Advertorial Product Review Review & Contest Technology

Cari Produk Kerajinan atau Brands Asli Indonesia? Di MarketPlays Tempatnya

“Cintailah produk-produk Indonesia!”

Tagline tersebut kita kenal bertahun-tahun lalu dari sebuah iklan brand rumah tangga asli Indonesia. Nilai moral dari tagline yang kedengarannya sederhana tersebut adalah mengingatkan kita untuk selalu mencintai produk-produk brands asli Indonesia. Caranya tentu saja dengan membeli produk-produk lokal ketimbang produk-produk luar negeri. Apalagi, seiring jaman, kualitas produk-produk lokal enggak kalah dari produk-produk import. Khususnya, untuk produk-produk kerajinan tangan lokal.

Produk-produk kerajinan tangan lokal biasanya menonjolkan ciri khas yang dipengaruhi oleh budaya Indonesia yang unik. Tentu saja keunikan tersebut enggak bisa ditandingi oleh produk-produk dari luar. Apalagi Indonesia memiliki modal berupa keanekaragaman suku bangsa dan budaya, sehingga pilihan produknya sangat banyak. Dari segi harga pun tidak semahal produk import, sebab semua bahan-bahan baku produksinya didapat dari negeri sendiri.

Tentang MarketPlays

Mendapatkan produk-produk kerajinan tangan lokal pun sekarang makin mudah. Kita enggak perlu lagi capek-capek blusukan ke mall atau pasar lagi, hanya untuk mencari dompet dari kulit asli, misalnya. Sekarang, cukup belanja melalui e-commerce dari rumah saja, kita sudah bisa mendapatkan dompet kulit yang kita butuhkan. Salah satu e-commerce yang menjual produk-produk kerajinan kulit atau dari bahan-bahan lain buatan pengrajin Indonesia adalah MarketPlays.

4MarketPlays memang khusus menyediakan berbagai produk hasil karya pengrajin serta brands lokal Indonesia. Produk-produknya meliputi craftsmanship dan lifestyle Indonesia seperti leather goods, kerajinan kayu, natural dye, aksesoris handmade, raw denim, dan hasil-hasil karya pengrajin lokal lainnya. Visi utama MarketPlays adalah ingin menginspirasi generasi muda Indonesia supaya dapat meneruskan serta melestarikan apresiasi terhadap karya kerajinan lokal Indonesia dan nilai craftsmanship yang ada di baliknya. MarketPlays juga ingin menyuarakan bahwa produk karya lokal enggak kalah dibandingkan dengan produk luar.

Hal yang tidak kalah penting, MarketPlays ingin mengembangkan produk-produk kerajinan lokal seperti leather goods, natural dye, batik, kerajinan kayu, dan kerajinan kreatif lokal lainnya melalui strategi pemasaran yang bagus. Selain membantu memasarkan produk-produk tersebut, MarketPlays juga memiliki tujuan ingin mengedukasi masyarakat tentang sebuah nilai seni yang berada di balik setiap karya kerajinan. Sehingga dengan demikian karya tersebut dapat lebih dimengerti dan diapresiasi.

Salah satu cara supaya masyarakat bisa mengerti dan mengapresiasi produk-produk kerajinan yang dijual melalui MarketPlays adalah dengan cara mencantumkan detail produk di etalase website. Pada detail tersebut terdapat keterangan lengkap tentang sejarah di balik pembuatan produk, menjelaskan budaya apa yang mempengaruhi pembuatan produk tersebut, bagaimana cara merawat produk, bagaimana supaya produk bisa awet, serta keterangan-keterangan lain. Hal tersebut juga sangat memudahkan konsumen mencari produk yang dibutuhkan.

Mengenai produk, setiap produk kerajinan yang dijual melalui MarketPlays melewati proses kurasi oleh Tim MarketPlays. Sehingga dapat dipastikan produk-produk tersebut berkualitas. Khususnya untuk produk dari kulit, MarketPlays menjamin bahwa kulit tersebut adalah kulit asli sebagaimana yang tercantum dalam detail produk di website MarketPlays. Saat ini, MarketPlays menyediakan banyak pilihan leather goods dari hasil karya leathercrafter dari berbagai kota seperti Yogyaakarta, Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, Bali, dan kota-kota lainnya. Begitu pula untuk produk woodworks, Tim MarketPlays melakukan kurasi yang akurat terhadap kualitas bahan baku kayu yang dipakai oleh pengrajin.

Cara berjualan di MarketPlays

Brands lokal yang telah bergabung menjadi seller di MarketPlays antara lain: IMAJI Studio, Monkeycatfish, Sekkha, Pijak Bumi, Kaminari, The Malverde, Sanoesa, Inhasle, Lichtgood, Carnivores, Soul, LowyQ, Classlylandco, Chameo Couture, Kont, Nemonic Design, Crhonicle Timepiece, Mediocrux, Trevally, Kayoe, Kusima, Braow Goods, Kolosal Natural, Wakatobi Eyewear, Taylor Fine Goods, dan masih banyak brands lokal lainnya.

