Dancow Advanced Excelnutri+ Explore Your World, Acara yang Mengajari Bunda Katakan “Iya Boleh” kepada Si Kecil

Jadi, Bunda, mulai sekarang katakan apa kepada si kecil?” Tanya artis Shahnaz Haque dari atas panggung.

Iya boleh,” jawab peserta talkshow yang kebanyakan merupakan para bunda, serempak.

Talkshow siang itu, dimana kebetulan saya juga menjadi salah seorang pesertanya, merupakan rangkaian dari acara Dancow Advanced Excelnutri+ Explore Your World. Acara tersebut terselenggara pekan lalu, tepatnya pada tanggal 29 April 2017 di Plaza Kota Casablanka, Jakarta Selatan.

dancow7

dancow8Keluarga Hamsa menghadiri acara Dancow Explore Your World.

Acara Dancow Advanced Excelnutri+ Explore Your World tersebut mengusung tagline #IYABOLEH. Makanya, Shahnaz Haque yang merupakan master of ceremony (MC) pada acara tersebut mengajak para bunda meneriakkan kalimat tersebut.

Maksud dari “Iya Boleh” merupakan suatu ungkapan perasaan cinta bunda kepada si kecil yang tengah tumbuh ketika melakukan eksplorasi. “Iya Boleh” juga bermakna bahwa bunda memiliki rasa percaya diri bahwa selama ini dirinya sudah memberikan nutrisi yang terbaik kepada si kecil.

Sehingga, pada saat si kecil tengah melakukan proses belajar, mengeksplorasi banyak hal, justru bunda bangga dan enggak melarangnya. Sebaliknya, bunda dukung eksplorasi si kecil dengan selalu dampingi si kecil, serta memberikan stimulasi yang tepat.

Kalau dipikir-pikir, emang pola asuh anak semacam itu sangat berpengaruh sih buat perkembangan anak. Si kecil akan berkembang menjadi anak pemberani dan memiliki kemampuan kognitif yang bagus. Sebab, si kecil menyerap banyak pengetahuan dari pengalaman eksplorasinya tersebut. Masa depan yang sehat dimana si kecil menjadi pribadi yang pintar dan tangguh pun bisa tercipta dari pola asuh tersebut.

Itulah pesan yang ingin disampaikan oleh para narasumber dalam acara Dancow Advanced Excelnutri+ Explore Your World kepada para bunda. Bertindak sebagai narasumber dalam acara tersebut antara lain artis Donita, psikolog Ratih Ibrahim, dokter spesialis tumbuh kembang anak Bernie Medise, dan Senior Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+ Riza Nopalas.

dancow11Para narasumber sharing tentang pentingnya eksplorasi bagi anak.

Psikolog Ratih Ibrahim mengatakan bahwa eksplorasi itu sendiri sebenarnya merupakan bagian dari proses stimulasi. Stimulasi bisa dilakukan dimana saja, salah satunya yang paling mudah adalah di lingkungan sekitar rumah, terutama di ruang terbuka. Orang tua, terutama bunda, bisa melakukan stimulasi untuk anak dengan cara melakukan berbagai kegiatan yang sederhana dan mudah. Misal, bermain air, tanah, hujan, dan lain sebagainya di halaman rumah.

Bab bermain hujan-hujanan juga dibahas oleh dr. Bernie Medise. Menurut dr. Bernie Medise saat anak dalam kondisi fit, tidak masalah kok bermain hujan-hujanan. Setelah selesai bermain, bunda bisa langsung memandikan anak dengan air hangat, memakaikan pakaian hangat, bila perlu memakai minyak untuk menghangatkan tubuh anak. Tambah baik lagi, jika minum susu hangat. Apalagi, jika susunya mengandung Lactobacillus rahmnosus yang baik untuk pencernaan si kecil.

Sedangkan, artis Donita juga sharing tentang pola asuhnya dalam mendidik dan membesarkan putranya Svarga. Donita mengatakan bahwa dulu, dia dan suaminya sempat khawatir saat Svarga bermain kotor-kotoran dan hal-hal lain yang seolah membahayakan seperti naik turun tangga. Namun, lama-kelamaan setelah menyadari bahwa itu adalah kegiatan eksplorasi Svarga, Donita akhirnya membiarkan.

Apalagi, selama ini Donita yakin bahwa dirinya telah memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat untuk Svarga. Sehingga, asalkan kegiatan eksplorasi Svarga masih aman dan selalu diawasi, Donita tidak melarang buah hatinya itu.

Soalnya kalau dilarang-larang, biasanya anak kecil itu penasaran. Saat kita enggak ada, kemudian anak mencoba-coba. Itu malah berbahaya,” kata Donita.

Sebelum talkshow dimulai, ada launching inovasi baru dari Dancow yakni Dancow Advanced Excelnutri+. Dancow Advanced Excelnutri+ merupakan susu pertumbuhan yang memiliki kelebihan berupa advanced protection dengan tiga perlindungan:

  • Perlindungan saluran pernafasan.
  • Perlindungan daya tahan tubuh.
  • Perlindungan saluran cerna.

dancow10Launching Dancow Advanced Excelnutri+.

Dancow Advanced Excelnutri+ ini memiliki kandungan 3 kali kandungan Lactobacillus rahmnosus dibandingkan dengan formula sebelumnya. Selain itu, Dancow Advanced Excelnutri+ juga kaya akan serat pangan inulin. Lactobacillus rahmnosus dan serat pangan inulis mampu membantu melindungi saluran cerna si kecil. 80% daya tahan tubuh berada di saluran cerna. Sehingga, jika saluran cerna si kecil baik, maka baik pula daya tahan tubuhnya.

Selain mampu lindungi si petualang kecil, Dancow Advanced Excelnutri+ juga memiliki kandungan DHA, Omega 3, Omega 6, protein dan kalsium untuk mendukung tumbuh kembang optimal si kecil. Kelebihan formulanya tersebut membuat Dancow Advanced Excelnutri+ menjadi pilihan tepat buat ibu.

Kami berharap inovasi yang dikembangkan oleh Nestle Research Center ini bisa membantu si kecil dalam mencapai tumbuh kembangnya secara optimal,” kata Riza Nopalas.

Setelah launching produk Dancow Advanced Excelnutri+ dan talkshow selesai, para peserta pun dipersilahkan mengajak anak-anaknya menuju zona wahana yang disediakan selama acara Dancow Advanced Excelnutri+ Explore Your World. Ada empat zona wahana dalam Dancow Advanced Excelnutri+ Explore Your World, yakni:

SMART CITY

dancow12

Anak-anak disuguhi dengan permainan yang mengasah kecerdasan. Dalam wahana ini permainannya adalah membangun beberapa bangunan dari lego.

CENTRAL PARK

dancow15

Di zona ini anak-anak bisa berimajinasi memerah sapi. Juga, bermain hujan-hujanan tanpa khawatir jatuh sakit.

PLAY PARK

dancow6

Kalau di zona ini banyak sekali permainan untuk mengasah/ mestimulasi motorik si kecil. Seperti main perosotan, memanjat, juga mandi bola.

ART CENTER

dancow4

Si kecil bisa melakukan hand painting dan menyimak story telling di zona ini.

Keempat zona wahana tersebut mampu menjadi lokasi untuk eksplorasi sekaligus edukasi yang bisa menstimulasi kemampuan kognitif si kecil. Saya melihat anak-anak saya happy dan belajar banyak hal di sana.

Anak pertama saya, Maxy, misalnya. Maxy belajar mengenal orang-orang asing (baca: anak-anak lain). Maxy dan beberapa anak kebetulan sedang sama-sama berada di Central Park. Mereka tidak saling kenal, namun enjoy dan tertawa bersama ketika memerah susu sapi.

dancow16Maxy belajar memerah susu sapi.

Sedangkan, anak kedua saya Dema saat bermain di Play Park, karena saya enggak boleh masuk ke dalam wahana, maka dia bermain sendiri. Di sana saya melihat Dema jadi lebih berani. Saat enggak sengaja bertabrakan dengan anak kecil lainnya, Dema dengan cepat kembali bangun, tidak menangis ataupun mencari-cari saya, lalu bermain kembali.

dancow9Dema saat bermain mandi bola di acara Dancow Explore Your World.

Enggak rugi saat itu saya ikut datang ke acara Dancow Advanced Excelnutri+ Explore Your World, sebab anak-anak saya senang dan saya pun dapat banyak ilmu dari talkshow-nya. Acara tersebut mengajari saya untuk berkata “Iya Boleh” kepada anak saat mereka berkegiatan.

dancow1Dancow Advanced Excelnutri+.

dancow2Dema minum susu Dancow.

Misalkan, saat Maxy bersepeda pada saat hari sedang mendung, dulu saya melarangnya karena khawatir nanti hujan segera turun. Seteah ikut acara Dancow Advanced Excelnutri+ Explore Your World, saya mengijinkanya, dengan catatan kalau mulai gerimis segera masuk ke rumah.

dancow13Maxy main sepeda saat cuaca mendung.

Juga saat Dema melihat kucing di jalan. Dulu, saya enggak mengijinkannya memegang kucing sembarangan. Tapi, sekarang, Dema bebas bermain kucing asal kucingnya jinak, hehe.

dancow3Dema bermain kucing di jalan.

Anak-anak pun jadi terihat lebih sumringah, ketika enggak dilarang-larang lagi. Memang sebagai orang tua ada kalanya kita harus mempercayai anak dan diri sendiri, bahwa eksplorasi semacam itu tidak berbahaya, kok. Hal paling penting, si kecil belajar dan mengenal hal-hal baru, sehingga ke depannya mereka menjadi anak-anak yang cerdas dan tangguh.

Buat teman-teman yang penasaran dengan keseruan acara Dancow Advanced Excelnutri+ Explore Your World, bisa melihatnya di video berikut:


April Hamsa

60 Comments

  1. Mantep deh Kakak Maxy dan Adek Dema mainnya, edukatif semua. Dancow walau banyak brand susu anak lainnya, tetap exist ya dari dulu. Keren Dancow bikin acara yang langsung untuk sekeluarga. Ayah Ibunya nyimak takshow, anak2nya diajak seru2an juga.

  2. Aim juga suka bangett pas acara Dancow di Surabaya kemarin, dia bisa main sepuasnya. Sampai-sampai dia nggak mau diajak pulang he3.
    Lewat acara Dancow ini kita sebagai ortu jadi ga khawatiran lagi jika anak-anak pengin bereksplorasi.

  3. Seru yah. Sempet baca ulasan acara ini di beberapa blog temen. Keren dan edukatif. Bisa jadi sarana main anak pun. Sayang di Jogja nggak ada huhuhu.

  4. Wah seru banget ya eventnya
    Sarat ilmu dan pastinya bikin anak2 betah
    Orang tua juga gak perlu khawatir saat si kecil bermain dan mengeksplorasi dunianya

  5. kalau main hujan2an iya boleh tapi abis itu mandi air hangat & ganti baju.. anak2 boleh eksplorasi tapi orang tua tetap menjaga dan melindungi anak dengan semaksimal mungkin 😀

  6. Waah, seruuu…
    Inget banget pas SD dulu selalu ada kunjungan Dancow ke sekolah bagi2 susu gratis hehehe…

    Sampe sekarang suka ‘nyemilin’ dancow sachet 🙈

    Boleh ga bun? Iyaa boleeeh…

    Yeayyy

  7. Aku sekarang uda ngga terlalu parno kalau anak mau eksplorasi. Yey! Selalu keinget kalau eksplorasi adalah bentuk stimulasi yang penting banget

  8. Dulu waktu anakku masih kecil, paling sering distimulasi dengan diajak main air hujan. Mulai dari main sepeda di tengah hujan, main bola, sampai keliling komplek jalan kaki basah2an 😀 Seneng dan ga pingin stop. Tapi sekarang sudah nggak mau lagi. Lebih milih diam di rumah.

  9. #Iyaboleh, noted

    Jadi inget beberapa hari yang lalu si kecil baru pertama kali mandi hujan, biasanya gak mau tapi ngeliat teman2 sebayanya jadi tergoda juga.

    Acaranya serru ya Mbak April, Happy Mom, happy kids..

  10. #iyaboleh ini tagline yang tepat untuk tumbuh kembang anak. Dan anakku suka banget berceloteh riang…

    “Ma .. Boleh manjat?”
    “Iya, boleh.”

    Karena iklan Dancow di televisi yang selalu mereka denger.

    Terima kasih, Dancow.

  11. Ucapan “iya boleh” memberikan kebebasan u anak berexplorasi, penting memang sih agar anak tidak mati kreatifitas, sejauh tidak membahayakan u anak ya.. Dancow jg susu fav anakku nih hehe..

  12. Anak anakku juga suka banget kalau ada event Dancow mbak, temanya udah beda Ama yg tahun lalu ya. Anak anak memang diharuskan mengeksplore dunianya tentu dengan pengawasan dari orang tua. Cuma kadang capeek lihat anak anak ga bisa diem 😂

  13. kalau di larang malah jadi penasaran, kalau di biarkan kadang takut juga akibatnya seperti apa. gak ingin kejadian kejadian yang gak diinginkan terjadi. serba salah juga ya mendidik anak-anak

  14. Wuaaaahhh, aku ikutnya yang tahun lalu aja niiihhh.. Sayang sekali tahun ini nggak bisa ikutan.. Uhuhuuu. Tahun depan mau ikutan lagi aaah.. Heheheee. Setuju banget juga nih sama Dancow, anak-anak harus dibiarkan bereksplorasi ya, jangan sampe kekhawatiran bundanya jadi penghambat anak-anak bereksplorasi yaaa.. Ehehehe

  15. Halo mba April salam kenal 🙂

    Iya boleh, itu ngaruh banyak ya di anak kita. Thanks for sharing yah jadi lumayan membuka wawasan tentang pengasuhan anak juga. Dilihat dari fotonya seru banget yah, kuning-kuning ceria 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *