Financial Tips Ramadhan Challenge Tips & Opinion

5 Tips Belanja Online Saat Libur Lebaran

Belanja online pada saat libur lebaran seperti sekarang ini memang agak riskan. Biasanya yang sering terjadi adalah online seller tutup, jasa pengiriman overload, layanan internet banking terbatas ada yang tidak bisa transfer dana ke bank lain, dan lain sebagainya.

Tapi, ada kalanya teman-teman sangat membutuhkan barang yang kebetulan hanya bisa didapatkan (lebih murah) jika membeli secara online. Sebenarnya sih, bisa saja teman-teman membeli barang yang dibutuhkan secara online, apalagi zaman sekarang ada marketplace maupun jasa pengiriman yang tetap buka meski libur lebaran. Namun, ada baiknya teman-teman tetap mempertimbangkan baik-baik sebelum belanja online pada masa libur lebaran seperti sekarang ini.

Jika memang kebutuhannya mendesak dan teman-teman harus segera membelinya secara online, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa teman-teman praktekkan. Tujuannya agar teman-teman bisa belanja online dengan nyaman dan aman selama libur lebaran. Berikut tips belanja online pada saat libur lebaran:

  • Pilih penjual yang tetap buka selama lebaran

Tidak semua penjual membuka lapaknya selama libur Lebaran. Saran saya sih belilah barang di penjual yang bergabung di marketplace sebab lebih terjamin keamanannya. Biasanya kalau di marketplace akan ketahuan kapan terakhir penjual tersebut aktif online. Jadi, kita bisa mengetahui apakah penjual tersebut masih berjualan selama libur lebaran atau tidak.

  • Bertanya kepada penjual terlebih dahulu

Sebelum membeli barang yang dibutuhkan, usahakan untuk memanfaatkan fasilitas chat yang ada untuk menanyakan tentang ketersediaan stok atau detail barang. Teman-teman juga bisa memastikan apakah penjual apakah bisa mengirim dalam jangka waktu yang teman-teman inginkan. Terutama bagi yang membutuhkannya secara cepat.

  • Cari tahu jasa pengiriman yang beroperasi selama libur lebaran

Saat ini sudah ada beberapa jasa pengiriman yang mengklaim tetap beroperasi selama libur lebaran. Teman-teman bisa mencari tahu sendiri atau minta tolong penjual memastikan hal tersebut.

  • Pilih pengiriman kilat

Jika sudah menemukan jasa pengiriman yang bersedia mengirimkan barang ke alamat kita, sebaiknya pilih pengiriman kilat atau cepat. Memang agak mahal, namun sebanding dengan jasa ang kita terima. Bila peru teman-teman juga bisa memanfaatkan jasa kurir yang bekerja sama dengan ojek online. Biasanya lebih cepat sampainya.

  • Manfaatkan diskon dan promo selama libur lebaran

Belanja online pada saat libur lebaran seperti saat ini biasanya lebih menguntungkan. Sebab, banyak diskon dan promo di beberapa marketplace yang bisa teman-teman manfaatkan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Bagaimana teman-teman? Masih mau “nekat” belanja online saat libur lebaran seperti sekarang ini? Hehehe. Tapi, insyaAllah dengan cara tersebut, teman-teman akan lebih nyaman berbelanja online, kok. Semoga bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan tepat waktu ya 🙂 .

April Hamsa

8 Comments

  1. Anjar Sundari 29 Juni, 2017
    • April Hamsa 4 Juli, 2017
  2. Fillyawie 29 Juni, 2017
    • April Hamsa 4 Juli, 2017
  3. Sandi Iswahyudi 1 Juli, 2017
    • April Hamsa 4 Juli, 2017
  4. promo alfamart bulan ini 4 Juli, 2017
  5. Babang Travengler 11 Juli, 2017

Leave a Reply

Instagram