Tips Memilih Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Penting untuk Diketahui

Kelahiran seorang bayi menjadi hal yang paling diidam-idamkan oleh sebuah keluarga. Apalagi, jika kelahiran tersebut merupakan anak pertama, tentu saja hal tersebut sangatlah dinanti. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kelahiran tersebut juga menjadi hal yang menegangkan bagi para ibu yang sedang hamil.

baby-1538338_960_720

Pada saat menuju hari persalinan, para ibu telah mempersiapkan berbagai macam kebutuhan yang akan dibutuhkan agar persalinan berjalan lancar. Salah satunya adalah segala macam perlengkapan bayi baru lahir. Perlengkapan tersebut dipersiapkan agar bayi bisa segera mendapatkan kebutuhannya begitu lahir.

Ada beberapa tips dalam memilih perlengkapan bayi baru lahir sebelum para ibu membelinya. Beberapa tips tersebut ialah:

Pakaian bayi

Salah satu perlengkapan yang paling penting bagi bayi ialah pakaian bayi. Bayi yang baru lahir harus diberi pakaian agar ia merasakan kehangatan. Selain itu, untuk bisa memilih pakaian yang baik dan benar maka diharuskan memperhatikan beberapa hal, yaitu:

Beli ukuran yang agak besar

Walaupun anak tersebut masih terbilang bayi, pakaian yang harus digunakan sebaiknya pakaian yang memiliki ukuran agak besar. Tujuannya supaya bayi tidak merasa sempit atau sesak nafas, serta lebih bebas untuk bergerak.

booties-2047596_960_720

Pilih bahan yang menyerap keringat

Pilihlah bahan pakaian yang mudah untuk menyerap keringat, seperti pakaian dengan bahan katun. Katun memiliki sifat yang dingin sehingga sangat cocok dikenakan oleh bayi.

Pilih baju yang mudah dibuka atau dilepas

Pilihlah pakaian yang sederhana dan tidak rumit. Jangan memilih pakaian yang terlalu banyak aksesoris ataupun kancing. Jika pakaian tersebut memiliki kancing pada bagian belakang maka hal tersebut akan membuat sakit bagian punggung bayi. Untuk itu pilihlah pakaian yang mudah dilepas dengan kancing pada bagian depan.

Popok

Pada bayi yang masih baru lahir biasanya ia akan lebih sering buang air kecil maupun air besar. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan pada bayi belum stabil. Untuk itu pakaikan bayi tersebut popok. Popok yang dipilih sebaiknya popok sekali pakai dengan bahan kain katun yang lembut dan memiliki tali yang akan memberikan kenyamanan.

baby-22199_960_720Perlak

Perlak menjadi perlengkapan bayi yang sangat penting. Fungsinya sebagai alas bayi ketika tidur. Karena, biasanya bayi masih sering ngompol maka perlak menjadi wajib dimiliki. Pilihlah perlak yang berukuran besar agar bisa menampung ompol bayi.

Gendongan bayi

Selanjutnya, gendongan bayi juga merupakan peralatan penting yang harus dimiliki. Anak yang masih bayi biasanya lebih suka digendong. Maka pilihlah gendongan bayi yang memberikan rasa nyaman. Gendongan bayi di pasaran biasanya terdiri dari dua jenis yaitu gendongan selendang dan gendongan sling.

Perlengkapan mandi

Terakhir, yaitu perlengkapan mandi bayi. Perlengkapan ini menjadi barang-barang penting ketika ingin menyambut seorang bayi yang baru lahir. Pilihlah perlengkapan mandi yang aman untuk digunakan agar kulit bayi tidak iritasi.

baby-1150954_960_720

Nah, teman-teman itulah berbagai macam perlengkapan bayi baru lahir yang harus masuk dalam daftar pembelian ketika mempersiapkan persalinan bayi. Perlengkapan bayi sebenarnya tidak rumit dan sangat simpel sehingga sebaiknya pilih yang tidak memiliki harga yang mahal.

Apalagi, pertumbuhan bayi biasanya sangat cepat. Jadi, biasanya enggak lama setelah bayi lahir agak besar pastinya butuh perlengkapan yang baru. Jangan lupa, pastikan memilih perlengkapan yang benar-benar sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir agar bisa menyesuaikan dengan pengeluaran keuangan.

April Hamsa

22 Comments

  1. Saya sangat setuju dengan memilih ukuran pakaian yang lebih besar, mbak April. Pengalaman saya dulu, baju-baju anak saya mudah sempit padahal baru dibeli beberapa minggu yang lalu. Apalagi anak saya pertumbuhan badannya cepat besar. Sehingga kami harus sering beli baju lagi.

    Dan jaman dulu, sekitar 15 tahun yang lalu belum ada online shop seperti sekarang, jadi kami harus meluangkan waktu untuk ke toko baju. Coba waktu itu sudah ada online shop pasti akan lebih mudah kan yaa 🙂

  2. Kasih masukkan yang popok yaaa.. bukan popok bayinya saja yang banyak, tambah handuk kecil yang lembut. buat lapisan dalam popok, Macam Insert pada clodi. Biar pipis dan pub bayi tidak tercecer kemana-mana. ^_^

  3. Memilih perlengkapan bayi memang kadang suka kurang jeli yaa, mba April…terutama buat anak pertama. Rasanya semua barang yang lucu pingin di beli. Padahal gak tau manfaatya dan malah kadang hanya untuk memenuhi syarat.

    Kaya aku pas hamil beli dot banyaaakkk…

    Pas lahir anaknya gak ada yag bisa nge dot.
    Jadi we kebuang…hiiikks…

  4. Beli baju agak besaran, bener banget tuh. Secara perkembangan bayi cepat banget.
    Dulu stock baju bayi umur baru lahir gak banyak.

  5. Urusan beli baju bayi emang seru, namun harus selektif agar ga jatuh jadi kalap bin pemborosan karena tubuh bayi cepat sekali berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *