Nova Violita, Menulis untuk Mengajak kepada Kebaikan

Nova Violita. Ibu satu orang anak ini merupakan salah satu blogger yang cukup produktif menulis blog di sela-sela kesibukannya sebagai Staff Administrasi di salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIS) di Propinsi Riau. Nova Violita, lahir 35 tahun lalu di sebuah desa di Riau dan kini menetap di Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu yang masih masuk Kepulauan Riau juga. Perempuan berjilbab yang memiliki nama panggilan “Nov” atau “Nova” ini memulai aktivitas ngeblog-nya sejak tahun 2009. Wah, cukup lama juga ya?

nova-violitaNova Violita.

Blog milik Nova Violita bernama www.novanovili.com. Motivasi pertama Nova Violita ngeblog sebenarnya hampir sama seperti yang lain, yakni menulis curahan hatinya. Namun, selain “curhatan” Nova Violita pun mengisi blognya dengan memposting beberapa puisi yang ditulisnya sendiri. Kebanyakan tema puisi-puisi yang ditulisnya adalah mengenai kegundahan seorang istri yang sangat merindukan kehadiran buah hati dalam pernikahannya. Nova Violita memang pernah berada di tengah kegalauan karena tak kunjung dikaruniai momongan. Hingga akhirnya, pada saat usia pernikahannya menginjak lima tahun barulah keluarga kecil Nova Violita bertambah anggota dengan kehadiran seorang anak yang diberi nama Abdul Hamid Firdaus.

Baca juga: Dewi Ratnasari, Mantan Wartawan yang Beralih Profesi Sebagai Blogger.

Puisi-puisi Nova Violita bertema harapan untuk memiliki buah hati masih ada di blognya. Salah satunya, yang pernah saya baca adalah puisi dengan judul “Terpasung Rindu” berikut:

Terpasung Rindu

Detik, Minggu, Bulan, Tahun pun Telah Berlalu

Padi yang disemai pun telah berbenih pula

Ayam yang ditetaskan pun telah menetaskan pula

Tapi

Disini

Aku masih sama dengan waktu itu

Tak ada yang berubah

Menunggumu… dalam halte penantianku…

Sejengkal jalan pu kuamati

Ku takut… kau terlewati…

Rindu wajah samar di benakku

Rindu tawa riangmu

Andai saja kau hadir

Menatap teduh… matamu yang bening

Berharap kau penyejuk pandanganku…

Andai

ya Andai… Cuma andai…

Penantian rindu yang tak berujung

Yang mengikat dan memasungku dalam penatian ini…

(Oleh: Nova Violita)

Indah sekali bukan puisi yang ditulis oleh Nova Violita? Kalau teman-teman berkunjung ke blognya, akan banyak menemukan puisi, bahkan ada pula cerita pendek karyanya, lho. Semuanya ada di tag Sastra di blog Nova Violita. Kegemaran Nova Violita akan sastra, tidak lepas dari hobinya membaca buku. Sejak masih gadis, Nova Violita sudah suka membaca karya sastra, kebanyakan buku-buku novel. Contoh novel yang diminatinya seperti karya-karya Asma Nadia dan Helvy Tiana Rosa.

blog-nova

Blog Nova Violita www.novanoli.com.

Belakangan, selain segala hal tentang sastra, Nova Violita juga mengisi blognya dengan artikel-artikel yang menurutnya “berisi”. “Berisi” di sini maksud Nova Violita adalah artikel-artikel yang enggak melulu berisi curhatan, namun juga memberikan informasi yang berguna buat orang lain, terutama pembaca blognya. Biasanya tulisan-tulisan yang mengandung informasi dikumpulkan oleh Nova Violita dalam tag Tips. Pada tag Tips di blog penyuka Sate Padang ini akan banyak sekali tips, mulai dari tips belanja online sampai tips parenting.

Baca juga: Amanda Anndita, Si Dokter Cantik yang Kreatif.

Selain itu, Nova Violita juga mulai memonetize blognya. Satu tahun terakhir ini, blognya juga menerima sponsored post. Meski demikian istri dari Suheri ini tetap selektif menerima job. Nova Violita hanya menerima pekerjaan yang mengedepankan konten-konten positif dan berkualitas. Hal ini menurutnya sejalan dengan tagline blognya yakni “Nashhah” yang berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti: mengajak kepada kebaikan. Nova Violita memang sangat menghindari postingan yang berbau-bau pro dan kontra. Menurutnya tulisan-tulisan semacam itu hanya akan menimbulkan kericuhan dan debat sana-sini yang biasanya enggak ada ujungnya. Nova Violita memiliki alasan tersendiri mengenai hal tersebut. Menurutnya, apabila seseorang menulis sesuatu yang baik, tentu saja pasti berawal dari pikiran yang baik. Dengan terus menulis konten positif yang mengajak kepada kebaikan, harapannya tulisan tersebut dapat menjadi self reminder bagi dirinya sendiri untuk selalu berbenah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Wah, keren ya konsistensi seorang Nova Violita untuk hanya posting konten positif yng mengajak kepada kebaikan? Penasaran mau mengenalnya secara lebih pribadi? Untuk sharing tentang karya sastra atau mau sharing mengenai hal yang lebih personal, seperti penantian akan kehamilan atau kelahiran buah hati, barangkali? Nova Violita dengan senang hati akan berbagi dengan teman-teman semua. Nova Violita dapat dikontak melalui:

  • Facebook: Nova Violita (www.facebook.com/novanovili)
  • Twitter: @novanovili
  • Instgram: @nova_violita
  • Blog: www.novanovili.com

Selamat berkenalan dengan Nova Violita, ya!

Depok, 15 November 2016

April Hamsa

42 Comments

  1. Mbak Nova, aku juga suka puisi loh
    Heheh
    Tapi aku bikin puisi biasanya pas galau, tp ggtahu harus cerita gimana, cerita di blig terlalu vulgar, yaudah bikin puisi dan itu berasa kayak teka teki yg penuh dg pesan

  2. Katering Solo

    Puitis sekali yak, jadi terharu

    Orang orang yang puitis sih biasanya kalem, tetapi sekali menulis puisi, wuih, maknanya dalam sekali…

    Saluuut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *