Arisan Blogger

Ria Fasha, Blogger yang Giat Berwirausaha

Nama panjangnya Ria Mustika Fasha. Namun, karena punya blog dengan domain www.riafasha.com maka lebih dikenal dengan Ria Fasha. Kalau masih kepanjangan, cukup memanggilnya Ria, katanya.

Ria Fasha sebenarnya adalah perempuan keturunan suku Padang. Namun, karena lahir dan besar di Bengkulu, maka Ria Fasha lebih dikenal sebagai Blogger Bengkulu. Hingga sekarang perempuan yang tengah mengandung anak keduanya ini tinggal bersama keluarganya di Bengkulu.

Ria Fasha yang tidak menyerah berwirausaha.

Ria Fasha sudah ngeblog sejak jaman kuliah dulu, sekitar tahun 2009-nan. Ria Fasha saat itu mulai membuat blog dengan platform Multiply. Kemudian, membuat blog lagi di Blogdetik, Kompasiana, hingga memiliki domain di Blogspot. Sekarang, tersisa dua blog yang masih aktif yakni www.riafasha.com dan www.happyummi.com.

Sejak kecil, Ria Fasha memiliki jiwa berwirausaha yang cukup kuat. Ibu dari Ubay Faris Arkhan (2y6m) ini selalu saja punya ide untuk membuka bisnis yang menghasilkan. Saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), hampir tiap hari Ria Fasha membawa sekantung keripik pedas dan sebuah termos berisi es lilin untuk dijajakan di sekolahnya.

Beberapa teman mengejeknya, namun Ria Fasha cuek saja. Pernah juga, Ria Fasha ditegur oleh gurunya karena berjualan di sekolah. Gurunya itu khawatir kalau Ria Fasha tidak konsentrasi belajar. Namun, Ria Fasha berhasil membuktikan bahwa pendapat gurunya keliru. Ria Fasha tetap bisa mempertahankan prestasi di sekolah meskipun sambil nyambi jualan. Akhirnya, guru Ria Fasha pun mengalah.

Begitu sudah menjadi mahasiswa, usaha apa saja asal halal juga dilakoni oleh Ria Fasha. Mulai menjadi penyiar radio Jazirah FM, berjualan kreasi flanel, pin, pulsa, juga buka rentalan dan mengajar les privat. Semuanya dilakukan oleh Ria Fasha untuk mendapatkan penghasilan supaya bisa mendapatkan tambahan uang kuliah secara mandiri, sehingga tidak membebani kedua orang tuanya.

Bahkan ketika mahasiswa, Ria Fasha bersama teman-temannya pernah mendapatkan dana usaha sebesar Rp. 38 juta dari Ditjen Dikti berkat mengikuti kompetisi membuat semacam proposal wirausaha. Bersama teman-temannya itu, Ria Fasha membuat usaha percetakan. Sayangnya, usaha tersebut enggak bertahan lama. Meski nyesek karena mengingat perjuangan mendirikan usaha itu, namun Ria Fasha berusaha ikhlas dan menjadikannya sebagai pelajaran untuk usahanya di kemudian hari.

Setelah menikah, Ria Fasha pernah membuka usaha foto copy dan rental di kampusnya tenpat dia berkuliah dulu. Sistemnya bagi hasil dengan salah seorang dosen. Dosen tersebut yang menyediakan mesin foto copy dan tokonya, sedangkan Ria Fasha bersama seorang adik kelasnya yang menjalankan. Usaha tersebut laris manis.

Namun, sayangnya, lagi-lagi Ria Fasha harus merelakan usaha tersebut. Kali ini karena masalah kesehatan. Waktu itu, Ria Fasha sempat keguguran secara tiba-tiba. Menurut dokter yang menanganinya, kemungkinan besar karena pengaruh radiasi sinar foto copy yang panas. Semenjak itu, suami Ria Fasha memintanya menghentikan usaha foto copy-nya itu demi kesehatannya.

Tak lama kemudian, Tuhan memberi rejeki hamil lagi kepada Ria Fasha dan suami. Sembilan bulan kemudian, Ria Fasha pun memiliki kesibukan baru, yakni menjadi ibu. Namun, karena terbiasa dari kecil enggak bisa diam, Ria Fasha sempat pula mengalami kejenuhan.

Kali ini Ria Fasha ingin memiliki usaha yang bisa dia lakukan tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu. Akhirnya, bersama adiknya mereka merintis usaha kue ulang tahun. Kebetulan, sebelumnya sang adik sudah memiliki usaha menjual perlengkapan untuk event ulang tahun, seperti balon, bunting flag, topi, proof, dan lain-lain. Akhirnya, tercetuslah ide melengkapi usaha itu dengan membuat kue. Kue pertama yang mereka perkenalkan adalah Brownies Pizza.

ā€œDeg-degan sih, karena ilmu baking saya sebenarnya masih ecek-ecek banget. Tapi saya enggak akan pernah maju kalau enggak mau mencoba. Beberapa kali percobaan, akhirnya bisa nemu rasa dan bahan yang cocok akhirnya Brownies Pizza kami launching. Alhamdulillah usaha ini sudah jalan bulan ke dua, dan pemesannya makin ramai. Saat ini kami menyediakan Mini Browza, Large Browza, dan Brownie in Cup. Yang paling laris itu Mini browza karena selain bentuknya yang mini juga lucu, harganya juga nggak bikin kantong jebol,ā€ kata Risa Fasha.

Kali ini usaha Ria Fasha berskala rumahan, jadi tidak butuh modal besar untuk menyewa toko. Promosinya melalui online, khususnya di Instagram @moystuff_ . @moystuff_ ini menjual pernak-pernik ulang tahun. Customer-nya tidak hanya dari area Bengkulu saja, lho. Tapi, juga berasa dari luar kota dan provinsi lain. Khusus untuk kue masih terbatas di area lokal, sebab belum memungkinkan jika dikirim ke luar kota.

Impian selanjutnya, Ria Fasha ingin memiliki usaha kafe. Namun, saat ini masih dikonsep dulu dan menunggu dana terkumpul supaya bisa mencari tempat yang cocok.

Wah, keren bukan Ria Fasha dan segala jenis usaha yang pernah dilakoninya dari dulu hingga sekarang? Semangatnya itu lho yang patut ditiru. Pernah gagal berulang kali, namun tidak menyerah dalam berwirausaha.

Buat teman-teman yang juga ingin berwirausaha atau pernah pula jatuh bangun membangun usaha, Ria Fasha memiliki beberapa tips:

  • Ikhlaskan hati dan luruskan hati saat memulai suatu usaha.
  • Jangan berkecil hati kalau customer masih sedikit atau pesanan yang datang cuma satu dua. Sebab, semua usaha yang sekarang besar itu, pasti dulunya juga dimulai dengan satu pesanan, satu pelanggan. Kalau mereka bisa, kita pasti juga bisa.
  • Ingat selalu jargon learning by doing. Setiap kegagalan yang kita alami pasti ke depannya akan menjadi pelajaran besar dan berharga. Terutama membuat kita lebih perhitungan dalam menjalankan usaha ke depannya.
  • Jangan cuma belajar teori, tapi yang penting adalah action, action, dan action!

Jempol banget bukan tips Ria Fasha? Jika teman-teman masih ingin berdiskusi dengan Ria Fasha mengenai cara-cara berwirausaha, bisa menghubungi Ria Fasha di:

Semoga dapat banyak ilmu wirausaha dari Ria Fasha ya! Semoga sukses usahanya! šŸ˜€

April Hamsa

19 Comments

  1. Pritahw 15 Juni, 2017
    • April Hamsa 16 Juni, 2017
  2. Nyi Penengah Dewanti 15 Juni, 2017
    • April Hamsa 16 Juni, 2017
  3. lia djabir 15 Juni, 2017
    • April Hamsa 16 Juni, 2017
  4. Miranti 17 Juni, 2017
  5. Okti 17 Juni, 2017
  6. Maya Siswadi 17 Juni, 2017
  7. lendyagasshi 17 Juni, 2017
  8. Naqiyyah Syam 17 Juni, 2017
  9. Eksapedia 17 Juni, 2017
  10. lianny hendrawati 17 Juni, 2017
  11. Ira duniabiza 18 Juni, 2017
  12. Ira duniabiza 18 Juni, 2017
  13. shona vitrilia 18 Juni, 2017
  14. Nchie Hanie 18 Juni, 2017
  15. Eni Rahayu 18 Juni, 2017
  16. Utie adnu 18 Juni, 2017

Leave a Reply

Instagram