Lengan Cenat-cenut

Lengan kiriku masih cenat-cenut, karena abis suntik TT. Suntik TT atau kepanjangan dari Tetanus Toksoid adalah salah satu syarat yang diperlukan untuk mengurus surat-surat yang ada kaitannya dengan pernikahan.

Oh ya, sempet ragu juga, apa perlu TT apa nggak, karena ada isu kalau TT itu seperti KB terselubung. Jadi, pasutri yang suntik TT sebelum menikah katanya agak sedikit susah punya baby. Bisa tertunda beberapa bulan bahkan hitungan tahun, katanya.

Tapi ahli kesehatan pasti akan menyangkal bahkan berani menjamin kalau TT bukan KB terselubung. Karena jika TT adalah KB terselubung maka itu namanya melanggar kode etik, bahkan bisa dipidanakan jika terbukti.

Yoweslah, pasrah sama Allah saja. Urusan diberi momongan kan kehendak Allah. Lagipula, TT kan anjuran dari pemerintah. Katanya sih TT ini untuk mencegah terjadinya infeksi saat dua orang yang sama-sama lugu melakukan ritual belah duren untuk pertama kalinya, supaya si perempuan nggak terkena tetanus akibat pencoblosan amatiran itu .

Oh ya, kebetulan aku sedang haid saat ini, terus minggu depan udah puasa. Jadi, aku putuskan untuk suntik TT sekarang saja, setelah sebelumnya mengantongin informasi bahwa suntik TT saat sedang haid diperbolehkan. Untuk menghindari suntik saat puasa, berhati-hati aja sih supaya puasaku nggak batal.

Nggak perlu jauh-jauh ke RS, tetanggaku yang petugas KUA menyarankan supaya di Puskesmas saja. Akhirnya pergilah aku pagi-pagi ke Puskesmas. Di sana ditangani bidan, fyuuuhh untung cewek.

Mikir, lengan apa bottom ya? Konon katanya kalau lengan cenat-cenutnya lebih kerasa, emang sih. Tapi udah mendingan setelah kukompres air hangat.

Di Puskesmas cukup bayar Rp. 5.000,- saja dan nggak ribet kok. Paling cuma ditanya, “TT untuk menikah ya?” atau “Sudah pernah TT dulu waktu kecil?”

Waktu disuntik sempet takut juga sih, soalnya lama banget nggak pernah disuntik. Sebelum menyuntik TT di lengan kiri Bu Bidan bilang, “Nggak pa pa sakit dikit, ntar kalau sudah nikah pasti enak.”

Hyaaaahh, kamsud loooo? Hehehe…

Alhamdulillah, selesai suntiknya. Udah dikasih surat keterangan suntik TT dan langsung kukopi, sekarang tinggal melengkapi surat-surat yang lain .

8 Comments

  1. Prita Kusumaningsih

    suntik TT itu KB terselubung?? Ha..ha… Isu itu sudah jadoel, sudah puluhan tahun masih juga ada penganutnya. Padahal tidak ada buktinya, kan?. Tapi, ini yg perlu diluruskan, TT itu untuk mencegah tetanus pada ibu dan bayi pd saat persalinan nanti. Mulai sekarang, dicatat jumlah vaksinasi TT yg sdh didapatkan, karena setelah tercapai jumlah 5x maka sudah terjadi kekebalan permanen. Tak perlu suntik2 lagi saat hamil berikutnya

  2. Ilham Sari Perdana

    wah, terima kasih atas penjelasannya
    pengen bikin tulisan lagi tentang TT
    cari-cari info dulu ah 😀

    yup betul Dok, tadi juga nanya-nanya ke bidannya hehe
    tengkyuuu 🙂

  3. AtieQ Savitri

    tmn2 di Jkt katanya ga pake syarat ini… klo krian sama kyk sby, kudu ada surat bukti TT dulu…
    alhamdulillah walopun di-TT, aku langsung dinyatakan hamil pasca 3minggu nikah… brarti kb terselubung-nya blm terbukti padaku :p

  4. Dita

    hai…
    kebetulan banget nih..
    rencana merit bulan agustus, mau suntik TT namun lagi “dapet”, minggu depan udah puasa..
    jadi g apa ya suntik TT waktu haid?

    • Hamsa

      Maaf baru membalas
      saya kurang tau boleh suntik TT saat haid or tidak
      mungkin bisa ditanyakan ke nakesnya mbak
      moga lancar rencana pernikahannya ya aamiin 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *