Kulit Cantik Tanpa Bekas Luka Berkat Laderma

Bekas luka di kulit, dimanapun letaknya, biasanya membuat pemiliknya merasa kurang nyaman. Suami saya, contohnya, tidak nyaman dengan bekas luka di kulit punggung kaki kanannya. Emang sih, bisa ketutupan saat suami memakai sepatu, Namun, saat suami melepas sepatunya, bekas luka itu mengganggu pandangan matanya lagi, deh.

Suami saya mendapatkan bekas luka tersebut pada saat melakukan operasi kecil pengangkatan mata ikan, awal tahun lalu. Saya sudah pernah menceritakan mengenai penyebab mata ikan tersebut pada blogpost saya sebelumnya di sini.

Bagaimana bekas luka bisa terbentuk?

Bekas luka seperti di kulit punggung kaki suami saya bisa terbentuk sedemikian rupa, sebab kulitnya mengalami kerusakan akibat sayatan pisau operasi dan juga jarum jahit yang dipakai untuk menjahit lukanya. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, kulit itu kan sangat halus, ya? Jadi, begitu terluka, lapisan kulit baik bagian epidermis (kulit terluar) maupun dermis (kulit bagian dalam) akan rusak.

Gambaran terbentuknya bekas luka, kira-kira sebagai berikut:

Pada saat kulit rusak akan terjadi fase Hemostasis dimana terjadi blood clotting (pembekuan darah). Pembekuan darah membuat semacam jala dan bisa merekatkan (trombosit) darah satu sama lain. Sehingga menjadi suatu sambungan yang terbentuk di pembuluh darah yang mampu memperlambat pendarahan.

1

Setelah Hemostasis, terjadi fase Inflammatory (peradangan). Pada fase ini sel-sel yang rusak dan mati, serta bakteri pada luka dibersihkan. Sel darah putih memakan sel-sel dan bakteri tersebut.

2

Kemudian, menyusul terjadi fase Proliferative dimana tumbuh jaringan baru yang bisa menutupi bagian yang rusak. Jaringan baru tersebut terbentuk dari sel epitel yang berkembang biak mengatupkan tepian lua, sehingga terjadi pengecilan ukuran luka. Ketika pekerjaan sel tersebut hampir selesai, sel-sel yang enggak dibutuhkan akan dibuang oleh tubuh.

3

Fase terakhir adalah Maturation (pemodelan ulang). Pada fase ini terjadi penyesuaian jaringan kulit baru dengan kulit lama. Luka pun sembuh dan kerusakannya terutup oleh jaringan kulit baru.

4

Luka memang telah tertutup, tapi bisanya jaringan kulit yang baru itu kualitas dan tampilannya berbeda dengan kulit yang lama. Meskipun jaringan kulit yang baru itu terbuat dari bahan kulit yang sama.

Mengapa bisa demikian? Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  • Kedalaman luka
  • Ukuran luka
  • Lokasi luka
  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Etnis
  • Faktor genetik masing-masing individu.

Pertanyannya sekarang, bisakah bekas luka tersebut memudar atau hilang? Para ahli perawatan kulit sih mengatakan bisa, asalkan perawatan bekas luka tersebut memenuhi tiga faktor berikut:

  • Hidrasi kulit
  • Perlindungan kulit
  • Pemudaran tampilan bekas luka.

Memudarkan bekas luka dengan Laderma

Salah satu obat yang efektif untuk memudarkan bekas luka adalah krim Laderma. Krim Laderma merupakan terobosan teknologi terbaru dari PT Interbat, salah satu dari lima produsen farmasi peringkat teratas di Indonesia.

interbat

PT Interbat produsen Laderma.

PT Interbat mempopulerkan produk Laderma ini melalui kampanye CANTIK TANPA BEKAS LUKA. Memang, tujuan dari formulasi Laderma adalah supaya membantu orang-orang mengatasi bekas lukanya, sehingga mendapatkan kulit yang lebih cantik tanpa bekas luka.

Krim Laderma memiliki kandungan: Aloe Vera, Vitamin C, Vitamin E, dan Jojoba Oil. Bahan-bahan tersebut, menurut para ahli perawatan kulit sudah tebukti klinis mampu membantu menyamarkan bekas luka baru maupun lama pada kulit (#lukabekas).

ladermahamsaLaderma mampu menyamarkan bekas luka.

Cara penggunaan krim Laderma juga cukup praktis, tinggal dioleskan 2-3 kali sehari di bekas luka. Namun, perlu diingat bahwa krim Laderma harus digunakan setelah luka tertutup. Sebab, krim Laderma ini memang fungsinya untuk menyamarkan #bekasluka, bukan menyembuhkan luka terbuka.

