Review dan Giveaway Buku Parenting Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat

Judul Buku: Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat

Penulis: Viki Mukadar

Editor: Prof. Dr. H. Abdul Syukur Ghazali, M.Pd.

Penerbit: X Kanopi Media

Tebal: 197 + iii halaman

ISBN: 234-554-230-7

Cetakan Pertama: 1 Mei 2016

Menyaksikan anak-anak bertumbuh dan berkembang menjadi individu yang membanggakan merupakan harapan setiap orang tua di dunia. Tidak hanya membanggakan dalam hal prestasi di bidang akademis saja, tetapi juga dari segi tingkah laku yang baik dan positif. Namun, kenyataannya tidak semua anak menjadi individu dewasa yang sesuai dengan harapan orang tua.

indexMasih hangat bukan kita mendengar pemberitaan ada seorang anak yang mempidanakan ibunya karena masalah uang? Bahkan, ada lagi yang lebih mengerikan. Seorang anak tega menghabisi nyawa kedua orang tuanya karena merasa dicurangi dalam hal pembagian warisan. Naudzubillahi min dzalik.

Mungkin kita sama-sama berpikir, “Apakah anak-anak yang sudah jadi individu dewasa itu tidak ingat bagaimana orang tuanya dulu susah payah mengandung, melahirkan, merawat, dan membesarkannya?” Namun, kenyataannya di dunia ini memang ada kasus-kasus seperti itu. Tidak semua anak bisa berterima kasih atas jasa-jasa kedua orang tuanya. Malah, ada yang cenderung menyakiti hati kedua orang tuanya.

“Kenyataan pahit” seperti cerita-cerita di atas menjadi pembuka dalam buku Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat yang ditulis oleh Viki Mukadar. Bukan tanpa alasan, Viki Mukadar yang seorang Konsultan Pendidikan Anak dan Remaja ini menuliskannya di awal bukunya. Viki Mukadar ingin mengingatkan kepada orang tua, bahwa anak bisa saja menjadi musuh bagi kedua orang tuanya sendiri. Tujuannya supaya orang tua bisa me-review bagaimana caranya mendidik anak-anak selama ini.

Pendidikan menurut Viki Mukadar merupakan faktor yang paling menentukan kualitas anak. Bukan hanya pendidikan formal seperti yang didapatkan anak di sekolah, namun juga pendidikan yang diperoleh dari kedua orang tua. Seperti dalam hal tata krama, etika, serta kemandirian. Kesimpulan tersebut didapatkan Viki Mukadar setelah melakukan pengamatan selama 15 tahun lamanya.

Pada bab berikutnya, Viki Mukadar mengajak orang tua untuk mengidentifikasi mana anak yang termasuk “anak bermasalah” dan anak seperti apa yang merupakan “anak hebat”. Kisah pewayangan Pandawa dan Kurawa yang diceritakan oleh Viki Mukadar dalam bab ini cukup yang memudahkan orang tua untuk membedakan “anak bermasalah” dan “anak hebat”.

Viki Mukadar juga memberikan beberapa contoh kasus tentang perilaku individu dewasa yang menunjukkan bahwa ketika dia masih anak-anak, dulu merupakan “anak bermasalah”. Anak yang bermasalah jika tidak segera mendapatkan penanganan maka perilakunya akan terbawa sampai dewasa, kelak.

Sebaliknya, jika anak yang bermasalah segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka anak tersebut memiliki potensi besar untuk menjadi orang sukses, jika dibandingkan dengan anak yang cenderung pendiam. Sebab, pada dasarnya anak yang bermasalah merupakan anak yang memiliki energi besar.

Selain energi yang besar, Viki Mukadar juga menulis bahwa anak yang bermasalah umumnya merupakan anak yang cerdas. Cuma, anak tersebut tidak dapat menemukan cara yang tepat untuk menyalurkan energi tersebut. Anak seperti itu suka mencari jawaban, namun tidak banyak orang bisa mengerti kondisinya. Akibatnya, anak ini cenderung melakukan hal-hal negatif supaya bisa menarik perhatian banyak orang.

Faktor-faktor yang melatarbelakangi seorang anak membuat masalah juga dijelaskan oleh Viki Mukandar. Kemudian dilanjutkan dengan bab bagaimana pola pendidikan anak. Apa dan bagaimana pendekatan yang bisa orang tua lakukan agar bisa mencegah atau menangani anak bermasalah juga dituturkan oleh Viki Mukandar dalam buku ini.

Selain beberapa teori mengenai pola pendidikan, Viki Mukandar juga melengkapi buku ini dengan beberapa studi kasus tentang pengalamannya menangani beberapa anak yang bermasalah. Ada cerita dimana dulu ada anak yang suka merusak barang-barang, ketika dewasa bisa menjadi individu yang beretika. Ada pula kisah anak berkebutuhan khusus (autis) yang setelah mendapatkan penanganan yang tepat bisa menjadi remaja berprestasi.

Jadi, buku ini lengkap, ada teori dan studi kasus. Jangan khawatir, meskipun dari judulnya buku ini terlihat “berat” untuk dibaca, namun karena Viki Mukandar mampu menyampaikan materinya dengan ringkas, maka buku ini jadi mudah dipahami.

Teman-teman penasaran dengan isi buku seri parenting berjudul Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat karya Viki Mukandar ini? Nah, dalam kesempatan ini saya mau memberikan dua buku Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat ini kepada teman-teman secara cuma-cuma. Syaratnya teman-teman harus mengikuti ketentuan di bawah ini, ya:

  • Giveaway ini berlangsung dari tanggal 1 hingga 10 April 2017. Pengumuman pemenang giveaway tanggal 11 April 2017.
  • Memiliki alamat di Indonesia untuk pengiriman buku.
  • Wajib like FanPage Keluarga Hamsa, X Kanopi Media, dan Sekolah Kepribadian Tata Krama.
  • Enggak wajib sih, tapi jadi niai tambah. Silahkan follow juga akun Twitter @april_hamsa dan Instagram @april.hamsa.
  • Share link postingan Giveaway Buku Parenting Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat ini di Twitter dengan mention @april_hamsa, beri hastag #AnakHebat, dan mention/ tag dua orang temanmu. Jika tidak punya Twitter, share di Facebook mention Keluarga Hamsa atau April Hamsa, jangan lupa hastag #AnakHebat.
  • Jawab pertanyaan ini di kolom komentar: “Menurutmu, anak yang hebat itu seperti apa sih?”
  • Tulis jawaban pertanyaan di kolom komentar dengan format sebagai berikut:
  1. Nama:
  2. Akun Facebook:
  3. Akun Twitter:
  4. Akun Instagram:
  5. Jawaban:

Cukup mudah bukan? Oh ya, selain buku, ada pula tambahan pulsa sebesar @Rp. 25.000,- ya?

Semoga beruntung mendapatkan buku sekaligus pulsanya, ya! 🙂

***

Update:

Mohon maaf atas keterlambatan pengumuman pemenang. Sebelumnya, saya berterima kasih kepada teman-teman semua yang telah berpartisipasi dalam giveaway ini. Semua jawaban bagus-bagus, sayangnya saya hanya punya dua buku. Kedua buku tersebut akan berpindah tangan kepada:

  1. Ina Tanaya
  2. Nufazee

Selamat kepada kedua pemenang yang beruntung. Mohon mengirimkan data alamat untuk pengiriman buku dan nomor handphone yang akan diisi pulsa ke email april.hamsa@gmail.com dengan subyek: Pemenang #AnakHebat.

Buat teman-teman yang belum beruntung, jangan kecewa ya? InsyaAllah Keluarga Hamsa akan mengadakan giveaway lagi. Semoga beruntun di lain kesempatan! 🙂

Depok, 1 April 2017

April Hamsa

28 Comments

  1. Mau ikutan ah 🙂
    Nama: Rach Alida Bahaweres
    Akun Facebook: Rach Alida Bahaweres
    Akun Twitter: @lidbahaweres
    Akun Instagram: @lidbahaweres
    Jawaban: Menurut saya, semua anak hebat. Namun secara khusus, anak hebat adalah anak yang bisa mengembangkan kemampuan dia dengan bantuan orangtua

  2. Ina Tanaya

    Nama: Ina Tanaya
    Fb : htttp:// www. facebook. com/ ina.tanaya

    Twitter: @tanaya1504

    IG: @ina_tanaya

    Jawaban: Buku yg mengupas dengan komprehensif tentang pola pengasuhan anak yg hebat .Menurut pendapat pribadi pola parenting yg tepat utk menghasilkan anak yg hebat adalah hebat secara intelektual, hebat secara emosional dan hebat secara spiritual. Kombinasi ketiganya maka anak hebat punya nilai tinggi utk pribadinya (percaya diri) tapi nilai sosial dan akhlaknya sangat terpuji dlm dunia nyata.

  3. ikoooot…

    Nama: Shona V
    Akun Facebook: Shona Vitrilia
    Akun Twitter: @ibubahagiacom
    Akun Instagram: @ibubahagiacom

    Jawaban:
    Anak hebat itu menurut saya anak yang nggak hanya pintar secara akademis tapi pintar juga dalam hal mengelola emosi.

    Juga, Hebat karena mengenal agamanya, dekat dengan Tuhannya.

    Juga, Hebat karena memiliki akhlak terpuji. Berusaha seperti suri tauladannya Nabi Muhammad saw.

    Juga, Hebat karena memiliki moto hidup:
    1. Saya aman bagimu
    2. Saya menyenangkan bagimu
    3. Saya bermanfaat bagimu

    ^_^

  4. Nama: Ophi Ziadah
    Akun Facebook: Ophi Ziadah
    Akun Twitter:@ophiziadah
    Akun Instagram: @ophiziadah
    Jawaban: Anak Hebat adalah anak yang berbahagia dalam proses menemukan bakat dan passionnya. Anak yang tidak hanya cerdas dari sisi akademik namun juga terasah dari sisi mental, sikap, dan kepribadian.

  5. Ikutan….

    Nama: Jiah
    Akun Facebook: Jiah Al Jafara
    Akun Twitter: @jiahjava
    Akun Instagram: @jiahjava
    Jawaban:
    Anak hebat itu anak mau mengambil byk pengetahuan lalu memanfaatkannya bahkan mengembangkan utk agama dan negara

  6. Nama: Mugniar
    Akun Facebook: Mugniar Bundanya Fiqthiya
    Akun Twitter: @Mugniar
    Akun Instagram: @mugniar
    Jawaban:

    Anak hebat adalah anak yang berkembang dengan ceria dan semua aspek kecerdasannya juga berkembang dengan baik. Dia mampu menemuan passion dan bakatnya dan menjalankan minatnya dengan baik.

  7. Nama: Nyi Penengah Dewanti
    Akun Facebook: https:// www. facebook. com/ nyi.dewanti
    Akun Twitter: https: //twitter.com /NyiPenengah
    Akun Instagram:https: //www. instagram. com /nyipenengah/
    Jawaban: Anak yang kalau orangtuanya nyuruh sekali, ia langsung bisa dan kalau apa-apa dibilangin langsung nurut.
    Link Shared: https: //twitter.com /NyiPenengah /status /848768948690661376

  8. wuah, baru tadi pagi aku nonton video tentang anak yang dimarahin dan dipukuli sama ibunya gara-gara nggak bisa matematik, padahal anaknya jago gambar
    meleleh hatiku… jangan sampai nanti aku kayak gitu T_T

    Ohya mbak, aku ikutan juga ya giveawaynya >…<

    • Perasaanku aku udah nulis jawabannya mbak, ilang kali ya, gara-gara gak ke-send, hehehe

      aku ikut ya mbaak

      nama: Rhoshandhayani Koesiyanto Taslim
      facebook: Rhoshandhayani
      ig: @rhoshandha
      twitter: @rhoshandha

      Menurut saya, anak yang hebat adalah anak yang mampu mengembangkan potensi alami dirinya untuk dipergunakan dengan baik dan maksimal untuk kebermanfaatan orang banyak.
      Tentunya, untuk mengembangkan potensi alami sang anak memerlukan dukungan penuh dari orang tua, jadi orang tua juga harus perlu banyak-banyak belajar untuk mendidik anak yang hebat

      Terima kasih >.<

  9. humala sipahutar

    Nama: Humala Sipahutar
    Akun Facebook: Humala Sipahutar
    Akun Twitter: Humala_Pahut
    Akun Instagram: pahut.12

    Jawaban: Anak Hebat itu menurut saya adalah anak yg mandiri, sehat, tidak cengeng dan peka terhadap lingkungan sosial. Tentu itu semua tidak terlepas dari didikan orang tua dan pengaruh lingkungan yg baik. dibutuhkan orang tua yg bertanggungjawab dan mempunyai pengorbanan besar untuk anaknya.

  10. Ikutan ah!
    Nama: Prita HW
    Akun Facebook: Prita Hw
    Akun Twitter: @pritahw
    Akun Instagram: @pritahw
    Jawaban: anak hebat itu menurutku sih anak yang tahu potensi dirinya sendiri dengan arahan atau mentoring yang terus menerus dari orang tua dan lingkungan di sekitarnya, sehingga dia bisa bereksplorasi dengan imajinasi2 tanpa batas yang ada dalam dirinya. Yang otentik menjadi diri sendiri dengan pondasi iman yang dibangun dalam keluarga 🙂

  11. Nama: Eni Rahayu
    Akun Facebook: https: //www .facebook. com/ EniBundaKhansa
    Akun Twitter: @bunda_dzakiyyah
    Akun Instagram: @bundadzakiyyah
    Jawaban: Anak hebat itu anak yang punya pemikiran sendiri tanpa harus disetir orang tuanya. Hal ini bisa tercipta karena orang tua mendidik sedemikian rupa sehingga anak bisa punya potensi mandiri dan bisa berkata “Ya” dan “Tidak” pada saat yang tepat. Anak hebat juga anak yang bisa dengan bebas berperilaku baik dan sopan tanpa merasa terkekang. Ehm, anak hebat itu tidak hanya cerdas secara emsional tapi juga spiritual. Anak hebat tercipta dari orang tua yang hebat pula. Hebat dalam mendidik dan membentuk anak yang hebat. Hehehe… Mbulet gak ya mbak, jawabanku?

  12. septiriani

    Anak hebat ituuu anak yg kreatif, daya imajinasi tinggi,kadang bikin emaknya kelabakan jwb pertanyaannya dan kadang bisa membuat emaknya nangis bombay krn ada prestasi yg belom tereksplor oleh emak tp dia bisa mengeksplor dgn sendirinya. Udh itu aja deh,gak usah muluk2 wakakakaka

    Berkah yaa pril😘😘

  13. Ikutan .
    Nama : yossi nurrakhmah
    Akun facebook : yossi nurrakhmah
    Akun instagram : yossi nurrakhmah
    Anak hebat : menurut saya semua anak hebat dengan keunikan dan potensinya masing masing

  14. Nurul Fauziah
    FB : Nurul Fauziah
    Twitter : @nufazee
    IG : @nufaz3e

    Anak Hebat adalah anak yang sehat secara fisik, karena ini modal untuk sehat secara jiwa juga, dengan begitu bonus lain mengikuti seperti cerdas, kreatif, memiliki jiwa sosial tinggil, punya kendali diri yang baik, serta berakhlak mulia, itu yang penting.

  15. Nama: Wiwid wadmira
    Akun Facebook: wiwid wadmira
    Akun Twitter: @wiwidwadmira
    Akun Instagram: @wiwidwadmira
    Jawaban:
    Anak hebat adalah tumbuh dengan sehat, baik sehat fisik maupun psikisnya. Sehat dan hebat secara fisik adalah yg tumbuh kembangnya normal, kemampuan motoriknya normal dan pola biologis normal. Anak yang sehat dan hebat secara psikis adalah anak yang mampu mengelola emosinya dengan baik, bersosialisasi dengan baik dan ibadah baik.

  16. bukunya baguuus…

    ikutan aaah
    Nama : Ade UFi
    FB : Ade UFi
    twitter : @ummifikri
    IG : @ummifikri

    jawaban:
    Anak hebat adalah anak yang mampu membuat orang disekitarnya selalu tersenyum, terutama kedua orangtuanya

  17. Nama: Nunu Halimi
    Akun Facebook: Nunu Halimi
    Akun Twitter: @nunuhalimi
    Akun Instagram: @nunuhalimi

    Jawaban: Anak hebat yaa..hmmm itulah mba bingung saya kalau menggambarkan anak hebat, namanya ibu-ibu ya..hal apapun, sekecil apapun, asalkan itu hal baik, dan bisa di lakukan anak, rasanya sudah hebat aja…

  18. Nusantara Adhiyaksa

    Thanks ia Review nya, semoga saya bisa dapat tuh buku ….
    sangat bermanfaat ni patut di cari …

  19. Sangat bagus itu mbk pola untuk mendidik anak hebat, agar anak menjadi lebih baik dan bisa membahagiakan kedua orang tua. Dulu di waktu kecil saya selalu di bimbing kepada orang tua secara halus dan baik. Dan diajarkan cara mengaji Al Qur’an, membaca buku, cerita ketika mau tidur, dan masih banyak lagi orang tua memberikan yang terbaik untuk anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *