DIY Puzzle Bentuk untuk Maxy

Suka ngiri deh sama ibu-ibu yang sering sharing prakarya buatannya untuk dipakai main atau belajar anaknya. Saya belum pernah huhuhu. Rasanya kok nggak ada waktu luang untuk membuat prakarya semenjak punya anak. Padahal, dulu saya paling jago berurusan dengan lem dan gunting, juga kertas-kertas bekas hehe.

Akhirnya pas ada waktu, beberapa hari lalu saya coba membuatkan mainan buat Maxy, anakku. Sederhana saja sih, saya beri nama Puzzle Bentuk. Sesuai namanya, saya membuat beberapa puzzle bentuk geometri dan papannya. Fokus utama permainan ini adalah mengenal bentuk dan warna.

Penasaran peralatan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Gampang kok. Peralatan yang perlu disiapkan antara lain:

  • Kardus bekas
  • Kertas lipat
  • Lem
  • Pensil atau bolpoin
  • Penggaris
  • Tutup gelas atau benda lain yang berbentuk lingkaran

Nah, jika semua peralatan siap, begini langkah pembuatannya:

  • Ambil kardus yang masih utuh, jadikan sebagai papan puzzle. Di atas papan puzzle, gambar juga beberapa bentuk geometri yang diinginkan. Untuk bentuk kotak bisa menggunakan penggaris, untuk bentuk yang ada unsur lingkaran, bisa memakai tutup gelas atau benda berbentuk lingkaran lainnya.
  • Gambar beberapa bangun geometri di atas kardus dan kertas lipat. Untuk kertas lipat, gambarnya saya buat double. Oh iya, usahakan memakai kertas lipat dengan warna berbeda untuk berbagai bentuknya.
  • Gunting gambar geometri di kardus dan kertas lipat sesuai bentuknya.
  • Kemudian tempel guntingan kertas lipat ke dua sisi kardus dengan lem.
  • Di atas papan puzzle, tempelkan kertas lipat sesuai warna dari puzzle geometrinya.
  • Setelah semua langkah dilakukan, maka, bisa deh puzzlenya dimainkan.


Maxy sangat antusias memainkan puzzle barunya. Selain bermain dia jadi mengenal berbagai macam bentuk bangun geometri. Jika anak belum tahu nama bentuk geometri, orang tua bisa menjelaskan nama-namanya. Beberapa kali Maxy salah mencocokkan persegi dengan persegi panjang, namun setelah diberitahu perbedaannya, juga dari warna di papan dan puzzlenya, lama-lama dia makin terlatih mencocokkan puzzlenya.

Simple dan murah meriah, bukan? Yuk, bikin buat anak anda di rumah! πŸ™‚

– April, Bunda Maxy Dema –

20 Comments

    • April Hamsa

      lha ternyata komen yg di sini belum pd dibalas to, maaaafff…

      Iya Mbak Anggraini, ini simpel banget bikinnya dan bahan2nya pun mudah didapat di rumah πŸ˜€

  1. Keluarga Biru

    Wah kreatif neh, bisa ditiru di rumah. Selama ini Aim lebih banyak mainan yang beli sih he3
    Makasih sharingnya Keluarga Hamsa, salam hangat dari Keluarga Biru he3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *