Arisan Blogger

Dewi Ratnasari, Mantan Wartawan yang Beralih Profesi Sebagai Blogger

Dan akhirnya saya harus memilih. Saya menanggalkan seragam merah dan segala gegap gempita serta heroiknya dunia wartawan untuk menjadi blogger. Kegiatan yang sebelumnya tak pernah saya pikirkan.” (Dewi Ratnasari)

Namanya Dewi Ratnasari. Dewi Ratnasari yang memiliki nama panggilan “Dewi” atau “Ratna” ini adalah salah seorang teman blogger yang saya kenal lewat Komunitas Blogger Perempuan. Blog Dewi Ratnasari adalah www.ratnadewi.me. Pada Bulan September 2015, perempuan berjilbab kelahiran Jakarta, 2 Oktober 1987 ini pernah membuat keputusan untuk resign dari pekerjaannya sebagai wartawati/ wartawan di salah satu televisi swasta di Indonesia. Keputusan tersebut diambilnya setelah berpikir lama, mengingat pekerjaan yang digelutinya itu merupakan profesi yang diimpikannya sejak dahulu.

1

Dewi Ratnasari, dari wartawan menjadi blogger.

Yup, sejak dahulu Dewi Ratnasari telah bercita-cita menjadi seorang wartawan yang andal. Impiannya adalah menjadi wartawan sekaliber Rosiana Silalahi atau Najwa Shihab yang memiliki jabatan tinggi, gaji besar, serta memiliki kesempatan mengenal orang terkenal, baik artis maupun pembesar di negeri ini. Tuhan pun mengabulkan cita-citanya, selepas menempuh pendidikan dari Jurusan Jurnalistik di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Dewi Ratnasari pun berkecimpung di dunia jurnalistik.

Baca juga: Chintya Napitupulu, Blogger Muda yang Peduli Pada Penyintas Korban Kekerasan Seksual.

Sebenarnya dunia jurnalistik telah dicicipi Dewi Ratnasari sejak duduk di bangku kuliah, tepatnya pada saat perempuan yang memiliki hobi membaca ini berkesempatan melakukan praktik kerja lapangan pada tahun 2009. Saat itu perempuan yang kini tinggal di Cileduk, Tangerang, Banten ini pernah menulis untuk Koran Seputar Indonesia Biro Bandung dan juga menjadi reporter di Global TV. Lalu pada tahun 2010-2011, Dewi Ratnasari menjadi asisten produser di STV (Kompas TV Bandung). Salah satu program yang menjadi tanggung jawabnya adalah program khusus perempuan bertajuk Stiletto yang belakangan berubah menjadi High Heels. Kemudian, ketika tiba saatnya lulus dari kampus, tepatnya pada tahun 2011, Dewi Ratnasari resign dari Kompas TV Bandung dan mendapat pekerjaan di TV One di Jakarta. Pekerjaan tersebut lalu dilakoninya hingga September 2015, saat istri Kurniawan Aji Saputra ini akhirnya mantab memilih menjadi full time blogger.

2

Blog milik Dewi Ratnasari

Sebenarnya, saat masih menjadi wartawan, Dewi Ratnasari sudah mengenal blogging. Namun, pada saat itu blog hanya menjadi sarana untuk menuangkan perasaan dan pengalamannya. Seiring waktu, Dewi Ratnasari pun mulai menikmati hasil dari memonetize blognya. Akhirnya, Dewi Ratnasari pun melepas kariernya dan menjadi full time blogger. Selain itu, Dewi Ratnasari juga menjadim content writer di website start up milik sang suami www.trackpacking.com.

Ada beberapa alasan yang mendasari keputusan Dewi Ratnasari, salah satunya karena ingin kegiatan menulis yang lebih mendamaikan. Menurutnya saat masih menjadi wartawan ada suatu masa dimana Dewi Ratnasari merasa pekerjaannya menguras emosi, sebab ada sebagian yang bertentangan dengan prinsipnya, sehingga akhirnya dia memutuskan untuk resign saja. Alasan lain karena Dewi Ratnasari ingin fokus pada program hamil yang tengah dijalaninya, setelah sebelumnya pernah mengalami keguguran berulang.

Jika teman-teman mampir ke blog Dewi Ratnasari, di sana akan ada beberapa tulisan mengenai cerita pengalamannya saat mengandung dan mengalami keguguran berulang. Salah satu yang meninggalkan kenangan mendalam adalah saat kehilangan janin dalam kandungannya yang berusia 24 weeks pada tahun 2014 silam. Pada mulanya, Dewi Ratnasari menulis mengenai pengalaman pribadinya itu di blog sebagai self healing atas luka hatinya kehilangan calon buah hati. Itulah sebabnya, blognya memiliki tagline “Berdamai dengan hati”. Kini, Dewi Ratnasari tak hanya menulis untuk dirinya sendiri, namun juga untuk pembaca blognya, terutama bagi mereka yang mendambakan kelahiran buah hati di tengah-tengah keluarganya.

Baca juga: Enry Mazni, Perekam Medis yang Gemar Travelling.

Saat saya membaca tulisan-tulisan ter-update di blog Dewi Ratnasari, khususnya yang masuk dalam tag kehamilan, saya membaca ada semangat dan optimisme di dalamnya. Dewi Ratnasari enggak canggung menceritakan mengenai program hamil ketiganya. Selain untuk mendokumentasikan program hamilnya, juga bertujuan ingin membagikan informasi, terutama kepada pembacanya yang memang membutuhkan informasi mengenai program hamil.

3

Saya saat kopdar pertama kali dengan Dewi Ratnasari di salah satu event blogger.

Adakah teman-teman yang juga berencana menjalani program hamil? Mungkin bisa berkunjung ke blog Dewi Ratnasari untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, mulai dari cara memilih dokter kandungan, mengetahui tes-tes apa saja yang harus dijalani sebelum melakukan program hamil, hingga berapa biaya yang dibutuhkan dalam menjalani program tersebut.

Bahkan kalau mau sharing dengan Dewi Ratnasari mengenai program hamil, boleh juga, lho. Dewi Ratnasari bisa dihubungi melalui blog dan media sosialnya di:

  • Blog: www.ratnadewi.me
  • Facebook: (Dewi Ratnasari)
  • Instagram/ Twitter: @ratnadewime
  • Email: mail@ratnadewi.me

Semoga teman-teman mendapatkan inspirasi dan pengetahuan dari blog Dewi Ratnasari, ya! 🙂

Depok, 5 November 2016

April Hamsa

31 Comments

  1. tutyqueen 5 November, 2016
    • April Hamsa 6 November, 2016
  2. Muthmainnah Yuria 5 November, 2016
    • April Hamsa 6 November, 2016
  3. Rach Alida Bahaweres 5 November, 2016
    • April Hamsa 6 November, 2016
  4. Shona Vitrilia 5 November, 2016
  5. MeriskaPW 5 November, 2016
  6. Adhi Hermawan 5 November, 2016
  7. nur rochma 5 November, 2016
  8. Astin Astanti 5 November, 2016
  9. dewaayuinda 5 November, 2016
    • April Hamsa 6 November, 2016
  10. Okti Li 5 November, 2016
    • April Hamsa 6 November, 2016
  11. melati 5 November, 2016
    • April Hamsa 6 November, 2016
  12. ira duniabiza 5 November, 2016
    • April Hamsa 6 November, 2016
  13. Ratna Dewi 6 November, 2016
    • April Hamsa 6 November, 2016
  14. meutia rahmah 6 November, 2016
    • April Hamsa 6 November, 2016
  15. Dewi Nielsen 6 November, 2016
  16. Nyi Penengah Dewanti 7 November, 2016
  17. Helena 7 November, 2016
  18. Ria 15 November, 2016

Leave a Reply

Instagram