Lactacyd Baby, Andalan Ibu untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kulit Bayi

Kulit bayi sangat sensitif, sehingga rawan terkena iritasi kulit. Itulah pengetahuan yang saya dapatkan dari Talk Show “Healthy Skin Happy Baby: Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif Pada Si Kecil” yang diselenggarakan oleh Lactacyd Baby bekerjasama dengan Majalah Mother and Baby Indonesia tanggal 28 Mei lalu. Selain karena kulit bayinya sendiri yang masih sensitif, kondisi sistem kekebalan bayi yang masih lemah juga membuatnya mudah terserang infeksi maupun alergi. Infeksi dan alergi yang menyerang bayi ada kalanya juga berdampak terhadap gangguan kesehatan kulit bayi.

Gangguan kesehatan kulit bayi menimbulkan berbagai macam penyakit. Pencetus atau penyebabnya pun bermacam-macam. Menurut mayoclinic.org terdapat beberapa penyakit kulit yang biasanya diderita oleh bayi, antara lain:

Milia.

Benjolan-benjolan putih kecil yang biasanya terdapat pada bayi yang baru lahir. Biasanyanya terlihat di dagu, hidung, dan pipi. Milia terbentuk karena sel-sel kulit mati terjebak di bawah permukaan kulit, sehingga membentuk kista kecil yang keras. Pada umumnya milia tidak berbahaya, hanya menimbulkan gangguan estetika.

Cradle cap (kerak di kepala bayi).

Kerak di kepala bayi biasanya muncul pada bayi yang baru lahir dan akan menghilang sendiri saat bayi berusia enam bulan. Hal ini ditandai dengan sisik yang tebal, berwarna putih agak kekuningan, dan agak berminyak di kepala bayi. Penyebabnya adalah peradangan kelenjar minyak di kulit kepala.

Diaper rash (ruam popok).

Ruam popok adalah salah satu penyakit kulit yang banyak menyerang bayi, khususnya yang masih memakai popok sekali pakai (pospak). Biasanya terjadi karena pospak bayi terlalu lama diganti, sehingga kulit bergesekan atau kontak terlalu lama dengan urine atau feses.

Baby acne (jerawat pada bayi).

Jerawat biasanya terjadi pada bayi yang baru dilahirkan. Pada umumnya muncul di dahi dan pipi. Penyebabnya kemungkinan besar adalah paparan hormon ibu selama kehamilan.

Heat rash (biang keringat).

Biang keringat juga salah satu penyakit yang banyak diderita bayi. Penyebabnya adalah penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga mengakibatkan keringat tidak bisa keluar. Akibatnya muncul bintik-bintik halus yang terlihat jelas bahkan kadang kemerahan di permukaan kulit bayi.

Baby eczema (eksim pada bayi).

Nama medis dari eksim adalah dermatitis atopik. Tanda-tandanya kulit menajadi merah, bersisik, kering, dan gatal. Penyakit kulit ini salah satu yang bersifat kronik (berjangka waktu lama). Pemicunya bisa bermacam-macam, antara lain alergi makanan, debu, bulu, dan penyebab iritan lainnya.

Baca juga: Redwin Sorbolene Moisturiser, Pelembab bagi Segala Usia yang Memiliki Masalah Kulit Sensitif.

Anak-anak saya yang masih balita, Maxy (3y8m) dan Dema (1y5m) juga termasuk anak-anak yang kulitnya sangat sensitif. Ketika masih kecil, jika saya terlambat mengganti pospaknya, maka akan muncul ruam di daerah pantat dan kemaluannya. Ada beberapa produk sabun bayi yang tidak cocok untuk kulit keduanya. Keduanya juga memiliki bakat alergi turunan, yang pencetusnya adalah udara. Jika udara terlalu panas, maka pada kulit keduanya akan muncul ruam kemerahan berupa heat rash atau biang keringat. Bahkan pernah, suatu kali biang keringat itu berubah menjadi bisul karena mereka menggaruk-garuk kulitnya yang gatal.

Saat Maxy dan Dema terkena biang keringat yang berubah menjadi bisul ketika digaruk.

Bisul tersebut membuat saya khawatir, sebab makin banyak benjolan-benjolan yang muncul, utamanya di area kepala dan lengan/ tangan. Lalu, saya mendapat informasi dari tetangga, bahwa sebaiknya air mandi mereka diberi campuran produk antiseptik cair. Akhirnya, setiap mereka mandi, saya melarutkan antiseptik cair ke air mandi anak-anak. Ternyata, bukannya membaik, bisul-bisul itu malah makin parah. Akhirnya, saya memutuskan membawa keduanya ke dokter anak.

Dokter kemudian memberi saya saran supaya tidak lagi melarutkan produk antiseptik cair ke air mandi anak-anak, melainkan ganti saja dengan Lactacyd Baby. Sebab Lactacyd Baby lebih sesuai untuk anak-anak, terutama yang kulitnya sensitif seperti bayi saya. Sedangkan larutan antiseptik yang sebelumnya, saya gunakan, lebih cocok buat orang dewasa.

Stop menggunakan antiseptik cair sebab produk semacam itu berbahaya untuk anak-anak. Jangan sekali-sekali memakaikan sabun dan produk orang dewasa lainnya untuk anak-anak! Produk semacam itu biasanya menggunakan bahan-bahan kimiawi yang tidak cocok untuk kulit bayi yang masih sangat tipis! ”

Saya kemudian menuruti saran dokter, memakai Lactacyd Baby untuk mandi kedua balita saya, sembari mengompres bisul-bisul mereka dengan air hangat. Alhamdulillah, tak lama kemudian, penyakit kulit mereka sembuh.

Ternyata memang berisiko sekali memakaikan larutan antiseptik, apalagi sabun untuk orang dewasa kepada balita. Sebab kondisi kulit anak-anak, terutama yang masih bayi begitu sensitif. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan kulit anak-anak, terutama bayi, begitu sensitif jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa?

Sepintas, kulit bayi memang terlihat sama saja dengan kulit orang dewasa. Namun, sebenarnya, kedua kulit tersebut memiliki perbedaan berupa karakteristik struktural dan fungsional. Berikut adalah perbedaan karakteristik struktural dan fungsional antara kulit bayi dengan kulit orang dewasa:

Struktural

Kulit bayi dan kulit orang dewasa memiliki perbedaan karakteristik struktural yang dignifikan. Hal tersebut dapat dilihat jelas melalui mikroskop. Perbedaannya akan terlihat pada:

  • Struktur kulit bayi yang lebih renggang jika dibandingkan kulit orang dewasa.
  • Kulit bayi lebih tipis hanya 40-60% dari kulit orang dewasa.
  • Kulit bayi memiliki rambut lebih sedikit dari orang dewasa.
  • Ikatan antar sel pada kulit bayi lebih longgar.
  • Produksi kelenjar keringat dan kelenjar minyak lebih sedikit.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan karakteristik struktural antara kulit bayi dengan kulit orang dewasa bisa dilihat di gambar ini:

Perbedaan kulit bayi dan kulit orang dewasa.

Kita bisa menganalogikan bahwa kulit bayi seperti susunan batu bata yang renggang, sedangkan kulit orang dewasa lebih rapat. Itulah sebabnya jika ada kontak dengan zat kimiawi atau zat-zat berbahaya lainnya, kulit bayi lebih mudah menyerapnya, sebab pertahanannya belum sempurna.

Fungsional

Sedangkan perbedaan karakteristik fungsional antara kulit bayi dengan kulit orang dewasa adalah:

  • Kulit bayi lebih sedikit memproduksi melanin, yang berfungsi melindungi bayi dari gangguan dan perubahan cuaca/ sinar matahari lebih tipis daripada kulit orang dewasa. Hal ini membuat kulit bayi lebih rentan dan memiliki risiko terbakar matahari lebih tinggi.
  • Kulit bayi belum memiliki pertahanan yang sempurna untuk melindungi diri dari bakteri tertentu. Selain itu bayi juga kekebalan tubuhnya masih belum sepenuhnya efektif untuk melawan infeksi. Itulah sebabnya kulit bayi lebih rentan terhadap infeksi.
  • Kulit bayi memiliki kemampuan mengurangi produksi keringat. Hal ini menyebabkan kulit bayi kesusahan membuang panas tubuh melalui keringat. Akibatnya bayi sering mengalami biang keringat.
  • Lapisan lemak di bawah kulit bayi yang berfungsi sebagai bantalan ketika terjadi benturan belum banyak, sehingga bayi lebih rentan terhadap gangguan iritasi eksternal, seperti gesekan dengan popok, dll.

Itulah sebabnya dilarang keras memakaikan produk orang dewasa, seperti sabun, shampoo, larutan antiseptik, dan kosmetika orang dewasa lain yang bersentuhan dengan kulit, kepada anak-anak, khususnya bayi. Alasan lain adalah sebab produk untuk kulit bayi biasanya dikembangkan khusus melalui riset khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan kulit bayi. Contoh mudahnya, sabun bayi mungkin tidak sewangi sabun orang dewasa, hal itu karena komponen bahan yang menimbulkan wangi tidak dipakai. Komponen ini biasanya adalah zat kimiawi yang berbahaya jika dipakaikan untuk kulit bayi.

Sabun bayi yang banyak direkomendasikan oleh tenaga medis anak, salah satunya dokter yang saya percaya untuk konsultasi kesehatan anak-anak saya, adalah Lactacyd Baby. Pengetahuan saya mengenai keunggulan produk Lactacyd Baby bertambah setelah mengikuti Talk Show “Healthy Skin Happy Baby: Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif Pada Si Kecil”. Ternyata, Lactacyd Baby diformulasikan khusus untuk bayi. Artinya ada riset dan uji klinis dalam beberapa tahapan yang dilakukan dengan serius sebelum meluncurkan produk Lactacyd Baby ini ke pasaran.

Ada beberapa hal yang saya catat dari talk show saat itu berkenaan dengan produk Lactacyd Baby:

  • Lactacyd Baby yang diproduksi oleh PT Sanofi Aventis Indonesia ini sudah melalui tahap uji klinis, sehingga sangat aman untuk bayi.
  • PH kulit bayi berkisar antara 6-7, sedangkan PH kulit orang dewasa 3-4. Itulah sebabnya kulit bayi lebih rentan terhadap iritasi, infeksi bakteri, bahkan reaksi alergi. Supaya kulit bayi tetap sehat, maka PH-nya harus diturunkan menjadi sekitar 3-4. Lactacyd Baby memiliki yang PH yang sesuai dengan yang dibutuhan anak, yakni 3-4.
  • Salah satu kandungan Lactacyd Baby adalah ekstrak susu sapi. Namun, para orang tua yang anaknya memiliki alergi terhadap susu sapi tidak perlu khawatir menggunakan produk ini, sebab alergi susu sapi hanya akan terjadi jika susunya dikonsumsi/ diminum oleh anak.
  • Komposisi Lactacyd Acid pun ditunjukkan lengkap dalam kemasan produknya, sehingga orang tua bisa mengecek sendiri kandungan apa saja yang terdapat dalam sabun tersebut.

Komposisi Lactacyd Baby.

Jika membaca komposisinya maka keunggulan Lactacyd Baby terletak pada:

  • Lactacyd Baby ini juga tidak memiliki banyak busa karena memang tidak memiliki kandungan detergen, sehingga sangat aman untuk bayi.
  • Lactacyd Baby tidak seharum sabun mandi bayi biasa atau sabun orang dewasa sebab tidak mengandung fragrance oil yang merupakan bahan pengharum kimiawi.
  • Lactacyd Baby memiliki bahan baku air (aqua) yang merupakan bahan alami dan aman untuk kulit.
  • Terdapat TEA-lauryl sulfate and ammonium lauryl sulfate yang berfungsi untuk membersihkan kuman.
  • Ethyleneglycol stearate untuk skin conditioning sehingga membuat kulit bayi menjadi lebih lembut.
  • Hydrogenated peanut oil merupakan kandungan minyak alami untuk melembabkan kulit bayi.
  • Natural orange flavour untuk bau sedap pada kulit bayi.
  • Sodium methyl paraben biasanya digunakan untuk mengawetkan produk sabun bayi. Namun jangan khawatir, kandungan paraben Lactacyd Acid sangat kecil, makanya masa expirednya juga cepat.

Cara penggunaan Lactacyd Baby pun sangat mudah:

  • Larutkan atau encerkan 3-4 sendok Lactacyd Baby ke air dalam bak mandi bayi/ anak. Mandikan bayi seperti biasa. Gosok-gosok dengan perlahan kulitnya.
  • Lactacyd Baby juga bisa digunakan sebagai shampoo untuk kepala. Caranya, tuangkan dulu ke tangan lalu gosok-gosok, dan usapkan ke rambut bayi.
  • Selain itu jika ingin digunakan ke wajah bayi, gunakan seperti pemakaian sabun cair biasa.
  • Untuk kulit yang mengalami ruam/ iritasi atau penyakit-penyakit kulit yang sudah saya jelaskan sebelumnya (Milia, Cradle cap, Diaper rash, eksim, Baby Acne, biang keringat) tuangkan Lactacyd Baby ke kapas lalu gosokkan secara perlahan ke kulit bayi yang terkena iritasi.

Mudah bukan cara penggunaannya?

Maxy dan Dema mandi dengan Lactacyd Baby.

Kini, di rumah saya selalu tersedia Lactacyd Baby untuk Maxy dan Dema. Alhamdulillah, dengan rutin memakai produk ini, keduanya jarang kena ruam popok dan biang keringat. Lactacyd Baby ini benar-benar andalan saya agar anak-anak terhindar dari penyakit kulit lagi. Oh ya, sebagai tambahan informasi, berikut cara merawat kulit bayi yang benar:

  • Jangan menggunakan air terlalu panas ataupun terlalu dingin untuk memandikan bayi, pergunakan air yang suam-suam kuku.
  • Encerkan Lactacyd Baby 3-4 sendok ke dalam air mandi bayi.
  • Jangan memandikan bayi terlalu lama.
  • Pakai handuk yang bersih setiap kali selesai memandikan bayi.
  • Apabila bayi berkeringat maka segera ganti pakaiannya. Gunakan pakaian bayi yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat.
  • Hindari penggunaan kosmetika bayi (bedak, minyak, parfum, dll ) secara berlebihan.

Mungkin bagi sebagian ibu, agak ragu menggunakan Lactacyd Baby karena bandrol harganya yang sepintas terlihat lebih mahal, jika dibandingkan dengan sabun-sabun bayi lainnya. Padahal, sebenarnya dengan pemakaian yang benar jatuhnya malah Lactacyd Baby ini lebih hemat. Apalagi Lactacyd Baby ini benar-benar sudah teruji untuk mencegah dan mengobati penyakit kulit bayi. Nggak akan rugi memakainya, sangat worth it, apalagi jika dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi dokter akibat anak terlanjur kena penyakit kulit yang parah. Nah, mencegah penyakit selalu lebih baik dibandingkan dengan mengobati, kan?

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang Lactacyd Baby bisa mengunjungi Fan Page Lactacyd Baby.

Surabaya, 30 Juni 2016

April Hamsa

Sumber referensi tulisan dan gambar:

  • mayoclinic.org
  • desitin.com
  • babycenter.com
  • ingininfosehat.blogspot.co.id

67 Comments

  1. rahmiaziza.com

    Anakku pas masih baby pernah tuh ruam popok, biang keringat, kasiaan. Tp baby emang rawan yah pnyakit kulit gt, jd harus sedia lactacyd nih

    • April Hamsa

      Iya Mbak, anak2ku jg pernah krn kulitnya sensitif. Iya, makanya skrng selalu ada Lactacyd Baby di rumah 🙂

  2. Keluarga Biru

    Wiih Maxy dan Dema sampe bentol2 besar gitu Pril.
    Aira juga pakai Lactacyd, memang manjur ngilangin jerawatnya.

      • April Hamsa

        Iya Mbak, biang keringat kalau gak diatasi bisa menimbulkan bisul. Pengalaman berhargaku sbg ibu tuh hiks

    • April Hamsa

      Iya itu pas Maxy dan Dema kena bisul, aku curiganya krn air or udara. Pas waktu itu cuaca panas banget 🙁

  3. Ira duniabiza

    Komplit mba… soal harga sbenarnya dibanding sabun sejenis (dgn ph rendah) sbenarnya ini terjangkau. Dulu waktu Bintang bayi karna blum kenal lactacyd kami beli sabun ph rendah merek lain diapotek dan wowww… coba kalau dulu udah kenal lactacyd beda deh..

    • April Hamsa

      Oh iya kalau sabun dengan PH sejenis ini lumayan murce ya mbak. Aku keingetnya mbandinginnya sama sabun baby yg umum di pasaran. Alhamdulillah udah pakai ya skrng mbak, BiZa-nya? 😀

  4. cutdekayi

    Sepintas memang agak gimana gitu sama bau lactacyd baby. Tapi sesuai dengan kegunaannya, menjaga kulit bayi. Kizain juga sempat ruam popok, tiap p*p pantatnya kaya lecet gitu, dicoba pake lactacyd baby, alhamdulillah manjur. Jadi abaikan baunya yang kecium sepintas seperti bau obat, krn ternyta efektif sekali menjaga kulit bayi. Soal harga, ya dipakenya dikit2 sih jd hemat hihi. Sharing bermanfaat bunda Maxy and Dema 🙂

    • April Hamsa

      Iya baunya emang gak sewangi sabun baby lain tapi justru krn itulah dia aman, ya, mbak?
      Alhamdulillah Kinz cocok juga ya? 😀

  5. Katerina

    Perlu sekali Lactacyd ini ada di rumah ya, sangat membantu mengatasi kulit bayi yang bermasalah karena berbagai hal.

  6. Khoirur Rohmah

    Boh,,, efeknya smpe jadi benjolan2 gitu ya mbak…
    ini Recomended buat sodara2 ku mbak
    Mkasih utk detail informasinya ya mba 😀

    • April Hamsa

      Iya kalu digaruk mbak Rohmah, makanya kalau ada ponakan biang keringat trus garuk2 jgn dibolehin ya 😀

  7. Nyi Penengah Dewanti

    kulit bayi saking senitifnya penyakitnya bikin merinding. Secara aku masih single, jadi tahu harus gimana. Makasih kak infonya ini sangat memberi manfaat.

    salam

    • April Hamsa

      Sama2 Mbak Dewanti. Iya kulit bayi sensitif krn emang masih tipis banget dan blm sempurna lapisannya. Moga2 bermanfaat ya 🙂

  8. Grace Melia

    Wow lengkap kap kap kap! Keren mba April. Btw itu foto ruam popoknya bisa seserem itu ya. Alhamdulillah anak2ku kl ruam popok gak sampai segitunya. Kalau eksema pernah juga si ubii. Yg lain belum. Semoga jangan. Sukses ya mbaaa. Salam buat Maxy, Dema, dan ayah Ilham semoga sehat selalu.

    • April Hamsa

      Iya itu foto contoh yg ekstrimnya kali ya mbak. Maxy dan Dema jg bbrp kali ruam popok, biasanya aku kasi lactacyd ini sama lepas pospaknya utk sementara. Salam kembali buat Ubii dan adek Aiden 😀

  9. Ophi Ziadah

    Alhamdulillah Maxy n Dema dah pulih ya kulitnya…cucok pake lactacyd baby yaa.
    Seru amat mandinya berdua hahaha

    • April Hamsa

      Alhamdulillah, iya anak2 cocok pakai Lactacyd Baby Mbak Ophie 🙂
      Iyaaa ini sukanya mandi di teras samping sambil maen air :))

  10. Haryadi Yansyah | Omnduut.com

    Aku juga kadang bermasalah sama keringat yang bisa berubah jadi biang keringat. Ada produk untuk dewasanya gak ya ini? (selain larutan antiseptiknya)

    • April Hamsa

      Kalau Lactacyd Baby ini emang khusus buat baby hehe. Kalau org dewasa lbh cocok pakai antiseptik cair buat org dewasa mas 🙂

    • April Hamsa

      idem nih Mbak Arina, anak2ku jg kulitnya sensitif turunan dari sang ayah, yasudahlah, gmn lg, emang terbukti kalau anaknya hahaha

  11. Siti chotimah

    Mba klo biang kringat sama ruam popok cr pakenya di larutin di bak mandinya sama dibuat sabun ya mba . Untuk ruam popok di tuangkan di kapas lalu di gosokkan ya mba . Terima kasih sebelumnya mba aprik

  12. Mayang

    Mbak, kalo untuk biang keringat di kening, muka, sm kepalanya bisa tidak di totol2 pk kapas jg? Atau sekedar dipake buat mandi aja?

    • Hello Mbak Mayang, kalau saya untuk biang keringat biasanya dipakaiin buat mandi saja mbak. Kecuali kalau kepalanya sampai ada kerak putih-putihnya gtu ya. Supaya anak nyaman, bisa sering2 dikompres/ diusap dengan aslap atau handuk yg dibasahi air biasa ya mbak 🙂
      Kalau biang keringatnya meradang sebaiknya ke DSA saja, saran saya 🙂

  13. Dona Asyriah

    anak sya bru 7 blan ni mbk bru trkena penyakit kulit. kemaren pas dperiksa disaranin pke Lactacyd Baby,brusan udah beli nanti sore sudah mw sya pkaikan mbk. semoga saja sembuh

  14. Firda

    Bu mau nanya boleh yaa… Anak aku kulitnha kering.. Suka sampe gatel2…nah pas ke apotik direkomendasikan sabun lactacyd baby ini… Emang bisa yaa?

