Financial Tips Ramadhan Challenge Tips & Opinion

Diskon Lebaran Bertaburan, Begini Caranya Supaya Tidak Kalap Belanja

Diskon merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh pusat-pusat perbelanjaan atau mall pada saat libur lebaran seperti sekarang ini. Diskon yang bertaburan diΒ mall kerap kali membuat kita tertarik untuk membeli barang-barang. Kapan lagi kan ya bisa mendapatkan barang-barang tersebut dengan harga miring, kalau tidak sekarang?

Meski demikian, kita juga mesti berhati-hati supaya enggak kalap belanja. Apalagi, sampai menghabiskan dana Tunjangan Hari Raya (THR) untuk hal-hal yang sebenarnya bukan prioritas. Lalu, bagaimana caranya supaya tidak kalap belanja ketika melihat diskon lebaran bertebaran? Berikut adalah beberapa tips yang bisa teman-teman lakukan saat pergi ke mall pada saat libur lebaran seperti sekarang ini:

  • Catat barang-barang yang menjadi prioritas kebutuhan

Dengan demikian saat masuk ke mall, teman-teman bisa langsung mencari barang-barang yang dibutuhkan terlebih dahulu. Namun ingat, teman-teman juga harus konsisten mematuhi daftar catatan itu. Jangan mencari barang lain, sebelum barang-barang yang teman-teman butuhkan sudah masuk kantung belanjaan πŸ˜€ .

  • Tetapkan anggaran

Hal ini penting supaya teman-teman bisa membatasi anggaran yang dipakai untuk belanja. Jangan sampai over budget apalagi sampai membuat THR enggak tersisa.

  • Bawa uang tunai

Usahakan bawa uang tunai secukupnya supaya tidak melebihi dari anggaran yang sudah ditetapkan. Hindari membawa kartu kredit sebab bisa-bisa kita akan tergoda membeli barang di luar kebutuhan.

  • Datang awal saat ada promo sale

Jika teman-teman datang pada saat ada promo sale, seperti saat midnigt sale misalnya, usahakan datang terlebih dahulu supaya bisa memilih atau menetapkan barang yang ingin dibeli. Jangan datang saat promo sale berlangsung, nanti pasti tergoda membeli barang-barang di luar kebutuhan juga. Apalagi kalau sudah seru-seruan berebut barang dengan pengunjung mall lain, kadang ego kita tergoda juga memperebutkan barang yang sebenarnya enggak kita perlukan.

  • Batasi waktu selama berada di mall

Jangan berlama-lam berada di mall. Lebih baik batasi waktu supaya teman-teman tidak tergoda berkeliling dan berbelanja lebih banyak lagi.

Itulah beberapa cara supaya kita enggak kalap belanja saat diskon lebaran bertebaran di mall. Semoga kita bisa belanja dengan bijak ya, mengingat kebutuhan lain yang lebih penting kan masih banyak πŸ™‚ .

April Hamsa

11 Comments

  1. Fillyawie 28 Juni, 2017
  2. Anjar Sundari 29 Juni, 2017
    • April Hamsa 4 Juli, 2017
  3. Lucky Caesar Direstiyani 29 Juni, 2017
    • April Hamsa 4 Juli, 2017
  4. monda 29 Juni, 2017
    • April Hamsa 4 Juli, 2017
  5. Ilyas Afsoh 30 Juni, 2017
  6. mpo ratne 8 Juli, 2017

Leave a Reply

Instagram