Baby Kids Activity Motherhood Parenting Parenting Tips Product Review Tips & Opinion

Mainan Bayi 3 Bulan yang Bagus untuk Merangsang Kecerdasan Otak dan Motorik

Bermain sebenarnya merupakan suatu hiburan yang telah dilakukan oleh anak-anak saja sejak usia mereka masih bayi. Maka, bisa dikatakan bahwa sebenarnya manusia sudah bisa bermain sejak mereka masih bayi. Hanya saja jenis permainan yang dilakukan oleh bayi tentunya berbeda dengan permainan yang sudah bisa dimainkan oleh anak-anak.

Bermain bagi bayi merupakan suatu cara untuk merangsang kemampuan otak, juga motorik buah hati. Sehingga, bayi pun bisa berkembang menjadi lebih cerdas. Itulah sebabnya, mengapa tak jarang para orang tua sering kali tak sadar telah membelikan banyak mainan khusus untuk si kecil. Padahal, si kecil sebenarnya belum terlalu mengerti cara memainkannya.

Bayi usia 3 bulan sudah mulai bisa menggerakkan anggota tubuhnya sendiri.

Biasanya, mainan yang disediakan oleh orang tua jadi semakin banyak ketika bayi sudah memasuki usia 3 bulan. Terlebih lagi, mainan untuk bayi 3 bulan banyak dijual di pasaran dalam berbagai jenis. Sehingga, orang tua pun makin senang membelikan bayinya mainan.

Saat bayi berusia 3 bulan, bayi sudah mulai bisa menggerakkan semua anggota tubuhnya sendiri. Sehingga, bayi pun menjadi lebih mudah untuk diajak bermain. Kadang orang tua mengajak bayi 3 bulan bermain pada saat siang hari, sembari mengantarkan si kecil menuju waktu istirahatnya atau tidur.

Apabila bayi usia 3 bulan diperkenalkan dengan jenis permainan yang tepat, maka selain bisa merangsang kecerdasan otak mereka, sebenarnya si kecil juga bisa belajar berkomunikasi dengan orang lain. Baik itu dengan orang tua, maupun anggota keluarga yang lainnya.

Ada beberapa jenis mainan bayi usia 3 bulan yang bisa dipakai untuk merangsang kecerdasan mereka. Berikut ini adalah beberapa pilihan mainan yang tepat untuk si kecil, yaitu:

Mainan dalam bentuk gantungan

Teman-teman tentunya tak asing lagi dengan jenis mainan yang satu ini, bukan? Pasalnya, mainan dalam bentuk gantungan ini cukup mudah menemukannya di pasaran.

Biasanya tersedia dalam berbagai pilihan warna yang mencolok dan dilengkapi bunyi-bunyian tertentu yang bisa merangsang pendengaran bayi. Cara memainkannya sendiri juga sangat mudah yaitu cukup dengan menggantungkan di atas tempat tidur si kecil.

Sebelum mereka tidur, orang tua bisa memainkannya untuk si kecil. Hal ini sudah menjadi hiburan berkualitas untuk bayi. Selain itu, mainan dalam bentuk gantungan ini dapat membantu mereka merangsang daya ingat. Khususnya, dalam hal mengenal dan mengingat berbagai warna dan bentuk.

Cermin kecil

Meskipun masih sangat kecil, bayi sangat senang bercermin. Mainan yang satu ini bisa digunakan untuk memperkenalkan buah hati dengan bayangannya sendiri. Tak jarang, ketika bayi melihat dan juga menyentuh cermin untuk pertama kalinya, bayi kaget melihat bayangan yang sama. Namun, lama-kelamaan, biasanya mereka justru merasa excited.

Mainan ikat di tangan dan juga kepala

Mainan yang satu ini sedang booming saat ini. Cara memainkannya, mainan ini dipasangkan seperti sarung tangan ataupun kaos kaki. Bedanya, mainan ini memiliki berbagai pilihan motif atau bentuk, seperti diantaranya adalah hewan dan juga bunga.

Jenis mainan yang satu ini akan merangsang bayi untuk bergerak. Sebab, secara otomatis ketika di pakaikan maka kaki akan menendang-nendang dan bayi mencoba untuk melepaskan mainan tersebut dari tubuhnya.

Boneka

Jenis mainan yang satu ini pastinya sudah sangat sering dijumpai. Jenis atau pilihannya pun sangat banyak.

Boneka bisa dimainkan oleh bayi perempuan maupun laki-laki.

Boneka, tak hanya khusus untuk digunakan oleh bayi perempuan saja, bayi laki-laki juga bisa memainkannya. Sebaiknya, pilih boneka yang terbuat dari bahan empuk dan memiliki kemampuan mengeluarkan suara. Tujuannya agar bayi belajar jenis bunyi-bunyian.

Mainan alat transportasi

Biasanya mainan alat transportasi berbentuk mobil-mobilan, pesawat-pesawatan, atau kereta-keretaan. Ada jenis mainan alat tranportasi yang bisa ditarik dengan tali. Jenis mainan yang satu ini bisa merangsang si kecil untuk belajar merangkak, karena mainan tersebut dapat digerakkan untuk merangsang mereka menjangkaunya.

Mainan mobil-mobilan bisa merangsang anak untuk bergerak.

Itulah beberapa jenis mainan yang tepat untuk bayi usia 3 bulan. Ada yang mau menambahkan lagi?

BTW, jangan lupa bahwa membeli mainan bayi 3 bulan ini tidak boleh sembarangan. Teman-teman sebaiknya mempertimbangkan pilihan mainan bayi usia 3 bulan dari bahan dan juga cat untuk warnanya.

Mengingat di luaran sana, cukup banyak produk yang kurang aman bagi si kecil. Sebagian diantaranya terbuat dari bahan kimia dan pewarna yang berbahaya, yang berpotensi untuk masuk kedalam tubuh dan menjadi racun.

Maka, teman-teman, sebaiknya benar-benar bijak ya memilihkan mainan untuk buah hatinya. Semoga artikel ini bermanfaat ya 🙂 .

April Hamsa

20 Comments

  1. Tia 31 Oktober, 2017
    • April Hamsa 31 Oktober, 2017
  2. Dhanang Sukmana Adi 31 Oktober, 2017
  3. Nanik 31 Oktober, 2017
  4. Diah Kusumastuti 1 November, 2017
  5. Indah Nuria Savitri 3 November, 2017
  6. Witri Prasetyo 3 November, 2017
  7. Liza 3 November, 2017
  8. evylia hardy 3 November, 2017
  9. Nhie 3 November, 2017
  10. leni 3 November, 2017
  11. Laura 3 November, 2017
  12. Anindita Ayu 3 November, 2017
  13. andyhardiyanti 3 November, 2017
  14. Yulia Marza 3 November, 2017
  15. Dewi Na Irawan 4 November, 2017
  16. Annisa 4 November, 2017
  17. Hastira 4 November, 2017
  18. Noe 8 November, 2017
  19. Manzila 13 November, 2017

Leave a Reply

Instagram