  15. mila

    Mb, kl pake lactacyd d air mandi, trus msh harus pake sabun mandi lg ga yaa? Sebelum debay dimandikan dg air kan biasanya disabunin dulu. Nah, kl air sdh dikasih lactacyd, msh perlu disabunin dulu atw langsung mandi sj? Bayiku alergi sdh mulai muncul bisul d kaki…

  16. Bunda manda

    Anak aq baru 1 bln lebih,dy kena ruam popok sampai pada ngelupas gtu kadang sampai bedarah,udah pakai salep ruam popok yg lain tp g kunjung sembuh
    Temen aq dari medan menyarankn utk pke lactacyd liquid baby ,pusing jg aq nyariny karena dsni jarang yg jual smp akhirny aq nyari lewat internet&mendapatkanny walau dg harga mahal
    Mudah2n cocok&cepet sembuh

    • Hello Mba Dewi, Lactacyd itu sabun ya, bukan salep ataupun obat. Saran saya kalau kulitnya bermasalah konsultasi dahulu ke dokter anak atau spesialis kulit 🙂
      Semoga lekas selesai masalah kulit anaknya 🙂

  17. siti nurlaeni

    Anak saya sekarang banyak biang keringat di leher apa lagi sekarang banyak benjolan d kepala kaya nanah gth seperti bisul. Mau beli? di apotik ada gak ya bun kaasih inponya dong belinnya di mana???

  18. zidna ilma

    amankah d gunakan dlm jangka panjang..
    soal ny anaku sering kena biang kringat dr usia 9 bln sd skrg 1 thn lebih sering pake lactasyd baby kalo lg kumat biangkringet ny..

  19. Mae

    Mb ini di dahi,dagu n sebelah mata anak q ada bruntusan gt n semakin banyak, apa perlu d totol kapas yg d basahi lactacyd ya? N kalau mandi sebaiknya pakai sabun atau cuma air yg dikasih lactacyd? Anak q usia 2 bulan. Mksh sebelumnya mb 😉

    • Ini berdasarkan pengalaman saya ya mbak, dimandikan saja pakai lactacyd, tdk perlu sabun lagi.
      Lalu kalau makin parah coba ke DSA mungkin anaknya ada alergi, meskipun ASIX tapi mungkin dari apa yg dimakan oleh ibunya.
      Dulu awal2 anak saya begitu, saat ASIX, jadi saya diminta menghindari beberapa makanan sama dokter. Tapi seiring waktu coba2 tes makan yg dllarang alhamdulilah skrng sampai skrng gak ada alergi dr makanan lagi.
      Moga lekas sehat anaknya yaaa

    • Kalau saya sih sangat jarang oles2 salep dan minyak utk anak2 mbak.
      Tapi kalau mau pakai salep yg buat diaper rush itu, konsul dokter dulu ya bagusnya salep yg bgmn, sekedar saran aja 🙂

  20. mama alvaro

    mba anakku umur 2 bln jg ruam dan bintik bintik merah dipipi sama dibagian dada, dan lengan, kmrn udh ke DSA katanya anakku alergi trus di kasih salep sama lotion, klo saya pake lactacyd ini cara pemakaiannya gimna y mba, sbg sabun atw dicampur diair mandinya, trus klo ditotol pake kapas ke ruamnya hrs dibersihin lg pake air bersih atw dibiarin aj mba? makasihh mba

  21. Nury Firdausia

    Makasih banget sharingnya Bunda…akhirnya sy sudah pakai lactacyd baby untuk snak sy (usia 1,5 bln) terkena biang keringat di bagian wajah dan kepala. Alhamdulillah setelah 1 minggu dibagian kepalanya sudah sembuh. Tp di bagian pipinya, kulit menjadi sangat kering. Kadang bersih tdk merah lg tp kadang tiba2 sangat merah tp tdk ada bintik2 kecilnya. Apa sy salah pemakaian lactacyd fi wajahnya ya Bunda? Sy pakaikan seperti sabun wajah saat mandi. Krn yg di kepala sy pakaikan seperti shampoo

  22. Oh baby ku kayaknya kena eczema deh makk.. Secara pungging nya seperti kering bersisik gitu.. Aku mandiin pakai lactacyd (memang sabun nya itu) dan aku pakaiin cetaphil daily lotion. Sembuh langsung kerak nya berangsur angsur hilang. Bingung juga kenapa bisa kena eczema yaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *