Inspiring Blogs, Inspiring Bloggers

Debut pertama saya menulis di dunia maya, sebenarnya bukan melalui media blog. Sekitar tahun 2007-2008an, saya bergabung dengan Milis Sekolah Kehidupan (SK), di sanalah saya banyak mengirim tulisan saya. Entah itu artikel serius yang so(k) inspiring gitu, sesekali menulis fiksi, atau sekedar tulisan curhat. Di tengah-tengah aktivitas menulis di milis tersebut, saya lalu kepikiran untuk mendokumentasikan semua tulisan saya ke dalam blog. Saat itu saya memilih Multiply. Dan jadilah saya Blogger Multiply.

Sayangnya, Multiply resmi mati sekitar Mei 2013. Membuat saya sangat sedih sekali. Bukan hanya terpaksa boyongan, memindahkan tulisan, tapi juga terancam kehilangan kontak dengan teman-teman Multipliers (sebutan Blogger Multiply). Kelebihan Multiply, dibanding platform blog gratisan lainnya, memang terletak dari segi pertemanan antar kontak ini. Menurut saya lho, ya. Tak jarang, Multipliers sering kopdar, makin menambah keakraban.

Saya sempat berhenti dari aktivitas menulis di dunia maya setelah SK mulai ditinggal penghuninya, karena orang-orang beralih menggunakan Facebook ketimbang Milis. Ditambah lagi setelah Multiply mati, saya kehilangan passion buat ngeblog. Juga pada saat itu saya sibuk mengurus Maxy, anak pertama saya.

Setelah Multiply mati, sebenarnya suami langsung membelikan saya domain keluargahamsa.com dengan subdomain sari.keluargahamsa.com dan maxy.keluargahamsa.com. Tapi, saya baru mulai menulis di blog lagi setelah Maxy menginjak usia toddler. Di ketiga blog tersebut saya bercerita tentang aktivitas keluarga dan tentu saja tumbuh kembang Maxy. Tapi, pada akhirnya saya memutuskan untuk menonaktifkan kedua subdomain tersebut dan hanya mengisi keluargahamsa.com saja.

Hal yang membuat saya memutuskan fokus ke blog keluarga karena saat itu saya suka membaca-baca blog beberapa keluarga. Kayaknya seru ya, apalagi teman baik saya Ario saat itu rajin posting di blognya, keluargarayhan.com (yang saat ini off). Akhirnya saya jadi ketularan rajin ngeblog lagi.

Beberapa kali saya juga ikutan lomba dengan blog keluarga ini. Namun, sepertinya hanya menang sekali kala itu, yakni menang juara kedua lomba foto dan tulisan tentang kasih ayah. Saya menceritakan tentang suami saya yang sangat membantu dalam merawat Maxy yang terlahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Kemenangan itu membuat saya makin semangat ngeblog.

Selain blog milik teman saya Ario, blog/ blogger lain yang banyak penggemarnya, yang menginspirasi saya untuk terus ngeblog adalah keluarganugraha.net, thepradonos.com, dan armantjandraidjaja.com. Alasan saya:

1. keluarganugraha.net

Mbak Astri Merianti Nugraha yang tinggal di Australia, melalui blognya memberi saya inspirasi bahwa bisa kok merawat anak (banyak) sendiri. Meski jauh dari keluarga di perantauan sana, tanpa bantuan asisten pula. Kebetulan saya dan keluarga juga jauh dari keluarga, tapi merantaunya baru ke ibu kota. Saya pernah baca, ternyata kakak kandung Maia Estianti ini pernah jadi anggota Kumpulan Emak-emak Blogger lho. Sayang, blognya kini lama nggak di-update. Sepertinya Mbak Asti makin sibuk dengan usaha catering dan perannya sebagai ibu dari keempat anaknya yang beranjak ABG.

2. thepradonos.com

Saya suka gaya Mbak Woro Pradono yang ceplas-ceplos dalam menuangkan uneg-unegnya di blognya. Mbak Woro lewat tulisannya mengajarkan saya untuk β€œcuek” dan berani menghadapi dunia. Terutama soal pengasuhan anak ya? Tentu saja, karena blog ini juga cerita soal keluarga Pradono. Banyak cerita soal Zlatan, anak semata wayang Mbak Woro, dituangkan ke dalam blog ini. Sayangnya, blog keluarga yang berdomisili di Singapura ini saat ini off juga. Tidak jelas alasannya mengapa, pernah bertanya via twitternya tapi tidak dibalas.

