Arisan Blogger

Enry Mazni, Perekam Medis yang Gemar Travelling

Perekam Medis. Pernah mendengar mengenai profesi tersebut? Satu hal yang pasti, bisa ditebak dari namanya bahwa profesi ini enggak jauh-jauh dari bidang kesehatan. Yup, Perekam Medis adalah seseorang yang mencatat berkas-berkas tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, dan tindakan kepada pasien di suatu fasilitas pelayanan kesehatan. Salah seorang teman yang saya kenal berprofesi sebagai Perekam Medis adalah Enry Mazni. Saya mengenal Enry Mazni dari pelatihan blogging yang diadakan di Bogor pada April 2016 lalu. Kebetulan, peserta yang berjenis kelamin laki-laki bisa dihitung dengan jari, salah satunya Enry Mazni. Jadi, sangat mudah mengingatnya.

Enry Mazni saat berpelesir ke Legoland Malaysia.

Enry Mazni yang lahir di Tanjung Batu Kepulauan Riau pada tanggal 11 Pebruari 1983 ini mengaku awalnya tidak terlalu mengerti mengenai profesi Perekam Medis. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Bukittinggi, Enry Mazni melanjutkan pendidikan Diploma 3 mengambil Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Meskipun tidak terlalu mengerti tentang jurusan yang dipilihnya, namun Enry Mazni tetap menjalani kuliahnya dengan baik. Enry Mazni optimis meski jurusan tersebut belum banyak diminati pada saat itu, namun karena masih berbau bidang kesehatan pasti peluang pekerjaannya banyak. Terbukti hanya butuh waktu tiga tahun baginya untuk menamatkan kuliahnya. Lulus kuliah, anak ketiga dari tiga bersaudara ini langsung bekerja di Rumah Sakit (RS). Setelah beberapa lama bekerja di beberapa RS Swasta di Batam dan Pekanbaru, kemudian Enry Mazni menjadi abdi negara hingga saat ini. Namun, saat ini Enry Mazni sedang cuti bekerja sebab sedang melanjutkan pendidikan Diploma 4 di Universitas Esa Unggul Jakarta mengambil Jurusan Informasi Kesehatan.

β€œRekam medis adalah sebuah profesi baru di bidang kesehatan maka dari itu saya tertarik ambil kuliah ini. Awal kuliah, jujur saya tidak tahu ini sekolahannya tentang apa? Hahaha. Tapi karena saya percaya yang namanya bidang kesehatan pasti peluang kerja masih terbentang panjang, jadi saya jalani aja selama tiga tahun. Alhamdulillah selesai kuliah peluang kerja memang banyak tersedia saat itu.” (Enry Mazni).

Untuk merekam tentang profesinya, Enry Mazni mulai ngeblog (start sekitar tahun 2009). Blognya, www.enrymazni.com awalnya hanya berisi tentang seluk beluk profesi Perekam Medis. Namun, belakangan blognya juga banyak berisi jejak travelling-nya. Laki-laki yang sangat menyukai makanan Tom Yam memiliki hobi travelling semenjak melakukan trip ke Singapura pada tahun 2012. Jalan-jalannya ke Singapura pada waktu itu memberikan pengalaman baru buat laki-laki yang kesehariannya memakai kaca mata ini. Hingga saat ini, Enry Mazni masih menikmati hobi travelling-nya itu. Enry Mazni juga mendukung hobinya dengan bergabung dengan beberapa komunitas travelling, terutama yang budget travelling atau yang dikenal dengan istilah backapcker, seperti Komunitas Blogger Bertuah di Pekanbaru, Komunitas Backapcker Pekanbaru, Backpacker Indonesia dan Komunitas CouchSurfing.

Baca juga: Myra Anastasia, Blogger Parenting yang Suka Jalan-jalan.

Mumpung berada di Tanah Jawa, Enry Mazni juga memanfaatkan kesempatan itu untuk eksplorasi Jawa. Beberapa tempat sempat dikunjunginya, yang paling baru antara lain beberapa kota di Jawa Timur, seperti Surabaya dan Jember. Enry Mazni juga sempat mengikuti pelatihan blogging (salah satunya pelatihan yang mempertemukan kami). Alasannya, supaya bisa menulis lebih baik lagi dan menaikkan rating blog. Nanti, saat sudah tidak sibuk kuliah, Enry Mazni ingin fokus merekam jejak backapcker-nya di blog.

Penampilan blog www.enrymazni.com.

Jika mengunjungi blog Enry Mazni, kita dapat menjumpai banyak tulisan tentang pengalamannya berkunjung ke beberapa destinasi wisata, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Negara lain yang pernah dikunjunginya antara lain: Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Hongkong, Makau, Kamboja, dan Vietnam. Cita-cita berikutnya adalah berkunjung ke Nepal untuk melihat salju.

Baca juga: Nining Wahyoe, Smartphone Photografer yang Mengaku Blogger Abal-abal.

Melalui blognya itu, Enry Mazni berbagi tips travelling secara backapcker. Beberapa tips yang saya dapatkan dari Enry Mazni berikut ini, mungkin bermanfaat bagi backapcker pemula, khususnya yang mau pelesir ke luar negeri:

  • Persiapkan segala sesuatunya sebelum hari H keberangkatan.
  • Coba dahulu pergi ke negara-negara terdekat, seperti Singapura atau Malaysia.
  • Rajin-rajinlah memantau promo tiket jauh-jauh hari. Salah satu caranya adalah dengan menjadi free member maskapai penerbangan budget.
  • Baca referensi dari blog-blog lain yang sudah terlebih dahulu travelling ke negara tujuan.
  • Booking hotel secara online, sehingga pada saat sampai ke negara tujuan sudah enggak bingung mau menginap dimana.
  • Jangan lupa membawa bekal obat-obatan, seperti obat buat pusing, demam, atau obat luka.
  • Jangan lupa membawa botol minum. Botol minum sangat diperlukan apalagi jika menginap di hostel atau dormitory yang shared room.
  • Untuk menekan budget, bawalah tas carrier, jangan kopor. Sehingga menjadikan perjalanan lebih leluasa dan tidak perlu bagasi, cukup manfaatkan kabin.
  • Jangan lupa, sebelumnya googling mengenai transportasi dan tujuan yang akan dituju selama berada di negara tujuan.
  • Jika sampai bandara, jangan sungkan-sungkan untuk mengkoleksi semua brosur-brosur mengenai negara tersebut. Misalnya: city maps, tranportation maps, dsb.
  • Jika perlu print dan bawa artikel tentang negara tujuan.
  • Sebelum berangkat usahakan scan KTP, KK, Passport, NPWP, dan dokumen pritilan lainnya. Simpan di email atau cloud. Tujuannya jika terjadi musibah seperti kecopetan atau kehilangan dokumen-dokumen tersebut maka bisa lebih tenang karena memiliki salinannya dalam bentuk file.
  • Jika melalukan solo trip jangan sungkan-sungkan menyapa sesama traveler, siapa tahu bisa diajak buat share makan dan penginapan. Jadi, bisa menghemat biaya juga. Meski demikian tetap waspada, ya, namanya juga baru ketemu!
  • Jangan lupa join komunitas. Kalau bisa sebelum berangkat kita share itinerary kita. Siapa tahu ada yang punya rencana serupa di tanggal keberangkatan yang sama, sehingga bisa berangkat bersama supaya bisa saling sharing cost.

Bagaimana, tipsnya sangat bermanfaat, bukan?

Ada yang mau mendapat tips lebih banyak lagi tentang backapcker ke luar negeri? Atau ingin banyak tahu mengenai profesi Perekam Medis? Atau ingin sekedar berkenalan, khususnya buat mbak-mbak, mumpung Enry Mazni masih lajang? Ehem… πŸ˜€

Bisa kok, silahkan colek-colek Enry Mazni di media sosialnya:

  • Blog: www.enrymazni.com.
  • Facebook: Enry Mazny.
  • FanPage: enrymaznidotcom.
  • Instagram: @enrymazni.
  • Email: enriedunant@yahoo.co.id.

Selamat berkenalan!

Depok, 28 September 2016

April Hamsa

18 Comments

  1. Blogger Kendal 30 September, 2016
    • April Hamsa 30 September, 2016
  2. Ria 30 September, 2016
    • April Hamsa 30 September, 2016
  3. Omali 30 September, 2016
    • April Hamsa 30 September, 2016
  4. bukanrastaman.com 30 September, 2016
    • April Hamsa 30 September, 2016
  5. liza 30 September, 2016
  6. Rotun DF 30 September, 2016
  7. Alma Wahdie 30 September, 2016
  8. Helena Foottrip 30 September, 2016
  9. Hidayah Sulistyowati 30 September, 2016
  10. Ria Rochma 30 September, 2016
  11. Vety Fakhrudin 30 September, 2016
  12. Rach Alida Bahaweres 1 Oktober, 2016
  13. Rusydina Tamimi 1 Oktober, 2016
  14. tutyqueen 1 Oktober, 2016

Leave a Reply

Instagram