Cara Mencukupi Kebutuhan Air Putih Selama Berpuasa

Salah satu problem yang sering terjadi saat saya sedang berpuasa adalah merasa dehidrasi atau kekurangan cairan. Kebutuhan akan cairan, biasanya sih bisa dipenuhi dengan cara minum cukup air putih. Bahkan di beberapa artikel dari hasil gugling yang pernah saya baca, pada saat berbuka puasa, beberapa ahli menyarankan sebaiknya minumlah air putih terlebih dahulu sebelum minum minuman yang manis-manis.

Sumber dari StockSnap.io.

Manfaat minum air putih memang tak perlu diragukan lagi. Air putih adalah salah satu minuman segar yang menyehatkan bagi tubuh yang memiliki beberapa manfaat:

  • Menghilangkan dahaga/ rasa haus.
  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
  • Membersihkan dan membuang racun melalui keringat dan urine.
  • Melancarkan buang air besar.
  • Mengontrol kalori sehingga membantu menurunkan berat badan.
  • Menjaga fungsi ginjal supaya bekerja dengan baik.
  • Menghaluskan dan mencerahkan kulit.
  • Meningkatkan fungsi otak dan mood (mood booster).
  • Dan masih banyak manfaat lainnya dari minum air putih.

Dalam kondisi normal, memang manusia disarankan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau setara 8 gelas (@250ml) per hari. Namun, pada saat berpuasa, biasanya saya pribadi kesulitan untuk mencukupi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas itu. Atau bahkan sebaliknya, adakalanya saya memaksakan minum air putih dalam jumlah banyak di satu waktu tertentu, demi mencukupi kebutuhan cairan. Alhasil, saya suka merasa mual dan bolak-balik ke kamar mandi karena, maaf, beser.

Ternyata, dari membaca artikel-artikel yang ada, saya mengetahui bahwa sebenarnya minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus tidak baik untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa alasan, yakni:

  • Meningkatkan volume darah. Air putih dalam jumlah banyak yang kita minum nanti akan masuk ke pencernaan kemudian diserap oleh pembuluh darah, akibatnya volume darah bisa meningkat.
  • Memaksa ginjal bekerja ekstra. Darah tadi akan mengalir melewati ginjal. Jika jumlah volume darah yang mengalir ke ginjal lebih banyak maka ginjal akan bekerja memfilter/ menyaring jumlah cairan lebih banyak, jadi kerjanya menjadi lebih ekstra keras.
  • Menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Darah yang volumenya meningkat tadi akan mengalir melewati jantung sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Denyut jantung jadi meningkat tajam, sehingga membahayakan tubuh.

Ternyata, emang nggak baik, ya, kalau minum sekaligus air putih dalam jumlah banyak? Bukannya menjadi sehat, malah membahayakan tubuh. Lalu, bagaimana menyiasati supaya tetap bisa minum minimal 8 gelas tiap hari ketika berpuasa? Caranya adalah membagi minum secara bertahap, dengan membuat jadwal sebagai berikut:

  • Satu gelas saat bangun tidur.
  • Satu gelas saat Sahur.
  • Satu gelas saat Adzan Maghrib.
  • Satu gelas setelah Sholat Maghrib.
  • Satu gelas setelah buka puasa.
  • Satu gelas sesudah Sholat Isya.
  • Satu gelas sesudah Sholat Tarawih.
  • Satu gelas sebelum tidur malam.

Sumber: FB kementrian Kasihatan Malaysia.

Saya sudah mempraktekkannya dan merasa lebih baik dibandingkan jika saya minum bergelas-gelas air putih di waktu bersamaan sekaligus. Dengan minum secara bertahap seperti jadwal tersebut, tubuh tidak akan kekurangan cairan dan mendapatkan manfaat positif dari minum air putih. Oh ya, yang perlu diperhatikan juga adalah jangan lupakan juga kualitas air putihnya ya! Air putih yang kita minum haruslah air putih yang berkualitas, dalam artian tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan kandungan mineralnya seminim mungkin. Selamat mempraktekkan jadwal minum air putih di atas, semoga puasanya lancar sampai akhir! Aamiin!

Depok, 12 Juni 2016

April Hamsa

40 Comments

  1. Keke Naima

    Nah, ini! Kalau lai bulan puasa, saya lebih ribet sama urusan minum. Khawatir kekurangan tapi suka bingung bagaimana mensiasatinya. Terima kasih banyak untuk artikelnya 🙂

    • April Hamsa

      Idem Mbak Mira, saya membuat artikel ini juga supaya rajin minum air putihnya. Malah saya suka minum banyak di satu waktu sekaligus dulu. Skrng sudah tau baha itu gak baik hehe. Trims sudah membaca 🙂

  2. fanny fristhika nila

    oohhh aku baru tau loh mbak kalo minum air putih sekaligus banyak itu ga bagus.. krn itu yg srg aku lakuin sbnrnya.. saking pengennya ga kurang minum 8 gelas sehari.. tapi memang, kalo minum air putih yg dipaksain banyak, itu bdn ga enak.. dan mual kalo aku.. cara yg ini aku praktekin deh mulai sekarang 🙂

    • April Hamsa

      Iya Mbak Fanny, saya juga sebelum2nya suka memaksakan minum langsung empat gelas gitu abis makan sahur, yg ada mala mual dan beser 🙁

      Tapi setelah mempraktekkan jadwal di atas lebi enak di badan 😀

    • April Hamsa

      Kalau saya kekawatirannya kalau kurang cairan takut pengaru ke ASI krn saya masih menyusui. Sbnrnya saya juga termsuk malas minum, tapi arus dipaksain supaya cairan dlm tubuh dan ASI-nya cukup. Kalau pakai jadwal di atas jadinya gak terlalu kerasa udah minum 2 liter per hari hehe

  3. sulis

    Iya e mbak…aku juga sering sekaligus 2 gelas besar gitu. Makasih ya mbak April… aku juga lagi banyakin air putih ni mbak..tapi seringnya nggak sampe 8 gelas..udah kenyang duluan.

    • April Hamsa

      hehehe eh ideeemm, saya juga sering tu minum pakai gelas besar. Tapi mual hiks. Kalau pakai jadwal di atas nggak mual lagi 😀

  4. nova

    bener deh..kadang suka lupa minum air putih… banyak nya teh manis..atau minuman berwarna laiinnya….padahal gak bagus buat ginjal inih mah..

    • April Hamsa

      Iya Mbak Nova, saya dulu lbh suka buka tu minum pakai es teh, es buah gtu. Ternyata setelah baca2 gak baik buat kesehatan tubuh ya, makanya skrng pengen lebih disiplin lagi soal minum air putih 😀

  5. Uniek Kaswarganti

    Baru ngerti nih klo kebanyakan minum di waktu tertentu justru bahaya. Kudu dipraktekin nih jadwal minum air putihnya, makasih ya mba.

    • April Hamsa

      Iya Mbak, kalau minum banyak sekaligus malah tidak baik, Sebaiknya dijadwalkan. Sama2 Mbak Uniek 🙂

  6. ira guslina

    iya, kalau puasa butuh air putih ya mba, tapi suka lupa nih. pas mau tidur suka lupa minum dulu. terus pá sahur juga ga bisa dibanyak2in… pas ingat e ternyata udah imsak..

    • April Hamsa

      Waduh jangan sampai lupa Mbak Ira. Kalau saya bukannya lupa, lbh seringnya males hehe. Nah kalau dijadwalkan kita bisa lebih disiplin minum segelas2 tanp merasa berat 😀

  7. Ria

    Dulu sempat salah paham, kirain habis bangun tidur langsung minum 1,5 liter air… Tapi kebiasaan minum air putih ini tetap dijalankan hingga sekarang… gak smp 1.5 liter loh

    • April Hamsa

      Hello Mbak Nunu, makasih dah mampir ke blogku. Hehe aku juga masih belajar nulis kok, yuk belajar bareng! 😀

  8. Nunung Yuni A

    Selama puasa jarang banget minum air putih. Paling dari buka sampai sahur cuma dua gelas. Tapi aku minum teh, susu dan minuman manis lainnya. Susah banget ya ngilangin kebiasaan jelek ini

    • April Hamsa

      Idem saya juga kyk gtu mbak, tapi dgn jadwal kyk gtu jd merasa gak berat minum air putinya, to cuma segelas2 dgn jeda waktu. Yg penting disiplin aja dan niatin buat kesehatan 😀

  9. mira miut

    sangat mudah nya hanya 1-2 gelas dalam kegiatan saat ridka berpuasa, di coba akhh spaya gak kering nihh bibirnya

  10. baiqrosmala

    Wah thanks atas infonya mba, insyaallah sangat bermanfaat.. Saya juga sering bes*r mba subuh2 karena pas sahur suka maksain minum air banyak2.. sekarang udh tau triknya deh, makasi..

  11. Wenny Pangestuti

    Jadwal minum air putih yang oke juga, mbak, untuk diterapin di bulan Ramadhan. Coba ah. Thanks informasinya, mbak.

  12. tutorialsmu

    Inpiring nih bund , bakal saya coba deh sering-sering minum air putih ..
    Soalnya sering banhet di pagi hari ngerasa ngantuk..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *