Tips Pintar Membeli Pakaian dan Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Kali ini saya mau sharing seputar hal-hal yang berhubungan dengan persiapan menyambut kelahiran bayi. Informasi ini semoga berguna buat calon bunda yang sedang hamil, ya? Kelahiran bayi merupakan momen yang paling dinanti oleh setiap pasangan, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali memiliki anak. Merasa tegang akan hari tersebut memang wajar dirasakan, namun usahakanlah untuk terus memelihara perasaan dan pikiran ke arah yang lebih positif. Pastikan agar Ibu hamil terhindar dari stres dan selalu mendapatkan nutrisi terbaik selama kehamilan yang telah mendekati masa persalinan. Selain itu sebelum masa kelahiran datang, menyiapkan segala bentuk perlengkapan bayi murah juga perlu untuk dilakukan.

adult-18604_960_720

Sangat disarankan untuk membuat daftar segala keperluan bayi sehingga kita tidak lupa saat berada di toko. Mulai mencicil membeli perlengkapan tersebut juga bisa dilakukan agar rasa tegang dalam menghadapi persalinan bisa sedikit berkurang. Sebab kegiatan berbelanja merupakan salah satu bentuk refreshing, bukan?. Faktanya, perlengkapan untuk bayi baru lahir cukup sederhana dan belum memerlukan barang-barang yang mahal sehingga pembelian serta anggaran bisa kita atur secara lebih bijak bersama pasangan.

Umumnya perlengkapan bayi terdiri dari perlengkapan mandi, seperti ember, sabun, shampo dan lainnya. Ada juga perlengkapan tidur seperti pakaian panjang, kaos kaki, kaos tangan dan selimut. Selain itu perlengkapan bepergian dan kesehatan juga jangan dilupakan seperti tas bepergian dan masih banyak lagi. Saat pertama lahir, bayi akan tumbuh sangat cepat sehingga untuk memilih pakaian diperlukan trik khusus sebagai berikut:

Ukuran

Pada bulan-bulan pertama kelahiran, bayi akan tumbuh dengan sangat cepat sehingga pemilihan pakaian menjadi hal penting. Usahakan untuk membeli pakaian dengan satu ukuran lebih besar dan juga beli untuk beberapa ukuran karena kita belum tahu jelas ukuran bayi tersebut.

Bahan

Pemilihan bahan katun sangat disarankan saat pembelian pakaian bayi karena kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif. Bahan katun lebih mampu menyerap keringat daripada bahan lain sehingga iritasi pada kulit bayi bisa berkurang. Periksalah label pada bagian leher pakaian bayi untuk mengetahui bahan pakaian tersebut.

Nyaman

Bayi yang baru lahir menghabiskan banyak waktunya untuk tidur. Jadi, pastikan pilih pakaian yang nyaman untuk bayi. Dengan model sederhana dan bahan hangat, maka pakaian tersebut akan sesuai untuk bayi baru lahir.

Hindari kerah

Hindari membeli bayi dengan model yang memiliki kerah karena akan membuat bayi tidak nyaman. Lebih baik memilih dengan bagian leher yang lebar sehingga bayi tidak cepat merasa gerah dan Anda pun mudah dalam melakukan penggantian.

Kancing

Pakaian dengan banyak kancing atau tali akan membuat Anda kesulitan dalam mengganti pakaian bayi. Jadi carilah dengan jumlah kancing yang wajar sehingga lebih mudah memakai dan melepasnya. Hindari pakaian dengan resleting karena bisa beresiko membahayakan bayi dan melukai kulit bayi.

Baju hangat

Jangan lupa untuk membeli baju hangat bagi bayi. Lebih baik memilih yang berbahan katun atau wol sehingga bayi akan lebih merasa nyaman. Baju dengan bahan lain terkadang membuat bayi kesulitan bernafas saat tidur, sehingga perlu ketelitian dalam pembeliannya.

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum membeli pakaian untuk calon bayi Anda. Bagi orang tua yang sudah mengetahui jenis kelamin bayi dari hasil USG, hal ini akan mempermudah untuk memilih pakaian dan perlengkapan bayi baru lahir. Mintalah kepada suami atau anggota keluarga yang ain untuk menemani dalam berbelanja sehingga bisa ikut memberikan pendapat ketika kita mengalami kebingungan. Semoga tepat dalam memilih pakaian dan perlengkapan bayi lainnya, ya! πŸ™‚

April Hamsa

27 Comments

  1. Dinda Rossi

    Oh saya baru tau kalau untuk bayi sebaiknya hindari pakaian yang ada kerahnya. Waduh, selama ini saya beli buat keponakan dong. Tapi nice info mbak. πŸ™‚

  2. Sepakat soal ukuran…klo aku milih yang cenderung besar. Soalnya ukuran bayi cepet banget naik… Klo press body semua..nanti kepake cuma sebentar.

  3. Pemilihan bahan penting banget, saya pilih yang berSNI terutama untuk baju newborn. Harapannya mengurangi kemungkinan alergi. Selain itu terbukti lebih awet juga. Punya si kakak masih bagus2 jadi untuk baju newborn saya nggak perlu beli banyak2 he he.

  4. Vety Fakhrudin

    untuk ukuran aku selalu cari ukuran mulai 3 bulan mbak. Soalnya ternyata ukuran newborn itu cepet banget ga cukupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *