Liburan sekolah ini, siapa yang berencana membawa anak-anaknya berwisata ke pantai? Wuah, anak-anak pasti seneng banget tuh karena bisa melihat laut, ombak, dan juga pasir pantai. Nah, supaya aktivitas ke pantainya nyaman, izinkan saya sharing tentang tips berlibur ke pantai bersama si kecil ya, moms. Siapa tahu akan berguna sebagai catatan sebelum mengajak si kecil ke pantai.

Yuk,Β ajak anak liburan ke pantai.

Ya, bagaimanapun juga, kalau membawa anak ke pantai tentu agak lebih repot ya? Soalnya yang namanya anak kecil, kalau ketemu air (laut) dan pasir pasti maunya bermain terus. Eh, tetapi ada juga yang sebaliknya, ding, saat ketemu pantai malah rewel. Hmmm, bisa jadi karena enggak terlalu nyaman dengan angin pantai atau mungkin pusing liat kerumunan orang saat pantai sedang rame-ramenya, seperti di musim liburan sekolah seperti sekarang ini.

Itulah sebabnya, orang tua yang mengajak anak berlibur ke pantai sebaiknya mempersiapkan liburannya sebaik mungkin. Baeklah, tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa tips berlibur ke pantai bersama anak:

  • Pilih pantai yang cocok untuk anak kecil

Pantai yang nyaman untuk anak kecil itu seperti apa?

Menurut saya pantai yang nyaman untuk anak adalah pantai yang enggak terlalu luas dan lautnya memiliki ombak yang enggak terlalu besar. Sebaiknya jangan ke pantai yang biasa dipakai untuk surfing. Pilih saja pantai pesisir yang ombaknya tenang. Toh, kalau bawa anak kecil juga paling banter mainnya di pasir pantainya, sambil mengajak anak melihat keindahan laut kan?

Kemudian, jangan melupakan fasilitas pantai. Yang namanya anak kecil, kalau bermain di pasir pantai melulu kan pasti cepat bosan ya? Maka, sebaiknya pilih pantai yang memiliki fasilitas ramah anak, seperti ada playground atau ada kolam renang anak. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa pantai tersebut memiliki toilet umum yang layak, ada restoran yang memudahkan untuk mencari makanan jika si kecil lapar, tempat ganti pakaian yang nyaman, dll.

  • Datang pagi hari

Jika membawa anak kecil berlibur ke pantai, maka sebaiknya datang di pagi hari. Pukul 7-9 pagi menurut saya adalah waktu yang tepat, karena yang namanya pantai itu pasti panas kan ya?

Nah, supaya anak enggak terpapar sinar matahari yang terlalu menyengat, maka sebaiknya datang pagi. Selain itu, pada pagi hari, biasanya area pantai masih cenderung sepi, sehingga anak-anak pun masih bebas mengeksplorasi pantai tanpa banyak gangguan.

  • Bawa bekal makanan dan minuman

Meskipun di pantai mungkin ada restoran atau penjual makanan, untuk berjaga-jaga apabila si kecil ternyata enggak doyan makanan tersebut, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Hal ini juga lumayan menghemat budget orang tua yang mengajak anaknya liburan ke pantai kan? πŸ˜€

  • Bawa perlengkapan liburan si kecil

Persiapkan juga perlengkapan anak yang sebaiknya dibawa ketika mengunjungi pantai. Beberapa perlengkapan tersebut antara lain:

  • Baju ganti

Aktivitas anak di pantai biasanya tak jauh dari bermain air dan pasir. Maka, sudah bisa ditebak, setelah bermain, pasti baju anak menjadi kotor. Itulah sebabnya, saat berlibur ke pantai sebaiknya bawakan si kecil baju cadangan atau baju ganti.

  • Perlengkapan mandi

Sebelum ganti baju, jangan lupa memandikan/ membilas anak. Itulah sebabnya jangan sampai lupa membawa perlengkapan mandi anak, seperti shampoo, sabun, handuk, dll.

Anak-anak senang sekali diajak ke pantai.
  • Obat-obatan

Ketika anak bermain di pantai, ada risiko anak terluka. Entah terjatuh saat berkejar-kejaran dengan teman-temannya atau terluka karena faktor lain. Maka, sebaiknya bawa obat-obatan dalam kota P3K.

Minimal isi kotak P3K-nya adalah pembersih luka, kapas, obat luka, dan plester. Oh iya, jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi juga, misalnya bawa inhaler kalau si kecil memiliki asma, bawa obat anti mual jika anak enggak kuat akan angin pantai, dll.

  • Topi

Topi ini bisa melindungi anak dari sengatan matahari. Topi ini juga bisa memudahkan orang tua melakukan pengawasan terhadap anak mereka kala bermain di pantai. Saran saya, pilih topi yang warnanya mencolok supaya bisa dikenali andai si anak bermain agak jauh dari orang tua.

  • Sunscreen

Selain topi, penggunaan sunscreen untuk anak yang bermain di pantai juga sangat penting, supaya kulit anak tetap terjaga kesehatannya. Yang namanya kulit anak kecil tuh sangat sensitif, sehingga lenih rentan terbakar sinar matahari.

Saran saya pilih produk sunscreen yang memang diformulasikan khusus buat anak ya. Biasanya yang mineral based dan SPF-nya minimal 30.

  • Mainan anak

Bawa mainan anak yang bisa dipakai untuk beraktivitas di pantai, misalnya sekop mainan, ember kecil, bola, frisbee, dll.

  • Cari penginapan dekat pantai

Kemudian, usahakan untuk mencari penginapan dekat pantai, sehingga apabila anak-anak merasa bosan dan mulai rewel kita bisa langsung kembali ke penginapan dengan cepat.

Itulah teman-teman, moms and dads, beberapa tips untuk membawa anak berlibur ke pantai.

Oh ya, sedikit tambahan yaaa, selain 5 tips di atas, izinkan saya menyarankan beberapa hal berikut:

  • Jangan pernah lengah mengawasi anak

Pada saat mengajak anak ke pantai, aturan nomor satu adalah jangan sampai lengah mengawasi anak. Hindari terlalu sering melihat gadget, membaca buku, atau bahkan ngobrol, sampai tidak fokus memperhatikan anak. Jika perlu, ortu harus selalu ngikut ke mana pun si anak pergi saat berada di pantai itu.

Jangan pernah lengah mengawasi anak ketika berada di pantai.

Lalu, biasanya anak kecil tuh kalau di pantai suka ketemu dengan banyak orang, khususnya anak-anak lain, kemudian menjadi lekas akrab. Maka, perhatikan juga siapa saja yang bermain dengan anak kita.

  • Sebaiknya anak tidak memakai baju renang

Jika berada di pantai, apalagi yang baru dikunjungi, sebaiknya jangan mengizinkan anak berenang. Maka, pakaikan anak baju yang agak tertutup, namun tetap nyaman, seperti pakaian yang bahannya mudah menyerap keringat. Sebaiknya, anak tidak memakai baju pendek dan terbuka, seperti baju renang.

Cukup bermain di pinggir pantai saja.

Pakaian anak yang lebih tertutup bisa sedikit menciutkan keinginan si anak nyemplung ke air. Dengan memakai baju lebih tertutup, anak-anak juga terlindungi dari paparan sinar matahari, enggak gampang masuk angin (mengingat di pantai biasanya anginnya kenceng), dll. Selain itu, anak-anak juga terhindar dari stranger yang khawatirnya pikirannya β€œaneh-aneh” (menghindari pelecehan seksual, misalnya). Huhu, zaman sekarang gitu, lho.

  • Cukup bermain di pinggir pantai saja

Kalaupun anak-anak mau lebih dekat dengan air, maka cukup izinkan bermain di pinggir pantai saja, tanpa perlu nyemplung. Orang tua bisa mengalihkan perhatian anak dengan mengajaknya bermain, seperti membuat bangunan dari pasir pantai, mengajak anak menulis di pasir, dll.

Hmmm, kayaknya cukup itu aja, sih tambahan saran dari saya.

Semoga tips serta saran dari saya untuk orang tua yang ingin membawa anaknya berlibur ke pantai ini bermanfaat. Selamat bersenang-senang di pantai yaaa πŸ˜€ .

April Hamsa