Cara kerja krim Laderma pudarkan bekas luka semudah 1,2,3:

  • Melembabkan kulit
  • Melindungi dari timbunya keloid
  • Menyamarkan warna bekas luka

Hal tersebut sesuai dengan konsensus para ahli perawatan kulit yang sudah saya kemukakan sebelumnya, bahwa perawatan bekas luka yang baik tergantung dari tiga faktor: hidrasi kulit, perlindungan kulit, dan pemudaran bekas luka.

Berikut adalah contoh-contoh bekas luka yang berhasil memudar berkat memakai krim Laderma:

beforeafterladerma

Review pemakaian Laderma untuk bekas luka

Suami saya pun tertarik untuk mencoba memudarkan bekas luka di kulit punggung kaki kanannya dengan menggunakan krim Laderma. Sudah sekitar tiga mingguan ini suami mengolesi bekas lukanya itu dengan krim Laderma. Biasanya pada saat sesudah mandi dan sebelum tidur.

Kemasan krim Laderma cukup kecil, sehingga praktis dibawa kemana-mana. Bahkan, bila perlu, cukup dimasukkan saja ke saku baju. Bentuk kemasannya tube dengan isi 8 ml.ladermasaku

Kemasan krim Laderma cukup kecil sehingga bisa masuk saku.

Tutupnya ulir berwarna silver metalik, membuat krim Laderma aman dan enggak mudah tumpah. Meski begitu, tutup ulirnya enggak alot atau susah dibuka, kok.

tutupladermaTutup Laderma berbentuk ulir.

Begitu tutup dibuka, bagian ujung tube-nya krim Laderma ini mengerucut. Jadi, kita bisa mengatur dengan mudah krim Laderma yang keluar dari tube. So, enggak mbleber kemana-mana ketika kita memencet tube-nya.

ujungladermaUjung tube Laderma yang mengerucut.

Pertama kali mengolesi bekas luka dengan krim Laderma, menurut suami kulitnya jadi terasa agak adem. Hal tersebut karena Laderma memang memberikan efek langsung melembabkan kulit yang diolesi oleh krim tersebut. Pada saat disentuh bekas luka tersebut memang terasa lembab.

Saat dioleskan ke kulit yang ada bekas lukanya, krim Laderma tidak berbau sebab bebas dari bahan pewangi. Krim Laderma juga tidak memiliki bau seperti obat yang menyengat.Krim Laderma juga meresap cepat ke kulit. Krimnya tidak tumpah saat saya mencoba menuang ke punggung tangan. Selain itu, krim Laderma juga tidak meninggalkan bekas lengket di kulit.

krimladermaKrim Laderma tidak meninggalkan bekas lengket.

Setelah pemakaian krim Laderma, kulit tidak mengalami iritasi kemerah-merahan, tanda bahwa krim tersebut cocok dipakai untuk semua jenis kulit. Hal tersebut tidak mengherankan karena krim #laderma terbuat dari bahan alami yakni Aruba Aloe Vera yang bisa memberikan efek anti inflamasi untuk mengurangi iritasi. Aruba Aloe Vera ini juga mampu membuang sel kulit mati, dan melindungi sel kulit baru.

Cara pemakaian krim Laderma.

Berikut adalah foto before after bekas luka di punggung kaki kanan suami setelah sekitar tiga minggu pemakaian:

ladermahasilBefore after pemakaian Laderma pada bekas luka suami.

Bekas luka pada suami sudah agak memudar walau belum sepenuhnya hilang. Mungkin, bekas lukanya akan lebih memudar, setelah beberapa kali pemakaian lagi. Namun, so far, hasilnya memuaskan, sih. Suami optimis bekas lukanya akan makin enggak terlihat.

Menuju kulit cantik tanpa bekas luka

Melihat bekas luka operasi suami yang mulai tampak memudar, saya pun tertarik menggunakannya sendiri. Saya pun ingin punya kulit yang #cantiktanpabekasluka. Dari kemasannya, saya mengetahui kalau krim Laderma ini juga ideal untuk menyembuhkan #bekaslukajerawat.

Baru beberapa hari ini, sih, saya menggunakan krim Laderma untuk menyamarkan #lukabekasjerawat di wajah saya. Semoga nanti kulit wajah saya bisa segera bersih dan cantik tanpa luka bekas jerawat yang mengganggu.

idelaladermaPetunjuk di kemasan kardus Laderma.

Bekas luka lain yang bisa disamarkan oleh krim Laderma, selain bekas luka operasi dan jerawat, adalah bekas luka bakar dan luka gores. Sekali lagi, tunggu hingga lukanya sembuh, kering, dan tertutup, ya, sebelum diolesi Laderma!

Oh ya, buat teman-teman yang memiliki anak aktif dan sering jatuh sehingga meninggalkan bekas luka, juga bisa menggunakan krim Laderma ini, lho. Sebab, krim Laderma ini dapat digunakan pada anak-anak juga.

Krim Laderma bisa dibeli di apotek, seperti Century atau Guardian. Selain di apotek, kita jug bisa mendapatkannya di online marketplace seperti Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia. Harganya kurang lebih Rp. 95.000,- (sebab ada yang menjual dengan selisih beberapa ribu).

laderma

Info lebih lengkap mengenai krim Laderma yang mampu menyamarkan bekas luka, bisa teman-teman baca di:

Semoga review dan informasi mengenai krim Laderma ini bermanfaat, ya, buat teman-teman yang mau menghilangkan bekas luka di kulitnya juga 🙂

April Hamsa

Sumber referensi:

  • Tulisan: Laderma Indonesia, Wikipedia tentang Wound Healing
  • Foto: Laderma Indonesia, dokumen pribadi, dan untuk step-step dari wound healing diambil dari www.pinterest.com/ explore/ wound-healing/

#lukabekas #bekasluka #lukabekasjerawat #bekaslukajerawat #laderma #cantiktanpabekasluka

40 Comments

  1. Aku punya bekas luka kena kaca yang nggak hilang-hilang padahal udah pakai salep racikan dokter kulit segala. Coba Laderma kali ya. Siapa tahu jadi mulus lagi aseekkk.

  2. Kak, mau bertanya, untuk bekas lukanya yang dapat hilang itu bekas luka yang lama atau masih baru? Kalo lama, bekas luka yg udah ada sejak berapa bulan lamanya yg bisa hilang?

    • Beas luka ama dan baru bisa mas, kata petunjuk di kemasannya. Suamiku jg bekas lukanya agak lamaan. Soal brp lama hilangnya tergantung lukanya masing2 ya 🙂

  3. Waahhh, ternyata bisa Melindungi timbunya keloid juga, ya? ini nih yang mengganggu banget kalau abis luka. Keloid itu semacam daging lebih gitu kan, Mbak?

  4. Produk ladea ini sangat dianjurkan memang ya buat para ibu ibu yang habis melahirkan, apalagi bagi mereka yang melahirkan secara sesar. Akan sangat penting bagi mereka utk menghilangkan bekas luka sobekan di perut, demi keindahan kulit..

  5. Mantap juga nih laderma nih mba.. bisa menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat.. itu bahannya herbal dan aman ya mba.. atau perlu dicoba dl gak sebelum pemakaian rutin.. takutnya saya ada alergi

  6. Gak hanya perempuan yang gak PD kalo ada bekas luka yaa, mba April…laki-laki pun.

    Coba aku rekomendasiin sama adik (laki-laki) aku niih…doi mulai banyak bekas jerawatnya.

  7. kalau luka yang membekas di hati bisa disembuhin pake Laderma juga nggak ya mbak, ehehheee…

    aku ada bekas cacar air mbak, itu bisa disamarin nggak ya pake Laderma. soalnya adanya di wajah, orang mikir itu bekas jerawat, padahal bekas cacar 🙁

  8. bisa dicoba nih mba lumayan berguna untuk menghilangkan bekas di kulit. Luka bakar ataupun bekas terjatuh, biar kulit mulus seperti bawaan sebelum terluka. Jadi penasaran mau coba ah nanti laderma ini

  9. Ini boleh dipertimbangkan sih, sebagai langkah awal kalau ada bekas luka yang sulit hilang. Sebelum pergi ke dokter kulit.

    Biasanya, kalau salep-salep dari dokter kulit harganya uedaaaann. Saya pernah kena luka bakar di pipi kena cairan kimia, kecil padahal. Tapi salepnya dari dokter kulit sampai 2juta-an.

    sebel.

  10. Sepertinya kami harus beli Laderma nih mbak April, untuk jaga-jaga saja. Kita memang nggak mau ya kena penyakit apapun itu, tapi buat jaga-jaga kan nggak ada salahnya. Siapa tahu tiba-tiba ada yang kena luka bakar jadi nggak bingung kan, paling tidak untuk pertolongan pertama 🙂

  11. Untuk luka bekas jerawat pun bisa juga ya ternyata. Dan bisa digunakan untuk anak2 juga. Mantap lah, kalau yang punya masalah bekas luka di area terbuka macam wajah kadang kan mengganggu juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *