Blogger Reporter Events Financial Tips Health Health Tips Hospital Parenting Pregnancy

Belajar tentang Gentle Birth di RS Muhammadiyah Taman Puring

Gentle Birth. Istilah atau metode persalinan tersebut sangat populer di kalangan ibu hamil zaman now. Namun, tahukah teman-teman, bahwa sebenarnya Gentle Birth itu sudah ada sejak zaman nenek moyang kita?

Iya, jadi Gentle Birth sesungguhnya adalah suatu metode kuno untuk melahirkan. Namun, Gentle Birth menjadi booming lagi pada masa sekarang. Khususnya di Indonesia, Gentle Birth menjadi populer setelah seorang artis melahirkan dengan metode tersebut.

Begitulah informasi yang saya dapatkan dari Bidan Sri Deviyanti (Bidan Sri Devi) saat mengikuti Interaktif Seminar dan Simulasi Hypnobirthting yang bertema “Yang Terbaik untuk yang Teristimewa” pada tanggal 5 November 2017 di RS Muhammadiyah Taman Puring. Bidan Sri Devi merupakan bidan, sekaligus praktisi Gentle Birth yang bertugas di RS Muhammadiyah Taman Puring, Jl. Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Acara seminar tentang Gentle Birth di RS Muhammadiyah Taman Puring.

Apakah yang dimaksud dengan metode Gentle Birth itu?

Gentle Birth itu berhubungan dengan seni dan ramah jiwa,” kata Bidan Sri Devi saat memulai materinya. Maksudnya bagaimana? Maksudnya begini:

Seni: Berhubungan dengan bagaimana ibu hamil menikmati proses kelahirannya, misal saat menunggu pembukaan, juga saat mengeluarkan bayi dari rahimnya, dll.

Ramah Jiwa: Hal ini terkait dengan kondisi lingkungan yang ramah atau sesuai dengan keinginan ibu hamil. Itulah sebabnya kalau ibu hamil mau melahirkan dengan metode Gentle Birth, saat menunggu proses persalinan, ibu hamil boleh menonton televisi, membaca buku, membawa bantal sendiri, bermain game di handpohone, dll. Pokoknya yang membuat ibu hamil merasa nyaman dengan kondisinya.

Metode persalinan Gentle Birth juga meminimalisir intervensi dan trauma bagi ibu dan bayi. Pada saat bayi belum launching juga, namun kondisi ibu dan janin masih oke, ya akan ditungguin sampai bayi lahir. Praktisi medis yang pro Gentle Birth enggak akan ujug-ujug memberikan induksi bahkan memutuskan harus operasi.

Gentle Birth ini juga merupakan suatu metode persalinan yang menggabungkan persiapan pikiran dan mental. Ibu hamil yang bersalin dengan metode ini akan didorong untuk selalu relaks dan bersugesti positif mengenai kehamilan dan proses persalinannya.

Menumbuhkan sugesti positif dengan Hypnobirthing

Cara untuk melatih supaya ibu hamil senantiasa rileks dan bersugesti berpositif adalah dengan melakukan Hypnobirthing. Hypnobirthing terkait dengan relaksasi dan bersugesti positif. Biasanya sih kalau ibu hamil rajin senam hamil, teknik ini juga diajarkan.

Bidan Sri Devi menjelaskan tentang Gentle Birth.

Mengapa ibu hamil harus relaks dan senantiasa bersugesti positif? Bidan Sri Devi menjelaskan bahwa sugesti positif terkait hal-hal berikut:

  • Setiap pikiran atau perasaan terkait dengan reaksi fisik.
  • Setiap harapan cenderung dapat direalisasi.
  • Imajinasi lebih kuat daripada pengetahuan pikiran.

Bidan Sri Devi juga mengutip quote berikut:

The cell in your body react to everything that your mind says. Negativity brings down your immune system.”

Sehingga, seandainya ibu hamil memiliki pikiran sakit atau gimana-gimana gitu pada saat bersalin nanti, khawatirnya malah enggak relaks dan menghambat proses persalinan. Sebab, otot-otot akan ikut berkerut saat seorang ibu hamil merasa takut atau khawatir. Sebaliknya, kalau seorang ibu hamil merasa mampu menjalani proses persalinan dengan mudah, maka biasanya proses melahirkan bayinya pun akan lebih lancar.

Allah itu sesuai prasangka hamba-Nya. Kalau ibu hamil berpikir baik ya maka akan lancar semuanya,” kata Bidan Sri Devi mengingatkan peserta seminar yang hadir.

Kemudian, Bidan Sri Devi mengajak peserta untuk mengikuti simulasi Hypnobirthing. Lampu ruangan dimatikan dan musik yang slow pun diperdengarkan. Bidan Sri Devi mengintruksikan agar semua peserta yang hadir memejamkan mata.

Peserta diajak untuk membayangkan hal yang indah-indah. Peserta juga diajak untuk bersyukur bahwa mereka telah dipilih oleh Tuhan untuk dititipi calon bayi dan ditekankan untuk yakin bahwa mereka adalah orang yang paling bahagia. Simulasi Hypnobirthing tersebut berlangsung sekitar 15 menit lamanya.

Peserta seminar saat melakukan simulasi Hypnobirthing.

Setelah simulasi Hypnobirthing selesai, Bidan Sri Devi bertanya tentang apa yang dirasakan oleh peserta. Peserta yang sebagian besar adalah ibu hamil itu mengatakan bahwa dirinya merasa lebih rileks dan lebih yakin bisa melahirkan dengan mudah.

Bidan Sri Devi mengatakan bahwa Hypnobirthing bisa dilakukan sambil mendengarkan musik atau mungkin lantunan ayat suci Al Quran atau tanpa bunyi-bunyian sama sekali. Bebas aja, sesuai kebutuhan. Bidan Sri juga memberi informasi bahwa waktu yang tepat untuk melakukan Hypnobirthing adalah pada saat malam hari menjelang tidur.

Layanan Gentle Birth di RS Muhammadiyah Taman Puring

Bukan tanpa alasan, RS Muhammadiyah Taman Puring menyelenggarakan Interaktif Seminar mengenai Gentle Birth, sebab RS Muhammadiyah Taman Puring sendiri memiliki layanan Gentle Birth untuk ibu hamil.

Layanan Gentle Birth yang tersedia di RS Muhammadiyah Taman Puring antara lain:

Antenatal Class

Merupakan kelas persiapan dengan kurikulum materi dan penyampaian materi seputar kehamilan dan proses persalinan. Tujuan dari kelas ini adalah untuk menambah pengetahuan ibu dan pendamping/ pasangan selama menjalani kehamilan dan mempersiapkan persalinan.

Senam Hamil

Senam hamil merupakan exercise untuk meningkatkan endurance atau daya tahan tubuh ibu hamil, guna persiapan persalinan. Senam hamil biasanya dimulai pada usia kehamilan 28-30 weeks.

Selain senam hamil, RS Muhammadiyah Taman Puring juga memfasilitasi senam nifas. Senam nifas adalah terapi latihan gerak dengan tujuan merehabilitasi ibu nifas sedini mungkin, baik fisik maupun mental.

Klinik Kebidanan di RS Muhammadiyah Taman Puring.

Klinik Laktasi

Klinik laktasi merupakan tempat yang disediakan bagi ibu menyusui dan calon ibu menyusui untuk berkonsultasi tentang berbagai hal seputar menyusui. Konsultasi laktasi meliputi persiapan menyusui untuk ibu hamil, konsultasi pasca melahirkan apabila ada masalah menyusui ketika masih rawat inap, dan konsultasi masalah menyusui pasca rawat inap.

Painless Labour

Painles Labour ini diperuntukkan buat ibu hamil yang menginginkan melahirkan secara normal (pervaginal) tetapi ingin mengurangi rasa nyeri. Teknik yang dipakai adalah Anestesi ILA (Intrathecal Labor Analgesia) yang mampu menghilangkan rasa sakit dan memperbaik pola kontraksi rahim.

Baby Spa

Merupakan layanan untuk memijat bayi. Memijat bayi memiliki manfaat bisa mempercepat pertumbuhan bayi dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Selain pijat, Baby Spa di RS Muhammadiyah Taman Puring juga menyediakan Baby Swim atau fasilitas berenang untuk bayi.

Ruang Baby Spa di RS Muhammadiyah Taman Puring.

Mungkin ada teman-teman yang sedang hamil yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai layanan Gentle Birth di RS Taman Muhammadiyah Taman Puring, bisa langsung download di sini ya: Layanan Gentle Birth di RS Muhammadiyah Taman Puring (klik aja ya).

Manfaat vitamin micronutriens untuk ibu hamil

Selain materi tentang Gentle Birth dan simulasi Hypnobirthing, acara yang berlangsung siang itu juga membicarakan mengenai pentingnya vitamin micronutriens dan prokontra vaksinasi. Untuk tema pentingnya vitamin micronutriens dibawakan oleh dr. Dewi Rumiris SpOG (dr. Riris). Sedangkan untuk prokontra imunisasi diberikan oleh dr. Arifianto Sp.A (dr. Apin).

Dr. Riris memberikan materi tentang pentingnya micronutrients untuk ibu hamil.

Ibu-ibu yang pernah atau sedang hamil kalau periksa kandungan ke dokter kandungan biasanya suka di-oleh-olehin vitamin kan? Nah, sebenarnya vitamin-vitamin itu diperlukan enggak, sih? Dr. Riris dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa vitamin-vitamin tersebut tentu saja sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Sebelumnya, dr. Riris menjelaskan apa yang dimaksud dengan micronutriens itu. Micronutriens adalah vitamin-vitamin seperti vitamin A, D, E, B12, B6, C, serta nutrien lainnya seperti iron, zinc, iodine, copper, dan selenium.

Micronutriens tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai antioksidan yang berfungsi menetralkan racun dalam tubuh ibu hamil. Dengan tercukupinya antioksidan maka bisa mencegah terjadinya dampak negatif terhadap janin seperti abortus, stillbirth, birth defect, pretem, low birth weight (<2,5 kg), small for gestational age, morbidity and mortality, serta preeclampsia.

Dr. Riris juga menginformasikan bahwa kekurangan antioksidan pada saat ibu sedang hamil enggak cuma mempengaruhi janin, namun juga berpengaruh terhadap masa depan bayi yang sudah dilahirkan. Bayi yang dilahirkan berisiko terkena anencephaly, spina bifida, heart defect, orofacial cleft, urinary tract, limb. Sehingga, pada masa mendatang anak juga berisiko mengalami child mortality, altered growth and body compolition, cardiometabolic risk, immunity, respiratory function, cognitive, motoric, sosio emotional development.

Itulah sebabnya mengapa suplementasi antenatal dengan multiple micronutrien sangat disarankan oleh dokter kandungan. Tujuannya untuk meningkatkan keberhasilan kehamilan dan bayi yang dilahirkan.

Jadi, ibu-ibu hamil, jangan khawatir soal minum vitamin dari dokter kandungan ya? Karena micronutrient itu sangat dibutuhkan oleh janin,” pesan dr. Riris mengakhiri materinya.

Apakah ibu hamil perlu minum susu khusus untuk ibu hamil?

Lalu, kalau minum susu khusus ibu hamil penting tidak ya? Nah, dalam dalam acara seminar hari itu juga hadir perwakilan dari brand susu hamil Prenagen, Bpk. Taufik dan Bpk. Fajar. Kebetulan saat hamil dulu saya juga meminum susu hamil Prenagen.

Berikut adalah manfaat dari meminum susu hamil bagi ibu hamil:

  • Sebagai top up nutrisi.
  • Merupakan sumber kalsium.
  • Apabila ibu hamil nafsu makannya rendah, maka susu bisa sebagai assurance.
  • Ibu yang minum susu saat hamil, maka anaknya kelak akan lebih tinggi saat remaja dibandingkan dengan anak yang lahir dari ibu yang enggak pernah konsumsi susu.
  • Penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi susu punya kadar gula darah lebih rendah dalam darah.

BTW, saya dulu juga suka meminum susu ibu hamil, lho. Biasanya saya meminumnya dalam kondisi dingin. Saya suka memasukkan banyak es batu ke gelas berisi susu. Ternyata, menurut Bpk. Fajar hal tersebut keliru.

Sebaiknya kalau mau minum susu dingin, tetap seduh dengan air panas, lalu masukkan ke kulkas. Tujuannya supaya nutrisinya enggak hilang. Hehe, saya udah terlanjur sih. Tapi, semoga informasi tersebut berguna buat teman-teman yang saat ini sedang hamil yaaa…

Pentingnya vaksinasi untuk bayi dan anak

Materi terakhir mengenai prokontra vaksinasi oleh dr. Apin. Menurut dr. Apin hal yang terjadi di masyarakat selama ini adalah isu bahwa vaksin itu haram karena mengandung babi dan berbahaya karena mengandung zat-zat tertentu. Benarkah hal yang demikian itu?

Pertama-tama, dr. Apin menjelaskan bahwa vaksin mampu mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Berikut adalah perbedaan vaksin virus dan vaksin bakteri:

Perbedaan vaksin virus dan vaksin bakteri.

Dr. Apin juga menunjukkan komposisi/ isi sebotol vaksin, yakni sebagai berikut:

Isi dari sebotol vaksin.

Lalu, apa yang membuat kontroversi vaksin selama ini? Berikut adalah permasalahan dan fakta vaksin yang sebenarnya:

Isu: Vaksin adalah produk yang tidak aman.

Fakta: Vaksin dibuat melalui empat tahapan uji klinis.

Isu: Terlalu banyak vaksin membebani daya tahan tubuh.

Fakta: Seorang bayi dapat menanggung hingga ratusan ribu vaksin dalam satu waktu.

Isu: Menyuntik lebih dari satu vaksin menyebabkan trauma psikologis.

Fakta: Penelitian menunjukkan trauma psikologis sama saja antara satu atau lebih suntikan.

Isu: Vaksin mengandung zat-zat yang berbahaya seperti alumunium, formalin, gelatin, merkuri.

Fakta: Kenyataannya dalam tubuh manusia sebenarnya zat-zat tersebut sudah ada.

Isu: Vaksin dibuat dari janin yang diaborsi.

Fakta: Sebenarnya ini berawal dari dua penelitian pada tahun 1960-an di Swedia dan Inggris. Pada saat itu digunakan jaringan hidup untuk menumbuhkan vaksin virus. Namun, saat ini tentu saja tidak ada lagi vaksin yang memakainya lagi.

Isu: Vaksin memakai tripsin dari babi.

Fakta: Tripsin memang dipakai untuk menghasilkan “panen” yang baik. Kenyataannya tidak semua vaksin dibuat dengan tripsin.

Dr. Apin menjelaskan tentang vaksin untuk anak.

Jadi, semoga jelas ya teman-teman kondisi vaksin yang selama ini kita berikan ke anak-anak kita? InsyaAllah, aman. Kalau masih belum yakin juga, dalil-dalil yang membolehkan vaksin antara lain sebagai berikut:

Istihalah

Berubahnya suatu benda yang najis atau haram menjadi benda lain yang berbeda nama dan sifatnya, misalnya karena proses kimira. Contoh: khamr (alkohol) menjadi cuka, penggunan gelatin babi dalam vaksin.

Istihlak

Bercampurnya benda haram atau najis dengan benda lainnya yang suci dan halal yang lebih banyak, sehingga menghilangkan sifat najis dan keharamannya, baik rasa, warna, dan baunya.

Dhorurot

Harus memenuhi syarat: tidak ada pengganti lainnya yang mubah/ halal dan mencukupkan sekadar untuk memenuhi kebutuhan saja. Dasar yang digunakan Komisi Fatwa MUI dalam membuat fatwa vaksin polio.

Semoga dengan informasi tersebut teman-teman enggak ragu lagi ya memberikan vaksin untuk anak-anak.

Secara umum menurut saya acara seminar yang diselenggarakan RS Muhammadiyah Taman Puring kemarin itu bermanfaat banget, terutama untuk memenuhi kebutuhan informasi para ibu hamil tentang Gentle Birth, pentingnya micronutrient, serta pentingnya memvaksin bayi/ anak nanti.

Semoga artikel yang berisi rangkuman materi mengenai acara seminar tersebut yang saya tulis ini bermanfaat ya teman-teman. Khususnya buat teman-teman yang sedang hamil 🙂 .

April Hamsa

Save

Save

41 Comments

  1. Nurul Sufitri 8 November, 2017
    • April Hamsa 9 November, 2017
  2. Ratna Dewi 8 November, 2017
  3. Ade UFi 8 November, 2017
    • April Hamsa 9 November, 2017
  4. Utie adnu 8 November, 2017
    • April Hamsa 9 November, 2017
  5. Leyla 9 November, 2017
    • April Hamsa 12 November, 2017
  6. Rach Alida Bahaweres 9 November, 2017
    • April Hamsa 12 November, 2017
  7. Tina Sindi 9 November, 2017
  8. Dewi Nuryanti 9 November, 2017
    • April Hamsa 12 November, 2017
  9. Hanni Handayani 9 November, 2017
    • April Hamsa 12 November, 2017
  10. Elly 9 November, 2017
    • April Hamsa 12 November, 2017
  11. Nurul dwi larasati 9 November, 2017
    • April Hamsa 12 November, 2017
  12. Dita Indrihapsari 9 November, 2017
    • April Hamsa 12 November, 2017
  13. miramiut 9 November, 2017
    • April Hamsa 12 November, 2017
  14. Amelia Fafu 10 November, 2017
  15. artha amalia 10 November, 2017
  16. Esthy Wika 11 November, 2017
  17. lianny hendrawati 13 November, 2017
  18. Dian Safitri 13 November, 2017
  19. Rusydina Tamimi 13 November, 2017
  20. Inge Maria Wibowo 13 November, 2017
  21. mpo ratne 13 November, 2017
  22. Zeilla Mutia Devi 13 November, 2017
  23. Witri Prasetyo 13 November, 2017
  24. Yurmawita 14 November, 2017
  25. Annisa 14 November, 2017
  26. ayunovanti 14 November, 2017
  27. ivonie 14 November, 2017
  28. Eni Rahayu 15 November, 2017
  29. Eni martini 21 November, 2017

Leave a Reply

Instagram