Uchy Sudhanto, Blogger Cantik Penyayang Binatang

Nama aslinya Qudsiyah Ahmad. Namun, saat bekerja sebagai penyiar radio, perempuan berjilbab ini lebih populer dengan nama beken Uchy Sudhanto. Nama “Uchy” diambil dari panggilan akrabnya di lingkungan keluarganya, sedangkan “Sudhanto” adalah nama ayahnya. Kini, Uchy Sudhanto memang sudah tidak bekerja di radio lagi, namun nama itu masih melekat padanya. Bahkan, dipakai sebagai nama blognya yang beralamat di .

Uchy Sudhanto yang cantik.

Yup, Uchy Sudhanto adalah seorang blogger. Saat pertama kali bertemu dengan Uchy Sudhanto di salah satu Pelatihan Blogger di Dilo Telkom Bogor beberapa waktu lalu, mulanya saya mengira kalau perempuan kelahiran Jakarta ini adalah seorang Beauty Blogger. Abisnya, orangnya cantik banget, dengan sapuan make up di wajah yang membuatnya tampil kece. Ternyata, saya salah besar. Uchy Sudhanto bukan Beauty Blogger, melainkan Animal Lovers Blogger, hehehe.

Saat itu, Uchy Sudhanto memperkenalkan blognya yang berisi tentang cerita-ceritanya mengenai binatang-binatang peliharaannya, yang sebagian besar berasal dari hasil rescue-nya. sengaja dibuat perempuan yang berulangtahun tiap tanggal 18 Juli ini dengan niche animal welfare. Tujuannya untuk sharing pengalamannya saat rescue dan merawat binatang-binatang liar, terutama kucing dan anjing. Melalui blog itu, Uchy Sudhanto yang berdomisili di Bogor ini juga banyak memberikan tips bagaimana cara merawat binatang peliharaan di rumah. Tentu saja tips tersebut berdasarkan pengalaman pribadi Uchy Sudhanto sendiri, mengingat ada sekitar 20 ekor kucing dan 7 ekor anjing yang dirawatnya di rumah. Semuanya berasal dari jalanan. Dari kiprahnya ngeblog mengenai animal welfare, Uchy Sudhanto pernah diundang sebagai narasumber di acara Curahan Hati Perempuan yang ditayangkan oleh Trans TV.

Uchy Sudhanto saat menjadi narasumber di Curahan Hati Perempuan Trans TV.

Selepas dari Pelatihan di Dilo, Uchy Sudhanto yang alumni Binus University Jurusan Teknik Informatika (IT) tahun 2009 ini kemudian membuat satu blog lagi () dengan niche Lifestyle. Harapan istri dari Andreu ini, blog barunya bisa dipakai untuk branding dirinya serta sharing seputar kehidupan kesehariannya. Meskipun masih baru, ternyata blognya ini sudah dilirik brand untuk job review, lho. Sepertinya, karena kualitas tulisannya yang bagus. Menulis memang bukan hal baru bagi anak ketiga dari empat bersaudara di Keluarga Sudhanto ini. Sejak lama, Uchy Sudhanto sudah menulis diary dan blog (waktu itu masih memakai platform Multiply). Apalagi saat bekerja di radio, selain sebagai penyiar, Uchy Sudhanto juga merangkap menjadi produser untuk salah satu program yang mewajibkannya menulis script dan improve bahan siaran. Jadi, nggak salah kalau tulisannya memang berkualitas.

Tampilan dua blog milik Uchy Sudhanto.

Selepas dari radio, kini Uchy Sudhanto berkecimpung tak jauh dari bidang keilmuannya, yakni dunia IT. Penggemar masakan Cumi Asin Cabai Hijau dan Perkedel Jagung ini saat ini bekerja di salah satu perusahaan IT swasta di Jakarta. Perempuan cantik blasteran Sunda-Pakistan-Cina ini memang menggemari IT sejak masih kecil. Uchy Sudhanto mengaku sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), dia suka sekali memainkan komputer milik Sang Ayah. Kegemarannya itulah yang membuatnya kemudian memilih masuk SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta dengan Jurusan IT, ketimbang masuk SMA reguler. Lulus SMK, Uchy Sudhanto pun melanjutkan masuk kuliah dengan jurusan yang sama. Lulus kuliah, Uchy Sudhanto sempat bekerja sebentar di bidang IT. Tak lama kemudian, menuruti passion-nya sebagai penyiar radio. Setelah puas siaran, Uchy Sudhanto pun kembali lagi bekerja di bidang yang sesuai dengan ijazahnya, sampai sekarang.

Dari SD suka sekali bermain dengan komputer punya ayah. Dari jaman masih OS DOS, Windows 95, MiRC, Internet Explorer, BolehChat, sampai email masih di Yahoo! Jadi saat SMA tidak berpikir dua kali untuk masuk ke SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta dengan jurusannya Tehnik Informatika, dan setelah lulus pun lanjut ke BINUS UNIV dengan jurusan yang sama. Makanya dengan keyboard, PC, monitor, mouse itu udah jadi perangkat yang familiar sejak lama. Belum lagi dengan bidang pemrograman maupun web design.” (Uchy Sudhanto).

Dua tahun terakhir, di sela-sela kesibukannya sebagai istri dan pegawai, Uchy Sudhanto bersama suaminya merintis usaha di bidang makanan. Namanya Lilo Says Factory Home Made (Lilosaysfactory). Nama “Lilo” diambil dari salah satu kucing yang pernah di-rescue-nya dari jalanan. Lilosaysfactory memproduksi Garlic Butter. Garlic Butter yang diproduksi oleh Uchy Sudhanto ini berbeda dengan Garlic Butter yang beredar di pasaran. Produknya fresh dan tidak memakai bahan pengawet karena selalu made by order. Makanya, Garlic Butter bikinan Uchy Sudhanto ini juga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Lilosaysfactory ini factory-nya ada di Bekasi, tepatnya di rumah mertua Uchy Sudhanto. Kalau mau intip-intip produksi Garlic Butter-nya bisa melihat di Instagram dengan akun @lilosaysfactory.

Wah, memang serba bisa ya blogger yang cantik baik wajah maupun hatinya ini? Udah jago nulis, ngoprek website dan ngoding, pinter masak, lagi? Penasaran ingin berkenalan dengannya? Ingin berdiskusi masalah hewan peliharaan dengannya? Atau penasaran mencicipi Garlic Butter buatannya? Yuk, cus, ke blog dan media sosialnya! Uchy Sudhanto yang kini tengah hamil muda ini bisa dihubungi di:

  • Blog: http://uchysudhanto.com/ dan http://thetasprojects.com/
  • Facebook: (Uchy Sudhanto).
  • Twitter: @uchysudhanto.
  • Instagram: @uchysudhanto.

Selamat berkenalan dengan Uchy Sudhanto yang sering dibilang mirip artis Dawiya anak Elvy Sukaesih ini, ya! 🙂

Surabaya, 28 Juli 2016

April Hamsa

39 Comments

  1. Alris

    Salut dengan Uchy. Tak banyak orang yang peduli dengan binatang liar. Lalu Uchy merawatnya dengan kasih sayang. Sungguh perbuatan mulia.

  2. Nurul Fitri Fatkhani

    Uchy Sudhanto memang keren, ya…bisa menjalani berbagai profesi. Dan setuju, dengan Mbak April, kalo Mbak Uchy memang cantik sekali 🙂

  3. Nchie Hanie

    aiihh cantiknya Mba Uchy dan aku selalu salut sama pecinta binatang,
    aku soalnya ga suka xixiixi..

    Salam kenal ya Mba Uchy 😀
    ketekapeh ahh
    makasih profilnya mak maxy

    • April Hamsa

      Mbak Uchi dulu pelihara macam2 juga smapai biawak ada kyknya, klo skrng sepertinya pus dan guguk ajah hehe

  4. Rach Alida Bahaweres

    Aku kenapa kalau lihat kucing selalu takut dan geli ya, mba. Tapi bukan berarti nggak suka Hanya nggak berani megang 🙁
    Salut ya dengan Mba Uchy yang penyayang binatang. POto awalnya emang kece banget 🙂

    • April Hamsa

      Kalau aku sebaliknya, kalau liat kucing gemes dan pengen nguyel2 :))

      Iya aku salut sama yg suka rescue binatang jalanan jg Mbak Alida 🙂

  5. uchy sudhanto

    lengkaappp banget mbak April.. suka banget deh.. terima kasih banyak sudah dibuatkan profile seciamik ini.. :*

  6. Retno kusuma wardani

    Waah kereen…udah gitu, cantik dan pinter lagi… moga makin banyak binatang terselamatkan ya mbaak… saya bantu doa saja, soalnya geli sama bulunya hihihi…

  7. Khoirur Rohmah

    Wih… salut sama perempuan yang jago Koding…
    hhee dari sini bisa kenal banyak blogger2 dengan keunikan dan ciri khas mereka masing2 😀
    TFS ya mba…

  8. Molly

    Luar biasa banget rasa kepedulian mba Uchy, salut ! Aku juga sayang sama kucing dan anjing, sekarang pelihara 10 ekor kucing kampung di rumahku :). Ya, kalau bukan kita, siapa lagi yang peduli sama nasib hewan-hewan manis ini.

    • April Hamsa

      Wah Mbak Molly juga keren. Aku juga suka kasian sama kucing kampung tapi gak bisa rawat yg gmn2 krn rempong ma nak (alasan ya? hehe 😛 ).
      Skrng paing banter kalau ada pus nyasar ke rumah cuma bisa kasi makan aja…

  9. ophi ziadah

    waah cantik banget mba Uchy…
    Waah itu puppiesnya lucu2
    salam kenal mba..
    penasaran pingin ke blognya ah

  10. Hastira

    wah benar2 mbak yang satu ini memang penyayang binatang, aku ajdi malu. Aku ini dokter hewan yang akhirnya profesinya gak dipakai , mungkin karena ku juga kurang bisa menyayangi hewan ya.Apalagi tuh kucing yang suka akwin di atap rumah bikin ribut semaleman

    • April Hamsa

      Lhaaaa serius Mbak Hastira sebenarnya dokter hewan? Hihihi iya kalau kawin suka bikin ribut, tapi tetep ngegemesin :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *