Arisan Blogger Others

Yonna Kairupan, Make Up Artist yang Jago Bikin Wajah Jadi Seram

10 Juni lalu, untuk pertama kalinya, Indonesia memiliki wahana wisata horor. Wahana wisata horor itu bertema zombie yang diberi nama Dead Prison, yang mengacu pada salah satu serial di Channel Fox The Walking Dead Season 3. Kalau nanti kita berkunjung ke wahana yang rencananya akan buka hingga 31 Juli 2016 nanti di Mall of Indonesia Jakarta Utara ini, kita bakalan ketemu zombie-zombie yang menyeramkan. Tapi, jangan takut berlebihan ya, soalnya zombie-zombie itu sebenarnya manusia juga seperti kita. Mereka jadi nampak menyeramkan karena tangan kreatif Yonna Kairupan.

Make Up Artist Yonna Kairupan.

Siapakah Yonna Kairupan? Perempuan kelahiran Bukittinggi ini adalah salah satu Make Up Artist di Indonesian yang menguasai Special Effect Make Up (Make Up Karakter). Skill ini pun makin tersalurkan ketika sang suami Eric Kairupan, yang juga founder dari Komunitas Penggemar Film Zombie (KompiZombie) dan spokerperson Indonesian Zombie Club (IzoC) memintanya untuk mengkoordinir divisi Make Up di kedua komunitas tersebut. Dari situ lah Yonna Kairupan banyak mempraktekkan kemampuan Make Up Karakternya.

Baca juga: Amanda Si Dokter Cantik yang Kreatif.

Yonna Kairupan yang berdarah Minang ini, sudah mengenal Make Up sejak usia tiga tahunan. Kalau anak lain seusianya suka main masak-masakan, Yonna Kairupan memilih bereksperimen dengan bedak, lipstick, dan eye shadow milik ibunya. Saat kecil, Yonna Kairupan sering nekat main ke taman dimana anak-anak seusianya bermain, dengan wajah penuh sapuan Make Up. Meski ada saja yang mencibir, Yonna Kairupan malah makin percaya diri dengan penampilannya itu.

Kesenangan Yonna Kairupan akan Make Up tersalurkan saat duduk di bangku SMA. Ibu dari Melvyn Zaafir Kairupan, Marshall Syafiq Rafif Kairupan, Marvell Syauqi Rosyad Kairupan, dan Mayra Najmah Nabighah Kairupan ini bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler tari modern SMAN 70 pada waktu itu. Saat ngedance itulah Yonna Kairupan makin akrab dengan Make Up, sebab jika tampil di acara-acara televisi atau resepsi pernikahan sebagai penari, Yonna Kairupan pasti berdandan. Yonna Kairupan yang merupakan anak kedua dari empat bersaudara ini juga sering mendandani dan mengajari teman-temannya tentang bagaimana cara memakai Make Up.

Yonna Kairupan dan hasil karyanya.

Kemampuan Make Up-nya makin menjadi ketika kuliah. Yonna Kairupan yang berulangtahun setiap tanggal 7 Agustus ini bekerja part time sebagai penyanyi, yang menuntutnya berpenampilan cantik. Honor dari menyanyi, dibelikannya Make Up dan pakaian untuk kebutuhannya di atas panggung. Saat lulus kuliah, bukannya mencari pekerjaan kantoran, Yonna Kairupan malah makin sibuk menyanyi. Bahkan penggemar berat makanan bakso ini bergabung di salah satu manajemen artis, yang membuatnya makin laris menjadi penyanyi. Di salah satu show-nya, Yonna Kairupan yang saat itu baru berumur 23 tahun akhirnya bertemu dengan jodohnya, Eric Kairupan.

Setelah menikah, Yonna Kairupan yang lulusan Akademi Sekretaris LPK Tarakanita bekerja sebagai sekretaris di Tempo Edisi Bahasa Inggris. Ternyata, atasannya melihat potensinya, sehingga Yonna Kairupan akhirnya dipromosikan menjadi Project Assistant for AsiaViews Project . AsiaViews Project adalah proyek majalah yang terbit di lima negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Malaysia. Yonna Kairupan menggarap proyek itu sejak tahun 2005 hingga 2013.

Pada usia 26 tahun, Yonna Kairupan terpanggil untuk mendalami agama. Saat mendalami agama ini lah, Yonna Kairupan terpikir untuk menutup auratnya. Dalam pikirannya, Yonna Kairupan melakukan itu karena dia sangat mencintai suaminya, ayahnya, dan juga anak pertamanya yang laki-laki. Yonna Kairupan tak ingin orang-orang yang dicintainya itu menanggung azab karena dirinya nggak berhijab sesuai apa yang diperintahkan Tuhan dalam Kitab Suci agamanya. Akhirnya, tanpa menunda lagi, Yonna Kairupan yang saat itu masih bekerja di Tempo dan masih suka menyanyi dari kafe ke kafe, memutuskan berhijab. Awalnya, hanya menutup kepala dan memakai pakaian lebih tertutup. Namun, selang dua bulan kemudian, Yonna Kairupan mantab mengenakan gamis dan jilbab lebar, sampai sekarang.

Yonna Kairupan beserta suami dan keempat anaknya.

Masa-masa awal Yonna Kairupan berjilbab lebar disebutnya sebagai “Spiritual Journey”. Awal-awal berjilbab lebar, Yonna Kairupan masih sempat menerima job menyanyi, namun hanya untuk lagu-lagu religi saja. Yonna Kairupan juga sempat tidak bersentuhan dengan Make Up sama sekali. Tidak ada keinginan untuk merawat wajah, apalagi memakai Make Up pada saat itu. Sampai akhirnya pada tahun 2009, Yonna Kairupan ditawari oleh salah seorang relasinya untuk bergabung di bisnis multi level marketing (MLM) perusahaan kosmetika asal Swedia. Yonna Kairupan pun mendapat dukungan penuh dari suami, untuk bergabung dengan bisnis itu. Sejak saat itu, Yonna Kairupan kembali bergelut dengan dunia Make Up.

Baca juga: Shine Fikri, Mewujudkan Mimpi dengan Menulisnya.

Sejak bergabung dengan bisnis MLM dan bersentuhan kembali dengan Make Up, Yonna Kairupan berkenalan dengan blog. Waktu itu Yonna Kairupan menggunakan blog berplatform Blogspot dengan ID “Yonnakairupan”. Yonna Kairupan mengisi blognya dengan tulisan-tulisan bertema motivasi untuk diri sendiri dan orang lain. Yonna Kairupan juga banyak menceritakan tentang bisnis MLM-nya di blog itu. Dari blog, pada tahun 2010, Yonna Kairupan mulai merambah YouTube. Pada waktu itu Yonna Kairupan sudah berhasil menjadi leader di bisnis MLM-nya. Yonna Kairupan merasa bahwa YouTube adalah media yang tepat untuk memberi training secara online kepada jaringannya yang tinggal di luar kota. Akhirnya, keterusan mainan YouTube, dari awalnya membuat video untuk para downline, akhirnya membuat video tentang pernak-pernik Make Up untuk publik.

Salah satu video yang diunggah Yonna Kairupan di YouTube.
Pada tahun 2012, Yonna Kairupan mulai fokus merintis usaha Make Up Artist. Ada dua jenis jasa yang ditawarkan Yonna Kairupan dalam usahanya ini, yakni Beauty Make Up dan Special Effect Make Up. Sudah banyak artis terkenal yang menjadi kliennya, seperti Raffi Ahmad, Kiwil, Desta, Vincent, dan masih banyak lagi. Semua stasiun televisi besar di Indonesia pun sudah pernah menggunakan jasanya. Meskipun mengaku tak pernah melakukan hard selling untuk usaha jasanya, namun nama Yonna Kairupan makin besar. Yonna Kairupan berhasil membranding dirinya sebagai Make Up Artist berjilbab lebar. Meski penampilannya itu tak jarang membuat orang mengunderstimate-nya, namun Yonna Kairupan berprinsip “It’s just about time until they see how good I’m with what I’m thinking.” Kerja kerasnya pun membuahkan hasil, beberapa stasiun televisi swasta pernah mengundangnya untuk interview mengenai keahliannya itu.

Kini, Yonna Kairupan sangat menikmati perannya sebagai istri, ibu, Blogger, Vlogger, dan pengusaha. Meski begitu, Yonna Kairupan masih ingin meningkatkan kemampuannya tentang Make Up. Yonna Kairupan berencana ingin mengambil shorcourse tentang Make Up di Amerika, nanti, apabila anak-anaknya sudah lebih besar.

Oh ya, Yonna Kairupan juga memiliki Private Make Up Course, lho. Jadi bagi teman-teman yang ingin belajar Make Up, baik Beauty Make Up maupun Karatker, atau sekedar nanya-nanya soal Make Up keseharian, bisa kok menghubungi Yonna Kairupan di media sosialnya:

  • Facebook: facebook.com/yonna.kairupan (Yonna Kairupan).
  • Twitter: @YonnaKairupan.
  • Blog: http://thekairupan.com/.
  • YouTube: youtube.com/user/yokairupan.

Selamat berbincang cantik dengan Yonna Kairupan, ya! 🙂

Surabaya, 27 Juni 2016

April Hamsa

43 Comments

  1. Yonna 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  2. Nurul Fitri Fatkhani 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  3. ophi ziadah 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  4. Julian Sukrisna 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  5. Tya Napitupulu 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  6. Lia Harahap 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  7. Riri kusnadi 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  8. Usup Supriyadi 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  9. Rotun DF 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  10. Arina Mabruroh 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  11. Ira guslina 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  12. Witri prasetyo aji 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 27 Juni, 2016
  13. Leyla 27 Juni, 2016
    • April Hamsa 29 Juni, 2016
  14. Ida Tahmidah 28 Juni, 2016
    • April Hamsa 1 Juli, 2016
  15. cumilebay 28 Juni, 2016
    • April Hamsa 1 Juli, 2016
  16. winny 28 Juni, 2016
    • April Hamsa 1 Juli, 2016
  17. baiqrosmala 28 Juni, 2016
    • April Hamsa 1 Juli, 2016
  18. Sandi Iswahyudi 28 Juni, 2016
    • April Hamsa 1 Juli, 2016
  19. Akut Wibowo 1 Juli, 2016
    • April Hamsa 1 Juli, 2016
      • Akut Wibowo 4 Juli, 2016
        • April Hamsa 4 Juli, 2016
  20. Monda 2 Juli, 2016
    • April Hamsa 4 Juli, 2016
  21. Leli 14 Februari, 2017

Leave a Reply

Instagram