Jika teman-teman memiliki usaha kerajinan tangan dengan bahan-bahan baku lokal bisa juga, lho, bergabung menjadi seller di MarketPlays. MarketPlays menyambut dengan tangan terbuka siapa saja pengrajin atau pengusaha kerajinan yang ingin bergabung dengan Komunitas MarketPlays. Tidak ada peraturan khusus, namun MarketPlays mensyaratkan agar setiap foto produk yang diunggah jelas dan berkualitas bagus. Apabila seller mengalami kesulitan, dari pihak MarketPlays akan menyediakan service fotografi gratis untuk foto produk-produknya.

Cara menjadi seller panduannya sebagai berikut:

Masuk ke halaman registrasi dengan mengklik “Berjualan di MarketPlays” di bagian Panduan Pengguna (letaknya di kanan bawah website).

1Lalu klik “Menjadi Seller”.

2 (copy)

Ikuti petunjuk dan isi formulir pendaftarannya.

3 (copy)Cara membeli produk di MarketPlays

Cara membeli produk di MarketPlays pun sangat mudah. Pada prinsipnya cara belanjanya sama dengan kalau kita berbelanja di e-commerce lain. Pertama kita mendaftar sebagai member dulu. Bisa juga langsung masuk dengan menggunakan akun media sosial kita. Sesudah itu kita bisa langsung log in dan mencari barang yang kita butuhkan. Lalu, kita bisa langsung memilih produk, melihat detail produk, dan melakukan order jika sudah yakin akan membeli. Bedanya, kalau di MarketPlays kita dapat langsung melakukan pengecekan biaya pengiriman sendiri.

5 Untuk membayar, kita bisa langsung klik icon keranjang belanja pada bagian kanan atas website lalu klik tombol “Bayar”. Langsung masukkan alamat pengiriman, metode pengiriman, dan cara pembayaran. Cara pembayaran dapat menggunakan transfer bank, credit card, cicilan dengan kartu kredit BCA, serta cicilan cash dengan menggunakan Kredivo. For your information, Kredivo adalah solusi kredit yang bisa memberikan kemudahan kepada konsumen untuk membeli saat ini juga dan bisa membayar nanti dalam 30 hari ke depan tanpa bunga atau dengan cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan (ada uang muka dan bunga sesuai kebijakan yang berlaku).

Setelah membayar jangan lupa untuk melakukan konfirmasi sehingga seller bisa langsung memproses pemesanan kita. Nanti, dalam waktu maksimal 3×24 jam kita akan menerima email notifikasi berisi nomor resi pengiriman barang dari seller. Oh iya, keuntungan lain belanja di MarketPlays adalah terdapat jaminan 100% perlindungan pembeli. Ada pula tujuh hari garansi pengembalian dan refund. Jadi, kalau membeli di MarketPlays dijaman aman dan nyaman, lha.

Tertarik untuk membeli produk kerajinan lokal di MarketPlays? Atau tertarik menjadi seller di MarketPlays? Cus, kunjungi website-nya! Semoga mendapatkan apa yang dibutuhkan dari MarketPlays, ya!

Informasi lebih lengkap mengenai MarketPlays bisa didapatkan di:

  • Website: https://marketplays.id/
  • Facebook: MarketPlays Indonesia (https://www.facebook.com/marketplays.id)
  • Instagram: @marketplays.id

April Hamsa  

55 Comments

  1. Refika artari 31 Januari, 2017
  2. foodyfloody by ammamamo 31 Januari, 2017
  3. Ipeh alena 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  4. Yervi Hesna 31 Januari, 2017
  5. Oky Maulana 31 Januari, 2017
  6. Alid Abdul 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  7. Shona Vitrilia 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  8. Nova Violita 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  9. Okti 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  10. bundasaladin 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  11. Unggulcenter 31 Januari, 2017
  12. Tukang Jalan Jajan 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  13. Ira duniabiza 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  14. Nurul Fitri Fatkhani 31 Januari, 2017
  15. andyhardiyanti 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  16. Keke Naima 31 Januari, 2017
  17. lianny hendrawati 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  18. Mildaini 31 Januari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  19. Rani Yulianty 31 Januari, 2017
  20. Arni 1 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  21. Dian Ravi 1 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  22. Rusydina Tamimi 1 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  23. Pertiwi Yuliana 2 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  24. Liza 2 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  25. Fania surya 2 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  26. Rindang 2 Februari, 2017
    • April Hamsa 2 Februari, 2017
  27. Adi Setiadi 2 Februari, 2017
  28. Wuri Anggarini 6 Februari, 2017
  29. Jatim Park 2` 7 Februari, 2017

Leave a Reply

Instagram