Advertorial Health Kids Health Product Review Review & Contest

Mengatasi Gangguan Pencernaan dengan Probiotik BioPlus

Gangguan pencernaan merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dianggap remeh. Padahal, apabila ada satu saja organ pencernaan yang bermasalah, maka biasanya dapat mempengaruhi fungsi organ-organ pencernaan yang lain. Selain itu, banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya gangguan pencernaan bisa menjadi awal dari penyakit yang lebih serius.

2

Berbagai macam gangguan pencernaan yang sering dianggap tidak serius, antara lain seperti perut kembung, diare, dan sembelit. Sebenarnya, perut kembung jika dibiarkan bisa menyebabkan gangguan fungsi pankreas. Sedangkan, sembelit bisa membuat kotoran mengeras dan jika terjadi terus-menerus bisa menimbulkan penyakit serius seperti sumbatan pada usus atau kanker kolon. Begitu pula dengan diare, jika tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan dehidrasi dan radang usus. Ngeri, bukan? Maka, sebaiknya, jangan lagi meremehkan masalah yang terjadi pada sistem pencernaan kita.

Cara menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sistem pencernaan manusia terbagi menjadi dua, yakni saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan. Organ-organ yang termasuk saluran pencernaan adalah mulut, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Sedangkan organ pencernaan tambahan seperti gigi, lidah, kantung empedu, pankreas, kelenjar ludah, dan hati.Β 

anatomy-160524_960_720Dalam saluran pencernaan terdapat lebih dari 100 triliun spesies bakteri. Tidak semua bakteri di dalam saluran pencernaan merupakan bakteri jahat, ada pula bakteri baik. Fungsi dari bakteri baik adalah untuk:

  • Membantu proses pembusukan sisa-sisa makanan.
  • Memproduksi vitamin.
  • Melancarkan metabolisme tubuh.
  • Meningkatkan imunitas tubuh.
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan.
  • Mencegah kanker usus besar.

Jumlah bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sebesar 80-90% dari keseluruhan bakteri yang harus ada dalam saluran pencernaan. Sedangkan bakteri buruk, sebaiknya dijaga supaya jumlahnya tidak lebih dari 10-20% dalam saluran pencernaan. Jika jumlah bakteri-bakteri tersebut tetap sebanyak itu dalam saluran pencernaan, maka otomatis sistem pencernaan kita akan selalu sehat. Oleh karena itu, keseimbangan antara bakteri baik dan jahat dalam saluran pencernaan tersebut perlu kita jaga. Jangan sampai, jumlah bakteri jahat jauh melebihi bakteri baik.

Lalu, bagaimana supaya kita bisa mempertahankan jumlah ideal dari bakteri-bakteri tersebut? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, antara lain:

Mengkonsumsi makanan prebiotik

Prebiotik adalah jenis makanan yang merupakan bentuk kompleks dari turunan karbohidrat. Biasanya berupa makanan dengan banyak serat yang lebih sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Prebiotik ini memiliki fungsi dapat dapat memberikan nutrisi yang sangat baik untuk bakteri dalam saluran pencernaan. Sehingga, bakteri dalam tubuh pun bisa bermetabolisme. Makanan yang mengandung prebiotik contohnya oat, pisang, buah berry, asparagus, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya.

Menghindari makanan olahan

Makanan olahan adalah makanan yang telah diubah dari keadaan alaminya melalui berbagai proses pengolahan. Misalnya, makanan cepat saji, makanan yang dibekukan, minuman bersoda, jus buah kalengan, daging olahan seperti sosis dan nugget, keripik, dan lain-lain. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan bisa membunuh bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Membatasi konsumsi antibiotik

Antibiotika merupakan segolongan molekul, baik alami maupun sintetik, yang bisa menghentikan proses infeksi oleh bakteri. Antibiotika pada kehidupan modern seperti sekarang ini tidak hanya berupa obat, melainkan juga dapat kita temukan dalam bahan makanan, seperti daging sapi atau ayam yang telah disuntik oleh antibiotika. Jadi, sebaiknya berhati-hati dalam membeli bahan-bahan makanan, ya!

Mengkonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup yang memberikan efek baik kepada organisme lain atau inang yang ditempatinya. Biasanya hidup pada suatu produk makanan/ minuman atau suplemen. Bakteri ini memiliki banyak manfat bagi sistem pencernaan, sebab dapat membantu menyeimbangkan bakteri-bakteri baik dan jahat. Makanan yang mengandung probiotik misalnya sayuran yang difermentasi, seperti kimchi dan acar. Sedangkan minuman/ suplemen contohnya seperti sari kacang kedelai, yoghurt, dan lain-lain.

Biasanya, yoghurt, sari kedelai, atau kimchi dijual di minimarket/ supermarket di dalam rak berpendingin. Namun, biasanya saat membeli makanan dan minuman tersebut di minimarket/ supermarket, kita tidak langsung mengkonsumsinya di tempat. Melainkan dibawa pulang dulu ke rumah. Selama dalam perjalanan ke rumah, makanan/ minuman tidak disimpan dalam suhu yang sesuai sehingga suhunya meningkat. Selain itu, makanan/ minuman itu juga berisiko terkena paparan sinar matahari. Padahal, makanan/ minuman yang mengandung probiotik seharusnya selalu disimpan di dalam suhu yang sesuai, yakni di bawah suhu 10 derajat Celcius.

Bakteri probiotik ini sangat mudah dipengaruhi oleh suhu. Apabila suhu makanan/ minuman tidak sesuai maka dapat membunuh kandungan probiotik di dalamnya. Huuufftt, kesal bukan? Sudah beli mahal-mahal dan mengkonsumsinya, ternyata kandungan probiotiknya sudah mati. Akibatnya, makanan/ minuman tersebut malah berubah menjadi asam dan membunuh bakteri baik saat kita konsumsi πŸ™ .

BioPlus, probiotik untuk menjaga bakteri baik

Lalu, bagaimana cara yang benar mengkonsumsi probiotik supaya tubuh kita benar-benar memperoleh manfaatnya? Salah satu cara yang mudah adalah dengan meminum suplemen probiotik. Namun, bukan sembarang suplemen, melainkan suplemen yang memiliki kemasan baik yang mampu menjaga hidup bakteri probiotik di dalamnya, meskipun berada dalam suhu ruang (30 derajat Celcius). Suplemen tersebut adalah BioPlus. Selain tidak memerlukan lingkungan khusus untuk menjaga kandungan probiotiknya, BioPlus juga memiliki keunggulan dikemas dalam stick alumunium yang praktis dibawa, disimpan, dan dikonsumsi.

1Suplemen BioPlus adalah produk dari CNI. CNI adalah salah satu perusahaan yang menerapkan sistem penjualan dengan sistem Direct Selling – Multi Level Marketing (MLM) yang memasarkan produk impor dari Jepang. Produk-produk CNI sudah terkenal sebagai produk-produk yang bermutu tinggi dari segi kualitas, serta manfaatnya. Salah satunya produk BioPlus ini.

BioPlus adalah produk berbentuk serbuk yang mengandung probiotik yang dapat memelihara kesehatan fungsi sistem pencernaan. Produk ini asli diimpor dari Jepang dan sudah teruji dan tersertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP). GMP adalah sertifikasi Pharmaceutical Grade yang paling tinggi di dunia. GMP dinilai dari syarat-syarat yang harus dipenuhi secara ketat. Syarat-syarat tersebut meliputi keaslian bahan-bahan dasar, keefektifan produk, kebersihan dan fasilitas produksi, dan lain-lain. Hal tersebut menjamin bahwa BioPlus sangat aman dikonsumsi, baik oleh orang dewasa, ibu hamil, maupun anak-anak.

Kandungan BioPlus sangat isimewa sebab mengandung:

  • Tiga jenis probiotik: yakni Clostridium butyricum, Bacillus mesentericus, dan Bifidobacterium breve.
  • Oligosakarida: media untuk pertumbuhan probiotik dan bakteri lain yang menguntungkan.
  • Serat makanan: membantu fungsi pencernaan.
  • Ester C: menjaga daya tahan dan berfungsi sebagai antioksidan.
  • Vitamin B1, B2, B6: membantu metabolisme tubuh.
  • Enzim: membantu proses pencernaan.

BioPlus sangat cocok dikonsumsi secara rutin oleh orang-orang memiliki masalah gangguan pencernaan, seperti:

  • Perut kembung, kotoran berbau busuk, sering sembelit, sering diare.
  • Orang lanjut usia yang sering diare.
  • Ibu hamil yang sering sembelit.
  • Perokok, peminum alkohol, pengguna obat-obatan/ antibiotika.
  • Orang yang sering bepergian atau melakukan perjalanan jauh.
  • Orang yang memiliki tingkat stress tinggi dalam aktivitas/ pekerjaannya.

Untuk orang dewasa dianjurkan meminum dua sachet perhari, sedangkan untuk anak-anak (usia 3-12 tahun) disarankan mengkonsumsi sebanyak satu sachet perhari. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, yakni bisa langsung dikonsumsi atau dicampurkan ke air putih. Rasanya manis, seperti permen. Bagi anak-anak yang agak susah meminumnya, bisa kita campurkan BioPlus ini ke dalam susu atau es krim. Produk ini dapat dibeli di Gerai CNI dengan harga Rp. 310.000,-/ 30 stick atau Rp. 112.000,-/ 10 stick.

Dengan rutin mengkonsumsi BioPlus maka manfaat yang kita dapatkan adalah:

  • Jumah bakteri baik dalam tubuh meningkat.
  • Terhindar dari sembelit atau diare.
  • Sistem imunitas tubuh makin baik.
  • Jumlah air dan elektrolit dalam usus bisa seimbang.

Sehingga kita akan terhindar dari gangguan pencernaan.

Setelah rutin mengkonsumsi BioPlus sebaiknya imbangi pula dengan gaya hidup yang sehat, ya! Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih, makan makanan prebiotik/ berserat, olah raga rutin, makan perlahan saja jangan langsung ditelan, hindari mengkonsumsi banyak makanan manis atau pedas, jngan konsumsi minuman beralkohol, dan kurangi stress! Semoga kita semua tidak pernah mengalami gangguan pencernaan lagi, ya! πŸ™‚

April Hamsa

Sumber referensi:

  • nationalgeographic.co.id
  • geraicni.com
  • wikipedia.org

12 Comments

  1. Titis Ayuningsih 16 Februari, 2017
  2. Melinda Niswantari 16 Februari, 2017
  3. Dina Safitri 17 Februari, 2017
  4. Nusantara Adhiyaksa 17 Februari, 2017
  5. Rach Alida Bahaweres 17 Februari, 2017
  6. Tati Suherman 17 Februari, 2017
  7. andyhardiyanti 17 Februari, 2017
  8. caradailku 17 Februari, 2017
  9. caradailku 17 Februari, 2017
  10. caradailku 17 Februari, 2017
  11. Ratna Dewi 21 Februari, 2017
  12. Situnis 26 Februari, 2017

Leave a Reply

Instagram