Marriage Tips Product Review Review & Contest Tips & Opinion

7 Peralatan Rumah Tangga yang Harus Dimiliki Pengantin Baru

“A happy marriage is a new beginning of life, a new starting point for happiness and usefulness.” (Dean Stanley).

Sebelumnya, saya mau mengucapkan selamat kepada teman-teman yang telah menemukan artikel ini. Selamat karena telah berhasil menyatukan hati dalam ikatan cinta, sehingga bisa merasakan kebahagian, sebagaimana yang dirasakan oleh pasangan Mbak Raisa dan Babang Hamish atau Mbak Bella dan Mas Emran. Semoga pernikahannya sakinah, mawaddha, warahmah yaaa… aamiin.

Pernikahan merupakan a new beginning of life.

Balik ke quote yang saya tulis di awal saya memulai artikel ini, teman-teman pasti sudah paham bukan bahwa pernikahan bukanlah sebuah ending? Justru, pernikahan merupakan awal bagi dua orang memulai hidup baru.

Aih, saya jadi teringat masa-masa saat jadi pengantin baru dulu, benar-benar semuanya baru. Termasuk di antaranya pindah ke tempat baru. Kalau pengantin baru pindah ke tempat baru, sudah pasti membutuhkan peralatan rumah tangga untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari.

Apa saja sih peralatan rumah tangga yang harus dimiliki oleh pengantin baru? Tentu saja banyak ya kalau mau diturutin semua. Namun, bagi pasangan yang baru saja memulai kehidupan rumah tangganya, apalagi jika dananya terbatas, sebaiknya memiliki prioritas dalam memilih peralatan rumah tangga.

Berikut adalah tujuh peralatan rumah tangga yang menurut saya harus diprioritaskan untuk dimiliki oleh pengantin baru pada saat memulai kehidupan rumah tangganya:

Kompor Gas

Yaelah, kenapa mesti kompor gas, sih? Mengapa kompor gas penting, kan saya enggak bisa memasak?”

Hahaha, saya banget saat awal-awal menikah, enggak bisa masak. Suami saya malah lebih jago masak dan hafal segala bumbu dapur, karena dulu dia anak kos. Sedangkan saya, masuk dapur aja males (Jangan ditiru ya? Eh, tapi saya meyakini teman-teman yang membaca tulisan ini pasti pinter masak semua 🙂 ).

Kompor gas untuk belajar memasak.

Meski enggak bisa masak, tapi dulu kompor gas tetap menjadi prioritas peralatan rumah tangga yang harus ada di rumah. Minimal, buat masak air panas buat mandi lha, hehe.

Percayalah, biasanya seseorang yang sudah menikah, terutama yang sudah berubah status menjadi seorang istri, pasti akan tertarik masuk dapur. Ada yang tujuannya supaya ngirit, daripada beli makanan melulu di luar rumah. Kan mahal? Ada pula yang belajar masak karena ingin menyenangkan hati suami.

Sepanjang pengalaman saya berumah tangga selama ini, para suami tuh pasti akan tetap memakan masakan istrinya kok. Yaaaa, meski seringnya rasanya kayaknya enggak karu-karuan :P. Percayalah, akan ada waktu dimana para suami memuji,

Masakanmu sekarang makin enak, ya? Enggak kayak dulu.”

Emang, dulu gimana rasanya?”

Sering keasinan.”

Hahaha!

Peralatan memasak, makan, dan minum

Kalau sudah ada kompor gas, penting sekali bagi pasangan pengantin baru memiliki peralatan memasak. Peralatan memasak yang minimal harus dimiliki seperti panci, wajan, sutil, pisau, dan alat penanak nasi seperti rice cooker dan/ atau magic jar.

Peralatan memasak minimal panci harus punya.

Tujuannya supaya teman-teman mudah kalau mau belajar memasak. Juga, supaya mudah kalau mau menyiapkan makanan untuk pasangan atau keluarga kecilnya.

Jangan lupa pula untuk membeli peralatan makan dan minum, seperti piring, sendok, garpu, dan gelas. Dulu, saat awal-awal berumah tangga, saya langsung membeli peralatan makan dan minum, masing-masing selusin. Kalau ada tamu seperti kerabat atau teman yang berkunjung, peralatan makan dan minum tersebut memudahkan kami untuk menyuguhkan sajian.

Meski tidak banyak, perlengkapan makan juga harus punya.

Kulkas

Peralatan rumah tangga seperti kulkas juga sangat penting dimiliki oleh pengantin baru. Supaya pengantin baru bisa menyimpan persediaan makanan dan minuman dengan lebih awet. Jika persediaan makanan dan minuman awet maka anggaran untuk keperluan belanja kebutuhan konsumsi rumah tangga pun akan berkurang. Sehingga, dana yang ada bisa dialihkan ke tabungan untuk membeli rumah atau kendaraan, misalnya.

Kulkas untuk menyimpan bahan makanan.

Oh ya, saran saya, berdasarkan pengalaman pribadi, sebaiknya langsung saja beli kulkas yang bagian freezer-nya terpisah dari chiller. Minimal kulkas dua pintu lha. Alasannya, supaya nanti kalau punya bayi, kebutuhan bayinya seperti ASI Perah atau MPASI bayi bisa disimpan di freezer agar lebih terjaga kesegarannya.

Menurut pengalaman saya sendiri, dulu saya salah beli kulkas satu pintu. Begitu punya bayi, kebingungan ganti kulkas deh jadi dua pintu. Lumayan agak repot menjual barang-barang elektronik seperti kulkas. Untungnya, saat itu orang ada yang mau membeli. Jadi, saran saya, langsung beli kulkas minimal yang dua pintu itu, ya, teman-teman 😀 .

Lemari

Pengantin baru membutuhkan lemari untuk menyimpan pakaian dan barang-barang berharganya. Keberadaan lemari juga akan membuat rumah menjadi lebih rapi, karena pakaian dan barang-barang bisa tersimpan rapi pada tempatnya.

Lemari untuk menyimpan barang-barang.

Pernah baca artikel, katanya sih, rumah yang rapi akan membawa energi positif bagi orang yang menghuninya. Energi positif semacam itu katanya menarik rezeki dan membuat hubungan langgeng.

Hmmm, logikanya mungkin kalau rumah rapi, penghuninya enggak perlu uring-uringan saat beberes rumah kali ya? Jadi ya energinya akan positif terus karena waktu dan tenaga untuk membersihkan rumah lebih sedikit yang dipakai. Sehingga, waktu dan tenaga itu bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas lain.

Kasur

Urusan kasur ini juga penting banget lho buat pengantin baru. Tujuannya, selain buat beristirahat, juga bisa untuk saling mengakrabkan suami dan istri. Harapannya, kalau suami istri sudah enggak canggung lagi, istrinya bisa lekas hamil. Hallah, ini ngobrolin apa to ya? 😀

Kasur untuk istirahat.

Pokoknya, kasur penting ya teman-teman. Enggak perlu memaksakan punya kasur spring bed yang harganya mahal, tapi pastikan kasur tersebut nyaman dan mudah dibersihkan. Soalnya, emang kasur ini kebutuhan penting untuk menunjang kesehatan fisik pasangan suami istri. Jangan lupa juga, untuk membeli sprei dan sarung bantal guling supaya kasurnya terlihat rapi dan nyaman ditiduri.

Peralatan Bersih-bersih

Supaya bisa mendukung kebersihan dan kerapian rumah, peralatan rumah tangga yang juga dibutuhkan adalah peralatan bersih-bersih. Minimal yang harus dimiliki oleh pasangan pengantin baru tuh seperti sapu, pel, dan kain lap.

Peralatan bersih-bersih untuk menjaga kebersihan rumah.

Mesin cuci

Sudah enggak perlu saya jelaskan lagi fungsinya, mengapa mesin cuci penting. Mesin cuci, tentu saja akan memudahkan pasangan pengantin baru membersihkan pakaiannya. Kenapa enggak ngelaundry aja? Hemat saya sih, kalau mencuci sendiri lebih murah. Lagi-lagi larinya ke perencanaan anggaran. Dananya bisa dialihkan untuk kebutuhan lain.

Mesin cuci untuk menjaga kebersihan pakaian.

Trus, menurut opini saya, sebaiknya beli mesin cuci yang biasa aja, yang dua tabung itu lho. Lagi-lagi alasannya buat kebutuhan kalau sudah punya bayi nanti. Biasanya kan kalau mencuci popok bayi dikucek pakai tangan, nah dengan mesin cuci dua tabung, maka teman-teman bisa mengeringkannya langsung dengan tabung pengering.

Soalnya, dulu saya salah beli mesin cuci. Belinya yang satu tabung, dimana kalau mau mengeringkan saja enggak bisa. Harus melalui tahap penyucian dulu. Eh, tapi saya kurang paham ya dengan model mesin cuci zaman sekarang. Bisa jadi, sekarang udah ada mesin cuci satu tabung yang bisa di-setting untuk mengeringkan saja. Coba cek dulu, deh! 😀

Nah, itulah teman-teman tujuh peralatan rumah tangga yang harus dimiliki oleh pasangan pengantin baru. InsyaAllah, dengan memprioritaskan memiliki barang-barang tersebut, maka kehidupan rumah tangga teman-teman akan bisa berjalan dengan baik.

Namun, jangan lupa ya, sebelum membeli segala macam peralatan rumah tangga tersebut, saran saya pastikan untuk menyiapkan anggaran dan mengecek harga peralatan rumah tangga terbaru Pastikan juga kalau teman-teman mendapatkan kebutuhan peralatan rumah tangganya dengan harga terbaik di toko atau tempat yang recommended. Terakhir, pastikan kalau peralatan rumah tangga yang kita beli tuh barangnya bagus dan awet.

Sekali lagi, selamat menempuh hidup baru yaaa…

April Hamsa

25 Comments

  1. Alma Wahdie 20 September, 2017
    • April Hamsa 22 September, 2017
  2. Mei Wulandari 20 September, 2017
    • April Hamsa 22 September, 2017
  3. Eni martini 20 September, 2017
    • April Hamsa 22 September, 2017
  4. andyhardiyanti 20 September, 2017
    • April Hamsa 22 September, 2017
  5. Rach Alida Bahaweres 20 September, 2017
    • April Hamsa 22 September, 2017
  6. Doni Nurdiansyah 20 September, 2017
    • April Hamsa 22 September, 2017
  7. mpo ratne 20 September, 2017
  8. elva susanti 20 September, 2017
  9. Nova Violita 20 September, 2017
    • April Hamsa 22 September, 2017
  10. Indah Nuria Savitri 21 September, 2017
  11. cputriarty 22 September, 2017
    • April Hamsa 22 September, 2017
  12. noriko 26 September, 2017
  13. eni rahayu 28 September, 2017
  14. lendyagasshi 30 September, 2017

Leave a Reply

Instagram