3. armantjandrawidjaja.com

Blog Mas Arman ini juga banyak bercerita tentang keluarganya yang merantau ke USA. Cerita-cerita tentang prestasi Andrew dan Si Imut Emma, membuat saya belajar bagaimana menemukan bakat atau potensi anak. Jika mau concern, ternyata potensi anak bisa dioptimalkan sedini mungkin. Selain itu, Mas Arman adalah satu diantara blogger famous yang sudi berkunjung ke blog saya yang acak kadut ini, sejak blog saya ada. Meski tulisan saya nggak penting-penting amat, Mas Arman masih tetap mau berkunjung dan meninggalkan jejak di kolom komentar.

Itulah tiga di antara blogger yang menginspirasi saya untuk membuat blog tentang keluarga. Kesamaan mereka adalah sama-sama menggambarkan tentang keluarga Indonesia yang merantau ke luar negeri. Terus terang, saya banyak membaca blog keluarga yang tinggal di negeri orang sebab saya dan suami punya planning untuk melihat dan tinggal di sisi belahan bumi yang lain. Semoga Tuhan mengijinkan dan memudahkan rencana kami, di waktu yang tepat nanti. Dan harapan saya, semoga saja blog keluarga saya kelak, bisa memberi inspirasi pula buat pembacanya, sebagaimana blog-blog keluarga yang menjadi inspirasi saya saat ini.

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam event Blogger Kekinian Chalenge. Doakan menang ya, supaya bisa belajar lagi soal ilmu per-blog-an! Terima kasih πŸ™‚ .

Depok, 25 Februari 2016

Aprillia Ekasari

54 Comments

  1. Rohma Azha

    Semoga sukses ya mbak. Buat ngewujudin mimpi utk jbsa tinggal di bumi blahan lainnya hhhee.
    salam kenal ^_^
    -blogger kekinian-

  2. Ardiba

    Wah. Mbak April blogger inspirasinya nggak jauh2 dr seputar parenting dan keluarga. Sesuai banget sama niche nya keluarga Hamsa…

  3. eryudya

    waaah..mereka emang blogger keluarga yang keren2

    hmm..semoga terwujud untuk tinggal di belahan bumi yang lain ya, mbak πŸ™‚

    tapi jangan lupa Indonesia tercinta, ingat loh di sana2 jarangn menemukan sate.. hahahaha πŸ˜€

    • Hamsa

      Iya, tulisan mereka, cerita-cerita mereka udah saya baca sebelum saya punya anak hehe.

      Aamiin terima kasih doanya πŸ™‚

    • Hamsa

      Iya Mbak Astri jarang ngeblog, Mbak Woro blognya udah dinonaktifkan. Kyknya blog mereka juga populer di masanya dulu. Kalau Mas Arman masih aktif πŸ˜€

  4. Uniek Kaswarganti

    Waduh, pada nggak aktif ya blognya? Pengin lihat juga padahal hihiiii…
    Seru yaaa mengikuti perjalanan keluarga2 tsb, bisa dijadikan inspirasi kita saat mengasuh anak.

    • April

      blog Mbak Astri masih ada tapi lama gak update, blog Mbak Woro dinonaktifkan, punya Mas Arman yang masih aktif Mbak Unieq.

      Iya Mbak Uniek ada yang bisa ditiru style parentingnya πŸ˜€

  5. Ihwan

    Aku tahunya hanya yang blog Nugraha, pas baru-baru nulis di Keluarga Biru aku jadiin mereka inspirasiku juga. Salut ama blognya yang superkomplit bahas anak-anaknya. sayang ya wes ga up-date. Ayo Pril, kini saatnya kita yang beraksi dengan blog keluarga kita he3

    • April

      Hehehe dulu gara2 keluarganugraha aku kepegen punya anak 5, tapi seiring waktu wes gak sido wes :))

      Iya Wan, moga2 blog keluarga kita jg bisa bermanfaat buat org lain aamiin πŸ™‚

  6. Mugniar

    Baru tahu ketiga blogger itu, Mbak. Sayang ya, ada yang sudah gak update blognya padahal sudah menginspirasi. Mudah2an mereka baca tulisan ini dan ngeblog kembali. Sudah di-share ke mereka, kah?

    • April

      Coba dikepoin Mbak Mugniar. Eh, kecuali thepradonos sudah dinonaktifkan. Keluarga ini skrng lbh aktif di instagram sepertinya.
      Belum dishare ke mereka mbak, hehe. Iya dari ketiganya, cuma Mas Arman yg masih aktif ngeblog πŸ™‚

  7. Ismawati

    kalo dah tinggal di LN makin banyak dong mak cerita yang bisa dibagi, semoga tercapai keinginan dan juga menang lombanya πŸ™‚

  8. Lusi

    Wah inspiratif banget. Bikin iri. Boro2 punya blog keluarga. Lha udah tak kasih berkah ngeblog semua keluargaku tetap pada gak mudeng ngeblog itu apa wkwkwkkk. Mereka juga menolak tampil di blogku meskipun hadiahnya mau banget. Cedih.

  9. lianny hendrawati

    Wah aku dulu juga nulis di Multiply sekitar tahun 2006. Kemudian pindah blogspot dan wordpress tahun 2007 πŸ™‚
    Good luck ya lombanya.

    • Aprillia Ekasari

      Wah sayang banget ya mbak, kalau saya waktu itu saya dibantuin suami mindahinnya. Ya sudah yuk move on, semangat isi blog yang sekarang! πŸ˜€

  10. Hairi Yanti

    Waah… Kakaknya Bunda Maia blogger ternyata ya. Sayang ya mbak 2 blog disebutkan di atas ga aktif lagi. Sy juga pernah suka baca blog orang, tapi kemudian ga update lagi πŸ™‚

    • Aprillia Ekasari

      Iya Mbak Astri mungkin sibuk dgn cateringnya.

      Iya rasanya gmn gtu, kalau ada blog yg terbengkalai. Seperti rumah lama yg gak dihuni, suka bertanya2 orgnya saat ini sibuk apa ya? πŸ™‚

    • Aprillia Ekasari

      Terima kasih Mbak Khairiah atas support dan kunjungan BW nya. Yuk bikin blog keluarga! πŸ™‚

  11. Rahmah Chemist

    Dan saya ketinggalan info inih… Hiks

    Sukses ya Mbak
    Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ^_^

    • Aprillia Ekasari

      Sama-sama Mbak Rahmah, terima kasih kunjungan baliknya.
      OH iya Blogger Kekinian kyknya bakal ada event bulanan kok, pantengin aja webnya πŸ˜€

  12. Dila

    Salam kenal ya Mba :), cerita2 keluarga memang seru ya Mbaaa :). Btw, kita sama Mba, anakku juga lahir dengan berat rendah πŸ™

    • Aprillia Ekasari

      Salam kenal juga mBak Dila πŸ™‚
      Iya, suka baca2 kehidupan keluarga di blog org. Oh iya kah Mbak? Sekarang anaknya usia brp? Moga sehat2 ya πŸ™‚

    • Aprillia Ekasari

      Iyaaaa saya awal2 juga liat resep Mbak Rosa, resep MPASI bayi tepatnya. Yuk, mbak ditelatenin juga hehe

  13. Ika Hardiyan Aksari

    Hai Mbak salam kenal dari saya. Sepertinya ini kali pertama saya berkunjung di sini. Rasanya betah bgt deh.
    Ngomong2 soal blig dengan tema keluarga sebenarnya di luar sana memang banyak bgt ya Mbak. Dan itu juga yg membuat saya suka membagikan cerita seputar keluarga terutama yg berhubungan dengan Ghifa. Terpenting lagi kita nulis apa yg kita suka dan kuasai dan berharap bisa bermanfaat bagi orang banyak.
    Happy blogging ya mbak.

    • Aprillia Ekasari

      Hai Mbak Ika salam kenal juga ya πŸ™‚
      Terima kasih atas kunjungan baliknya πŸ™‚

      Iya Mbak, yang terpenting bisa menulis sesuatu yang bermanfaat, semoga ya πŸ™‚

  14. academic Indonesia

    Assalamualaikum, salam kenal buk ya,
    saya juga baru pertama kali datang di blog ini.

    blognya bagus, semga bisa saling memberi manfaat πŸ™‚

    • Aprillia Ekasari

      waalaikumsalam, salam kenal kembali.
      Terima kasih atas kunjungannya, aamiin moga bisa memberi manfaat πŸ™‚

  15. Wilfredo Brendle

    assalaamu alaikum wr.wb. Salam kenal, mbak, dan terima kasih sudah ninggali komen di blog saya. Dan ternyata kita sama2 dari Suroboyo ya. Mangkanya saya jadi merasa in dengan tulisan2nya.

  16. fahri

    assalamu’alaikum ya mabak. saya juga pengen ikutan ngramein blognya mbak..
    semoga bisa saling memberi manfaat πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *