Emak-emak Kepengen Cantik

You are beatiful, beautiful, beautiful.

Kamu cantik cantik dari hatimu.

You are beautiful, beautiful, beautiful.

Kamu cantik cantik dari hatimu.

(Beautiful – Cherry Belle)

Penggalan lagu yang dipopulerkan Cherry Belle itu mungkin berhasil membuat sebagian perempuan yang merasa dirinya “biasa-biasa” saja, seperti saya, menjadi sedikit tenang. Nggak perlu terlihat cantik seperti artis kok, karena sudah kodratnya perempuan pasti cantik. Ya, iyalah, masa ganteng? Hehe.

Memang kecantikan itu sendiri sudah melekat bagi kaum perempuan. Di Indonesia, pada umumnya cantik itu seperti stereotype artis yang berlakon dalam iklan-iklan. Cantik berarti punya tubuh proporsional, kulit putih, berambut lurus, hitam, panjang. Nah, kalau disuruh menyamai itu semua, saya dadah-dadah sambil menyenandungkan lagu Cherry Belle aja deh.

Saya memutuskan menjadi Stay at Home Mom setelah menikah dan pindah ke Ibu Kota. 3 bulan setelah menikah, alhamdulillah diberi amanah anak pertama. Menyusul 2,5 tahun setelah kehadiran kakaknya, menyusul adiknya yang lahir ke dunia. Jadilah saya disibukkan dengan aktivitas mengurus rumah tangga dan fokus pada tumbuh kembang anak-anak yang masih balita. Kesibukan ini membuat saya lupa mengurus diri sendiri. Jangankan mau ke spa untuk perawatan wajah dan tubuh, ke salon untuk gunting dan perawatan rambut saja kadang maju mundur.

Sebenarnya suami sudah beberapa kali menawari untuk perawatan. Tapi, dasar yang namanya emak-emak ya, masih butuh pertimbangan panjang untuk meninggalkan anak-anaknya. Belum lagi, sayang duitnya, karena sepertinya masih banyak kebutuhan penting lainnya.

Tapi, akhir-akhir ini saya berubah pikiran, setelah beberapa waktu terakhir grup chatting di WhatsApp mengangkat isu maraknya perempuan lajang yang suka merebut suami orang. Hyaaaahh, tidaaak! Nggak tahu kenapa ya, jaman sekarang kok serba aneh? Ada oknum perempuan lajang tidak malu-malu lagi mendekati laki-laki yang jelas-jelas sudah berkeluarga. Bahkan ada guyonan alasannya adalah “Karena laki-laki lajang yang ganteng, lebih suka cowok juga!” Jyaaaahh! Ngeriiiii!

Terus terang ya, saya juga mengalami kekhawatiran seperti itu. Saya di rumah, penampilan ya gini-gini aja, dalam artian polosan tanpa make up. Pakai baju juga baju rumahan, alasannya supaya nggak repot mengerjakan kerjaan di rumah, plus ada ancaman baju bakal dipipisin sama bayi. Sementara suami, di kantor, yang dilihat perempuan-perempuan cantik dengan wangi parfum. Bagaimana kalau suami bosan dengan saya? Bagaimana kalau suami tergoda perempuan lain? Semoga saja sih, nggak ya? Aamiin.

Satu lagi yang membuat saya mulai memperhatikan penampilan adalah saat tahun baru lalu saya reuni dengan teman-teman SMP saya yang kebetulan sama-sama hijrah ke Jakarta. Saat ketemu mereka, saya takjub. Wow, teman-teman saya bermetaforsa dari upik abu dekil menjadi bak putri cantik. Padahal sama-sama sudah menjadi emak-emak. Kok mereka bisa cantik, saya nggak?

Emak-emak pun bisa tampil cantik kalau mau.

Untuk itu saya mencoba berbenah, terutama dari sisi penampilan. Mungkin, bertemu dan sharing dengan perempuan-perempuan yang punya minat pada kecantikan, make up dan mode fashion bisa menginspirasi saya supaya bisa punya penampilan lebih baik. Salah satunya saya berencana ikutan Event Ngobrol Cantik with Oppo. Jika saya terpilih sebagai peserta, semoga saya bisa mendapat inspirasi untuk berubah menjadi tampil lebih cantik. Perubahan ini utamanya diniati buat menyenangkan suami. Dan, tentu saja buat orang-orang di sekeliling saya. Kalau saya terlihat cantik dan wangi kan orang juga nggak risih ngajakin saya hang out. Betul tidak?

***
Tulisan ini diikutsertakan sebagai syarat mengikuti event Ngobrol Cantik Oppo yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan.


Keterangan Foto: Diambil dari Facebook

90 Comments

  1. Leli

    Wah setuju mbaa cantik itu dari hati.
    Tapi ya nggak ada salahnya jadi home mom perawatan, kan kalau suami bahagia istri dapat pahala *katanya sih gitu.

    Btw aku penasaran itu nama mamah yang cantik di foto siapa .. instagramnya apa *Pengen kepo*

    Salam kenal yah mbak aku juga di ibukota btw, tapi anak rantau. *siapa nanya*

    • Aprillia Ekasari

      Siapa ya namanya? Hihihi saya nyomot dari FB tadi fotonya. Kemungkinan sih artis atau model kyknya πŸ˜€

      Iya suami juga bilang kalau sayanya cantik toh baliknya buat dia.

      Salam kenal juga ya Mbak, saya juga anak rantau yang hidup di (pinggiran) ibu kota kok πŸ™‚

  2. Uphi

    Wahhh iya banget nih… Kdg suka lupa buat sekedar cuci muka aja, msti nunggu wudhu. Susah bgt perawatan kalo anak masih piyik2 batita gitchuuu + no ART. Hihihihi… Harus disempet2in sih sbnrnya min seminggu sekalilah maskeran ato apalah apalah… Warning jg buat eike makk.. Thx yooo.

    • Aprillia Ekasari

      Masih mending bisa maskeran Mak, eike boro2, eh tapi emang kudu disempetin sih ya… Ini ada yoghurt di rmh, ga kenakan, lumayan nih buat maskeran :))

  3. mom 2D

    Ya Allah mak Apriil i feel you, tp bener bgt yg namanya perempuan pasti cantik, yg ganteng itu laki laki, gak tau yg ngaku” jd perempuan heheheh.

    Cantik itu hak semua perempuan mau single, double, bahkan nenek” peyoot berhak cantik. Tapi boong bgt yaak klo mau cantik itu cuma kepengen doank trus hokus fokus triing abakadabra cantiiik deh, itu yg difoto dia punya pembantu 9 kali yaaak bisa dandan cling gt *nuduh

    O iya fokus lg, saya sebagai mahmud beranak 2 yg kesundulan pula, kepengen juga cantik, skrg cuma bisa mandi 2 kali sehari, wangi, daster bagus *cinta daster* dan suami pulang kantor dah wangi dan pake gincu merah *boong deng* trus melampiaskan dandan dan pake baju bagus klo keluar rumah, walopun cuma ke indomart hahahahah

    Kalo bisa ngabur dan dikasih suntikan dana buat bikin cling badan dan muka langsung deh cuus *kaloo yaa kaloo

    Yuuk mak April kita cantik bareng bareng hahhahaha

  4. febridwicahya

    Waahahaha banyaak banget mbak sekarang aku liat emak-emak yang keliatannya masih cantik dan muda banget. Banyaaaak. Aku aja nih mbak anak berumur 22 tahun tapi mukanya udah kayak 39 tahunan swkwkwk πŸ˜€

    • Aprillia Ekasari

      Kalau aku masuk kategori emak yg mana? wkwkwk nanya pdhl blm pernah ketemu πŸ˜›
      Wah moso seh? Kebapakan donk ya? #eh

  5. rani yulianty

    wow.. sepertinya semua perempuan ingin tampil cantik ya, mak, kalau saya cukup rempong dengan urusan bayi dan balita, jd perawatan seadanya, nggak bisa nyalon, hiks

  6. tyas

    ya awas diluar banyak cewe cantik yang ngincer harta tapi saat nikah ya belum tentu tampil cantik
    semua mau cantik
    di agama Islam sih disuru berdandan buat suami
    hehe
    hatidanpikiranjernih(dot)blogspot(dot)com

    • Aprillia Ekasari

      Iya mbak, ada kan kapan hari memenya beredar di medsos, pas suami selingkuh ma cewek lain. Begitu si WIL punya anak badannya gak keurus, eh si mantan istri yg anaknya udah besar malah berubah kinclong :))

  7. marita surya ningtyas

    Walah pengalamannya sama banget ky aku.. Pas reuni temen2 jadi tambah cantik2.. Akunya begini2 aja… Huhuhu.. Langsung setelah itu beli paket perawatan komplit.. Meski akhirnya makenya nggak istiqomah hihi…

  8. Siti Nuraini

    Meski belum jadi emak-emak, cita-cita saya tetap jadi emak yang cantik nantinya. Naudzubillah, semoga dihindarkan dari jadi perempuan lajang perebut suami orang…

