Inna Riana, Si Emak Riweuh yang Jago Masak

Adakah di antara teman-teman yang pernah mengunjungi blog www.emakriweuh.com? Namanya cukup unik, bukan? Menggambarkan keriweuhan seorang ibu dalam mengurus rumah tangga dan anak-anaknya. Kata “Riweuh” berasal dari Bahasa Sunda yang berarti “Sibuk” dalam Bahasa Indonesia. Memang ada alasan, mengapa Inna Riana pemilik blog www.emakriweuh.com ini memberi nama sedemikian rupa untuk blognya.

Keriweuhan Inna Riana dimulai sejak perempuan kelahiran Jakarta ini menikah dengan Dadang Sumirat dan akhirnya memiliki tiga orang anak. Pekerjaan suami Inna Riana mengharuskan mereka sekeluarga merantau ke berbagai daerah di Indonesia. Keluarga ini telah mengalami 10 kali pindah rumah dalam kurun waktu 11 tahun. Kota-kota seperti Semarang, Banjarmasin, Solo, Denpasar, Palangkaraya, dan Makassar pernah menjadi kota tempat tinggalnya. Jadi bisa dikatakan, pada saat itu hampir setiap tahun Inna Riana dan keluarganya pindah rumah.

Inna Riana, Si Emak Riweuh.

Kondisi berpindah-pindah rumah, kerepotan mengurus rumah dengan anak-anak yang pada saat itu masih kecil-kecil, jauh dari keluarga besar, dan kerap tanpa asisten rumah tangga (ART) membuat keseharian Inna Riana menjadi riweuh. Keriweuhan inilah yang mengilhami Inna Riana menulis di blog untuk berbagi mengenai cerita-cerita seputar kehidupan keluarganya di kota rantau. Meski begitu, isi blognya tak melulu curhatan emak-emak, kok. Salah satu keuntungan berpindah-pindah domisili membuat Inna Riana banyak mengunjungi obyek wisata menarik, lalu menuliskannya di blog pula. Jadi, blog www.emakriweuh.com sebagian besar berisi tentang parenting dan travelling.

Baca juga: Wiwid Wadmira, Mom Blogger yang Menulis Parenting Membesarkan Anak Kembar.

Sejak aktif menulis di blog, Inna Riana yang berulang tahun setiap tanggal 30 Juli ini, seolah menemukan dunia baru. Ibu dari Muhammad Dilshad, Rasyad Ahmad Yazid, dan Irsyad Nawaf Zahir ini senang bisa mendapat banyak ilmu dan teman baru, terutama dari Komunitas-komunitas Blogger yang diikutinya.

Berkat blog, saya bisa menerbitkan buku antologi Heart Ring, Ketika Hati Saling Memiliki pada tahun 2014 bersama Komunitas Warung Blogger. Pada tahun yang sama, saya terpilih menjadi Finalis 50 Besar Srikandi Blogger 2014. Berkat ajang ini, saya mendapatkan kesempatan berkunjung ke Kantor Google Indonesia di Jakarta. Meskipun tidak menang, saya senang bisa kenalan dengan para finalis yang sekarang sudah menjadi blogger ternama.” (Inna Riana).

Inna Riana yang memiliki nama lengkap Riana Wulandari ini mengaku tidak terlalu aktif mengikuti lomba blog. Meski demikian, perempuan berhijab yang merupakan anak kedua dari tiga bersaudara ini, sesekali ikut serta meramaikan lomba dan giveaway yang diselenggarakan untuk blogger. Prestasi terbesarnya sejauh ini dalam lomba blog adalah memenangkan sebuah smartphone merk Samsung Galaxy Note 3 sebagai Juara Kedua dari Morinaga Chil-Gi! Writing Competition pada Pebruari 2016. Hadiah smartphone ini merupakan hal yang sangat diidamkan oleh Inna Riana, sebab alumni Jurusan Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran Bandung ini memiliki hobi memotret dengan kamera smartphone.

Beberapa kali Inna Riana yang sangat suka makan bakso dan jamur ini mengikuti kontes fotografi dengan menggunkan smartphone. Prestasi yang sudah dicapainya antara lain:

  • April 2015: Juara dua kontes foto Smartphonegraphy (via Twitter). Mendapat hadiah menginap gratis di Hotel Padjadjaran Suite and Resort, serta voucher diskon Jungle, Jungle Land, dan Jungle Fest.
  • Maret 2016: salah satu dari tiga pemenang kontes foto dari Mariza Foods (via Instagram). Mendapat hadiah satu set alat masak merk Maxim dan produk Mariza foods.

Baca juga: Uchy Sudhanto, Blogger Cantik Penyayang Binatang.

Memang foto-foto karya Emak Riweuh yang satu ini keren-keren. Kalau tidak percaya, tengok saja instagramnya. Di sana, teman-teman, akan menemukan foto-foto terutama dengan obyek food and drink yang keren abis. Obyek food and drink itu sebagian besar adalah hasil karya Inna Riana sendiri di dapur. Memang perempuan yang semenjak tahun 2011 akhirnya menetap di Bogor bersama keluarganya ini jago masak. Saat bulan puasa kemarin, Inna Riana bahkan membuat self challenge membuat menu untuk 30 hari, yang diberinya judul Dapur Ngebut Ramadhan, untuk diunggah di salah satu blognya yang ber-niche food blog.

Foto-foto Inna Riana di Instagram @dapurngebut.

Oh ya, selain blog www.emakriweuh.com, Inna Riana memang memiliki beberapa blog lain. Total ada tujuh blog yang dimilikinya, antara lain:

  • www.emakriweuh.com: berisi tentang parenting, travelling, dan blogging.
  • www.innariana.com: berisi tentang cerita-cerita curhat, fashion, fiksi, dan lomba.
  • www.dapurngebut.com: berisi tentang resep masakan, cerita memasak, dan seputar kuliner.
  • www.inas-craft.blogspot.com: berisi tentang aksesoris handmade dan tutorial cara membuatnya. Selain jago menulis dan memotret, Inna Riana juga jago membuat aksesoris handmade.
  • Blog Kompasiana: www.kompasiana.com/innariana.
  • Blog Detik: .
  • Satu blog rahasia.

Tiga dari tujuh blog milik Inna Riana.

Dari ketujuh blog tersebut, hanya blog 1-3 yang kini masih aktif dipakai oleh Inna Riana untuk menuangkan pikiran dan ide-idenya. Sebab, Inna Riana makin sibuk dengan aktivitas sebagai ibu rumah tangga sekaligus mengelola Toko Obat yang merupakan usaha bersama suami tercintanya. Namun, tetap saja, tidak mudah mengelola tiga blog sekaligus. Saya pribadi saja, yang cuma punya satu blog, merasa masih tidak konsisten dan kewalahan. Menurut Inna Riana, untuk mengisi blognya, perempuan yang memelihara kucing di rumahnya ini membuat penjadwalan dengan bantuan blog weekly calender. Tips dari Inna Riana buat teman-teman yang ingin membuat penjadwalan blog juga bisa searching dengan kata kunci blog organizer atau blog weekly calendar. Nanti akan keluar beberapa website yang menawarkan agenda (organizer) yang bisa di-download secara free. Teman-teman bisa mencetak semua atau mencetak beberapa lembar halaman orgnizer lalu di-copy, lalu menjilidnya. Jadi, deh, sebuah blog organizer yang berbentuk buku agenda.

Blog weekly calendar milik Inna Riana.

Masih bingung bagaimana cara mendapatkan blog organizer? Coba colek Inna Riana melalui media sosialnya, berikut ini:

  • Facebook: Inna Riana.
  • Twitter: @EmakRiweuh.
  • Instagram: @innariana dan @dapurngebut.
  • Email: helloinnariana@gmail.com.

Selamat berbagi pengalaman ngeblog dan juga keriweuhan dengan Inna Riana, ya! 🙂

Surabaya, 9 Agustus 2016

April Hamsa

36 Comments

  1. pritahw

    ga bayangin ya kl jadi mbak Inna, Pril 🙂 multi tasking pake banget. udh nyoba blm tuh pril blog weekly calendar? hehe

  2. Santi Dewi

    aaah… si emak ini memang sudah tdk diragukan lagi kalo masalah masak memasak, hanya saja saya blm pernah nyobain masakannya hehe

  3. zata ligouw

    wuahh banyak banget blognya mba Inna.. eh aku juga kadang suka liat2 resep masakan di blognya mba Ina 🙂

  4. Rach Alida Bahaweres

    Mba Inna pakai tujuh blog? Duh bener-benar ribet yaa. Hihiii, Nggak kebayang pula berpindah-pindah sampai 11 kali. Hihiii

    Salut yaa masakannya keliatan enak-enak banget.

    • April Hamsa

      Hehehe iya peternak blog.
      Aku juga gak bisa ngebayangin pindah setahun sekali, pindah rumah sekali aja melelahkan hehe

      Iya masakannya enak2 tuuu 😀

  5. Filaika

    Suka banget sama blog nya mbak inna, resep2 masakannya bener2 makanan rumahan yang cocok buat kita2 yang baru belajar masak. ^-^

  6. Monda

    mbak April dan mbak Inna kayaknya jodoh ketemu terus di arisan nih..
    baru nyadar deh emak riwueh punya blog banyak banget…salut deh tetap konsisten mengisi ketiganya

    • April Hamsa

      Hehehe iya Mbak Monda, kami ada dua grup arisan yang sama.
      Karena punya banyak blog itu jdnya riweuh hihihihihi
      Iya salut sama Mbak Inna 🙂

  7. Widyanti Yuliandari

    Ngelihat masakannya emak riweuh ini emang bikin ngiler. Bilangnya sih ngebut masaknya, tapi bisaaaa gitu ya masak macem2 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *