Blogger Reporter Events Marketplace

Duniahalal.com, Marketplace yang Menjual Berbagai Produk Halal

Duniahalal.com, sebenarnya dibuat dari hal sederhana. Selama ini halal dianggap sepele. Padahal, halal seharusnya jadi pondasi.”

Begitu singkatnya bunyi kalimat yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT Galaksi Dunia Halal Ndang Sutisna dalam presentasinya mengenai duniahalal.com, saat acara launching duniahalal.com pada tanggal 5 September 2017 kemarin.

Teman-teman pasti ada yang bertanya-tanya kan, duniahalal.com itu apa sih? Semacam portal berita online kah atau situs yang menginformasikan berbagai macam gaya hidup (lifestyle) yang halal-halal? Hehe, bukan, teman-teman. Duniahalal.com itu merupakan sebuah marketplace yang menyediakan lapak jual beli untuk memnuhi kebutuhan masyarakat.

Saya saat menghadiri launcing duniahalal.com.

Ooo, gitu? Lalu, apa bedanya duniahalal.com ini dengan marketplace yang sudah hadir sebelumnya di Indonesia? Sebenarnya teman-teman bisa langsung menebak sih ya, sesuai namanya, duniahalal.com berkomitmen hanya menyediakan produk-produk halal serta layanan transaksi yang halal pula.

Presentasi dan launching duniahalal.com yang mengambil tempat di Kedai Kopi 89 Jakarta Selatan tersebut dihadiri oleh media dan blogger. Saya datang ke acara tersebut bersama beberapa teman blogger dari komunitas BloggerCrony untuk menyimak presentasi tentang marketplace berbasis halal pertama di Indonesia tersebut.

Berawal dari halal supaya berkah

Hadir mewakili PT Galaksi Dunia Halal, perusahaan yang mendirikan duniahalal.com, selain Presiden Direktur Ndang Sutisna, ada pula Managing Director duniahalal.com Agus Sr. Hadir pula dalam acara tersebut, founder Majelis Taklim Wirausaha (MTW) Ustad Valentino Dinsi dan Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia sekaligus pakar ekonomi syariah KH Ahmad Satori Ismail untuk memberi dukungan terhadap launching duniahalal.com.

Dari kiri ke kanan, Bpk. Agus Sr, KH Ahmad Satori Ismail, Bpk. Ndang Sutisna, dan Ustad Valentino Dinsi.

KH Ahmad Satori Ismail yang datang ke acara launching duniahalal.com mengatakan bahwa dirinya menyambut baik kehadiran marketplace yang concern terhadap kondisi halal ini. Menurut KH Ahmad Satori Ismail, sebaiknya seorang muslim itu seharusnya senantiasa mengutamakan yang halal.

Dalam kesempatan tersebut KH Ahmad Satori Ismail memberikan tausiyah kepada para hadirin bahwa sebaiknya hidup di dunia ini yang dicari adalah keberkahan, bukan banyak-banyakan harta. KH Ahmad Satori Ismail juga mengatakan bahwa halal akan menjadikan hidup seseorang menjadi berkah dan tenang. Duniahalal.com ini menurut KH Ahmad Satori Ismail bisa menjadi salah satu upaya umat Muslim supaya bisa bertransaksi jual beli dengan halal.

Selama akadnya benar, sesuai syariah, insyaAllah halal. Bagaimana yang sesuai syariah itu? Pertama barang yang dijual harus halal. Kemudian, cara jual belinya juga halal. Kalau pun ada mencicil atau utang tidak boleh ada bunga, sebab itu adalah riba,” tegas KH Ahmad Satori Ismail.

Peresmian situs dan aplikasi duniahalal.com.

Managing Director duniahalal.com Agus Sr mengatakan bahwa untuk menghindari riba, layanan transaksi jual beli yang disediakan oleh duniahalal.com tidak ada yang menggunakan credit card. Sedangkan produk-produk yang dijual melalui duniahalal.com semuanya melewati kurasi atau product screening.

Managing Director duniahalal.com Agus Sr juga menjelaskan bahwaada dua macam kategori produk yang dijual di duniahalal.com. Pertama adalah produk dari brand, satunya lagi dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Apabila sudah menjadi brand, duniahalal.com mewajibkan tersertifikasi halal, khususnya untuk produk makanan dan minuman.

Sedangkan untuk produk-produk UKM, duniahalal.com memfasilitasi UKM yang sedang berusaha untuk memperoleh sertifikasi halal tersebut. Sebab, sebagai pelaku bisnis, duniahalal.com pun mengetahui bahwa tidak mudah bagi UKM mendapatkan sertifikat tersebut. Ada proses panjang yang harus dijalani. Sehingga, duniahalal.com memberi kemudahan menerima produk mereka, tapi tetap mengawasi porgress mereka mendapat sertifikasi halal tersebut.

Duniahalal.com membidik pangsa pasar muslim

Duniahalal.com ini dibuat setelah kami research selama enam bulan lamanya,” kata Managing Director duniahalal.com Agus Sr. Agung Sr juga mengatakan bahwa tujuan dari didirikannya duniahalal.com adalah untuk mengangkat ekonomi Islam.

Berdasarkan penuturan Managing Director duniahalal.com Agus Sr, saya jadi tahu kalau duniahalal.com didirikan dengan pertimbangan matang, sebelum akhirnya memutuskan masuk ke pangsa pasar muslim. Tentu saja, pertimbangan duniahalal.com masuk ke dunia marketplace tidak bisa lepas dari fakta bahwa lebih dari 80 % penduduk Indonesia adalah Muslim.

Tampilan situs duniahalal.com.

Dengan pemeluk agama Islam lebih dari 80% jumlah penduduk, Indonesia menjadi negara yang memiliki pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Keberadaan penganut agama Islam ini adalah sebuah potensi ekonomi yang sangat besar,” jelas Managing Director duniahalal.com Agus Sr.

Mendukung pernyataan Managing Director duniahalal.com Agus Sr, Presiden Direktur PT Galaksi Dunia Halal Ndang Sutisna mengatakan bahwa bisnis marketplace seperti duniahalal.com akan bisa terus tumbuh. Apalagi, aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup, sekarang sudah banyak yang dilakukan secara digital.

Target transaksi duniahalal.com diperkirakan bisa mencapai 1 Triliun per tahun,” kata Presiden Direktur PT Galaksi Dunia Halal Ndang Sutisna optimis.

Founder MTW Ustad Valentino Dinsi mengamini keyakinan residen Direktur PT Galaksi Dunia Halal Ndang Sutisna dengan mengatakan bahwa marketplace/ ecommerce memang merupakan salah satu usaha yang patut diperhitungkan. Ustad Valentino Dinsi memberi contoh kalau keponakannya sendiri memutuskan resign dari salah satu bank, untuk menjadi pedagang di marketplace.

Meski demikian, Ustad Valentino Dinsi juga mewanti-wanti duniahalal.com utnuk terus meng-create produk-produk yang menarik bagi umat muslim. Tujuannya, supaya umat muslim bisa terus (bersedia) menggunakan jasa dari marketplace yang concern terhadap kondisi halal seperti duniahalal.com ini.

Produk-produk halal yang dijual di duniahalal.com

Gimana, teman-teman, sudah jelas bukan mengenai apa itu duniahalal.com? Udah saya jembreng semua di atas, haha 😛 . Sebagai seorang pemeluk agama Islam, saya sih bersyukur ya atas kehadiran marketplace seperti duniahalal.com ini. Jadi, kalau mau belanja, terutama produk makanan (groceries), enggak was-was lagi tentang halal atau enggaknya.

Selain groceries, di duniahalal.com kita juga bisa berbelanja produk fashion, herbal, elektronik, kebutuhan ibu dan anak, rumah tangga, lukisan, kaligrafi hingga otomotif. Ada pula layanan untuk pembelian pulsa, listrik, PDAM, BPJS, dan transaksi Payment Point Online Bank (PPOB) lainnya.

Duniahalal.com bisa diakses melalui smartphone.

Menariknya, kita juga bisa “membeli” paket Wisata Halal, Umroh, hingga Haji Plus melalui duniahalal.com. Caranya sama dengan kalau kita melakukan transaksi memesan produk-produk lainnya di duniahalal.com.

Ada pula, dua fitur yang disediakan oleh duniahalal.com yang tidak dimiliki oleh marketplace yang lain. Kedua fitur tersebut adalah “Halo Ustad” dan “Masjid Clean”.

Apakah yang dimaksud dengan Halo Ustad? Menurut Managing Director duniahalal.com Agus Sr, fitur ini adalah fitur yang membuat masyarakat bisa dengan mudah “memanggil” Ustad A atau B untuk ceramah di majelis taklim mereka.

Misalnya, mau mengundang Aa Gym. Selama ini kan ada yang kesulitan tidak tahu bagaimana caranya mengundang beliau. Nah, melalui fitur ini nanti masyarakat bisa mengundang langsung. Dia bisa cek jadwal ustad itu sendiri, juga bisa tahu agenda masjid dari seluruh Indonesia. Harapannya nanti semua masjid bisa terhubung. Diharapkan dengan cara ini ada exchange informasi agenda-agneda dari seluruh masjid tersebut,” jelas Managing Director duniahalal.com Agus Sr.

Sedangkan, fitur Masjid Clean dibuat dengan tujuan supaya duniahalal.com bisa tahu masjid mana yang butuh dibersihkan atau memerlukan perlengkapan ibadah yang lebih baik. Tentu saja untuk masjid-masjid ini ada penawaran harga khusus, misalnya untuk pembelian karpet dan/ atau perlengkapan ibadah lainnya.

Menarik juga ya konsep marketplace yang satu ini? Menurut teman-teman, bagaimana? Adakah, teman-teman yang tertarik untuk membeli atau bahkan mungkin menjual produk melalui duniahalal.com? Atau mungkin teman-teman tertarik traveling dengan paket wisata halalnya?

Bisa baca-baca dulu mengenai informasi mengenai duniahalal.com ini di:

  • Website: www.duniahalal.com
  • Facebook FansPage: Dunia Halal
  • Instagram/ Twitter: @duniahalal

Kalau enggak mau repot buka laptop, bisa juga mengakses duniahalal.com melalui smartphone kok 🙂 .

April Hamsa

55 Comments

  1. Nchie Hanie 9 September, 2017
    • April Hamsa 11 September, 2017
  2. Rusydina Tamimi 9 September, 2017
  3. Rusydina Tamimi 9 September, 2017
    • April Hamsa 11 September, 2017
  4. Inka Paramita 9 September, 2017
    • April Hamsa 11 September, 2017
  5. Dian Safitri 9 September, 2017
    • April Hamsa 11 September, 2017
  6. Blogger Kendal 9 September, 2017
    • April Hamsa 11 September, 2017
  7. Helena 10 September, 2017
    • April Hamsa 11 September, 2017
  8. Rach Alida Bahaweres 10 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  9. lendyagasshi 10 September, 2017
  10. Anggi Putri 10 September, 2017
  11. Eni martini 10 September, 2017
  12. Kania safitri 10 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  13. tutyqueen 11 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  14. Katerina 11 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  15. deddyhuang.com 11 September, 2017
    • April Hamsa 11 September, 2017
  16. Noe 11 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  17. Dian farida 11 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  18. Ria AS 11 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  19. mporatne 11 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  20. Witri Prasetyo 12 September, 2017
  21. fauziah rachmawati 12 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  22. Syarifani 13 September, 2017
  23. norikoreza 13 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  24. Nunu 13 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  25. Anesa Nisa 14 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  26. Anesa Nisa 14 September, 2017
  27. Doni Nurdiansyah 14 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  28. ernawati 14 September, 2017
    • April Hamsa 18 September, 2017
  29. Diah Kusumastuti 21 September, 2017

Leave a Reply

Instagram