Blogger Reporter Events

Meriahkan Ramadhan, Blogger Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Selamat malam, di Bulan Ramadan ini kita berbagi kebahagiaan yuk bersama adik-adik di Panti Yayasan Amal Wanita Ciputat Tangerang Selatan. Indonesian Social Blogpreneur dan BloggerCrony Community berkolaborasi organize acara ini sebagai bentuk dukungan dalam berbagi kasih sayang terhadap sesama. Bagi yang ingin berpartisipasi boleh mengisi data di link ini http://bit.ly/bloggercareisbxbcc.”

Begitu bunyi caption dari foto yang diunggah oleh founder Indonesian Social Bloggerpreneur atau ISB Ani Berta (Teh Ani) pada 3 Juni lalu. Rupanya ISB hendak mengadakan kegiatan sosial dalam rangka memeriahkan kedatangan bulan suci Ramadan. Namun, kali ini ISB tidak sendiri dalam menginisiasi kegiatan tersebut. Melainkan, juga menggandeng BloggerCrony Community yang memang sudah memiliki program sosial andalan BloggerCare.

Ajakan Teh Ani membuat saya tertarik meng-klik tautan yang di-share-nya itu. Ternyata bentuk kegiatan BloggerCare-nya berupa menggalang dana untuk donasi dan buka puasa bersama (bukber). Bukber akan berlangsung di panti asuhan. Panti asuhan itu pula yang sedianya menerima donasi dari penggalangan dana tersebut.

Tak hanya sekadar bukber

Panti asuhan yang menjadi “target” kegiatan BloggerCare kali ini adalah Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita yang beralamat di Ciputat, Tangerang Selatan. Mengapa panti asuhan tersebut yang dipilih? Sebab, bangunan panti asuhan tersebut sudah tua. Terakhir, bangunannya direnovasi pada tahun 1975. Bahkan, ada beberapa ruangan di panti asuhan yang atapnya sudah hampir rubuh.

Coba teman-teman bayangkan, bagaimana tidak nyamannya penghuni panti, terutama anak-anak yang tinggal di sana. Saya aja kalau atap rumah ada yang bocor dan air hujan sedikit merembes ke dinding, sudah bete 🙁 .

Membaca rundown kegiatan tersebut menarik minat saya untuk berpartisipasi, ikut menyumbang dana yang enggak seberapa melalui rekening yang diinformasikan dalam flyer. Setelah melakukan konfirmasi mengenai donasi, Teh Ani mengundang saya ke grup chat tertutup. Di grup chat tersebut ternyata sudah banyak rekan-rekan Blogger lainnya yang melakukan konsolidasi demi kesuksesan penggalangan donasi dan juga bukber yang dilakukan pada tanggal 12 Juni.

Sayangnya, saya enggak bisa ikut bukber karena lokasinya lumayan jauh dari rumah saya di Depok. Namun, saya menikmati percakapan rekan-rekan Blogger di grup chat yang semangat sekali meng-arrange kegiatan untuk tanggal 12 Juni.

Ada yang ingin menyumbang hadiah untuk anak-anak penghuni panti asuhan, ada yang ingin menyediakan takjil, ada pula yang bersedia memberikan workshop. Ah iya, for your information, bukber-nya enggak sekadar buka puasa lalu acara selesai. Supaya ada sesuatu yang berguna, tidak lekang oleh waktu, namun bermanfaat yang dapat diberikan kepada anak-anak panti asuhan, maka ada workshop juga.

Ada dua workshop yang digelar yakni workshop menulis dan membuat coklat praline. Bertindak sebagai trainer menulis adalah Blogger kece Zata Ligaw (Mbak Zata) dan Wylvera Windayana (Mbak Wylvera). Sedangkan orang yang akan mengajari anak-anak membuat coklat praline adalah Food Stylist dan Chef Asykur.

Kegiatan yang membawa rasa haru dan syukur

Tanggal 12 Juni pun tiba. Grup chat riuh dengan percakapan janjian mau ketemu di meeting point mana. Ada yang berangkat dari FX Sudirman, ada pula yang langsung berangkat dari rumah masing-masing. Juga, saling bertanya-tanya dimana tepatnya lokasi Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita.

Bukan hanya itu, ternyata penyanyi yang juga finalis Indonesian Idol Windy Ghemari juga mengkonfirmasi bahwa dirinya akan hadir ke kegiatan bukber. Selain ingin menghibur penghuni panti asuhan dengan suaranya yang merdu, Windy Ghemari juga membawa hadiah untuk anak-anak.

Sekitar pukul 15.00 WIB acara dimulai dengan workshop menulis. Mbak Zata dan Mbak Wylvera bergantian sharing tentang kegiatan menulis dan mengajak anak-anak menulis. Dari foto dan video yang di-share rekan-rekan Blogger baik di grup chat maupun di media sosial mereka, saya melihat betapa antusiasnya anak-anak tersebut menyimak sharing dari Mbak Zata dan Mbak Wylvera.

Anak-anak mendengarkan serius tentang cara menulis. Foto oleh Ani Berta.

Setelah sharing tentang menulis selesai, lanjut workshop membuat coklat praline yang dipandu oleh Chef Asykur. Melihat foto, terlihat anak-anak sangat bersemangat belajar membuat coklat. Apalagi, coklat yang sudah dibuat itu kemudian menjadi bingkisan untuk mereka yang membuatnya sendiri.

Saat anak-anak membuat coklat praline. Foto oleh Agatha Mei.

Selanjutnya, giliran Windy Ghemari yang mengajak anak-anak dan penghuni panti asuhan lainnya bergembira. Windy Ghemari juga sharing mengenai betapa pentingnya mensyukuri apa yang sudah diberikan oleh Tuhan kepada anak-anak semua, termasuk karena masih punya pengurus panti asuhan yang menyayangi mereka. Rekan-rekan Blogger yang ada di grup chat saling melempar komentar, “Aku terharu dengan sharing-nya Windy.”

Windy Ghemari saat sharing kepada anak-anak panti asuhan. Foto oleh Ani Berta.

Setelah seluruh rangkaian workshop dan sharing session selesai, bertepatan dengan waktu berbuka, maka peserta bukber pun menikmati hidangan yang telah tersaji. Alhamdulillah, hidangan buka puasanya nikmat sebab disponsori oleh Rolas Lunch Box (@rolaslunchbox) dan Gula Jawa Sweet (@gula_jawa_sweet).

Menurut rekan-rekan Blogger yang hadir, makanannya terasa sangat lezat. Apalagi, makannya sambil dipenuhi dengan perasaan syukur. Memang acara-acara semacam itu mampu men-charge ruhiyah dan kepekaan sebagai seorang makhluk Tuhan sekaligus manusia yang memiliki hati nurani ya?

Terakhir, sebelum acara tuntas, anak-anak mendapat bingkisan coklat praline yang dibuatnya sendiri saat workshop bersama Chef Asykur. Tak hanya itu, anak-anak juga mendapat bingkisan dari Windy Ghemari dan sponsor acara Tiffany Kenanga Hijab (@tiffanykenangahijab).

Donasi yang terkumpul untuk acara tersebut totalnya sebesar Rp. 10.075.000,-. Namun, tidak semua diserahkan secara tunai kepada panti asuhan. Melainkan dengan rincian adalah sebagai berikut:

  • Rp. 300.000,- untuk workshop coklat praline.
  • Rp. 9.775.000,- tunai diserahkan langsung ke pengurus panti asuhan.

Alhamdulillah, secara keseluruhan acaranya lancar, tidak ada kendala yang berarti.   

Sekilas tentang Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita

Buat teman-teman yang penasaran dengan Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita, panti asuhan ini didirikan oleh Hj. Raimah Raib dan Hj. O. Loekman sejak tahun 1964, dan sampai sekarang masih tetap eksis untuk menjalankan misi sosialnya sebagaimana tujuan awal didirikan panti ini.

Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita. Foto oleh: Winda Tsu.

Anak-anak asuh mendapatkan pendidikan formal di luar asrama, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Seluruh biayanya menjadi tanggung jawab panti asuhan dan yayasan. Adapun pendidikan non formal/ ketrampilan juga diberikan di panti, antara lain seperti menjahit, beternak, berkebun, dan mengetik/ komputer. Di samping itu anak asuh juga mendapatkan bimbingan kedisiplinan organisasi, keagamaan, seperti shalat berjamaah, mengaji, berceramah, qiraah, latihan pidato dan lain-lain.

Menurut rekan-rekan Blogger yang datang ke sana, anak-anak di panti asuhan tersebut menelurkan banyak prestasi. Katanya banyak piala terpajang di lemari di salah satu ruangan. Namun, rekan-rekan Blogger juga bercerita bahwa bangunan di panti asuhan tersebut memang sangat memprihatinkan. Rekan-rekan Blogger juga menunjukkan beberapa foto atap bangunan yang rusak dan hampir runtuh.

Kasihan ya? Andai saja bisa membantu banyak untuk merenovasi panti asuhan tersebut. Kalau teman-teman bagaimana? Jika teman-teman punya kelebihan rezeki dan juga mau menyisihkan sebagian harta benda untuk membantu Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita, juga bisa, lho. Alamat dan kontak Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita:

Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita

  • Alamat: Jl. RE Martadinata No. 37 RT 05/04 Ciputat, Tangerang Selatan.
  • Telepon: (021) 7402208.

Sekretariat Yayasan Amal Wanita

  • Alamat: Jl. Wijaya Timur Dalam VI Rt 05/02 No. 32, Kel. Petogogan Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Telepon: (021) 7402208/ 7429657.

April Hamsa  

Note: sumber informasi Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita dari http://yayasanamalwanita. blogdetik.com/

26 Comments

  1. Mita 16 Juni, 2017
    • April Hamsa 16 Juni, 2017
  2. Zarirah 16 Juni, 2017
    • April Hamsa 16 Juni, 2017
  3. Ani Berta 16 Juni, 2017
  4. herva yulyanti 16 Juni, 2017
  5. Inda chakim 17 Juni, 2017
  6. Tomi Purba 17 Juni, 2017
  7. Tomi Purba 17 Juni, 2017
  8. Jiah 17 Juni, 2017
  9. Pu 17 Juni, 2017
  10. Liswanti 17 Juni, 2017
  11. Tukang Jalan Jajan 17 Juni, 2017
  12. lendyagasshi 17 Juni, 2017
  13. William Giovanni 17 Juni, 2017
  14. Ophi Ziadah 17 Juni, 2017
  15. Nurul Fitri Fatkhani 17 Juni, 2017
  16. sari widiarti 17 Juni, 2017
  17. atanasia rian 17 Juni, 2017
  18. Mahadewi 17 Juni, 2017
  19. vira elyansyah 17 Juni, 2017
  20. Refika artari 17 Juni, 2017
  21. ira Duniabiza 17 Juni, 2017
  22. Dikki Cantona Putra 17 Juni, 2017
  23. erina 17 Juni, 2017
  24. zata ligouw 20 Juni, 2017

Leave a Reply

Instagram