Myra Anastasia, Blogger Parenting yang Suka Jalan-jalan

Myra Anastasia yang konsisten ngeblog dengan niche.

Myra Anastasia atau lebih akrab disapa “Chi” telah lama dikenal sebagai blogger yang suka menulis tentang parenting di blognya www.kekenaima.com. Nama blog Myra Anastasia diambil dari gabungan nama kedua anaknya Keola Sakima (Keke) dan Naima Aziza (Naima). Myra Anastasia mulai ngeblog sejak Desember 2007 setelah sebelumnya bosan menulis di diary tentang kesehariannya bersama keluarga kecilnya.

Awal Ngeblog itu Desember 2007. Dari dulu saya suka menulis diary. Tapi cepat banget bosan. Baru menulis beberapa halaman, sobek. Udah kebanyakan yang disobek. Diary-nya saya buang. Sampai saya kapok menulis diary abis enggak ada yang bertahan lama. Pas punya anak pertama mulai kepikiran bikin diary lagi, tapi di Words aja. Maksudnya biar enggak buang-buang diary. Enggak sengaja dapat info tentang blog. Mulai coba bikin dan keterusan sampai sekarang.”

Www.kekenaima.com, sesuai namanya, lebih banyak didominasi oleh tulisan-tulisan mengenai keseharian Keke dan Naima. Ada cerita mengenai kreativitas, metode belajar, serta kegiatan Keke dan Naima di sekolah. Selain itu, Myra Anastasia juga berbagi tips parenting di blognya. Tentu saja, sebagian besar tips tersebut dibuat berdasarkan pengalaman pribadinya merawat dan membesarkan dua orang anak.

Baca juga: Nining Wahyoe, Smartpone Photografer yang Mengaku Blogger Abal-abal.

Berkat kegemaran Myra Anastasia menulis aktivitas anak-anaknya di blog, salah seorang anaknya yakni Keke pernah diwawancara oleh Tabloid Nakita. Saat itu, sekitar Maret 2009, Myra Anastasia pernah memposting tentang event di sekolah Keke yang bernama Traditional Game Fair. Tujuan dari event tersebut adalah memperkenalkan anak-anak didik kepada permainan-permainan tradisional yang ada di Indonesia. Myra Anastasia tak menyangka kalau postingan tentang event permainan tradisional yang ditulisnya itu membuat Tabloid Nakita mengangkat cerita tentang Keke dan aktivitas di sekolahnya itu.

Tulisan tentang Keke di Tabloid Nakita berkat kegemaran ngeblog sang ibu Myra Anastasia.

Hal tersebut membuat Myra Anastasia makin mantab ngeblog dengan niche parenting. Bahkan pada Mei 2014 bersama dengan beberapa blogger yang tergabung dalam Komunitas Warung Blogger, Myra Anastasia menerbitkan sebuah buku berjudul Blogger Bicara Parenting. Isi bukunya mengenai segala hal yamg berhubungan dengan parenting sehari-hari, seperti mengajarkan anak toilet training, kebiasaan tidur anak, kegiatan bermain anak, dan aktivitas anak bersama orang tua lainnya.

Namun, belakangan ini, setelah Keke dan Naima beranjak gedhe, Myra Anastasia merasa kesulitan menulis cerita keseharian mereka. Hal tersebut membuat Myra Anastasia yang berulangtahun setiap tanggal 1 Mei ini sudah jarang menulis tentang parenting. Kini, Myra Anastasia lebih banyak menulis tentang travelling di blog www.jalanjalankenai.com. Blog yang sudah ada sejak Juli 2013 ini adalah blog miliknya juga yang memiliki niche travelling.

Blog www.jalanjalankenai.com banyak berisi tentang postingan family adventure. Berawal dari kegemaran sang suami Arie yang suka naik gunung, Myra Anastasia terseret juga ikut menikmati kegiatan menjelajah alam. Keke dan Naima pun diajak ikut serta, bahkan tak jarang kedua anak Myra Anastasia ini yang mengusulkan destinasi family adventure-nya.

Baca juga: Meutia Rahmah, Blogger Aceh yang Mahir Bahasa Arab.

Sebenarnya, sebelum memiliki blog khusus dengan niche travelling, Myra Anastasia yang kelahiran Jakarta ini sudah sering menulis tentang travelling di blog www.kekenaima.com dengan label jalan-jalan. Namun, semenjak mengenal tentang personal branding, Myra Anastasia merasa lebih baik jika kegiatan travelling-nya bersama keluarga didokumentasikan khusus di blog dengan niche travelling. Myra Anastasia mengatakan bahwa sekarang ini mulai menjamur blog dengan niche travelling. Namun, Myra Anastasia tidak menganggap blog-blog tersebut sebagai saingan blog-nya. Penyuka makanan pedas ini justru menganggap hal tersebut dapat dia jadikan referensi untuk bepergian ke tempat baru. Myra Anastasia memang lebih suka berkunjung ke lokasi wisata yang sebelumnya telah ditulis dan direkomendasikan oleh blogger lain. Kemudian berbekal pengalamannya, Myra Anastasia akan menuliskan kembali lokasi wisata tersebut dengan lebih detail dan komplit. Tujuannya supaya dapat memberikan informasi lengkap kepada pembaca blognya.

Kini Myra Anastasia, selain dikenal sebagai blogger yang menulis parenting, juga dikenal sebagai blogger yang suka jalan-jalan atau travelling bersama keluarga. Berkat konsistensinya ngeblog dengan (dua) niche tersebut pada awal 2016 Myra Anastasia pernah diminta oleh Komunitas Blogger Perempuan untuk menjadi narasumber program #BPTalk di Twiter dengan topik bahasan niche blogging.

Tampilan dua blog milik Myra Anastasia.

Meski sudah dikenal sebagai blogger yang mumpuni di bidangnya, namun hingga saat ini, Myra Anastasia masih menganggap blognya sebagai online diary. Kalaupun blognya juga sudah sering menghasilkan uang dari job review, Myra Anastasia menganggapnya sebagai bonus. Selain itu, bagi Myra Anastasia, blog adalah sarana untuk menambah relasi dan teman. Hal tersebut membuat Myra Anastasia menganggap bahwa ngeblog merupakan kegiatan positif yang dapat dia nikmati di sela-sela kesibukannya mengurus rumah tangga dan anak-anaknya.

Tertarik berkenalan dengan Myra Anastasia untuk berdiskusi mengenai niche dalam blogging? Teman-teman bisa menghubungi Myra Anastasia melalui media sosialnya di:

Selamat berkenalan dan berdiskusi mengenai niche dalam blogging dengan Myra Anastasia, ya!

Depok, 18 September 2016

April Hamsa

18 Comments

  1. Wah seru banget bahasan tentang Mbak keke ini. Jadi pingin main ke blognya 😀

    kece reviewnya Mbak April 😀

    Hihi rezeki nggak disangka-sangka yah jd diliput Nakita. Rezeki emang nggak ada yang tau kapan dan darimana datangnya #tsah

  2. Banyaknya blog dengan niche serupa dengzn blog yang kita miliki, justru nikin inspirasi terkadang spt yang mba Chi bilang.

    Dan kalo diliat2, blogger cewek ini mulanya ngeblog pasti krn dulunya suka nulis di diary yak. Trus, kalo blogger cowok, trigernya karna apa ya? *penasaran* 😀

    Hai hai dek April, eaaaa…pisss ^^v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *