Lenovo A6600 Plus, Solusi untuk Kebutuhan Smartphone Berjaringan 4G LTE dengan Harga Terjangkau

Sebagai orang yang pekerjaannya berhubungan dengan internet, smartphone berjaringan 4G LTE merupakan salah satu barang yang wajib saya miliki. Sekedar informasi, mungkin bagi yang belum mengetahui, 4G adalah singkatan dari fourth-generation technology. Sedangkan, LTE kependekan dari long term evolution.

Kenapa smartphone berjaringan 4G LTE penting?

4G merupakan suatu jaringan mobile broadband generasi keempat, pengembangan dari generasi sebelumnya, 2G dan 3G. Sebagai suatu teknologi jaringan yang lebih canggih dibandingkan para pendahulunya, 4G menawarkan akses data yang jauh lebih cepat.

smartphone-695164_960_720Smartphone berjaringan 4G LTE adalah kebutuhan masa kini. Sumber: Pixabay.com.

Salah satu standar komunikasi yang cocok untuk 4G adalah LTE. Maka, ketika keduanya disatukan, pengguna internet akan mendapatkan akses internet dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan, mengingat semua pengguna internet pasti butuh jaringan internet yang gesit.

Enggak hanya buat pekerjaan aja. Tapi, juga buat aktivitas keseharian. Siapa sih yang jaman sekarang ini enggak butuh internet cepet? Seperti untuk belanja online, menonton video streaming atau main game. Bahkan, mau naik ojek saja, kita juga butuh internet yang wus wus. Iya, kan?

Bayangkan, kalau smartphone kita enggak bisa terkoneksi dengan jaringan internet, bakalan susah deh kemana-mana. Nah, kalau smartphone-nya sudah support jaringan 4G LTE kualitas internet yang kita dapatkan bisa jauh lebih bagus lagi.

Smartphone berjaringan 4G LTE identik dengan mahal?

Namun, sayangnya smartphone yang support jaringan 4G LTE di Indonesia harganya masih lumayan. Kalau saya enggak keliru, masih banyak yang dibandrol di atas Rp. 3-4 jutaan untuk yang kualitasnya oke.

Kualitas oke” itu menurut saya adalah smartphone yang desainnya bagus, tampilan layarnya jernih, responsif saat disentuh, dan tentu saja yang kameranya mendukung untuk mengambil foto maupun video.

Alasan terakhir yang saya sebut itu, tentang kamera berkualitas baik, merupakan harga mati buat saya. Apalagi, saya suka sekali memotret dan mengambil klip video dengan smartphone. Sayangnya, smartphone jadul saya sudah ngebet ingin pensiun dini. Jadi, saya harus punya smartphone berjaringan 4G LTE yang baru, secepatnya.

Cuma, apa daya, dana buat beli smartphone berjaringan 4G LTE yang baru belum ada. Ngarepin menang lomba blog berhadiah smartphone 4G LTE, belum nembus-nembus juga. Hehehe.

Berkenalan dengan smartphone 4G LTE merk Lenovo A6600 Plus yang harganya terjangkau

Namun, tak lama, kegalauan saya akhirnya mendapat jawaban. Kemarin, saat saya curhat ke seorang teman tentang kebutuhan akan smartphone baru, teman saya memberikan informasi berupa daftar beberapa smartphone berjaringan 4G LTE dengan harga enggak nyampai Rp. 2 juta.

Beneran, ini semua smartphone 4G LTE? Masih 3G kaliiii?” tanya saya, tidak percaya.

Iiih, beneraaann. Coba deh, Kamu cek-cek sendiri, bandingin spek-nya. Gugling aja! Aku juga pakai kok smartphone seharga segini. Bagus-bagus aja, kok,” kata teman, mencoba meyakinkan saya.

lenovo-a6600-plus

Lenovo A6600 Plus. Sumber: Mataharimall.com.

Akhirnya, saya mengikuti saran teman saya itu. Saya membandingkan beberapa smartphone berjaringan 4G LTE di daftar yang ditulisnya untuk saya. Setelah mengecek satu-satu, baik spesifikasi maupun harganya, saya paling tertarik dengan smartphone merk Lenovo A6600 Plus.

Eh, terbalik, sih. Saya melihat dulu harga, baru spesifikasinya 😀 . Maklum, seperti yang saya kemukakan sebelumnya, dana saya sangat terbatas buat beli smartphone baru. Cuma karena ini merupakan kebutuhan urgent, dimana sangat berkaitan dengan pekerjaan saya yang berhubungan erat dengan internet, maka mau tak mau harus segera beli smartphone baru.

Lenovo A6600 Plus, dari berbagai review yang saya baca setelah gugling, ternyata merupakan penyempurnaan dari seniornya, Si Lenovo A6600. Makanya ada kata “Plus” di belakang Lenovo A6600.

Perbedaan Lenovo A6600 dengan Lenovo A6600 Plus katanya sih terletak pada RAM-nya. RAM Lenovo 6600 Plus lebih gedhe, yakni sebesar 2GB. Untuk ukuran smartphone berharga di bawa Rp. 2 jutaan, sudah bagus lha, menurut saya.

Selisih harga keduanya pun enggak jauh beda, jadi saya jelas akan memilih harga smartphone yang RAM-nya lebih besar. Apalagi saya termasuk orang yang banyak memakai fitur-fitur aplikasi di smartphone, buat browsing, edit foto, chatting dengan aplikasi chat sama teman-teman, dan lain sebagainya. Jadi, sudah pasti butuh smartphone dengan RAM lebih dari 1 GB.

Kelebihan smartphone Lenovo A6600 Plus

Mungkin teman-teman ada yang sedang butuh smartphone berjaringan 4G LTE, namun minim budget juga seperti saya? Nih, saya beri rangkuman informasi mengenai kelebihan smartphone Lenovo A6600 Plus, ya? Mungkin ada yang berminat beli smartphone baru juga.

Dari beberapa informasi yang saya baca, kelebihan Lenovo A6600 Plus terletak pada:

Harga

Seperti yang saya singgung-singgung sebelumnya, harga smartphone Lenovo A6600 Plus ini jauh di bawah Rp. 2 juta. Kurang lebih sekitar Rp. 1,5 jutaan saja. Dengan harga lumayan terjangkau seperti itu kita sudah bisa menikmati 4G LTE dari semua operator seluler.

Desain

Soal desain, Lenovo A6600 Plus ini enggak kalah kok dari smartphone seharga 3 jutaan ke atas. Desainnya simple namun stylish. Beratnya cuma 142 gram, tebalnya 8,8 mm, dan ukuran layarnya 5 inch, sehingga nyaman saat kita genggam.

Kamera

Lenovo A6600 Plus punya dua kamera. Kamera depan beresolusi 2 MP dan kamera belakangnya 8 MP. Untuk mengambil gambar, baik foto maupun klip video sudah pasti mumpuni, lha, ya? Menariknya, kamera depannya dilengkapi dengan sensor untuk memudahkan penggunanya yang suka selfie. Jadi, saat selfie, kita bisa mengatur agar nanti saat kita tersenyum, say “cheese”, berkedip, atau melambaikan tangan, kameranya bisa bekerja sendiri.

lenovo-a6600-kamera-depan-belakangKamera depan dan belakang Lenovo A6600 Plus. Sumber: Mataharimall.com.

Sistem Operasi

Lenovo A6600 Plus berjalan dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Sistem operasi tersebut memungkinkan pengguna Lenovo A6600 Plus untuk meng-install dan update aplikasi yang dibutuhkan.

Jaringan 4G

Selain kamera, ini yang menjadi pertimbangan nomor satu membeli Lenovo A6600 Plus. Lenovo A6600 Plus ini mempunyai akses jaringan 3G HSPA serta 4G LTE Cat 4 yang memungkinkan penggunanya bisa mengunduh file hingga kecepatan 150 Mbps dan juga meng-upload dengan kecepatan 50 Mbps. Kelebihan lain, Lenovo A6600 Plus juga memiliki jaringan Wi-Fi yang bisa kita koneksikan dengan gadget lain untuk mengakses internet.

Performa

Dukungan RAM yang sudah 2GB membuat Lenovo A6600 Plus bisa bekerja multitasking. Untuk dipakai chatting sambil nonton video atau bermain game, masih bisa bekerja dengan baik, tanpa lag.

Baterai

Baterai Lenovo A6600 Plus untuk standar ponsel di bawah Rp. 2 jutaan sudah cukup oke. Lenovo A6600 Plus menggunakan baterai berkapasitas 2300mAh. Kalau posisi stand by selama seharian, saya baca review-nya sih baterai Lenovo A6600 cuma berkurang 15% saja.

Sedangkan, untuk pemakaian smartphone yang sangat aktif Lenovo A6600 Plus bisa bertahan sekitar 6 jam-an. Tapi, jangan khawatir, Lenovo A6600 Plus punya fitur manajemen penghemat daya yang bisa kita manfaatkan saat persediaan daya baterai menipis.

Begitu deh kira-kira rangkuman saya dari beberapa review Lenovo A6600 Plus yang saya baca. Semoga bisa jadi alternatif solusi buat teman-teman yang sedang membutuhkan smartphone berjaringan 4G LTE dengan harga miring juga, ya?

April Hamsa

21 Comments

  1. aku pakai Lenovo yang A7000. kayaknya masih di atas seri yang ini yak. Sinyalnya oke sih di aku lenovo ini. kemarin sempat makai hape adik merk Son* eh sinyalnya jongkok. heu

  2. aku masih setia pake ASUS.
    masih di atas 2 jt sih, tapi nggak nyekek banget harganya.
    dan sampai 1 tahun lebih pemakaian aku masih bisa bilang kualitasnya bagus.

  3. Jadi pengen! Aku lagi nyari hp yang “murah” buat berbagi kegiatan sama si hp pink sekarang. Kasian mulai mabok, dipake media sosial, wa, nulis, moto video, ngedit, main game. Ahahaha kalo bisa ngomong pasti teriak “capek” hp nya.
    Mau ngajuin proposal lenovo ah ke pak suami. Semoga dibolehin. Terima kasih infonya, Mbak.

  4. reviewnya jelas dan lengkap ya, saya juga baru tau kalau ada hape 4G ada yang spec nya bagus dengan harga yang sangat terjangkau.
    Apalagi sekarang kartu perdana sudah banyak yang jaringan 4G karena lebih murah ketimbang yang 3G. Smartphone juga sudah jadi kebutuhan primer manusia sekarang. Lenovo A6600 Plus bisa jadi rekomendasi hape untuk kebutuhan sehari-hari.
    Terima kasih infonya 🙂

  5. Lenovo ini selain memiliki jaringan 4g LGTE, Hape Lenovo juga mempunyai kelebihan yang dapat digunakan, contoh nya seperti kecerahan kamera, mempunyai ram yang besar sehingga hape tersebut dapat digunakan untuk memain game, mengapa saya mengetahui kelebihan kelebihan Hape Lenovo tersebut? Karena saya ini adalah pengguna hape Lenovo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *