Book Health Kids Health One Day One Post

Resensi Buku Mengenal Alergi pada Anak

Mengenal alergi pada anak itu sangat penting. Mengapa? Sebab, jika kita menerka-nerka alergi apa yang kira-kira terjadi pada anak, maka akan berisiko menimbulkan kesalahan dalam penanganannya.

Padahal, ada tata laksana dalam mengatasi suatu alergi. Enggak bisa sembarangan. Setidaknya, itu yang sering saya perhatikan dari dokter-dokter yang menjadi narasumber dalam talkshow atau seminar mengenai alergi anak.

Kebetulan anak-anak saya semua punya riwayat alergi. Enggak hanya sekadar bruntusan di wajah dan badan, namun juga bisa menyebabkan bibir mereka sampai bengkak. Maka, ketika pada suatu waktu saya mendapat oleh-oleh buku Mengenal Alergi pada Anak dari suatu talkshow kesehatan anak, saya sangat senang sekali.

Buku Mengenal Alergi pada Anak yang ditulis oleh Dr. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) ini sebenarnya buku petunjuk praktis mengenai alergi pada anak untuk kalangan medis dan awam. Sehingga, isi bukunya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh awam.

Kalaupun ada istilah medis, di awal buku setebal 168 halaman ini terdapat daftar dan penjelasn istilah-istilah yang dimaksud. Sehingga, begitu membaca bab intinya, pembaca awam seperti saya bisa memahami isinya tanpa perlu googling lagi istilah-istilah medis yang ada dalam buku.

Sebagaimana judulnya yang mengandung kata “mengenal”, halaman-halaman pertama dari buku ini memaparkan tentang mekanisme terjadinya alergi. Sehingga, pembaca bisa lebih memahami mengapa alergi bisa terjadi.

Kemudian, penulis melanjutkan dengan menyebut sekaligus menjelaskan apa saja yang menjadi alergen (pencetus alergi). Penulis juga membahas mengenai reaksi-reaksi alergi yang terlihat dari penderita alergi. Tidak berhenti sampai di sana, penulis juga memberikan tips untuk menangani reaksi alergi yang muncul.

Pada bab terakhir, penulis menjelaskan mengenai obat-obatan untuk penanganan alergi. Penulis menuliskan daftar obat-obatan, sekaligus menjelaskan fungsi obat itu untuk apa.

Sebelum menutup tulisan di bukunya, penulis melengkapi buku ini dengan gambar yaang menunjukan manifestasi atau gejala anak yang terkena alergi. Sehingga, mampu memberi gambaran kepada pembaca awam kalau begitu lho ternyata ciri-ciri alergi yang terjadi pada anak.

Saya menyukai buku ini, karena bahasanya mudah saya pahami. Misalnya, saat penulis memberikan ciri-ciri anak yang menderita alergi. Penulis menulis dengan jelas seperti ini:

Bagaimana mengetahui anak kita menderita eksim atau dermatitis atopik?

Ada tiga hal utama pada eksim dan dermatitis atopik, yaitu:

1. Terasa sangat gatal di kulit.

2. Terdapat lesi atau kelainan khas di kulit yang berupa kemerahan dan menggelembung.

3. Terjadi pada seseorang yang mempunyai bakat atopik atau mempunyai penyakit alergi lain.”

Saya juga menyukai buku ini, sebab dengan membacanya membuat saya memahami alergi, serta lebih aware lagi jika gejala alergi anak-anak muncul.

Sedangkan yangsaya rasa kurang dari buku ini adalah tidak adanya infografis juga ilustrasi pada isi bukunya. Padahal kalau ada infografis atau ilustrasi pendukung, bisa membuat pembaca awam lebih mudah lagi memahami buku ini.

Tapi, bagaimanapun juga, saya merekomendasikan buku ini untuk teman-teman yang anak-anaknya memiliki alergi. Sebab, buku ini memang berisi pengetahuan praktis tentang alergi yang sangat mudah dicerna isinya oleh orang awam.

Berikut adalah informasi bukunya:

  • Judul Buku: Mengenal Alergi pada Anak (Petunjuk Praktis Mengenai Alergi pada Anak untuk Awam dan Kalangan Medis Anak)
  • Penulis: Dr. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K)
  • Penerbit: PT Kompas Media Nusantara
  • Tebal: 168 halaman
  • ISBN: 978-979-709-412-006-1
  • Cetakan Pertama, 2016.

April Hamsa

#ODOP #Day30 #BloggerMuslimahIndonesia

9 Comments

  1. NgeFood 31 Agustus, 2017
  2. Damar Aisyah 1 September, 2017
  3. Alix Wijaya 1 September, 2017
  4. Bunda Aisykey 1 September, 2017
  5. Dian Restu Agustina 1 September, 2017
  6. Revi Okta 1 September, 2017
  7. tutyqueen 2 September, 2017
  8. Faisol Abrori 2 September, 2017
  9. Dian Safitri 15 September, 2017

Leave a Reply

Instagram