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  24. Turis cantik 22 Agustus, 2016
  25. Shine 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  26. MeriskaPW 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  27. Untung Kasirin 22 Agustus, 2016
  28. Anita d'Caritas 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  29. Diah 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  30. sulis 22 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  31. Vita Ayu Kusuma Dewi 23 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  32. Yasinta 23 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  33. Keke Naima 23 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  34. Nunung Yuni 23 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  35. ivonie 28 Agustus, 2016
  36. Helena 2 September, 2016

Leave a Reply

Instagram