One Day One Post Tips & Opinion

Etika Menjenguk Ibu yang Baru Melahirkan

Semenjak jadi ibu, saya pun merasakan kalau abis melahirkan tuh capek bukan main. Belum lagi adaptasi dari tidak ada dan ada bayi. Juga, malam-malam untuk begadang. Sehingga, kalau ada tamu yang berkunjung ke rumah tak lama setelah saya melahirkan rasanya gimana gitu. Apalagi kalau tamunya kelamaan dan enggak pulang-pulang, hehehe.

Semenjak itu, saya membuat semacam aturan tak tertulis mengenai tata krama atau etika menjenguk ibu yang baru saja melahirkan di rumahnya, yakni antara lain:

Menjenguk saat bayi berusia minimal satu bulan

Sekarang saya tidak langsung menjenguk apabila ada teman atau saudara yang baru melahirkan. Melainkan, saya tunggu hingga bayinya berusia minimal satu bulan. Alasannya pada usia satu bulan, kondisi ibu sudah lebih baik. Ibu juga sudah pulih dari kelelahannya akibat melahirkan. Sehingga, lebih siap menerima tamu.

Tidak menyentuh bayi kecuali diminta

Pada saat bertemu dengan bayinya, sebaiknya jangan terlalu excited ingin memegang-megang bayinya. Apalagi menggendong bayi hnaya untuk diajak foto bersama lalu diupload ke media sosial. Jika ingin menyentuh atau menggendong bayi, minta izin terlebih dahulu kepada ibunya.

Membawa buah tangan

Biasanya kalau mengunjungi ibu yang baru melahirkan bawa buah tangan atau kado untuk membuatnya senang. Kalau sekarang, saya lebih suka memberikan kado buat ibunya. Seperti baju menyusui atau apron atau barang-barang lain yang dibutuhkan oleh si ibu.

Soalnya, kalau buat anaknya, pasti sudah ada yang memberi. Seringkali kita melupakan kebutuhan ibunya.

Membawa makanan sendiri

Jangan merepotkan tuan rumah kalau mengunjungi ibu baru melahirkan di rumahnya. Sebaiknhya, bawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Jaga ucapan dan jangan memberikan saran apabila tidak diminta

Ini yang paling penting. Perempuan yang baru melahirkan rentan terhadap gejala baby blues syndrom. Jadi, sebaiknya kita tidak perlu berkomentar atau memberikan saran apabila tidak diminta. Cukup bertanya saja bagaimana kondisi ibu dan bayinya. Juga, membicarakan hal-hal yang bisa membuatnya senang saja.

Nah, itulah lima aturan atau etika yang kini saya berlakukan untuk diri saya sendiri saat menjenguk teman atau saudara yang baru melahirkan.

April Hamsa

#ODOP #Day16 #BloggerMuslimahIndonesia

2 Comments

  1. Lia Djabir 17 Agustus, 2017
  2. Rani 18 Agustus, 2017

Leave a Reply

Instagram