Movie Review & Contest

Garage Sale Mystery

Sejak dahulu, saya menyukai cerita, novel, dan film-film berbau misteri. Maksudnya bukan misteri hantu-hantuan yang serem-serem, tapi lebih kepada yang ada cerita detektif-detektif’annya gitu deh.

Setelah menjadi emak-emak, sayangnya intensitas berkelana dengan bacaan maupun tontonan yang berbau misteri ini mulai memudar. Hingga akhirnya saya ketemu film-film yang diproduksi oleh Hallmark Movies and Mystery (dulunya bernama Hallmark Movie Channel). Salah satu favorit saya adalah Garage Sale Mystery.

Garage Sale Mystery the movie ini inspirasinya berasal dari novel karya Susi Weinert yang berjudul Garage Sale Stalker. Dirilis pertama kali pada September 2013 oleh Hallmark, Garage Sale Mystery menjadi salah satu tontonan yang disukai pecinta cerita detektif-detektif’an. Sejauh yang saya tahu, ada empat judul lagi yang mengikuti film pertamanya. Jadi yang telah diproduksi dari tahun 2013-2015 adalah:

  1. Garage Sale Mystery (September 2013)
  2. Garage Sale Mystery: All That Glitters (Oktober 2014)
  3. Garage Sale Mystery: The Deadly Room (April 2015)
  4. Garage Sale Mystery: The Wedding Dress (Agustus 2015)
  5. Garage Sale Mystery: Guilty Until Provent Innocent (2015).

Dari kelimanya, saya sudah menonton nomor 1 sampai 4, yang nomor 5 sih kalau nggak salah sedang diproduksi.

Filmnya seru lho. Tokoh utamanya emak-emak juga seperti saya, namanya Jennifer Shannon (diperankan oleh Lori Loughlin). Jennifer ini memiliki usaha toko barang antik yang dia jalankan bersama temannya, Danielle. Jennifer  suka sekali dengan garage sale alias obralan barang bekas, kalau kata orang Indonesia. Tiap ada garage sale, dia pasti akan datang untuk mencari “harta karun”.

Yup, Si Jennifer ini punya kemampuan menaksir barang-barang bekas yang sekiranya masih berharga, bahkan antik, untuk kemudian dia jual lagi di tokonya dengan harga lebih tinggi. Namun, ternyata bukan keuntungan berupa uang semata yang dia dapatkan dari garage sale, melainkan juga misteri, yang baginya sangat menarik untuk dipecahkan. Meski “kekepoannya” pada misteri itu juga membahayakan nyawanya, tapi ibu dua anak ini tetap kukuh memecahkan misteri yang datang padanya lho.

Penasaran bagaimana jalan cerita masing-masing film? Saya bocorin sinopsisnya aja ya, nanti silahkan tonton dan nilai sendiri bagaimana keseruan film ini:

1. Garage Sale Mystery

Adam Iverson, seorang detektif kepolisian meminta bantuan Jennifer untuk mengidentifikasi orang-orang yang sering datang ke garage sale. Pasalnya beberapa waktu terakhir beberapa rumah yang sebelumnya mengadakan garage sale, tak lama kemudian pasti kemalingan. Jennifer diminta untuk mengamati, apakah ada orang-orang asing yang sekiranya nggak pernah datang ke garage sale, yang akhir-akhir ini suka muncul. Iverson menduga kemungkinan orang-orang inilah tersangkanya. Salah satu garage sale yang dikunjungi Jennifer ternyata adalah di rumah milik temannya, Kate. Lama tak berjumpa, Kate membuat rencana untuk minum kopi dengan Jennifer. Namun, sayang sebelum mereka sempat hangout bareng, Jennifer menemukan temannya itu tergeletak tewas di rumah mewahnya.

Ben Douglas, suami Kate, meminta tolong Jennifer untuk memilihkan pakaian dan perhiasan yang nantinya akan dipakaikan ke jenazah Kate. Saat memilih-milih pakaian dan perhiasan itulah Jennifer menemukan beberapa hal yang membuatnya curiga, kalau kematian Kate sebenarnya karena dibunuh, bukan karena kecelakaan seperti dugaan semua orang sebelumnya.

2. Garage Sale Mystery: All That Glitters

Kematian Martin, yang baru saja mengadakan sale untuk mengosongkan gudang-gudang penyimpanan yang disewakannya, menarik perhatian Jennifer. Martin dibunuh oleh seseorang, namun belum diketahui siapa pelakunya. Mulanya Jennifer mencurigai istri Martin, Louise. Jennifer tidak sengaja mengetahui bahwa Louise terlibat asmara dengan seorang pria yang pernah dilihatnya bertengkar dengan Martin di kantornya. Jennifer kemudian menceritakan semua kecurigaannya kepada sahabatnya, Detetktif Lynwood dan memulai penyelidikannya. Di seri All That Glitters ini, juga diceritakan soal hubungan asmara Danielle dan Alan Bernard yang cukup complicated.

3. Garage Sale Mystery: The Deadly Room

Adrian, teman baik Jennifer adalah seorang marketing perumahan yang cukup handal. Adrian sedang berusaha menjual rumah besar peninggalan keluarga Carson ketika ditemukan meninggal di salah satu kamar dalam rumah itu. Rumah itu memang sudah sangat tua usianya dan dikenal angker karena dulu ada salah seorang keluarga Carson yang meninggal disana. Kematian Adrian ditonton semua orang karena Adrian sengaja memvideokan dirinya secara live saat tidur di kamar tersebut. Semua orang memastikan kalau kematian Adrian karena kutukan, namun tidak dengan Jennifer. Dengan bantuan anak laki-lakinya, Si Logan yang jago komputer, Jennifer menemukan bukti bahwa Adrian tidak dibunuh oleh setan, melainkan oleh manusia.

4. Garage Sale Mystery: The Wedding Dress

Ketika mengunjungi garage sale, Jennifer menemukan gaun pengantin yang sangat indah. Dilihat dari labelnya, gaun pengantin tersebut adalah rancangan desainer terkenal di era 1970an. Jennifer penasaran bagaimana kok gaun seindah itu bisa berakhir di garage sale. Akhirnya Jennifer bisa mengetahui pemilik gaun itu dari file-file pengumuman pernikahan di surat kabar lama yang masih tersimpan di perpustakaan kota. Ternyata, gaun itu membawanya ke misteri dimana pengantin prianya menghilang setelah pemberkatan nikah dan tidak pernah muncul kembali hingga sekarang. Banyak saksi, saat itu, melihatnya pergi bersama pengantin perempuan ke belakang gereja. Namun, setelahnya, pengantin pria menghilang secara misterius. Pengantin wanita histeris saat mengetahui pria yang baru dinikahinya menghilang.

Begitu, kira-kira sinopsisnya. Penasaran kan? Tonton sendiri aja deh ya, fimnya!

Nggak sabar nonton yang Guilty Until Provent Innocent. Kemungkinan sih di Indonesia akan tayang tahun depan (di Diva Channel sih biasanya, saya, nontonnya) 😀 .

 

Depok, 20 November 2015

-April, Bunda Maxy Dema-

19 Comments

  1. papapz 20 November, 2015
    • Hamsa 21 November, 2015
  2. Papapz 21 November, 2015
    • Hamsa 21 November, 2015
  3. Keke Naima 22 November, 2015
    • Hamsa 23 November, 2015
  4. Titi Alfa Khairia 22 November, 2015
    • Hamsa 23 November, 2015
  5. @HEYDEERAHMA 1 Desember, 2015
    • Hamsa 6 Desember, 2015
  6. Rifa Aditya 11 Desember, 2015
    • Hamsa 15 Desember, 2015
  7. Yati Rachmat 22 Desember, 2015
    • Hamsa 31 Desember, 2015
  8. @kakdidik13 26 Desember, 2015
    • Hamsa 31 Desember, 2015
  9. Ria 12 Januari, 2016
    • Hamsa 21 Januari, 2016
  10. sikis izle 7 Mei, 2016

Leave a Reply

Instagram