Pengalaman Belanja dan Bertransaksi Online dengan UANGKU

Hasil survey Kapersky Lab (developer antivirus) dan B2B International (market research company) menyatakan bahwa 26% konsumen Indonesia telah menjadi korban penipuan online. Hal tersebut berkaitan dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang mulai bergeser dari belanja dan bertransaksi melalui tatap muka langsung antara pembeli dan penjual, menjadi bertransaksi secara online. Ditambah, negara ini belum memiliki hukum maupun undang-undang yang dapat melindungi konsumen dari penipuan online. Kenyataan tersebut sebenarnya sudah cukup untuk membuat konsumen yang belanja dan bertransaksi online lebih berhati-hati. Namun, ternyata masih banyak juga konsumen yang apes tertipu.

Berkaca dari situasi semacam itu, belakangan mulai muncul trend baru untuk metode pembayaran yakni memanfaatkan aplikasi dompet digital (e-wallet). E-wallet dianggap sebagai salah satu solusi yang tepat untuk mengantikan alat pembayaran tradisional, baik itu membayar langsung dengan uang cash atau membayar dengan cara transfer via Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau i-banking. Selain itu, e-wallet dianggap sebagai alat yang tepat untuk melakukan pembayaran tanpa perlu mengungkap data rekening bank atau catatan keuangan pribadi penggunanya. User hanya perlu menggunakan aplikasi yang ada di smartphone-nya. Salah satu e-wallet yang saya kenal dan pernah saya tuliskan di artikel saya sebelumnya adalah UANGKU.

indexSebagai e-wallet, UANGKU memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Konsumen akan terhindar dari penipuan, sebab dijamin melalui Buyer Protection. Dimana apabila seller tidak mengirimkan pesanan, maka dana pembayaran akan dikembalikan 100%.
  • Proses transaksi jual beli menjadi lebih mudah dan cepat. Konsumen hanya perlu memberikan nomor handphone ke seller dan membayar sesuai jumlah yang tertera di aplikasi. Konsumen tidak perlu melakukan konfirmasi telah melakukan pembayaran sebab UANGKU sudah melakukan auto confirmation.
  • UANGKU bisa digunakan untuk belanja online dengan platform apa saja, asalkan merchant tersebut terdaftar sebagai seller di UANGKU.

Lalu, bagaimana langkah supaya bisa order dan melakukan pembayaran dengan UANGKU?

  • Pertama, tentu saja teman-teman harus download dan memasang aplikasi UANGKU di handphone/ smartphone.
  • Lalu, lakukan registrasi dengan cara mendaftarkan nomor handphone dan memasukkan Personal Identification Number (PIN).
  • Maka kita sudah bisa menggunakan UANGKU untuk belanja/ bertransaksi online.

Jangan lupa sebelumnya untuk melakukan top up dana supaya UANGKU kita bisa digunakan. Ya, iya lha, kan UANGKU ini ibarat dompet, mana ada isinya kalau enggak di-top up, kan? Hehehe. Cara top up-nya cukup gampang, ada tiga cara, yakni

1.Melalui Galeri Smartfren (Cabang Sabang dan BSD)

Nanti kita bisa meminta customer service (CS) untuk top up dan kita tinggal menyebut nomor handphone yang kita gunakan dan menyebutkan jumlah yang mau kita top up. Selanjutnya, kita tinggal membayar sejumlah top up tadi ke kasir.

2. Melalui ATM

Saat bertransaksi dengan ATM pilih “transfer” lalu masukkan kode Bank Sinarmas (153) diikuti dengan menekan 08881 + nomor handphone kita. Lalu masukkan jumlah uang yang mau kita top up.

3. Melalui mobile banking atau internet banking

Pada prinsipnya sama seperti kita top up melalui ATM. Kita masukkan kode Bank Sinarmas diikuti memasukkan 08881 + nomor handphone kita.

Nah, bagaimana, mudah bukan cara top up-nya? Dan sudah terbayang bukan, hanya dengan handphone di tangan, hidup jadi lebih praktis? Buat gambaran yang lebih real, saya akan sharing pengalaman saya belanja dan bertransaksi online dengan e-wallet UANGKU ini, ya?

Jadi, dari dulu saya ingin sekali memiliki hiasan dinding yang bagus untuk dipajang di rumah. Karena saya sudah mengenal UANGKU maka saya pun mencari seller yang menjual hiasan dinding yang dapat menerima pembayaran dengan UANGKU. Lebih mudahnya, saya membuka website UANGKU dan melihat daftar merchant online shop di sana yang menjual barang yang saya butuhkan (buka: . Ternyata, saya dapat menemukan seller tersebut di Instagram. Saya pun melihat-lihat galeri di Instagram tersebut dan kemudian menemukan hiasan dinding yang saya ingin beli. Kemudian, saya melakukan pemesanan dan mengatakan kepada seller bahwa saya akan membayar dengan aplikasi UANGKU.

4Galeri hiasan dinding di Instagram online seller yang juga merchant UANGKU.

Pertama, saya memberitahu nomor handphone saya kepada seller. Lalu, seller melakukan request payment ke aplikasi UANGKU saya. Request payment tersebut juga masuk melalui SMS ke handphone saya.

29Kemudian saya melakukan pembayaran kepada seller. Lalu, tinggal tunggu seller memproses dan mengirim pesanan.

27

28Tinggal menunggu seller memenuhi pesanan saya.

37Setelah barang dikirim, kemudian saya melakukan laporan released kepada UANGKU.

34Nanti, catatan pemasukan, pengeluaran, serta saldo kita juga akan nampak di bagian “Home”.

3

Oh iya, selain untuk belanja online, UANGKU juga bisa dipakai untuk membeli pulsa, membayar tagihan, membayar di restoran, bahkan bisa transfer uang ke teman atau keluarga. Berikut pengalaman saya membeli pulsa/ token listrik dengan UANGKU:

Pertama, saya masuk ke menu “Pay”, lalu pilih “Electricity”. Lanjut “Buy PLN Token”.

4

5Kemudian saya memasukkan nomor meteran listrik dan memilih jumlah pulsa listrik yang mau saya beli.

2Setelah itu, UANGKU meminta konfirmasi dan saya tinggal tekan “confirm”. 2

Nomor token pun saya dapatkan dan tinggal mengisi ke meteran listrik.

1Kalau mau melakukan transaksi lain yang terdapat di menu “Pay” pada prinsipnya langkah-langkahnya sama seperti itu. Gampang dan enggak ribet, kan? Kita pun mendapat jaminan terhindar dari penipuan online, sebab seller tidak akan menerima uang apabila pesanan kita tidak dikirim. Bahkan, UANGKU pun, seperti yang saya sebutkan di awal tadi, akan mengembalikan 100% uang kita.

Tertarik mencoba belanja dan bertransaksi dengan UANGKU? Tinggal download saja aplikasinya! Selamat mencoba melakukan experience sendiri dengan UANGKU, ya! 🙂

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang UANGKU, bisa melalui:

  • Website: www.uangku.co.id
  • Email: help@uangku.co.id
  • FanPage: UANGKU Indonesia (https://www.facebook.com/UANGKUID/)
  • Twitter: @UANGKUID
  • Instagram: @uangkuid
  • Telepon: 08811223344 (free toll – Smartfren only) atau 021-50100000.

Depok, 5 Januari 2016

April Hamsa

62 Comments

  1. Okti

    Duh harus install dulu aplikasinya nih. Mana yg harus dihapus ya… Secara memori di hape ini udah ga mencukupi 🙁

  2. Semoga makin banyak penjual online yang jadi merchant uangku. Kayanya enak belanja online bisa aku batasin sesuai saldo di uangku aja. Soalnya aku suka kalap sih kalo belanja online

  3. Miranti

    Waah mau juga pake, minimal jadi alternatif untuk isi pulsa & token listrik kalo sms banking ku lagi problem. Thanks infonya mba..

  4. Umar Fadil

    Wah, semakin dipermudah saja.
    Pengen coba install juga ah, belum pernah pake sih.
    Paling ngga buat beli pulsa sama token listrik dulu,

  5. Hams.. saya juga pake lho App Uangku, cuma belum pernah digunain sih.. buat jaga2 aja.. masih suka sistem pembayaran konvensional.. transfer antar bank gitu hihihihi

  6. Sering banget dapat email dari UANGKU tapi belum nyoba aplikasinya 😂

    Btw keren juga ya ada seller dari Instagram juga, kalau e-wallet lain kan biasanya cuma ecommerce besar aja yang terdaftar..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *