Blog Contest Cheria Halal Wisata Place to Visit Product Review Review & Contest Travelling

Mengunjungi Negeri Matahari Terbit yang Mempesona dengan Paket Tour Wisata Halal Jepang Cheria Wisata Tour Travel

Maciiii, tolong ambilin remote, donk!” Saya meminta anak pertama saya Maxy mengambilkan remote control televisi.

Itashimasen!” Kata Maxy sambil meneruskan main.

Yeeeeee! Ayo, donk, tolong ambilin, di sana tu!”

Itashimaseeenn!” Tapi kali ini Maxy mengambilkan remote buat saya, hahaha.

Maklum saja, dia sepertinya enggak terlalu paham arti “Itashimasen”. Tapi, dia menirukan perilaku saya yang sering ngusilin suami (ayahnya Maxy) dengan jawaban “Itashimasen” setiap kali suami minta tolong mengambilkan sesuatu. “Itashimasen” adalah kata dalam Bahasa Jepang yang berarti “I won’t do it” alias “enggak mau” aias “emoh”, hehehe.

Anak-anak saya bisa berbahasa Jepang?

“Itashimasen” sudah akrab di telinga Maxy, juga anak saya yang paling kecil, Dema. Sebab, tiap Jumat malam, “Itashimasen” selalu diucapkan berulang kali oleh seorang dokter yang kami kenal dari televisi. Dokternya cantik dan tidak pernah gagal menyembuhkan pasiennya. Yap, namanya adalah dr. Daemon Michiko, pemeran utama dalam serial Doctor X yang pada awal tahun ini masuk session keempat. Dr. Daemon Michiko selalu mengatakan “Itashimasen” setiap kali rekan-rekan maupun atasannya memintanya untuk melakukan tindakan lain di luar pekerjaan yang berhubungan dengan mengobati pasien. Jadi, intinya, anak-anak saya mengenal kata “Itashimasen” dari tayangan tersebut.

Doctor-X-p1Dorama Doctor X. Sumber: Asianwiki.

Selain Doctor X, tayangan lain pada Jumat malam yang menambah kosakata Bahasa Jepang anak-anak saya adalah Drama “Chef, Three Star School Lunch”. Drama yang menceritakan tentang seorang Chef penerima Bintang Tiga Michelin (penghargaan standar restoran terbaik) bernama Mitsuko yang dipecat dari restorannya, lalu memilih bekerja di kantin sekolah ini, mengenalkan kata “sugoi” dan “oishii” yang akhir-akhir ini sering diucapkan anak-anak saat mereka sedang makan.

Bundaaa, sugoooiii!”

Wow, oishii, desu!” Kata Maxy dan Dema.

Iya donk, Bunda yang masak!” Jawab saya menyombong. Padahal yang dimakan oleh anak-anak seringnya cuma sayur asem atau sup wortel. Saya pun tak tahu rasanya benar-benar “oishii” (enak) atau enggak di lidah mereka, hahaha.

Dorama Chef, Three Star School Lunch. Sumber: Asianwiki.

Bahasa Jepang sebenarnya tidak asing buat saya, sebab saya sempat belajar Bahasa Jepang selama satu tahun, dulu. Namun, sudah lama sekali. Jadi, jangan ditanya bagaimana Bahasa Jepang saya, ya? Masih bisa membaca Huruf Kana (Hiragana dan Katakana) saja, saya sudah alhamdulillah banget. Bisa membaca, walau seringnya enggak tahu artinya apaan. Harap, jangan bertanya pula tentang bagaimana hafalan huruf Kanji saya. Dulu saya hafal 100 Kanji (ngaku-ngaku, hihihi), lama-kelamaan nol-nya hilang semua, tinggal angka “1”. Ya, sepertinya saya cuma bisa mengenali Kanji “Yama” alias “gunung” saja, sekarang, hiks.

Menonton “Chef, Three Star School Lunch” membuat saya ingin sekali belajar Bahasa Jepang lagi. Drama ini konon katanya bagus untuk ditonton oleh mereka yang sedang mempelajari Bahasa Jepang, sebab menggunakan bahasa yang sesuai kamus banget. Saya sempat mencari-cari kursus Bahasa Jepang, bahkan kampus setingkat Diploma 3 yang kuliahnya cuma di Hari Sabtu, namun sayang, dananya masih terpakai buat yang lain. Jadi, sementara belajar Bahasa Jepang-nya pending dulu. Tak apa, sementara ini saya akan mengingat-ingat lagi pelajaran Bahasa Jepang yang pernah saya pelajari dahulu sambil terus menonton dorama di Channel Waku Waku Japan 😛 .

Jepang yang membuat saya terpesona

Tak dapat dipungkiri, saya adalah salah seorang yang terpesona dengan Jepang. Negara jepang memang luar biasa, baik dari sisi keindahan alamnya, karakter dan etos kerja penduduknya, serta penemuan teknologi paling mutakhir. Memang layak, jika negara ini disebut Negeri Matahari Terbit. For your information (FYI) sebenarnya Julukan Negeri Matahari Terbit didapatkan oleh Jepang pada saat Kaisar Jepang mulai berkorespondensi dengan Raja dari Dinasti Sui di Tiongkok (Cina). Kalau kita berada di Cina, posisi Negara Jepang berada di sebelah Timur. Jadi pada jaman itu, saat matahari terbit di Cina, seolah-olah memang asal sinarnya dari Negara Jepang. Kalau jaman sekarang, in my opinion sepertinya julukan Negeri Matahari Terbit masih tepat juga untuk Jepang, sebab Jepang menjadi kiblat teknologi modern. Seolah-olah teknologi tersebut memberi harapan baru kepada penduduk dunia, sama halnya seperti kita bangun tidur dengan semangat baru pada saat matahari telah terbit.

Pertanyaan yang sering mampir dalam benak saya, “Mengapa Jepang bisa sedemikian maju? Padahal, hampir bersamaan dengan negara kita merdeka, Jepang hancur luluh lantak karena serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki (1945)?” Dari membaca beberapa literatur, saya mengetahui, katanya sih, Jepang bisa cepat bangkit karena hal yang pertama kali dibangun oleh Pemerintah Jepang setelah mereka mengalami kehancuran adalah pendidikan, terutama pendidikan karakternya.

Soal karakter ini, saya pernah berkesempatan mengunjungi salah satu sekolah dimana anak-anak ekspatriat Jepang (setingkat Sekolah Dasar) bersekolah dekat rumah ibu saya di Surabaya, dulu. Saya enggak sendirian, sih, melainkan bersama beberapa teman. Saat itu, kami diajak melihat-lihat bangunan sekolahnya. Ruangan kelasnya bersih dan rapi. Beberapa teman-teman saya sempat bercanda mengomentari bangku (meja) kelas yang enggak ada lacinya.

Wah, enggak ada lacinya, rek. Enggak bisa ngerpek, donk!” (Wah, kok tidak ada lacinya. Tidak bisa nyontek/ curang, donk).

Hahaha, dasaaarrr! Emangnya, Kamu, tukang ngerpek!”

Oh iya, saat masuk kelas, kami diwajibkan mengganti sepatu dengan sandal berwarna putih. Cara meletakkan sepatu pun diatur sedemikian rupa. Ujung sepatu harus ke arah luar, jadi saat kami keluar ruangan bisa cepat memasukkan kaki ke sepatu. Hal ini menunjukkan bahwa Nihonjin alias Orang Jepang sangat ingin bergerak cepat dan menghargai waktu. Anak-anak yang bersekolah di sana pun terlihat sangat terbiasa mengantri. Terbukti saat kami bermain bersama di lapangan sekolahnya, mereka dengan sabar mengantri untuk mendapatkan operan bola, sementara saya dan teman-teman berebut bola demi bisa main dan berinteraksi sama anak Jepang (hahaha, emang malu-maluin, sih, tapi seru 😛 ).

800px-Head,_Shoulders,_Knees_and_ToesAnak-anak di Jepang telah diajari disiplin sejak dini. Sumber: Wikipedia.

Pesona Jepang yang semacam itu membuat saya tertarik mempelajari bahasa dan budayanya lebih lanjut, serta tentu saja memiliki keinginan untuk melihat Jepang secara langsung, tak melulu menontonnya di televisi. Keinginan saya belajar bahasa dan mengunjungi Jepang juga didukung oleh suami. Apalagi, suami juga bercita-cita mengambil program sertifikasi jaringan komputer Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE), dimana salah satu provider penyelenggaranya yang paling dekat dengan Indonesia adalah di Tokyo, Jepang. Jepang menjadi jujugan banyak orang yang mengincar sertifikasi CCIE sebab jaraknya lebih dekat, approval visa katanya lebih mudah, dan tiket pesawat masih terjangkau. Kata suami, nanti kalau saya sudah lancar berbahasa Bahasa Jepang, pas dananya sudah terkumpul buat ujian, jadi bisa pergi ke sana bersama-sama sekeluarga dan saya bisa jadi “guide” selama di sana. Ya, moga-moga bisa, ya, aamiin 😀 .

Tak khawatir lagi pergi ke Jepang karena Paket Tour Wisata Halal Jepang

Awalnya, saya sebenarnya masih ragu kalau pergi ke Jepang sekeluarga. Sebab, Jepang kan mayoritas penduduknya bukan muslim sebagaimana di Indonesia. Saya berpikir, pasti akan susah sekali menemukan makanan halal selama di sana. Apalagi kalau membawa anak-anak, pasti ribet, urusannya. Kalau, kita, orang dewasa yang bepergian, saat enggak nemu makanan halal, masih bisa ditahan rasa laparnya. Nah, kalau anak-anak, gimana? Sebab, menemukan makanan halal di negara dengan minoritas Muslim biasanya susah. Tak hanya makanan yang mengandung pork saja yang haram, terhadap cake, roti, dan cemilan yang dijual di toko-toko kue pun seorang Muslim harus berhati-hati. Khawatir, ada campuran bahan bakunya yang enggak halal, seperti alkohol atau gelatin dari babi.

Namun, kekhawatiran semacam itu sekarang sudah enggak ada lagi. Beberapa waktu lalu, ada seorang teman yang menceritakan kalau sekarang sudah banyak Paket Tour Wisata Halal Jepang yang diselengarakan oleh Perusahaan Tour dan Travel di Indonesia. Cerita teman saya tersebut menarik perhatian saya, maklum saya kudet soal ini sebab belum pernah traveling dengan jasa Perusahaan Tour dan Travel.

Kemudian, saya mencoba gugling mengenai Paket Tour Wisata Halal khususnya dengan destinasi ke Jepang ini. Ternyata, selama tiga tahun terakhir, trend wisatawan Muslim mengunjungi negara yang penduduk Muslimnya merupakan minoritas, seperti Jepang, makin bertambah banyak. Hal tersebut, membuat beberapa Perusahaan Tour dan Travel di Indonesia berpikir kreatif untuk membuat Paket Tour Wisata Halal. Sesuai namanya, Paket Tour Wisata Halal merupakan paket yang menyediakan serangkaian acara wisata dengan berbagai kriteria yang memudahkan Umat Muslim dalam beribadah dan mencari makanan yang halal. Paket Tour Wisata Halal ini katanya tidak hanya diminati oleh Umat Muslim semata, namun Non Muslim juga. Sebab, dengan Paket Tour Wisata Halal, mereka yang tidak menyukai acara entertainment/ aktivitas hiburan yang enggak halal (seperti pesta dengan sajian minuman beralkohol) bisa menikmati liburan dengan lebih tenang.

Paket Tour Wisata Halal Jepang Cheria Wisata Tour Travel

Perusahaan Tour dan Travel yang banyak direkomendasikan oleh teman-teman saya yang hobi traveling dengan menggunakan Paket Tour Wisata Halal adalah Cheria Wisata Tour Travel.

logo-cheria-travelCheria Wisata Tour Travel sedang menyelenggarakan Paket Promo 2017 Wisata Halal Jepang. Sumber: www.cheria-travel.com

Saat saya membaca website perusahaan yang berdiri sejak tahun 2012 ini, ternyata Cheria Wisata Tour Travel memiliki beberapa pilihan Paket Tour Wisata Halal Jepang (data terakhir dari website Cheria Wisata Tour Travel tahun 2017), antara lain:

Paket Tour Muslim Yokoso

“Yokoso” artinya “selamat datang”. Paket Tour yang satu ini ibaratnya memperkenalkan apa yang sudah kita kenal/ ketahui tentang Jepang. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Fuji dan wisata keliling Tokyo, di antaranya ke Tokyo Tower, Disneyland, Istana Kerajaan Jepang, serta berkeliling ke beberapa pusat perbelanjaan di Tokyo, Jepang.

Paket Tour Jepang Moshi Moshi 5 Hari

“Moshi moshi” artinya “hallo hallo”, Nihonjin kalau menerima telepon biasanya mengucapkan kata itu. Kalau Paket Tour yang satu ini direkomendasikan untuk traveling bersama anggota keluarga. Seperti nama paketnya, tour ini akan berlangsung lima hari lamanya. Start dari Haneda, wisatawan akan diajak langsung melihat keindahan Gunung Fuji. Kemudian, hari-hari berikutnya wisatatawan akan dapat menikmati keindahan Kota Kawaguchi, Yokohama, serta Tokyo.

Paket Tour Jepang Beauty 7 hari

Paket Tour ini lebih lama dari sekedar say “hallo hallo” ke Negara Jepang. Wisatatawan akan diajak menikmati keindahan Jepang selama tujuh hari lamanya.

Paket Tour Jepang Ohayou

“Ohayou” dapat diartikan “selamat pagi”. Paket Tour yang satu ini akan berlangsung selama lima malam tujuh hari lamanya. Itinerary-nya adalah Kota Osaka, Kyoto, Toyohashu, Gunung Fuji, Kawaguchi, dan tak ketinggalan, Tokyo.

Paket Tour Jepang Aishiteru

“Aishiteru” artinya “cinta”. Dengan Paket Tour yang berlangsung selama lima malam tujuh hari ini wisatawan diharapkan benar-benar jatuh cinta kepada Jepang, apalagi setelah diperlihatkan tempat-tempat wisata menarik, seperti: Osaka Castle, Kiyomizu Temple, serta Gunung Fuji.

Paket Tour Jepang Happy Tokyo

Paket Tour ini akan memakan waktu tiga malam lima hari. Setelah berangkat bersama-sama dari Jakarta, wisatawan akan turun di Bandara Narita. Lalu, akan dipandu mengunjungi Gunung Fuji. Hari ketiga akan menjadi Tokyo Free Time, dimana wisatawan bebas jalan-jalan mengelilingi Kota Tokyo.

Paket Wisata Jepan Wonderful Hokkaido

Paket Wisata ini berlangsung selama delapan hari. Itinerary-nya antara lain Tokyo, Haneda, Hakodate, Lake Toya, Ainu Village, Sapporo, Otaru, serta Chitose.

Paket Wisata Jepang Korea 8 Hari

Paket wisata ini recommended banget buat yang ingin mengunjungi negaranya Mbak Oshin sekaligus negaranya Mas Goblin 😀 .

Paket Wisata Jepang Tokyo Osaka Hanamatsu

Paket wisata ini menyajikan keindahan Gunung Fuji, Kiyomizudera Temple, serta Cruise di Ashinoko Lake. Cocok buat liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Paket Liburan Jepang Hokkaido

Paket liburan ini katanya termasuk murce alias murah dan bikin ceria. Itinerary-nya Sapporo, Otaru dan Tokyo.

Paket Jepang Liburan Sekolah

Paket liburan ini cocok buat keluarga yang ingin mengajak anak-anaknya liburan ke Jepang selama liburan sekolah. Tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi dalam paket ini antara lain: Tokyo Disneysea, Joypolis Sega, Tokyo Disneyland, Pertokoan Ginza, Sanrio Puroland, Gotemba Premium Factory Outlet, Fujikyu Higland, Toei Uzumasa Eigamura, Kaiyukan Aquarium, Universal Studio Japan. Pokoknya tempat-tempat seru tempat anak-anak akan dimanjakan oleh petulangan-petualangan baru selama liburan sekolah.

Paket Liburan Kyushu Nagasaki Kumamoto Kagoshima

Mau mengunjungi jejak bom atom yang pernah meluluhlantakkan Jepang? Ambillah paket wisata yang satu ini. Sebab salah satu itinerary-nya, wisatawan akan dibawa mengunjungi Atomic Bomb Museum di Nagasaki. Selain itu, wisatawan juga akan diajak menikmati experience berupa Hot Sand Bathing dan mengunjungi Blood Pool Hell or Chinoike Jigoku (suhu airnya sangat panas).

Paket Liburan Jepang Sapporo

Paket liburan ini akan berlangsung selama tujuh hari enam malam mengelilingi Kota Sapporo. Itinerary-nya antara lain: Sapporo Clock Tower, Sapporo Factory, Hakodate, Niseko Ski Resort, dan destinasi menarik lainnya di Sapporo.

Paket Tour Japan Wonderful + Yokohama

Paket Tour yang berlangsung selama sembilan hari ini akan membawa wisatawan berkeliling Kota Tokyo. Tak hanya itu, wisatawan akan dibuat terkesan dengan tour keliling Kyoto. Setelah sebelumnya dimanjakan dengan keindahan alam Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko.

Wah, ternyata Paket Tour Wisata Halal Jepang-nya lengkap sekali. Tak salah memang kalau Cheria Wisata Tour Travel mengklaim dirinya sebagai Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia”. Hmmm, kalau saya diminta untuk memilih salah satu Paket Tour Wisata Halal Jepang dalam waktu dekat, sepertinya saya akan memilih Paket Tour Japan Wonderful + Yokohama. Alasannya, supaya puas selama di Jepang. Nantinya saya dapat melihat Tokyo yang modern, tapi sekaligus juga bisa menikmati Kyoto yang kental dengan nuansa budaya tradisional Jepang.

Tempat-tempat yang saya ingin lihat di Tokyo, adalah:

Tokyo Tower

393px-Tokyo_Tower_M4854Tokyo Tower. Sumber: Wikipedia.

Layaknya berfoto dengan latar belakang Monas kalau di Jakarta atau Petronas jika ke Malaysia, nah, “hukumnya wajib” buat selfie dengan latar belakang Tokyo Tower. Tokyo Tower merupakan sebuah menara yang berdiri di Taman Shiba, Tokyo, Jepang. Fungsi utama menara ini sebenarnya sebagai menara antena pemancar siaran televisi dan radio, namun lama-kelamaan justru dikenal sebagai icon Kota Tokyo, bahkan jadi jujugan wisatawan.

Disneyland dan Disneysea

800px-Tokyo_DisneySea_200610Disneyland (atas) dan Disneysea (bawah). Sumber: Wikipedia.

Saya ingin berangkat ke Jepang dengan suami dan anak-anak saya. Kalau membawa anak-anak, wajib hukumnya ke Disneyland dan Disneysea. Di Disneyland dan Disneysea, anak-anak akan bersenang-senang dengan wahana yang ada dan saya berharap mereka akan terinspirasi untuk memiliki dan mewujudkan mimpi yang sama tingginya dengan mimpi pendiri Disney dulu.

Sedangkan di Kyoto saya ingin sekali mengunjungi:

Kiyomizu Temple

Kiyomizu Temple. Sumber: Wikipedia.

Kiyomizu Temple merupakan tempat paling wajib dikunjungi apabila ke Kyoto. Kuil ini merupakan Kuil Budha yang dibangun pada tahun 798 M dan telah 10 kali mengalami pemugaran karena perang, rusak, terbakar, serta bencana alam. Meski demikian, kuil ini masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Heian Shrine

heianHeian Shrine. Sumber: Wikipedia.

Kuil Heian adalah kuil yang dibangun untuk menghormati dua Kaisar Jepang, yakni Kaisar Kanmu (Kaisar yang memindahkan Ibu Kota Jepang dari Nara ke Kyoto) dan Kaisar Komei (Kaisar terakhir pada Jaman Heian. FYI, Heian adalah masa sebelum jaman Edo).

Wah, kebetulan sekali Paket Tour Wisata Halal Jepang yang diselenggarakan oleh Cheria Wisata Tour Travel mengakomodirnya dalam satu Paket Tour. Sekarang, mulai nabung-nabung dulu supaya dalam waktu dekat bisa ke sana, hehehe.

Sumber: YouTube Channel Cheria Wisata Tour Travel.

Makin yakin memilih Paket Tour Wisata Halal Jepang Cheria Wisata Tour Travel

Karena saya naksir sama salah satu Paket Tour Wisata Halal Jepang Cheria Wisata Tour Travel, saya jadi semakin yakin untuk mempercayakan liburan keluarga saya kepada perusahaan Tour dan Travel ini. Selain itu, perusahaan yang berpusat di Jakarta ini terbukti telah memiliki track record yang baik. Beberapa buktinya antara lain:

Memiliki legalitas yang jelas.

Legalitas yang dimiliki oleh Cheria Wisata Tour Travel antara lain:

  • TDP 36/2014 Tanggal 7 Januari 2013 Dinas Pariwisata DKI Jakarta.
  • Member International Air Transport Assosciation (IATA) dengan Nomor 15314132.
  • Izin Penyelenggara Ibadah Haji Khusus Madinah Iman Wisata Nomor 118 Tahun 2015.
  • Izin Umroh Madinah Iman Wisata Nomor D/70/2015.
  • Cabang Resmi Madinah Iman Jakarta.

Menurut saya legalitas perusahaan adalah yang paling penting, supaya kita memiliki jaminan bahwa perusahaan ini bukan perusahaan Tour dan Travel abal-abal.

Layanan yang disediakan sangat lengkap untuk Paket Tour Muslim.

Meliputi: menyediakan tiket, hotel, visa, serta kebutuhan perjalanan lainnya, baik untuk kebutuhan personal ataupun grup.

Berkomitmen memenuhi kebutuhan Umat Muslim.

Baik perjalanan ibadah maupun perjalanan ke negeri yang minoritas Muslim, Cheria Wisata Tour Travel berkomitmen untuk menyediakan menu dan wisata/ hiburan yang halal.

Berkomitmen dengan pelayanan terbaik.

Cheria Wisata Tour Travel berkomitmen menyediakan harga bersaing termasuk garansi kepuasan bagi wisatatawan yang mempercayakan liburannya kepada perusahaan ini.

Berpengalaman dengan perjalanan wisata rohani maupun wisata halal.

Cheria Wisata Tour Travel telah melayani ribuan wisatawan sejak tahun 2012 dan telah banyak mendapat testimoni positif untuk pelayanannya. Testimoninya dapat teman-teman baca di sini.

Bagaimana teman-teman? Apa berminat juga mempercayakan rencana liburan keluarganya ke Jepang kepada Cheria Wisata Tour Travel, seperti saya? Kalau mau mencari info Paket Wisata Halal Cheria Wisata Tour Travel teman-teman bisa mengunjungi website-nya:

  • www.cheria-travel.com
  • www.cheria.co.id

Atau teman-teman juga dapat mengunjungi langsung Kantor Pusat Cheria Wisata Tour Travel di:

  • Alamat: Gedung Twink Lt. 3,Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790
    Telepon : 021 – 7900 201 / 021-700 216 (Hunting)
    Fax : 021-7918 2408
    Email : info@cheria-travel.com

Selamat berburu informasi mengenai Paket Wisata Tour Halal ke Jepang ataupun ke negara-negara lainnya dari Cheria Wisata Tour Travel! 🙂

April Hamsa

Artikel ini saya ikutkan dalam Lomba Menulis Artikel Kreatif Pulau Derawan yang diselenggarakan oleh Cheria Wisata Tour Travel.

Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

Sumber referensi tulisan:

  • www.cheria-travel.com
  • wikipedia.com
  • asianwiki.com

77 Comments

  1. Amir Mahmud 18 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  2. Mirna Kei Rahardjo 18 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  3. Fika 18 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  4. Rach Alida Bahaweres 18 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  5. Dian Ravi 19 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  6. Lia Harahap 19 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  7. Winda Carmelita 19 Januari, 2017
  8. Okti 19 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  9. ophi ziadah 19 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  10. yervi hesna 19 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  11. Nurul Fitri Fatkhani 19 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
      • Nurul Fitri Fatkhani 20 Januari, 2017
  12. vika 20 Januari, 2017
    • April Hamsa 20 Januari, 2017
  13. Rindang 20 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  14. Pertiwi Yuliana 20 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  15. Perempuan November 20 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  16. Wahyu Widyaningrum 20 Januari, 2017
  17. citra 20 Januari, 2017
  18. Murni Rosa 20 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  19. Ayana Henna 20 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  20. Liswanti Pertiwi 20 Januari, 2017
  21. Sandi Iswahyudi 20 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  22. Tukang Jalan Jajan 20 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  23. bena 20 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  24. Yesi Intasari 21 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  25. Rahmah Chemist 21 Januari, 2017
  26. Ajen 21 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  27. Fandhy Achmad Romadhon 21 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  28. Yulia 21 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  29. Sie-thi Nurjanah 22 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  30. Astari Bukan Raisa 22 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  31. nitalanaf 22 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  32. Omali 23 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  33. Oky Maulana 23 Januari, 2017
  34. Noni Rosliyani 24 Januari, 2017
    • April Hamsa 26 Januari, 2017
  35. kania 24 Januari, 2017
  36. Helena 24 Januari, 2017
  37. Ratu SYA 15 Februari, 2017
  38. lia djabir 5 Maret, 2017
  39. Vita Masli 21 Maret, 2017

Leave a Reply

Instagram