Blog Contest Place to Visit Product Review Review & Contest Technology Travelling

Mewujudkan Liburan Impian ke Pulau Belitung Bersama Keluarga dengan Travel Wish Tixton

“Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu!”

Quote itu berasal dari Novel Laskar Pelangi besutan penulis Andrea Hirata. Banyak orang terinspirasi dengan quote itu. Bahkan, kreator film sekelas Mira Lesmana dan Riri Reza tertarik mengabadikannya dalam bentuk tayangan film untuk keluarga di Indonesia. Dalam film yang berjudul sama dengan judul novelnya itu, pemandangan alam Pulau Belitung atau pulau yang oleh orang asli sana disebut Belitong itu digambarkan dengan indah. Membuat saya bermimpi ingin ke sana bersama suami dan anak-anak saya, suatu hari nanti.

Berlibur atau travelling ke suatu tempat yang terkenal sebagai jujugan destinasi wisata seperti Pulau Belitung memang impian setiap orang, tidak terkecuali saya dan keluarga kecil saya. Namun, mewujudkan liburan impian bersama keluarga dengan dua balita seperti keluarga kami tidaklah mudah. Butuh perencanaan matang sebelum kami sekeluarga mengeksekusinya.

Qodarullah, suami saya mendapat kesempatan untuk ke Pulau Belitung duluan. Perusahaan tempat suami berkarya mengadakan darmawisata ke Pulau Belitung untuk seluruh karyawannya, awal bulan Agustus ini. Huwaaaa, saya jelas ngiri donk sama suami. Tapi, kemudian suami mengatakan bahwa suatu saat nanti dia akan mengajak saya dan anak-anak ke sana. Akhirnya, dari ngiri jadi ngarep, hehehe.

Saat istri ngiri sama suami 😛 .

Hingga, pada suatu sore…

“Ayo, kita rencanakan liburan keluarga, mumpung jatah cutiku masih ada 10 hari!” Kata suami.

“Tapi, kapan ya, enaknya?” Tanya saya.

“Bagaimana kalau menjelang akhir tahun?” Usul suami.

Saya langsung menyetujui usulan suami. Memang akhir tahun adalah waktu yang pas buat mewujudkan liburan impian bersama keluarga, alasannya:

  • Bulan Desember memiliki dua tanggal libur nasional yakni Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember dan libur Tahun Baru Masehi tanggal 1 Januari. Jadi sangat tepat dipakai buat menghabiskan jatah cuti.
  • Menjelang pergantian tahun biasanya tempat tujuan wisata pasti memiliki event-event perayaan menarik yang jarang dijumpai di hari lain.
  • Banyak promo-promo menarik, baik untuk tiket transportasi, hotel, maupun restoran.

Setelah menyepakati tanggal keberangkatan ke Pulau Belitung bersama suami, akhirnya kami pun hunting tiket pesawat. Oh ya, kami sengaja merencanakan liburan sendiri dan tidak menggunakan jasa paket travel tour supaya waktu dan tempat tujuan wisata yang kami datangi nanti bisa lebih fleksible. Jadi, sengaja supaya bisa menyesuaikan dengan jadwal dan kebiasaan anak-anak. Bagi yang sudah memiliki anak, apalagi masih balita, tentunya paham bukan kalau balita suka moody? Balita berbeda dengan orang dewasa, tidak bisa dipaksa mengikuti jadwal yang sudah disusun sedemikian rupa untuk menikmati tempat tujuan wisata.

Membuat itinerary liburan impian.

Selanjutnya, saya dan suami mencoba menyusun itinerary selama di Pulau Belitung. Tentu saja, lagi-lagi itinerary ini dibuat sefleksibel mungkin. Kami tidak banyak browsing, sebab suami sudah mengetahui beberapa lokasi wisata di sana. Tentu saja tempat-tempat yang rencananya “wajib” kami kunjungi adalah yang nggak jauh-jauh dari setting lokasi di Film Laskar Pelangi, seperti:

Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Gantong.

Sudah pada tahu kan sekolahan anak-anak Laskar Pelangi? Nah, yang akan kami kunjungi nanti adaah replikanya. Letak SD Muhammadiyah Gantong ini tepatnya di Belitung Timur. Saya ingin memperlihatkan sekolah ini kepada anak-anak saya, supaya anak-anak saya paham bahwa tidak semua sekolah bangunan gedung dan fasilitasnya sebaik yang sering kita lihat di kota. Yaaa, meskipun anak-anak saya masih bayik, ya? Enggak tahu paham apa enggak, nanti. Tapi, kan, mereka minimal udah tahu mana bentuk bangunan yang bagus dan mana yang sudah rusak.

Museum Kata.

Sumber foto: ketahui.com.

Museum Kata ini terletak di Gantong, Belitung Timur. Museum ini didirikan oleh Andrea Hirata. Museum ini cocok diperkenalkan kepada anak-anak sebagai wisata edukasi.

Danau Kaolin.

Danau Kaolin terkenal sebagai danau kawah putihnya Belitung. Namun, sebenarnya di balik keindahannya itu  konon katanya terdapat cerita miris tentang bekas lahan pertambangan kaolin yang ditinggalkan. FYI, kaolin adalah mineral yang terdapat pada batuan sedimen. Kaolin bisa digunakan untuk bahan baku dalam industri kertas, kosmetika, pasta gigi, dan industri-industri lainnya. Kini, danau ini menjadi tujuan wisata yang dikenal karena keindahan alamnya. Meskipun kata suami di beberapa lokasi dekat sana ada tambang kaolin yang masih aktif.

Pantai Tanjung Pendam.

Pantai ini adalah pantai yang menjadi daya tarik wisatawan datang ke Pulau Belitung. Terletak tak jauh dari hotel, restoran, dan pusat oleh-oleh Belitung. Dari pantai ini, kita bisa menyaksikan matahari muncul dan terbenam. Pasti seru jika menikmati pergantian matahari sambil duduk-duduk di tepi pantai ini.

Pulau Lengkuas.

Pulau Lengkuas sangat unik karena di sana terdapat mercusuar tua yang dibangun sejak jaman penjajahan Belanda pada tahun 1885. Panorama alamnya sangat indah dengan hamparan pasir putih yang sangat luas. Saya dapat membayangkan anak-anak pasti akan senang berlarian dan bermain dengan pasir pantainya.

Setelah daftar itinerary beres, selanjutnya saya dan suami menulis daftar barang-barang apa saja yang akan dibawa selama liburan. Jangan sampai, kami membawa banyak barang berlebihan, sebab niatnya kan piknik, bukan pindahan hehehe. Memang, kalau bepergian bersama balita, saya suka tergoda membawa semua kebutuhan anak-anak. Tapi, memang, beberapa kali kejadian sih, seringnya barang-barang yang sudah dibawa “pindahan” itu, nggak semuanya terpakai.

Memesan kamar hotel melalui Travel Wish Tixton.

Kedua daftar, itinerary dan list barang-barang yang akan dibawa sudah selesai dibuat. Selanjutnya, saya menentukan dimana kami akan menginap selama di sana. Tempat menginap adalah salah satu hal paling urgent jika bepergian jauh dari rumah, sebab tempat menginap ini nantinya akan menjadi “rumah kedua” kami selama di sana.

Supaya saya mendapatkan tempat menginap yang nyaman untuk kami sekeluarga, maka saya memutuskan menggunakan jasa penyedia kamar hotel online. Saya tiba-tiba teringat seorang teman pernah merekomendasikan jasa penyedia layanan kamar hotel online yang terpercaya. Tixton, namanya. Saya pun segera mencari informasi bagaimana memesan kamar hotel lewat Tixton. Sekilas tentang Tixton, saya pahami lewat video berikut:

Sumber: Channel Youtube Tixton.

Lalu,  saat membuka website Tixton, mata saya langsung tertuju pada tulisan berikut:

“Wah, lumayan, nih. Bisa dapat diskon sampai dengan 20%,” pikir saya.

Kemudian, saya menggali lebih dalam lagi tentang keuntungan-keuntungan apa saja, yang bisa saya dapatkan jika booking hotel melalui Tixton. Keuntungan-keuntungan yang saya dapatkan antara lain:

Program Perlindungan Pembeli dari Tixton adalah proses check in hotel tidak berjalan lancar sebagaimana mestinya, maka klien Tixton dapat langsung menghubungi Customer Servive Tixton di:

  • Nomor telepn: +62 812-3952-3295.
  • Email: support@tixton.com.

Maka Tixton akan memberikan kamar lain di hotel yang sama atau hotel lain yang sejenis/ sekelas rate-nya, free of charge. Kalau pun klien cancel, maka diperbolehkan dan uang akan dikembalikan utuh (full refund).

Braintree Payments merupakan alat pembayaran atau rekening online yang terpercaya yang banyak digunakan di dunia untuk sebuah transaksi online.

Tixton, ternyata identik dengan Travel Wish. Beruntung saat saya sedang membuka website-nya, tenyata, Tixton juga sedang mengadakan Promo Wisata Tixton dalam rangka menyambut liburan akhir tahun. Wisata adalah kependekan dari WISh Akhir TAhun. Saya kemudian melakukan proses registrasi, sebab ini adalah kali pertama saya memesan kamar hotel di Tixton.

Promo WISh Akhir TAhun (Wisata) Tixton.

Setelah teregistrasi, saya mencoba melakukan reservasi pertama saya. Caranya cukup mudah. Saat membuka website Tixton, ada fitur “My Travel Wish” di bagian kiri atas. Klik/ buka fitur tersebut. Sesudahnya kita dapat membuat travel wish (klik fitur “Buat Travel Wish”). Nanti akan ada form dimana kita akan diminta mengisi hotel yang kita inginkan untuk menginap di kota tujuan wisata plus perkiraan rate kamar hotel tersebut. Untuk hotel, ada dua pilihan, yakni kita bisa memilih secara spesifik nama hotelnya atau meminta Tixton yang memilihkan buat kita. Kita juga akan diminta menyebut rate yang kita inginkan sesuai budget. Setelah itu mesin pencari dari Tixton, yang disebut sebagai “Genie”, akan merekomendasikan hotel kepada kita dan menambahkan diskon sampai dengan 20% dari harga normal yang kita temukan dari sumber lain. Saya pun segera meminta Tixton memilih dan merekomendasikan hotel buat saya. Rate yang saya inginkan sekitar Rp. 600.000.- hingga Rp. 700.000,-.

Tak lama kemudian, Genie-nya Tixton pun beraksi, mencarikan saya hotel yang sesuai kebutuhan dan keinginan saya, serta tentu saja yang memiliki harga hotel termurah jika dibandingkan dengan harga yang didapat dari sumber-sumber lainnya. Tak lama, Genie merekomendasikan kepada saya MaxOneHotels at Belstar Belitung. Harganya pun cocok sesuai keinginan, sebab sudah termasuk diskon 20% sebagaimana yang dipromokan oleh Tixton.

Email dari Tixton berisi rekomendasi hotel untuk saya.

Rekomendasi Tixton di fitur Wish List saya.

Saya pun mengecek website MaxOneHotels dan menemukan beberapa ulasan bahwa hotel ini sesuai dengan yang saya inginkan. Jadi, saya memutuskan untuk mengikuti saran Genie-nya Tixton. Ditambah lagi, ternyata saat ke Pulau Belitung kemarin, suami juga menginap di sana. Maka, kami makin mantab memilih hotel ini.

Ulasan dari konsumen hotel yang direkomendasikan Tixton untuk saya.

By the way, jika kita cocok dengan pilihan Genie, kita bisa langsung booking. Namun, jika tidak cocok, maka kita bisa meminta Genie mencarikan hotel yang lain.

Form yang dapat diisi jika kita menolak saran hotel dari Tixton.

Begitu pula, jika kita ternyata sudah terlanjur memesan kamar via Travel Wish Tixton, lalu karena sesuatu hal batal. Kita nggak perlu takut uang kita hangus, sebab Tixton akan membantu menjualkan kembali kamar hotel kita dengan harga yang pantas. Caranya masuk ke fitur “Jual” yang terletak di kiri atas website Tixton. Nanti, akan ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dan form yang harus diisi saat kita menjual kamar yang tidak jadi dipakai. Waaaaahh, jadi tenang nih, meski memesan hotelnya dari jauh-jauh hari. Tapi, moga-moga sih, nggak batal, ya? Hehehe.

Promo Wisata Tixton ini berlaku mulai tanggal 17 Agustus sampai 16 November 2016 nanti. Jadi, kalau mau memesan hotel dengan harga miring, jangan sampai kelewat dari tanggal segitu, ya? Oh ya, satu lagi, Tixton juga akan memberikan kita kesempatan memenangkan tiket pesawat untuk dua orang ke airport yang terdekat dengan hotel tujuan, lho. Juga ada uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,- yang akan diberikan Tixton sebagai uang saku selama perjalanan. Periode perjalanan yang nantinya akan berkesempatan untuk mendapat uang saku adalah perjalanan yang dilakukan sejak tanggal 1 Desember 2016 hingga 28 Februari 2017, dengan satu pemenang diundi setiap bulannya.

Keterangan lebih lanjut mengenai Promo Wisata Tixton dapat dibaca di media sosial Tixton:

  • Website: www.tixton.com.
  • Blog: tixton.com/blog.
  • Facebook: TixtonAsia.
  • Twitter: @tixtonasia
  • Instagram: @tixtonasia.

Wah, memang keren Tixton ini, ya? Sudah memberi harga murah untuk hotelnya, juga masih memberikan tiket gratis dan uang saku buat kliennya. Semoga saya dan keluarga yang berencana melakukan perjalanan liburan impian ke Pulau Belitung pada periode yang disebutkan, beruntung mendapatkan tiket gratis dan uang sakunya. Doain, yak! Makasiiiiihh… 😀 😀 😀

Surabaya, 18 Agustus 2016

April Hamsa

 

113 Comments

  1. arman 18 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  2. zata ligouw 18 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  3. Herva Yulyanti 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  4. Perempuan November 19 Agustus, 2016
    • Anita Makarame 19 Agustus, 2016
      • April Hamsa 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  5. bena 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  6. Dian Ravi 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  7. Ilhampst 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  8. Rach Alida Bahaweres 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  9. Noe 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  10. Rusydina Tamimi 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  11. Nining 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  12. Rindang 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  13. Jiah 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  14. Dita Indrihapsari 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  15. TITIS AYUNINGSIH 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 19 Agustus, 2016
  16. Hafidzah Cumlaude 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  17. Muhammad Zaini 19 Agustus, 2016
  18. Khoirur Rohmah 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  19. Adi Setiadi 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  20. Robby Zulkifli 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  21. Anggi Putri 19 Agustus, 2016
  22. Yasinta 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  23. Susindra 19 Agustus, 2016
  24. rita Asmaraningsih 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  25. Tukang Jalan Jajan @dodon_jerry 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  26. Naqiyyah Syam 19 Agustus, 2016
  27. jakup ginting sinusinga 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  28. Fandhy 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  29. Nchie Hanie 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  30. Nyonyakece 19 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  31. dikkicantonaputra 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  32. Tarry KittyHolic 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  33. Achmad Muttohar 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  34. Andhika Manggala 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  35. Pertiwi Yuliana 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  36. Ira DuniaBiza 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  37. Maya Siswadi 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  38. Anisa AE - Wisata Malang 20 Agustus, 2016
  39. @kakdidik13 20 Agustus, 2016
  40. Mas Nuz 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  41. rini 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  42. Lily Widjaja 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  43. Maria Soraya 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  44. bunda asraf 20 Agustus, 2016
  45. lendy 20 Agustus, 2016
  46. Reni Dwi Astuti 20 Agustus, 2016
  47. Yusron Fauzi 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  48. Hastira 20 Agustus, 2016
  49. wulan 20 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  50. Lukilcuk 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  51. Nunu Halimi 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 21 Agustus, 2016
  52. Dian Mariesta 21 Agustus, 2016
  53. Leila 21 Agustus, 2016
    • April Hamsa 24 Agustus, 2016
  54. cumilebay 24 Agustus, 2016
  55. love from jogjaa 14 September, 2016
    • April Hamsa 30 September, 2016
  56. Gio | Disgiovery 30 November, 2016

Leave a Reply

Instagram