Milna Bubur Bayi Organik, Makanan Bernutrisi yang Membantu Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

Bundaaa, mau kueee!” kata si bungsu, Dema. Tanda Dema ingin makan cemilan.

Mau es krim apa puding?” tanya saya kepada balita berusaha dua tahun itu.

Mau kuding,” kata Dema tanpa ragu. “Kuding” maksudnya adalah “puding”. Memang, Dema suka mengganti huruf awal suatu kata, dengan huruf lain yang kadang beda jauh, hehehe.

Oke, Bunda bikinin puding, ya?” jawab saya.

Dema dan kakaknya Si Maxy memang penggemar puding. Sejak usia satu tahun ke atas mereka sudah makan puding. Mungkin juga, karena itu satu-satunya makanan paling mudah dan praktis yang bisa saya buatkan untuk mereka. Jadi, meski sekarang Dema (2 tahun) dan Maxy (4 tahun) sudah makan table food, makanan yang sama dengan orang dewasa, namun mereka berdua masih suka mengkonsumsi makanan tambahan alias ngemil.

Supaya cemilannya bukan makanan ala kadarnya, maka saya biasa membuatkan mereka cemilan dari bahan baku yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus. Seperti hari itu, saat Dema meminta puding, maka selain membuatnya dari agar-agar, saya juga mencampurnya dengan bahan utama berupa bubur bayi Milna.

Mengapa saya memilih Milna? Sebelum memberi tahu alasannya, saya mau sharing dulu tentang Milna dan perjalanan MPASI Dema, dulu, ya?

Bubur Bayi Milna untuk Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) si kecil

Siapa ibu-ibu yang memiliki balita yang tak kenal dengan brand Milna Ahlinya Makanan Bayi? Saya rasa kok enggak ada, ya? Sebab, Milna yang diproduksi oleh Kalbe Nutritional ini merupakan produk makanan, terutama bubur bayi, yang sudah sangat terkenal di Indonesia.

milnaorganik1Milna Bubur Bayi Organik.

Produk bubur bayi Milna ini dapat begitu mudah kita temukan, baik di toko susu, minimarket, maupun supermarket. Malah, apabila mendengar kata “bubur bayi” biasanya produk yang sudah melekat dalam ingatan ibu-ibu adalah “Milna”.

Padahal, sebenarnya, produk Milna itu enggak cuma bubur bayi, lho. Ada pula biskuit dan puding. Namun, tetap saja ibu-ibu banyak yang mengingat Milna sebagai produk bubur bayi. Hal tersebut tidak mengherankan, sebab sejak tahun 1987 Milna hadir di Indonesia, Milna terus menghadirkan inovasi produk bubur bayi.

Sepanjang 30 tahun usianya, Milna terus memperkenalkan produk bubur bayi dengan gizi dan nutrisi yang lengkap kepada masyarakat Indonesia, khususnya para ibu. Sehingga, pada saat bayi menginjak usia enam bulan, dimana sudah waktunya makan, banyak ibu-ibu memilih bubur bayi Milna sebagai MPASI bayinya.

Selama itu pula, Milna telah beberapa kali meluncurkan produk bubur bayi yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Antara lain produk Milna Bubur Bayi sebagai pelopor MPASI di Indonesia, Milna Bubur Goodmil untuk bayi yang memiliki masalah alergi, Milna Bubur WGain untuk mengoptimalkan berat badan bayi, dan Milna Bubur Bayi Organik.

Milna Bubur Bayi Organik untuk suapan pertama si kecil.

Milna Bubur Bayi Organik untuk kebutuhan nutrisi dan kesehatan si kecil

Milna Bubur Bayi Organik adalah inovasi terbaru dari produk Milna. Bahan-bahan baku Milna Bubur Bayi Organik berasal dari bahan-bahan pilihan dengan kualitas terbaik. Sesuai dengan namanya, 95% bahan baku Milna Bubur Bayi Organik merupakan bahan pangan segar organik yang tersertifikasi resmi.

Bahan baku tersebut kemudian diformulasikan dengan metode khusus sehingga kualitas bahan baku tetap terjaga pada saat diolah menjadi Milna Bubur Bayi Organik. Tak hanya itu, Milna juga menambahkan protein, 12 vitamin, dan 8 mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi ke dalam olahan bahan baku tersebut. Sehingga, nutrisi Milna Bubur Bayi Organik menjadi makin lengkap.

extrasusumilnaMilna Bubur Bayi Organik juga memiliki kandungan extra susu.

Produk Milna Bubur Bayi Organik ini merupakan pelopor makanan bayi organik di Indonesia. Apakah yang dimaksud dengan makanan (bayi) organik itu? Penjelasan adalah sebagai berikut:

Makanan organik adalah makanan yang dikembangkan dan diproduksi secara alami, lebih segar dan bertahan lama, tidak mengandung antibiotik, tidak direkayasa genetik. Pupuk atau pestisida sering mengandung logam berat, oleh karena itu dengan mengonsumsi makanan organik maka anak lebih terhindar dari konsumsi cemaran logam berat sehingga menurunkan risiko terkena penyakit autisme maupun ADHD. Di samping itu, konsumsi makanan tanpa terpapar pestisida maupun rekayasa genetika juga menurunkan risiko terkena penyakit kaner.” (Dokter Spesialis Anak, Pakar Gizi dan Penyakit Metabolik, Dr. Endang Dewi Lestari MPH, SpA(K)).

Hal tersebut membuat Milna Bubur Bayi Organik sebagai bubur bayi organik pertama di Indonesia dan terbuat dari bahan alami organik pilihan sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Juga, sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko kesehatan si kecil.

Menurut USDA Food Organic, makanan organik seperti Milna Bubur Bayi Organik dapat mengurangi risiko kesehatan sebab:

  • Bebas dari Genetically Modifide Organisms (GMO) dan Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE). GMO merupakan modifikasi secara genetika, sedangkan BSE adalah perubahan bentuk protein. Makanan yang mengalami rekayasa genetika masih belum terbukti aman dan berbahaya karena bisa mengakibatkan penyakit seperti tumor.
  • Kandungan gizinya lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang berasal dari pertanian non organik. Sehingga unsur-unsur yang kita butuhkan dalam makanan untuk membentuk energi, supaya bisa beraktivitas dengan baik dalam keseharian, terpenuhi.
  • Dapat mengurangi risiko infeksi pathogenic seperti E.coli dan mycotoxins, sebab makanan organik biasanya lebih steril dari bakteri.

Dengan manfaat sebesar itu maka sangat tepat jika Milna Bubur Bayi Organik untuk suapan pertama si kecil. Ibu dapat memilih di antara tiga macam varian Milna Bubur Bayi Organik, yakni Beras Merah, Kacang Hijau, dan  Pisang.

Milna Bubur Bayi Organik varian Pisang

Pisang adalah varian terbaru Milna Bubur Bayi Organik. Varian Pisang ini diluncurkan dalam rangka memperingati usia 30 tahun Milna, bersamaan dengan kampanye Milna Organik 2017 yang bertujuan supaya anak-anak (bayi) Indonesia lebih banyak menikmati makanan organik.

Logo Milna 30Th RevMilna sudah 30 tahun menjadi brand makanan bayi berkualitas.

Kampanye Milna Organik 2017 yang dideklarasikan oleh Milna ini sejalan dengan gerakan pemerintah dan juga World Health Organization (WHO) yang mengupayakan agar anak-anak tercukupi kebutuhan nutrisinya, terutama pada 1000 hari pertamanya. Salah satu caranya, ya, dengan memakan makanan bergizi tinggi yang bisa tersedia sempurna jika bahan makanannya berasal dari bahan organik.

Tahun ini, dalam rangka ulang tahun Milna ke-30, Milna kembali mempersembahkan rangkaian produk barunya yaitu Milna Bubur Bayi Organik varian Pisang. Selain merupakan sumber nutrisi dan energi yang baik, pisang juga kaya akan vitamin dan mineral.” (Brand Manager Mina Christofer Samuel Lesmana).

Milna Organic PisangMilna Bubur Bayi Organik varian Pisang.

Pisang dipilih menjadi bagian dari Milna Bubur Bayi Organik, sebab memiliki beberapa keunggulan:

  • Kaya akan vitamin A, B2, B6, C, E, B3, B9, dan B5 yang baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi.
  • Pisang merupakan buah yang direkomendasikan oeh dokter spesialis anak (DSA) untuk anak yang sedang dalam masa penyembuhan pasca diare.
  • Kandungan karbohidrat dalam pisang berupa sukrosa, fruktosa, dan glukosa merupakan karbohidrat sederhana yang cepat diubah menjadi energi. Sangat cocok untuk bayi yang membutuhkan energi banyak untuk pertumbuhannya.
  • Memiliki kandungan kalium, serat, kalsium, magnesium, fosfor, selenium, dan zat besi.

Untuk lebih mengenal varian baru dari Milna Bubur Bayi Organik maupun kampanye Milna Organik 2017 ini, teman-teman bisa mengecek di media sosial Milna:

Zat besi dari Milna Bubur Bayi Organik sangat dibutuhkan oleh si kecil

Terkait dengan kandungan zat besi, Milna Bubur Bayi Organik adalah makanan yang sangat kaya zat besi. Zat besi yang ada dalam makanan organik lebih tinggi daripada yang terkandung dalam makanan non organik. Zat besi merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh bayi/ anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Saya salah satu orang tua yang sangat concern terhadap pemenuhan zat besi untuk anak.

Dahulu, saat pertama kali MPASI, bahan makanan yang saya berikan kepada Dema kurang kandungan zat besi.  Ditambah lagi Dema anak ASI Eksklusif (ASIX) dan saya memang punya riwayat anemia. Akibatnya, saat usia setahun, Dema juga menderita anemia karena kekurangan zat besi.

Waktu itu, hanya firasat saya aja, sih, kok Dema belum mau merangkak maupun jalan, ya? Akhirnya, saya dan suami memutuskan untuk membawanya ke DSA dan memeriksakan kondisinya. Benar, ternyata Dema kekurangan zat besi. Akhirnya, saya memutuskan untuk memberikan Dema lebih banyak lagi asupan makanan yang difortifikasi zat besi. Salah satunya adalah Milna Bubur Bayi Organik.

Namun, karena usia Dema sudah setahun dan sudah makan makanan kasar akhirnya saya lebih sering mengkreasikan Milna Bubur Bayi Organik dengan bahan-bahan makanan lain. Salah satunya yang paling mudah dan sering saya buat adalah Puding Beras Merah dan/ atau Puding Kacang Hijau dari varian Milna Bubur Bayi Organik.

milnaorganik4Puding dari bahan dasar Milna Bubur Bayi Organik.

Seiring dengan makin banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besi, Dema pun jadi lebih aktif. Dema mampu mengejar keterlambatan motorik kasarnya, seperti merangkak, melompat, serta berjalan. Kini, Dema pun jadi batita aktif yang tidak bisa berdiam diri.

Resep puding dari bahan dasar Milna Bubur Bayi Organik

Jika teman-teman penasaran dengan resep puding dari bahan dasar Milna Bubur Bayi Organik yang sering saya masak untuk anak-anak. Berikut adalah resepnya:

Puding Beras Merah

minaorganik2Bahan-bahan membuat puding dari bahan dasar Milna Bubur Bayi Organik.

*Bahan-bahan puding:

  • 4 sendok makan Milna Bubur Bayi Organik varian Beras Merah
  • 1,5 sendok teh agar-agar plain warna merah
  • 250 ml air putih
  • 1,5 sendok makan gula pasir (optional)

*Bahan-bahan saus puding:

  • Pepaya secukupnya
  • Air putih secukupnya

*Cara memasak:

  • Campur air putih dan agar-agar ke dalam panci. Masak dan aduk-aduk sampai merata.
  • Masukkan Milna Bubur Bayi Organik varian Beras Merah.
  • Masukkan gula pasir. Gula pasir ini optional ya? Karena anak saya sudah di atas dua tahun, maka saya tambahkan gula pasir.
  • Aduk-aduk hingga merata dan mendidih.
  • Dinginkan adonan puding.
  • Setelah adonan puding agak dingin, tuang adonan ke cetakan.
  • Masukkan puding beberapa waktu ke dalam lemari es.
  • Buat saus puding dengan cara mencampur pepaya dengan sedikit air.
  • Keluarkan puding dari lemari es, tata di atas wadah makan anak, tuangkan saus pepaya.
  • Maka puding pun siap untuk dinikmati.

Cara membuat Puding Beras Merah dari bahan dasar Milna Bubur Bayi Organik.

Selain Puding Beras Merah, saya juga biasa membuatkan anak-anak Puding Kacang Hijau. Bahan dasarnya dari Milna Bubur Bayi Organik varian Kacang Hijau. Pada prinsipnya bahan-bahan dan takaran resepnya sama dengan Puding Beras Merah. Namun, tentu saja bahan dasar diganti Milna Bubur Bayi Organik varian Kacang Hijau dan sausnya diganti dengan buah pisang. Langkah-langkah dalam cara memasaknya pun sama.

milnaorganik3Puding Beras Merah dan Kacang Hijau dari bahan dasar Milna Bubur Bayi Organik.

Puding ini bisa buat alternatif makanan cemilan untuk bayi usia 1-2 tahun atau bisa juga diberikan pada saat batita teman-teman sedang dalam masa Gerakan Tutup Mulut (GTM). Jadi, meski GTM, anak-anak kita enggak sampai kekurangan asupan nutrisi.

Selamat mencoba resep pudingnya! Semoga dengan tercukupinya kebutuhan zat besi dan nutrisi-nutrisi lain dari makanannya, Dema dan juga batita teman-teman makin optimal pertumbuhan dan perkembangannya, ya? Aamiin.

demamakanpudingDema sangat suka makan puding dari bahan dasar Milna Bubur Bayi Organik.

April Hamsa

Sumber referensi dan foto: Milna ID

46 Comments

  1. Baru tau bubur bisa buat puding juga, aku kok gak kepikiran mbak. Kalau buat anak 3 tahun ke atas, masih ngaruh gak sih kandungan Milna? Jadi punya ide buat gantiin tepung-tepungan pake Milna buat cemilan anakku. Sampe sekarang masih suka was was anakku terkena ADB, apalagi makannya susyah bener -__-

    • Itu resepku bisa dikasi gula atau gak mbak, pilihan aja.
      Anak2ku dah gedhe jd aku kasih gula.
      Buat yg agak kecilan rasa manisnya cukup dari bubur sama saus dari buahnya kali ya? 😀

  2. Milna makin banyak ya inovasinya, pas kemarin Kei dapet milna organik bubur merah, mau saja dimakan 😀 nah utk kreasi, kayak puding sama camilan lain dari bahan Milna juga cocok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *