Masih nyambung dengan pembahasan belajar Bahasa Inggris sebelumnya, kali ini saya mau share beberapa aplikasi belajar Bahasa Inggris untuk anak yang bisa diunduh gratis. Berikut adalah beberapa aplikasi yang sudah digunakan oleh anak-anak:

Duolingo

Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi belajar Bahasa Inggris yang satu ini? Kayaknya hampir semua kalangan yang tertarik belajar bahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris sudah banyak menggunakannya.

Aplikasi Duolingo ini termasuk yang menyediakan aplikasi dengan fitur pembelajaran yang lengkap, lho. Bahkan aplikasi ini tidak hanya menyediakan pembelajaran bahasa Inggris, ada juga bahasa asing lain, seperti Perancis, Jepang, Jerman, Spanyol, dll.

Dengan memanfaatkan aplikasi Duolingo ini, anak-anak bisa berlatih banyak materi termasuk salah satunya adalah menambah hafal kosakata baru. Duolingo bisa dijadikan aplikasi belajar bahasa Inggris yang cocok untuk anak-anak usia SD dan SMP.

Metode belajar dengan Duolingo menggunakan kuis, permainan, kemudian ada juga latihan listening dan speaking. Kurikulumnya menyesuaikan dengan CEFR, serta fokus pada meningkatkan keterampilan bahasa Inggris secara menyeluruh.

TDapat diunduh dengan smartphone Android, maupun IOS, & Windows Phone. Bisa diakses via browser di laptop juga.

Belajar dengan Duolingo mengharuskan kita naik dari satu level ke level lainnya. Sangat cocok untuk level beginner hingga advance.

Pastikan untuk selalu continue belajar pakai Duolingo supaya level selalu mengalami peningkatan.

Easy Peasy: English for Kids

Aplikasi gratis untuk belajar Bahasa Inggris berikutnya adalah Easy Peasy English for Kids. Tersedia di Android dan IOS. Aplikasi yang dibuat oleh Jon Lexmond iniĀ  terkenal dengan video-video pendek yang berisi materi pembelajaran. Buat orang tua yang ingin anaknya bisa belajar bahasa Inggris lewat aplikasi, Easy Peasy cocok banget untuk buat anak usia SD.

Salah satu fitur unggulan dan cukup unik dari aplikasi ini adalah fitur flash card. Lewat fitur ini, anak-anak bisa membuat kartu flash-nya sendiri. Selain dapat menunjang proses belajar, fitur ini juga sangat bermanfaat untuk menciptakan proses belajar yang menyenangkan.

Metode belajar menggunakan latihan soal, listening, belajar kosakata, spelling, dan grammar.

Learn English 15.000 Words

Kalau aplikasi yang satu ini adalah aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak SD dan SMP yang sedang gencar memperbanyak hafalan kosakatanya. Learn English 15.000 Word menyediakan berbagai macam jenis kosakata yang telah dibagi secara tematik.

Terdapat beberapa fitur yang menarik di aplikasi ini yakni yaitu fitur smart search, speech recognition, audio recording, dan masih banyak fitur lainnya. Metode belajarnya adalah dengan cara mendengarkan audio, menghafal dengan ilustrasi intuitif, membaca bacaan yang focus pada topik-topik tertentu.

Dengan aplikasi ini, anak-anak dapat mempelajari kosakata basic hingga kosakata yang mungkin jarang ditemukan. Cocok buat level yang lebih advance.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, bahkan ketika dipakai saat sedang offline atau tidak terkoneksi dengan jaringan internet.

Nah, itulah teman-teman beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengajari anak-anak Bahasa Inggris. Metode belajarnya yang seperti bermain game dijamin akan bikin anak menikmati belajar Bahasa Inggris.

Kalau ada informasi aplikasi Bahasa Inggris lainnya yang bisa digunakan buat anak-anak belajar, share di kolom komentar ya.

April Hamsa

Categorized in: