Apa Saja Pilihan Gaun Pesta yang Cocok untuk Segala Situasi?

Pergi ke suatu acara seperti pesta pasti tak terhindar kan bagi banyak orang? Bahkan bagi sebagian kalangan, pergi ke pesta merupakan kewajiban untuk bisa kemajuan karir maupun status. Jadi tentu saja kita harus memastikan bahwa diri kita, terutama yang perempuan nih tampil sebaik mungkin. Bagi para perempuan, ini berarti mengenakan gaun pesta yang memberikan penampilan paling cantik dan sesuai dengan tubuh.

Apa saja gaun yang cocok dipakai untuk pergi ke pesta? Berhubung mode juga selalu berkembang setiap tahunnya, tentu kita harus memperhatikan aspek ini juga. Akan lebih baik lagi jika kita bisa mengkombinasikan antara desain gaun yang klasik sepanjang masa dengan tren yang terbaru, untuk menunjukkan bahwa kita memang memperhatikan mode.

Berikut ini adalah tipe-tipe gaun klasik dan modern yang bisa kita gunakan untuk mengunjungi sebuah pesta:

1. Long dress.

Tipe gaun andalan untuk segala jenis pesta. Elegan, namun juga mudah dimodifikasi sehingga terlihat lebih kasual untuk pesta semi-formal.

2. Black dress.

Cocok untuk di segala suasana, bagi warna kulit apa saja, dan berbagai bentuk badan. Anda bisa memakainya untuk pesta formal ataupun semi-formal.

3. Skater dress.

Gaun dengan rok yang melebar di bawahnya, terlipat di tengah, dan ketat di bagian top. Feminin, klasik, dan cocok dipakai dalam segala situasi, dari yang formal sampai semi-kasual.

4. Long-sleeved dress.

Gaun ini bisa berbentuk long dress dengan lengan panjang untuk yang ingin tampilan lebih klasik.

5. Hijab dress party.

Gaun pesta ini biasanya berupa long dress lengkap dengan kerudungnya. Cocok dikenakan oleh muslimah yang berhijab.

Gaun pesta di atas dapat kita pakai dalam banyak situasi. Namun yang jelas, hal pertama kita harus memastikan bahwa gaun yang kita pilih nyaman dipakai. Gaun yang nyaman akan meningkatkan rasa percaya diri kita dan membuat pembawaan kita terlihat lebih menarik. Ketika kita tidak nyaman dengan gaun yang dipakai, tentunya ini akan mempengaruhi kesan orang terhadap kita.

Tapi memilih baju pesta yang cocok hanya langkah awal saja. Supaya kita sendiri juga tak salah kostum atau salah langkah dalam mengenakan aksesoris. Perhatikan hal berikut ini:

1. Ketahui jenis pesta yang akan dihadiri.

Pesta jenis apa yang akan kita datangi tersebut? Apakah pesta formal dengan banyak petinggi di dalamnya? Pesta untuk teman-teman dekat? Atau khusus untuk anak muda?

2. Unik.

Motif yang beda, gaun yang asimetris, kombinasi warna yang berani, ataupun satu aksesoris yang menonjol akan membuat gaun yang biasa menjadi tampak luar biasa.

3. Hindari menggunakan gaun yang terlalu seksi.

Sebaiknya hindari menggunakan gaun pesta yang menonjolkan bagian tubuh kita secara berlebihan. Tampil sopan justru akan membuat kita tampil lebih anggun.

4. Tetap elegan.

Unik bukan berarti berlebihan. Cukup pakai satu aksesoris yang menarik mata, pola unik di satu bagian gaun, dan lain sebagainya. Jangan sampai terkesan norak.

5. Perhatikan perlengkapan yang lain.

Jangan hanya memikirkan tentang gaun saja. Perhatikan pula style sepatu, tas, perhiasan, dan aksesoris lain yang Anda kenakan. Berikan kesan unity saat mengenakannya.

5. Tata rambut sesuai gaun.

Khusus buat yang tidak berhijab, apabila gaun pesta sudah sangat ramai, maka usahakan membuat tatanan rambut yang simple. Tapi jika gaun yang kita kenakan modelnya sederhana, maka bisa membuat tatanan rambut dengan banyak kreasi.

6. Kenakan make up yang pas.

Make up untuk ke pesta tentu ya berbeda dengan make up yang kita kenakan sehari-hari. Saat ke pesta, kita boleh memoles wajah dengan make up yang berani, namun tentu saja jangan terlalu menor.

Gunakan gaun pesta dengan aturan di atas, dan kita akan tampil menawan di pesta. Elegan dan feminin, namun tak norak atau berlebihan. Kalau masih bingung mencari padanan gaun pesta dan aksesoris serta make up yang tepat, kita dapat mencari inspirasi dari majalah-majalah mode atau media-media sosial milik berbagai selebritis yang menghadiri karpet merah di acara-acara penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri.

52 Comments

  1. Kang Nurul Iman

    Ternyata bingung juga ya mbak kalau menurut saya mah harus memilih banyak pilihan maklum soalnya saya mah baju yang ada saja dan yang penting rapi, gk gk gk.

  2. Saya tidak punya baju pesta secara khusus kecuali waktu masih… ehm… langsing. Sekarang sudah lebar jadi pakai yg lebar2 padahal bikin tambah lebar. Hihihi
    Makasih sharingnya

  3. Di lemariku pasti ada little black dress, Mbak, kuhitung-hitung sekarang jumlahnya ada 8 dress :’)) Soalnya kalo bingung pasti aku ambil dress mini itu, pake pump heels dan kalung, langsung berangkat x)) *ketauan kalo males dandan*

  4. Ada yang bilang, setiap wanita at least kudu punya satu black dress. Karena cocok dipake suasana apapun kali ya, elegan juga jatuhnya ๐Ÿ™‚

    Btw trims tipsnya mba.

  5. aku suka pake batik sebenernya yang dibikin gaun atao dress item (andalan) hahhaa
    jarang pake dress, palingan kalo emang menjadi pager layu xixiixi, kalo keundangan selebihnya suka memakai batik aja entah itu atasnya ato bawahannya .
    (soalnya ga punya gauun atao baju bagus n cantik )

  6. kadang aku pengen jadi pusat perhatian kadang lagi malu-malu, jadi serba susah sih mba milihnya. paling aman, ya gimana dengan suassana hati pas hari H aja deh.. tapi aku emang sukanya yang praktis aja sih ๐Ÿ™‚ thanks for sharing lho mba ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *