Advertorial Financial Financial Tips Product Review Review & Contest Tips & Opinion

Sering Tak Puas Belanja Online? Lakukan Tiga Langkah Berikut Sebelum Belanja Online!

Belanja online melalui situs-situs e-commerce adalah sesuatu yang lumrah dilakukan di era digital seperti sekarang. Banyak orang merasa mendapatkan keuntungan dengan belanja online, seperti menghemat tenaga dan waktu yang dikeluarkan ketimbang belanja offline langsung ke toko atau ke mall. Namun, ada kalanya seseorang merasa tidak puas belanja online. Penyebabnya bisa bermacam-macam, antara lain tidak dapat mencoba produk sebelum membelinya, produk yang dikirim cacat/ rusak, bahkan ada pula yang tertipu oleh situs e-commerce, sudah bayar namun barang tak kunjung sampai .

Kalau pengalaman saya belanja online selama ini sih, alhamdulillah belum pernah tertipu uang dibawa lari seller, ya? Namun, pernah sih, waktu itu saya memesan tongsis, mintanya warna pink, eh, dikirimnya warna biru. Pernah juga, saat membeli blender untuk ibu saya, ternyata barangnya rusak. Untungnya, seller/ e-commerce-nya mau bertanggung jawab mengganti. Namun, kekecewaan tersering yang saya alami apabila sudah membeli barang via online, setelah order di salah satu situs e-commerce, tak lama kemudian saat iseng berselancar ke situs e-commerce lain eh ternyata barang yang ada di situs lain itu lebih murah dari situs tempat saya belanja. Lalu, nyesel, “Kok, tadi enggak beli di situs A saja, malah terlanjur beli di situs B?” Hehehe.

Belajar dari beberapa pengalaman tersebut, saya rasa tiga hal berikut perlu deh dilakukan, agar kita tidak lagi tak puas saat belanja online:

Cari situs e-commerce yang bisa dipercaya.

Sebelum belanja online, kita harus memastikan bahwa situs e-commerce yang kita pilih untuk belanja merupakan situs yang bisa dipercaya, dalam artian bukan situs penjual tipu-tipu yang hanya menginginkan keuntungan semata tanpa mengirimkan hak kita sebagai pembeli. Ciri-ciri situs e-commerce yang terpercaya biasanya adalah sebagai berikut:

  • Tampilan situs/ website-nya bagus dan memakai domain bisnis sendiri.

  • Situs e-commerce tersebut mencantumkan alamat dan nomor telepon yang jelas.

  • Tersedia layanan chatting langsung dengan customer service.

  • Memiliki metode pembayaran yang jelas.

  • Rekening yang dicantumkan di situs adalah rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi perorangan.

Kita bisa mencaritahu bahwa sebuah situs e-commerce bisa dipercaya atau tidak dari review-review di media-media sosial dan dari pengalaman teman/ kenalan yang pernah lebih dahulu membeli barang dari e-commerce tersebut. Selain itu, kita juga bisa membaca testimonial dari customer yang biasanya tercantum di situs tersebut.

Baca kebijakan situs e-commerce yang telah dipilih.

Hal ini biasanya jarang kita lakukan, sebab biasanya kita selalu merasa, “Ah, paling cara beli barang di e-commerce ini sama saja dengan e-commerce yang lain.” Namun, tidak ada salahnya kita menyempatkan membaca kebijakan situs e-commerce ini. Hal paling penting adalah kita memperhatikan bagaimana kebijakan e-commerce pada saat barang yang kita terima tidak sesuai dengan kondisi yang tercantum pada keterangan atau barangnya rusak, misalnya. Bagaimana cara e-commerce bertanggungjawab mengganti kerugian kita sebagai customer sangat penting untuk kita ketahui.

Bandingkan harga dari suatu situs e-commerce dengan harga di situs e-commerce yang lain.

Semua orang yang pernah belanja online pasti mengalami kejadian sepeti yang saya keluhkan di awal artikel ini, yakni belanja di e-commerce yang harga barangnya lebih tinggi dari yang dijual di e-commerce lain. Padahal dari segi kualitas maupun produk, sama plek.Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa membandingkan harga barang yang tertera di situs-situs e-commerce. Dulu, hal tersebut cukup menyita waktu dan tenaga, kita arus menelusuri satu per satu situs e-commerce yang tersedia, kemudian mencek harga-harga yang ada. Namun, seiring kemajuan teknologi di dunia e-commerce kini kita bisa mengecek harga hanya dengan membuka satu situs saja.

Situs yang memungkinkan kita membandingkan harga antar e-commerce adalah priceza.co.id. Priceza.co.id merupakan bagian dari Priceza yakni suatu situs pencarian dan perbandingan harga nomor satu di Asia. Melalui situs ini, kita dapat menemukan berbagai informasi dari situs-situs e-commerce ternama yang paling komprehensif. Misi dari priceza.co.id adalah membantu para customer dari seluruh negeri untuk mencari dan mengetahui harga produk dengan cepat, mudah, dan akurat berdasarkan informasi dari situs-situs e-commerce tempat kita biasa belanja online. Sedangkan bagi pemilik e-commerce, priceza.co.id mengklaim dapat membantu menarik pembeli dan meningkatkan penjualan dari e-commerce tersebut.

Cara untuk membandingkan harga di Priceza.co.id sangat mudah. Pertama, kita buka terlebih dahulu situsnya. Kemudian kita pilih fitur “Bandingkan Harga”. Dari situ kita bisa memilih kategori produk yang ingin kita beli atau bisa langsung mengetikkan nama produk yang ingin kita beli. Misalnya nih kita ingin membeli Kamera Digital Merk Samsung Type ES90, maka kita ketikkan merk tersebut, lalu search atau tekan enter. Nanti, akan muncul berbagai piihan kamera dengan tipe yang sama dari berbagai penjual berbeda dan beberapa harga berbeda. Sebagai pembeli, pastinya kita akan langsung tertarik kepada yang menjual dengan harga paling murah atau yang memberi diskon, donk ya? Nah, kita bisa langsung menuju situs yang mencantumkan harga paling murah tersebut. Selain membandingkan harga, kita juga bisa melihat apakah ada diskon atau tidak dari e-commerce yang kita pilih dengan cara mengklik fitur “Diskon Terbaru”. Nanti kita bisa memilih kategori dan produknya dan mendapatkan informasi mengenai diskon-diskon yang tersedia di e-commerce. Dan ada rumor baru bahwa Priceza akan merajai Asia Tenggara bersama dengan Burda Hubert Media.

Semoga makin jaya ya Priceza!!!

Kalau mau info lanjutnya, silahkan baca info di gambar berikut!

Mudah bukan langkah-langkah yang bisa kita lakukan supaya tak lagi kecewa saat belanja online? Selamat mencoba, ya! Semoga kali ini beanja online-nya lebih enggak bikin emosi maupun rugi kantong!

April Hamsa

18 Comments

  1. lianny hendrawati 28 September, 2016
    • April Hamsa 28 September, 2016
  2. Noe 28 September, 2016
    • April Hamsa 28 September, 2016
  3. Rotun DF 28 September, 2016
    • April Hamsa 28 September, 2016
  4. Inna Riana 28 September, 2016
  5. cutdekayi 28 September, 2016
    • April Hamsa 28 September, 2016
  6. Liz Prayitno 28 September, 2016
    • April Hamsa 28 September, 2016
  7. Nchie Hanie 28 September, 2016
  8. Shona Vitrilia 28 September, 2016
  9. Helena 28 September, 2016
  10. nola 29 September, 2016
  11. asoka remadja sungkharisma 29 September, 2016
  12. Alma Wahdie 7 Oktober, 2016

Leave a Reply

Instagram