    • Aprillia Ekasari

      aamiin aamiin aamiin, moga tercapai cita-citanya ya mbak πŸ™‚

      saya gak nuduh semua perempuan lajang gtu kok mbak, hanya oknum πŸ˜€

  9. Hana Bilqisthi

    semangat mba πŸ˜€ merawat diri perlu kok πŸ˜€ semangat πŸ˜€ semoga sukses πŸ˜€ niatinnya buat bersyukur merawat pemberian Allah aja πŸ˜€

  10. lianny hendrawati

    Aku selama ini juga jarang perawatan, paling potong rambut ke salon itu juga kadang setahun sekali. Mulai sekarang harus memperhatikan penampilan nih, Emak2 juga harus tetap tampil cantik ya hihi.

    • Aprillia Ekasari

      Ih sama mbak, kadang potong rambut aja nunggu mudik dulu hehehe
      Iya kudu tetep cantik semangat! πŸ˜€

  11. Sally Fauzi

    Wah kok idem sama saya….sejak punya 2 bocah lucu malahan jarang nyalon. Hihi tapi sekarang gadis kecil saya udah seneng diajak nyalon. Malahan nagih mlulu…

  12. Arinta Adiningtyas

    ehemmm..saya sbg full time mother jadi kesentil nih.. etapi minggu lalu saya sempet nyalon lhoo..creambath dan facial doang sii.. yaa meskipun teteup bawa si baby..:p
    tapi ternyata nyalon itu menyenangkan dan menenangkan.. kayaknya mesti dirutinkan nih, biar emak2 bahagia dan syantiiik luar dalam.. πŸ˜€

    • Aprillia Ekasari

      yuk mbak dirutinkan
      wah enak ya yg abis nyalon, saya lup kapan terakhir ke salon huhuhu πŸ˜€

  13. tini djajadi

    Ya betul mak ingin terlihat cantik itu sudah kodratnya wanita, he……semoga terpilih sebagai peserta sayang saya gak bisa ikutan….

    • Aprillia Ekasari

      iya mbak, wanita pengennya terliat cantik, kalau lewat kaca pasti nyempetin liat hihihi
      aamiin terima kasih Mbak Tini

    • Aprillia Ekasari

      Mbak Aprie terima emailnya kah? Saya gak terima emailnya huhuhu gk bisa ikutan
      Tapi gpp, ditunggu sharingnya ya πŸ˜€

  14. Anggi Agistia

    Biar udah emak-emak harus teteup hitzzz ya mbak.
    Cantik yang nggak perlu mahal ya self-service sendiri dirumah, hasilnya tetep cantik maksimal kok yaaaa πŸ˜€

  15. Diah Kusumastuti

    Wahhh ini kayaknya emak-emak rempong ngumpul di sini, hihihi.. toss Mbak, saya juga gitu, enggak sempet banget ngerawat badan. Beli masker instant juga teronggok doang. Ke salon? saya pengennn tapi…. πŸ™ dan sama, suami nawarin perawatan eh sayanya yang banyak pertimbangan. Hufttt reffottt πŸ˜€
    *ikutan curhat*

    • Aprillia Ekasari

      Sama persis kita Mbak Diah. Beli masker dipakai sekali dua kali trus gak istiqomah. Idem nih mau nyalon nyepa pertimbangan banyaaaakkk tooosss tooossss πŸ˜€

  16. Hana Aina

    Sama, Mak. Dulu aku juga nggak peduli penampilan. Tepatnya, nggak ada waktu buat mikir peampilan. Semenjak bekerja, mulai melek. Setelah melihat rekan kerja dan teman-teman yang sudah berubah cantik ^^

  17. noniq

    Saya juga awalnya agak apatis tentang definisi cantik, berhubung saya awalnya slengean juga. Tapi belakangan (bukan gegara trend) – ternyata walaupun kita di rumah kudu belajar juga untuk tampil rapi dan ujung-ujungnya pandai merawat diri hahaha…

    Semoga bisa ikutan Ngobcan Opponya ya ^^

    • Aprillia Ekasari

      Iya bener Mbak Noniq, minimal wangi lha hehehe

      Yaaahh sayangnya saya gak kepilih mbak πŸ˜€

      Terima kasih yaaaaa

  18. Astin Astanti

    Duh, aku udah ketinggalan event ini yak, duh kemana saja aku, mungkin sibuk berdandan cantik ya..hehee sukses ya Mbak,

  19. ipeh alena

    Baiklah, kuputuskan untuk segera dendong biar tampilanku syantik ga kalah sama syahrini πŸ˜€ kikikikikik, tapi bener sih Mak, apalagi sekarang muncul trend juga Macan Ternak (mamah cantik anter anak), nah jadi semangat deh biar penampilan seger ga gitu2 aja sih ya πŸ˜€

    • Aprillia Ekasari

      Hihihi yuk Mak berdendong hahahaha
      Iya kalau mamanya cantik seger, anak juga seneng diantar jemput mamanya sambil mamerin mamanya ke teman-temannya :))

  20. Beautyasti1

    Hahahahaa.. Perempuan perebut suami orang.. Ya itu emang tugas perempuan kali ya, yang utama adalah suami nya.. Kalau memang sang suami cinta, suka, sayang dengan istri Lillahita’ala sepertinya tak akan tergoda, even itu melirik cewe lain.. Semua kembali pada sang suami.. Eehhh jadi ngajarin nih.. Hihihii.. Aku juga lagi hamil gini males ngapa ngapain mba, dandan aja males, tapi selfie teteuupp eksis

  21. a.e.zen

    hyaa..tulisan ini pas banget mbak
    kepikiran buat beli lulur.,,buat me time
    tapi jadi galau,,apa emnding uang segitu buat beli snack+susu anak

    kalau dulu sih ada yg bilangin..ntar emak emak bisa cantik kalo anaknya udah sd..karena punya waktu untuk merawat diri

    mbak April hebat ya ngurus anak 2 tanpa art..saya anak 1 dgn art aja udah kelimpungan

    • Aprillia Ekasari

      Hihihi iyaaaa emak-emak tu banyak pertimbangan kalau mau ngluarin uang buat dirinya sendiri.

      Eh iya kah? Ya moga2 nanti saat anak2 dah agak besar, bisa lbh rutin perawatan πŸ˜€

      Eh aku juga kelimpungan kali mbak, tapi untung suka dibantuin sama suami πŸ˜€

  22. t3ph

    wah semoga menang ya tulisannya!
    Iya itu ada betulnya juga yang ditulis mba. hihihi sekali2 perlu donk ya merefresh diri supaya suami ga liat istri kucel melulu dasteran di rumah πŸ˜€
    Kalo saya suka dandan buat diri sendiri, soalnya berasa happy aja klo penampilan oke πŸ˜€ cuman ya susahnya di waktu ituu.. susahhh cari waktu buat nyalon ato facial ato apalah hehehe

    • Aprillia Ekasari

      Sayang tulisannya gak menang huhuhu hahahaha dah lewat jg sih acaranya πŸ˜€
      Iya mbak, moga gak kucel melulu nih.
      Bener sbnrnya suka dandan tapi utk peraatan keluar rmh kyk nyalon, ngepa, facial susah ya….

  23. inna riana

    aduh iya bener…suamiku jg udh nawarin kalo aku mau perawatan ya silakan. tapi aku masih mikir keperluan yg laen

  24. minda lubis

    waaiya bener ini mba, pengalaman pribadi juga walaupun belum jd emak emak hahaha
    kalau udah di rumah sibuk sama kerjaan rumah, sampai lupa urus diri :))

  25. DNZ

    kebetulan dari dulu saya aga2 tomboy, jadi aga2 males begini begitu. dan alhamdulillah hubby katanya lebih suka saya just the way I am, jadinya ya udin lah yaa… alhamdulillah hehehe….

  26. Nandira

    dangers juga ya mbak, lajang tapi ngegebet laki-laki yang udah berkeluarga. memang sudah seharusnya ya mbak, istri tampil cantik untuk menyenangkan suami. disamping suami betah dirumah dan istri dapat pahala.

    • Aprillia Ekasari

      Iya bahaya hiks. Eh tapi gak semua embak2 lajang kyk gitu kok, hanya oknum.
      Tapi, mereka juga gak sepatutnya bisa disalahkan sih mbak, makanya istrinya juga introspeksi diri, gmn cari berpenampilan dan nyenengin suami πŸ™‚

  27. Lusi

    Aku nggak suka dandan berlebihan tapi bersih dan wangi itu wajib bagiku. Jadi cantik bagiku bukan bedak & lipen yang menor. Wanginya juga wangi segar, bukan wangi apek yg belum mandi atau blm ganti baju lalu semprot2 minyak wangi. Kadang ibu2 bangun tidur langsung sibuk ngurus anak & rumah, waktu suami berangkat kerja, dadahnya dlm kondisi kucel & bau. Tak ada salahnya bangun tidur terus mandi, jadi waktu menghidangkan sarapan sudah cantik.

    • Aprillia Ekasari

      Wah, Mbak Lusi, saya jadi tertohok nih. Masih suka kayka gitu πŸ™
      Baiklah, soal udah seger sebelum suami berangkat kantor itu akan coba saya terapkan. Terima kasih tipsnya πŸ™‚

  28. Hilda Ikka

    Betul betul betul *kayak Ipin wae πŸ˜€

    Yapp, merawat diri dan berusaha tampil cantik itu nggak boleh lepas dari para buibu rumah tangga ya. Bukannya apa-apa, kalo suami makin suka dan lengket, siapa sih yang seneng? πŸ˜€

  29. Aya

    Hahaha…iyaaa
    Kemaren saya dapat tawaran suami buat perawatan juga mak
    Cuma entah kenapa yaa, malah kepikiran duitnya bisa dipake beli bajunya anak anak wkwkwk #dasaremakirit
    Toss ah, sepakat kalau cantik itu dari hati πŸ™‚

    • Aprillia Ekasari

      Hahahaha samaaaaa. Rasanya kok eman2 yaaa. Krn yg dipikirin emak2 tu kebutuhan lain yg jauh lbh penting gtu. Tapi, nyenengin suami jg penting sih πŸ™‚

      Tooosss!!! πŸ˜€

  30. Levina Mandalagiri

    Urusan rawat merawat muka dan “lenongan” saya paling ngga bisa mbak…hiks.
    Kenapa ya feeling aneh kalau pake make up, berasa tebel banget. Nyerah deh akhirnya cuma pake sunblock doang, itupun kalau inget..hehe.

    • Aprillia Ekasari

      Kalau saya lebih suka ke klinik kecantikan Mbak. Merawat sendiri gak telaten. Masalahnya skrng mau ke klinik kecantikan jg yg dipikirin banyak, jadi gak jd mulu hehe.

      Ideeemm, kalau saya malah cuma pakai bedak tipiiiis :))

  31. dweedy

    Semua perempuan itu terlahir cantik kok ^^ hanya sayangnya banyak yang malas merawat apa yang sudah Allah berikan kepadanya ^^

  32. sulis

    Toss mbak, dua anak tanp ART.. Ini dah lumayan, sudah bisa kadang anaknya main sendiri…emaknya mandi. Dulu mau mandi, makan, beres2 tumah aja nunggu anaknya tidur… Giliran dah mandi setengah jalan…anaknya nangis kejer karena bangun nggak da yang nolong

    • Aprillia Ekasari

      Tooosss Mbak Sulis. Iya skrng sudah mulai lumayan, udah bisa maen sendiri atau dipegangin makanan aja kalau emaknya lagi beberes/ mandi πŸ˜€

  33. fanny fristhika nila

    aku juga krn mikirnya gitu mbak, slalu pgn tampil rapi dan enak dilihat utk suami, krn di tempat kerjanya dia banyak ketemu ama cewe2 yg cantik, dan mantan2nya juga cantik hahahaha… lgs drop deh kalo melihat itu :D.. tp positive thinking aja, yg dipilihkan aku, jd hrs kliatan rapi dong.. walo kdg2 suka males juga kalo udh di rumah.. apalagi kalo lg maternity leave kyk skr nih ;p

    • temancantik

      Wah setuju sekali mbak Fanny. Kalau ditempat kerja suami yang kerja cantik2, mantannya juga cantik2 ya sebisa mungkin sekalipun jadi ibu rumah tangga mbak Fanny harus tampil cantik. Paling tidak untuk menghargai diri sendiri dan menjaga hati suami dan menyenangkannya yaitu dengan cara tampil cantik dan rapi.

      Soalnya bagaimanapun ya harus tetap mau menjaga. Kan namanya “saling”. Jadi bukan suami saja yang menjaga, tapi mbak Fanny juga harus mau sedikit repot dengan berdandan. Padahal emang males sih, kalau di rumah tapi harus rapi2. Hehehe.

      Tetangga saya juga begitu, sudah berlangsung lama. Dan syukurlah rumah tanggannya juga awet. Karena ya itu tadi, mereka saling menjaga. Semoga langgeng ya mbak.

      • April Hamsa

        Waaahh terima kasih tanggapan dan sharingnya Teman Cantik πŸ˜€
        Aamiin moga2 langgeng semua pernikahan kita πŸ™‚

    • April Hamsa

      hihihi iya si Mbak Fanny, eh tapi kalau saya liat bbrp tmn yang punya anak, ketika babynya udah gedhean usia2 3-4 tahun ke atas, biasanya sih ibu2nya jd makin cantik. Mungkin krn mereka udah punya banyak waktu buat dandan kali ya? πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *